Daftar Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Beserta Manfaatnya

2 min read

0
()

Daftar Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Beserta Manfaatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Bunga Yang Bisa Dimakan Beserta Manfaatnya.


Daftar Bunga Yang Bisa Dimakan Dan Beserta Manfaatnya


Sebelum memakan bunga ada hal penting yang harus diingat, yaitu hindari bunga yang pertumbuhannya menggunakan bahan pestisida. Lalu apa saja bunga yang dapat kita makan? Berikut beberapa bunga yang bisa dimakan dan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit.

Berikut daftar unga yang bisa dimakan dan beserta manfaatnya :


Bunga Matahari

Bunga matahari ini bisa direbus dan juga dimakan pada bagian kelopak bunganya  seperti sayuran artichoke. Pada kelopak bunga matahari yang masih muda memiliki kandungan zat yang terdiri dari echinocystic, oleanolic, helianthoside (A,B,C), dan quercimeritrin. Dan juga memiliki manfaat kesehatan tubuh lainnya seperti berikut ini.

  1. Mengobati tekanan darah tinggi.
  2. Mengobati sakit kepala.
  3. Mengobati sakit gigi.
  4. Mengobati nyeri menstruasi.
  5. Mengobati nyeri lambung.
  6. Mengatasi Radang payudara (mastis).
  7. Mengobati rematik dan sulit melahirkan.

Elderflower (Elderberry)

Bunga yang memiliki aroma khas seperti madu ini juga dikenal sebagai European elderberry yang dibuat minuman. Bunga ini kaya akan zat bioflavonoid, flavonol (quercetin, anthocyanin, dan isoquercitrin), asam chlorogenic (asam cinnamic), dan triterpenoid (B-amyrin, eritrodiol, dan asam oleanolic).

Bunga ini juga berkhasiat untuk mengobati:

  1. Batuk-pilek.
  2. Infeksi sinus.
  3. Sebagai pencahar.
  4. Mengatasi alergi.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Obat topikal untuk pembengkakan, luka, dan obat kumur.
Baca Juga :  Ikan Mas : Jenis, Karakteristik, Metode Budidaya dan Keuntungannya

Bunga Rosela

Bunga rosella ini memiliki dua jenis yaitu berwarna ungu dan merah. Bunga ini berkhasiat untuk kesehatan dengan membuat bunga ini menjadi minuman the.

Pada kelopak bunga ini mengandung banyak zat yang diperlukan tubuh, seperti:

  1. Vitamin C.
  2. Vitamin A.
  3. Protein esensial.
  4. Kalsium.
  5. 18 jenis asam amino termasuk arginina dan legnin yang berfungsi meremajakan sel tubuh.

Bunga rosela ini juga berkhasiat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Bunga Kecombrang

Bunga ini mempunyai banyak zat yang bermanfaat seperti polifenol, steroid, tanin,alkaloid, flavonida, fenolik, saponin, dan masih banyak lagi. Bunga kecombrang ini bisa dimakan untuk mengobati penyakit kulit, membersihkan darah, melancarkan ASI, hingga meningkatkan fungsi otak.

Daisy

Bunga daisy memiliki tampilan yang indah, selain itu bunga ini  juga mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Rasa pahit dari bunga ini mampu mendetoksifikasi tubuh sehingga kulit dapat terlihat lebih segar dan sehat.

Bunga Melati

Bunga yang sering dijadikan teh ini mempunyai khasiat yang bisa menjaga kesehatan jantung dan juga dapat menghaluskan kulit.

Yucca

Tanaman yucca ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kadar kolestrol, meredakan artritis, meningkatkan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Pansy

Pansy ini mempunyai sifat antimikroba yang bisa membantu berbagai masalah kesehatan pada tubuh. Rasanya yang manis pada pansy ini dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit, epilepsy, dan juga tekanan darah tinggi.

Feverfew

Tanaman yang sering dipakai untuk obat herbal ini bisa meredakan tegangan otot dan migrain dengan membuatnya menjadi teh herbal menggunakan daun feverfew dan daun mint.

Bunga Mawar

Bunga mawar ini memiliki kaya akan vitamin, antioksidan, dan masih banyak manfaat lainnya seperti mengatasi radang sendi, sakit kepala, stres, masalah buang air kecil, sembelit, dan gangguan pada pencernaan.

Baca Juga :  Manfaat Terong Telunjuk Dan Kandungan Gizinya Yang Penting Bagi Kesehatan

Lavender

Bunga lavender ini selain dapat mengusir serangga, bunga ini memiliki vitamin A yang penting bagi kesehatan mata dan juga bisa mempercantik kulit wajah. Terdapat juga zat besi dan kalsium sebagai nutrisi tubuh, salah satunya yaitu dapat menangkal osteoporosis.

Dan untuk wanita jika sedang mengalami PMS, bisa dengan memakan lavender ini, karena dapat membantu mengurangi nyeri. Bahkan para ahli juga menyarankan untuk mengonsumsi lavender ini untuk dijadikan sebagai obat relaksasi yang alami.

Dandelion

Tanaman dandelion ini merupakan kategori diuretik dan dapat meredakan peradangan. Bunga yang rasanya agak pahit ini dapat menambah nafsu makan, meredakan sembelit, nyeri pada persendian, batu empedu, dan kembung.

Chamomile

Bunga mungil dan memiliki rasa seperti apel ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung, kanker, tidur terlelap, dan membantu pencernaan. Bunga ini kaya akan antioksidan sehingga mempunyai sifat yang dapat menenangkan tubuh.

Nah itulah tadi Bunga Yang Bisa Dimakan Beserta Manfaatnya dari tanam.co.idSemoga bermanfaat.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Hortikultura

Admin1
3 min read

Cara Pemangkasan Pohon Sawo

Admin1
2 min read

Caisim Hidroponik

Admin1
2 min read