Budidaya Tanaman Pangan : Metode, Pengolahan, Pemupukan, Pemeliharaan Dan Panen

3 min read

Budidaya Tanaman Pangan : Metode, Pengolahan, Pemupukan, Pemeliharaan Dan Panen
0
()

Budidaya Tanaman Pangan : Metode, Pengolahan, Pemupukan, Pemeliharaan Dan Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Tanaman Pangan.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Tanaman Pangan : Metode, Pengolahan, Pemupukan, Pemeliharaan Dan Panen


Budidaya tumbuhan pangan sangat berarti untuk manusia, sebab tumbuhan pangan ialah sumber bahan makanan utama pembangkit tenaga buat tubuh.

Tumbuhan pangan mempunyai banyak isi penting semacam karbohidrat serta protein yang bisa dimakan sebagai kebutuhan pokok buat keberlangsungan hidup manusia.

Ada banyak jenis tumbuhan pangan semacam, sayur – mayur, umbi – umbian, buah – buahan, biji – bijian, kacang – kacangan serta lain sebagainya, serta beruntungnya negara kita sangat sesuai dengan seluruh jenis tumbuhan pangan.

Oleh sebab keberadaan tumbuhan pangan sangat penting, berikut ini metode budidaya tumbuhan pangan lengkap, yang gampang buat kamu praktekkan.


Metode Budidaya Tumbuhan Pangan

Metode budidaya tumbuhan pangan ialah aktivitas menanam tumbuhan yang bisa jadi sumber karbohidrat utama serta protein yang dicoba pada suatu lahan.

Yang hasilnya bisa dimakan sendiri ataupun dijual kembali sebagai sumber pemasukan untuk petani ataupun penanamnya.

Dari penafsiran metode budidaya tumbuhan pangan tersebut, sesungguhnya Indonesia merupakan negeri penghasil tumbuhan pangan yang besar dahulunya.

Baca Juga :  Mengenal Kandungan Bayam, Varietas dan Manfaatnya Yang Perlu Di Ketahui

Tetapi, pada masa saat ini Indonesia malah mengimpor bahan makanan dari negeri lain.

Bila petani – petani di Indonesia menginginkan hasil panen yang baik serta tidak mau mengimpor bahan makanan dari luar negeri maka wajib mengerti metode budidaya tumbuhan pangan yang benar.

Berikut ini metode budidaya tumbuhan pangan yang benar.

Pengolahan Lahan yang Baik

Buat metode budidaya tumbuhan pangan yang awal merupakan proses pengolahan lahan yang baik supaya hasilnya memuaskan. Lahan tumbuhan pangan sama semacam lahan tumbuhan jagung manis.

Sesungguhnya, apabila masyarakat Indonesia khususnya para petani lebih diperhatikan serta didukung dalam aktivitas budidaya tumbuhan pangan.

Lahan luas yang terdapat di Indonesia pastinya hendak menciptakan swasembada pangan yang sanggup memadai kebutuhan nusantara, apalagi sampai ekspor ke mancanegara.

Standar Penyiapan Lahan

  • Lahan yang hendak digunakan wajib bebas dari pencemaran limbah beracun
  • Sebelumnya lahan dibajak ataupun dicangkul supaya tanah jadi gembur sehingga perakaran bisa berkembang secara optimal
  • Bila dibutuhkan, penyiapan lahan diiringi dengan pengapuran, akumulasi pupuk organik, pembenahan tanah ataupun metode revisi kesuburan tanah
  • Penyiapan lahan bisa dicoba dengan metode manual ataupun bisa juga dengan perlengkapan mesin pertanian

Persiapan Benih serta Penanaman

Langkah kedua metode budidaya tumbuhan pangan merupakan penanaman serta persiapan benih.

Pada umumnya, mayoritas benih tumbuhan pangan ditanam langsung tanpa melewati proses penyemaian terlebih dulu kecuali buat tumbuhan padi. Hendaknya siapkan benih yang mempunyai kualitas unggul.

Benih ditanam memakai metode ditugal (pelubangan pada tanah) sesuai jarak tanam yang diajarkan buat tiap tumbuhan.

Ketentuan Penanaman

Untuk melakukan penanaman benih bisa mengikuti metode budidaya yang sudah diajarkan meliputi jarak tanam, kebutuhan benih perhektar, varietas tumbuhan, serta jenis budidaya ataupun penanaman.

Baca Juga :  Tanaman Selada : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi, Jenis dan Manfaatnya

Untuk memperoleh hasil yang baik, lakukan penanaman pada masa tanam yang pas serta sesuai dengan agenda tanam.

Pada saat penanaman, perlu difikirkan tumbuhan supaya tidak kekeringan, tergenang, kebanjiran serta yang lain yang berpotensi merugikan.

Supaya bebas dari serbuan hama serta kawan – kawanya, benih ataupun bahan tumbuhan bisa diberi perlakuan yang bagus saat sebelum ditanam.

Pemupukan Tumbuhan pangan

Pemberian pupuk sangat berguna untuk memberikan nutrisi yang lumayan untuk pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan.

Setelah benih ditanam berikutnya penting buat dicoba proses pemupukan, pupuk bisa diberikan pada tumbuhan secara bertahap serta cocok jatah takarannya.

Tidak hanya itu perlu pula dicermati secara pas baik metode penggunaanya, jenis pupuknya, dosis penggunaanya serta waktu pemupukan.

  • Standar Pemupukan

Pupuk wajib diberikan pas waktu serta pula sesuai dengan kebutuhan tahap berkembang tumbuhan, serta pada keadaan lahan yang pas.

Sesuai takarannya, ialah pupuk yang diberikan wajib sesuai dengan anjuran, jangan sampai kelewatan ataupun pula jangan sangat kurang.

Wajib sesuai dalam memakainya, ialah disesuaikan dengan jenis pupuk, tumbuhan serta keadaan lahan.

Budidaya Tanaman Pangan : Metode, Pengolahan, Pemupukan, Pemeliharaan Dan Panen


Pemeliharaan Tanaman

Aktivitas pemeliharaan meliputi penyiraman, penyulaman serta pembubunan. Penyiraman bertujuan supaya tanah senantiasa dalam keadaan lembab.

Penyulaman yakni aktivitas membuang tumbuhan ataupun benih yang tidak berkembang serta mengubahnya dengan menanam kembali tumbuhan yang baru. Guna dari pembubunan buat menutup pangkal batang dengan tanah.

  • Standar Pemeliharaan Tanaman

Tumbuhan wajib dipelihara sesuai dengan jenis tanamannya supaya tumbuhan bisa berkembang serta berproduksi optimal dan bisa menciptakan produk pangan yang bermutu tinggi

Tumbuhan wajib dilindungi supaya terlindung dari gangguan hewan ternak, hewan liar serta hewan ataupun hama lainnya

  • Pengendalian OPT( Organisme Pengganggu Tumbuhan)

Pengendalian OPT ataupun hama tumbuhan dapat dicoba secara manual ataupun memakai pestisida.

Baca Juga :  Pohon Jahe : Sejarah, Klasifikasi, Jenis dan Syarat Tumbuhnya

Bila memakai pestisida, pengendalian OPT wajib dicoba dengan pas jenis, pas kualitas, pas dosis, pas dosis/ konsentrasi, pas target, pas waktu dan pas aplikasi serta pas metode.


Panen serta Pasca Panen

Standar Panen

  • Pemanenan hendaknya dicoba pada usia serta waktu yang sesuai sehingga mutu hasil produk tumbuhan pangan bisa optimal pada dikala dikonsumsi
  • Penentuan saat panen yang cocok mengikuti standar yang berlaku.
  • Metode pemanenan tumbuhan pangan wajib pas dengan metode untuk tiap jenis tumbuhan sehingga hendak diperoleh mutu hasil panen yang besar, tidak rusak, senantiasa fresh dalam waktu lama serta meminimalkan persentase kehabisan hasil.
  • Wadah yang hendak digunakan buat hasil panen ditaruh di tempat yang aman.

Pasca Panen

  • Hasil panen sebaiknya ditaruh di tempat yang lembab.
  • Buat tumbuhan pangan yang memerlukan perontokan ataupun penggilingan bisa dicoba dengan metode manual ataupun dengan perlengkapan mesin pertanian.
  • Perlengkapan serta mesin buat budidaya dibutuhkan buat memesatkan serta memudahkan tiap tahapan budidaya tumbuhan. Perlengkapan ataupun mesin budidaya diaplikasikan untuk aktivitas pengolah tanah, pemeliharaan, penanaman, serta panen.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Tanaman Pangan Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5