Jenis-Jenis Terong dan Manfaatnya Yang Perlu Kamu Untuk Ketahui

5 min read

Jenis Jenis Terong dan Manfaatnya yang Perlu Kamu Untuk Ketahui
0
()

Jenis-Jenis Terong dan Manfaatnya Yang Perlu Kamu Untuk Ketahui – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Jenis Terong.

Dan menerangkan tentang manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Jenis-Jenis Terong dan Manfaatnya Yang Perlu Kamu Untuk Ketahui


Terong atau terung ialah tumbuhan bernama ilmiah Solanium melongena ini memiliki bagian buah yang umum dijadikan olahan sayur.

Banyak sekali olahan sayur berbasis buah tumbuhan ini. Sambal terong, karedok, serta apalagi juice merupakan sebagian di antara lain.

Sementara itu tanaman asli dari Asia ini tepatnya India serta Sri Lanka ini mempunyai banyak nutrisi berguna buat badan. Ada vit serta mineral dan isi khas fitronutrisi yang bertabiat antioksidan.

Ada pula senyawa fenolic semacam caffeic, asam clorogenik serta flavonoid yang terletak dalam kulit terong.

Kandungan- kandungan tersebut teruji melindungi membran sel badan dari kerusakan, bertabiat anti kanker, antimikroba, anti LDL( kolesterol jahat) sampai antivirus.

Sejarah panjang terong dimulai dengan berkembang liar di India. Tetapi sebagian abad setelah itu dibudidayakan di Cina kemudian ke Afrika sampai terbawa hingga ke Eropa serta Timur Tengah.

Tetapi pada dikala itu tidak langsung menemukan tempat dihati peracik santapan sebab rasanya yang getir sampai diucap pemicu kanker serta lepra.

Beruntungnya, perihal tersebut tidak langsung membuat sang Terong ini musnah ataupun dibumihanguskan, orang- orang di Eropa malah membuat terong sebagai tumbuhan hias daripada buat disajikan.

Tanaman terong ini sangat baik perkembangbiakannya dalam cuaca hangat. Gampang hidup didaerah dataran rendah ataupun dataran besar.

Tetapi tanahnya wajib ada faktor organik serta mempunyai sistem drainase yang lumayan. Buat pertumbuhannya membutuhkan waktu 90 hari ataupun hingga 4 bulan buat jadi terong yang siap disantap.

Kemudian berselang seminggu terong dapat dipanen 6 sampai 7 kali dengan buah yang telah cocok ukurannya, tampilan buah yang mengkilap serta dagingnya yang apabiila ditekan kembali kebentuk semula dengan kilat.

Jangan membiarkan terong sangat masak dipohonnya sebab hendak buatnya terus menjadi getir serta lembek.


Terong dan Manfaatnya

Terong mempunyai banyak varietas pula wujud serta rupanya. Terdapat yang telah tidak asing lagi didapur serta muncul dalam menu tiap hari. Berikut ini sebagian tipe terong yang dapat ditemukan di Indonesia

  • Terong Ungu

Tipe terong ini merupakan yang sangat gampang ditemui baik dipasar tradisional ataupun swalayan.

Baca Juga :  Pohon Terong : Sejarah, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Cara Budidayanya

Kulitnya yang bercorak ungu hitam mengkilat dengan tekstur kenyal serta berupa lonjong, kerap disantap dengan metode terbakar ataupun dipanggang dengan sambal balado.

  • Terong Telunjuk

Kerap diucap Terong Medan sebab banyak ditemukan dikota Medan dimana bersama sayur- mayur lain dimasak dalam Tauco.

Wujudnya panjang bercorak hijau memanglah semacam tulunjuk ini pula kerap dimasak bersama gulai dengan kentang pula telur.

  • Terong Gelatik

Tipe terong gelatik ini wujudnya bundar, tetapi terdapat yang bercorak ungu tetapi wujudnya lebih kecil dari terong gelatik yang bercorak hijau.

Terong gelatik ungu biasa terbuat lalapan sebab teksturnya yang renyah serta tidak getir semacam tipe terong yang lain.

Sedangkan terong gelatik hijau lezat diolah dalam karedok, lodeh ataupun bonus dalam bahan tumisan.

  • Terong Pipit

Jika banyak yang tidak memahami terong pipit, sebab tipe terong yang satu ini mempunyai banyak nama semacam Cokowana, Tekokak,( cipokak didaerah Sumatera) ataupun rimbang.

Dengan rasa yang pahit serta banyak ada biji kecil didalamnya dan mempunyai kulit yang agak keras, terong pipit lebih kerap dicampurkan bersama bahan masakan yang lain semacam tauco serta daun ubi tumbuk.

Terong pipit yang wujudnya bundar kecil mempunyai manfaat menyehatkan mata ini, di Eropa kerap diucap Turkeyberry serta mini- Eggplant.

  • Terong Belanda

Tipe terong yang satu ini metode mengkonsumsinya tidak semacam sahabatnya tadinya, namun lebih kerap diucap buah sebab diolah isinya buat jadi juice, sirup serta selai.

Wujudnya yang lonjong nyaris semacam telur mempunyai corak merah hitam kekuningan, biji yang gelap serta rasa yang sangat asam.

Memiliki nama lain Tamarillo, terong belanda merupakan tanaman asli Amazon Amerika Selatan ini bukan maksudnya berasal dari belanda, tetapi kehadirannya di Indonesia sebab dibawa oleh orang- orang belanda.

  • Terong Putih

Wujud terong ini nyaris sama semacam terong ungu, yang membedakan cuma corak putihnya. Tipe terong hibrida serta biasa diucap terong kania ini agak berbeda dengan tipe terong yang lain.

Rasanya yang pula manis dimana dipulau Kalimantan sangat terkenal tepatnya di Kalimantan Barat apalagi diolah jadi manisan.

  • Terong Hitam

Tipe terong ini kerap diucap pula terong bell gelap serta beauty black eggplant.

Rupanya yang memanglah gelap mengkilat bundar lonjong, tidak sangat panjang tetapi dalamnya bercorak putih bersih dengan biji kecil yang bercorak coklat keemasan.

  • Pepino

Dengan banyak nama lain, tipe terong ini sesungguhnya telah terdapat semenjak era penjajahan belanda.

Hingga dari itu pernah diucap“ Buah Wisatawan”, tetapi entah mengapa hingga saat ini juga masih tidak sangat terkenal.

Diucap pula Treemelon sebab rasanya yang nyaris sama semacam melon, Mellowfruit, merong, cabai manis, pepino melon, buah melodi serta orang Indonesia lebih akrab menyebutnya husada dewa.

Baca Juga :  Cara Menanam Buncis : Trik Penanaman, Perawatan dan Panen hasil Maksimal(Sukses)

Wujudnya yang nyaris sama deperti terong gelap tetapi bercorak garis- garis putih ungu, pepino biasa disajikan dalam salad buah ataupun dijus saja.

Tanaman asli dari pegunungan Andes Peru ini diucap buah eksotis serta di Amerika Serikat sebab teruji mempunyai isi Betakaroten yang sangat besar dimana melindungi badan dari kanker.

  • Terung takokak

Diketahui dengan nama takokak, terung bundar kecil ini pula diucap terung pipit. Rasanya lumayan getir sehingga cuma disukai orang yang telah kerap komsumsi.

Warga Tapanuli memakai terung pipit bagaikan kombinasi sayur- mayur daun ubi tumbuk. Sedangkan warga Sunda komsumsi terung pipit seperti leunca ialah dijadikan lalap ataupun diolah jadi sayur.

Di Thailand, terung pipit apalagi dimasak bagaikan kari sayur yang terkenal.

  • Terung Jepang

Terung Jepang wujudnya mirip terung ungu. Cuma saja berdimensi lebih pendek serta gendut dengan corak ungu hitam. Teksturnya lebih renyah serta gampang lunak dikala dimasak.

Soal rasa, terung ini terasa manis sehingga lezat dijadikan tempura. Tidak hanya itu, terung Jepang pula dapat dipanggang, dikukus, serta direbus.

  • Terung bundar hijau

Penggemar lalapan tentu tidak asing dengan terung bundar hijau. Wujudnya bulat semburat putih di bagian dasarnya. Rasanya yang renyah fresh sangat lezat dimakan dengan cocolan sambal,diolah jadi karedok serta tumisan.

  • Terong Belanda

Jika tipe terong ini terkenal lantaran umum dijadikan olahan juice. Karakteristik khas wujudnya yang seragam bundar telur; kulit buahnya tipis; serta bercorak kemerahan, jingga, ataupun kekuningan.

Dari segi tekstur serta rasa, terong Belanda memiliki tekstur yang renyah serta sedikit berair; dan bercita rasa manis serta asam.

Terdapat satu kenyataan menarik di balik tipe terong ini. Warnanya, ini tidaklah terong asli Indonesia terlebih Belanda.

Hendak namun, terong ini ialah terong asli wilayah Amazon, Amerika Latin( Amerika Selatan).

Terong ini lalu dibawa orang Belanda ke Indonesia serta lalu dibesarkan di situ. Dari situlah, penyematan kata“ Belanda” pada terong ini juga timbul.

Terdapat sebagian manfaat berarti dibalik tipe terong ini, ialah:

    • Tingkatkan metabolisme badan.
    • Tingkatkan keahlian mata dalam memandang.
    • Menghindari anemia.
    • Menyembuhkan diabet.
    • Menolong merendahkan berat tubuh.

Tidak hanya dijadikan juice, terong Belanda pula dapat kalian mengkonsumsi langsung. Cita rasanya yang asam manis membuat kamu tidak merasa eneg dikala komsumsi terong satu ini.

Di sebagian tempat, terong Belanda telah dapat diolah jadi selai maupun sirup. Apalagi, dapat pula dijadikan lalapan bersama sayur yang lain Spesial buat lalapan.

Terong Belanda yang dipakai merupakan terong Belanda mentah yang bertekstur renyah, serta tidak manis laiknya terong Belanda yang matang.

Jenis Jenis Terong dan Manfaatnya yang Perlu Kamu Untuk Ketahui

  • Leunca( Ranti)

Seluruh orang tentu memahami leunca. Tetapi, mengerti kah kalian jika leunca pula ialah sejenis terong?, tanaman yang bernama lain ranti ini ialah anggota suku terong- terongan dengan nama ilmiah Solanium nigrum L.

Baca Juga :  Budidaya Durian : Metode, Penanaman, Pemeliharan Dan Pemanenan

karakteristik khas terong ini merupakan wujudnya yang bundar kecil laiknya kersen, bercorak hijau di dikala muda, serta bercorak keunguan apabila telah tua ataupun matang.

Dari segi rasa, tipe terong ini cukup agak getir. Kendati begitu, terong ini masih laik disantap, lantaran teksturnya yang renyah. Oleh orang Sunda, terong ini umum diolah jadi lalapan, karedok leunca,ulukutek leunca.

Untuk yang belum ketahui, ulukutek leunca merupakan sajian yang dibuat dari leunca yang ditumis bersama oncom serta beberapa bahan yang lain.

Tidak hanya diolah jadi santapan, leunca pula bisa diolah jadi racikan herbal menyehatkan. Pengolahan leunca jadi obat herbal sendiri timbul lantaran beberapa manfaat yang tercantum di dalam leunca.

Menjadikan leunca bagaikan air rebusan merupakan salah satu contohnya. Buat membuat olahan ini, leunca wajib direbus bersama dengan rumput lidah ular serta peniran.

Rebuslah leunca serta bahan- bahan tersebut sampai mendidih. Sehabis itu tiriskan serta sediakan di dalam gelas. Rebusan leunca tersebut dapat mengobati peradangan saluran kencing.

Manfaat tersebut bakal terus menjadi maksimal apabila kalian meminumnya sampai 3 kali sekali.

Semacam yang disebutkan tadinya, jika leunca memiliki beberapa manfaat di dalamnya. Sebagian di antara lain merupakan:

    • Merendahkan kolesterol.
    • Tingkatkan guna kerja hati.
    • Meredakan batuk serta mengencerkan dahak.
    • Anti- kanker natural.
  • Terong Hijau

Tipe terong terpopuler di Indonesia yang terakhir merupakan terong hijau. Boleh dikata, terong hijau merupakan kerabat kembar tidak identik terong ungu.

Ini tidak lepas dari kesamaan wujud serta tekstur terong hijau yang seragam dengan terong ungu.

Ada pula yang jadi pembeda di antara keduanya merupakan corak serta rasanya. Terong hijau memiliki corak yang lebih kehijauan, dan bercita rasa agak getir. Sangat berbeda dengan terong ungu, kan?

Terong hijau dapat diolah jadi pecel terong, sayur lodeh, serta apalagi balado terong laiknya terong ungu. Dari segi manfaat, terong hijau memiliki manfaat yang tidak jauh beda dengan terong- terong yang lain.

Beberapa manfaat tersebut merupakan:

    • Merendahkan darah tinggi.
    • Menghindari anemia.
    • Melindungi kesehatan pencernaan.
    • Tingkatkan metabolisme badan.

Demikian Uraian kami tentang Jenis Terong Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5