tanam.co.id https://www.tanam.co.id/ Tanam.co.id - Media Pengetahuan Online Seputar Tani dan Ternak Sat, 26 Nov 2022 15:13:31 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.8.6 https://www.tanam.co.id/wp-content/uploads/2020/04/cropped-Logo-Tanam-60x60.png tanam.co.id https://www.tanam.co.id/ 32 32 Panduan Budidaya Pohon Bungur Yang Baik Dan Benar Untuk Tanaman Herbal https://www.tanam.co.id/budidaya-pohon-bungur/ Sat, 26 Nov 2022 15:13:31 +0000 https://www.tanam.co.id/?p=4471 Panduan Budidaya Pohon Bungur Yang Baik Dan Benar Untuk Tanaman Herbal – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Pohon Bungur.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Budidaya Pohon Bungur Yang Baik Dan Benar Untuk Tanaman Herbal


Bungur atau Lagerstroemia, merupakan sejenis tanaman berwujud tumbuhan ataupun perdu yang diketahui bagaikan tumbuhan peneduh jalur ataupun pekarangan.

Bunganya bercorak merah jambu, apabila mekar bersama- sama hendak nampak indah. Perbanyakan anakannya berasal dari biji yang keluar sehabis proses pembungaan berakhir.

Bijinya berupa bundar bercorak coklat sebesar kelereng. Tidak hanya itu dapat pula diperbanyak dengan pencangkokan.

Terdapat 2 tipe bungur yang terkenal bagaikan tumbuhan hias pekarangan: bungur biasa/ besar/ kebo( L. speciosa), tumbuhan besar menggapai 8 meter.

Serta bungur jepang( L. faurieri, L. indica, serta hibrida keduanya) yang lebih kecil, berupa perdu. Bungur besar dahulu pula banyak ditanam di pekuburan.

Saat ini tidak hanya ditanam terencana di pinggir jalur raya serta taman rumah, pula banyak berkembang liar di tepian sungai.

Bunga bungur pada awal mulanya cuma ialah tumbuhan liar yang banyak berkembang di hutan. Tetapi, sebab keindahannya setelah itu bunga ini banyak ditanam di tanah pekuburan ataupun digunakan bagaikan pemisah batasan antar lahan.Bungur ialah tumbuhan perdu yang biasa ditanam bagaikan tumbuhan pagar ataupun peneduh.

Sebab ukurannya yang besar tumbuhan ini biasa ditanam dipekarangan rumah. Bunga bungur mempunyai corak bunga merah jambu, serta hendak sangat indah dikala mekar secara bertepatan.

Apalagi terdapat yang membandingkan panorama alam keelokan bunga ini dikala mekar bertepatan bagaikan bunga sakura, yang ialah bunga yang sangat populer dari negara jepang.

Tumbuhan bungur dapat diperbayak lewat biji. Biji hendak dihasilkan dikala tumbuhan berakhir berbunga. Biji yang dihasilkan berdimensi besar seukuran kelereng dengan corak cokelat.

Tidak hanya diperbanyak lewat biji tumbuhan bungur pula bisa diperbanyak lewat pencangkokan. Tumbuhan bunga bungur nyatanya mempunyai khasiat lain di bidang penyembuhan herbal.


Karakteristik Morfologi Tanaman Bungur

Karakteristik tumbuhan bungur mempunyai besar 10- 30 meter. Batang bundar, percabangan mulai dari bagian pangkalnya, bercorak cokelat muda.

Daun tunggal, bertangkai pendek. Helaian daun berupa oval, elips, ataupun memanjang, tebal semacam kulit, panjang 9- 28 centimeter, lebar4- 12 centimeter, bercorak hijau tua.

Bunga majemuk bercorak ungu, tersusun dalam malai yang panjangnya 10- 50 centimeter, keluar dari ketiak daun ataupun ujung ranting.

Buahnya buah kotak, berupa bola hingga bundar memanjang, panjang 2- 3, 5 centimeter, beruang 3- 7, buah yang masih muda bercorak hijau, sehabis masak jadi cokelat.

Dimensi biji lumayan besar, pipih, ujung bersayap berupa pisau, bercorak cokelat kehitaman.

Bungur bisa diperbanyak dengan biji. Bungur se­benarnya terdapat 2 tipe. Bunga yang bermahkota serta daun besar, diucap bungur ataupun bahasa latinnya lagerstroemia spe­ciosa Pers.

Sebaliknya yang kecil serta berbunga kecil, diucap bungur kecil. Spesial yang dibahas dalam tulisan ini, bungur yang berdimensi besar.

Bunga yang banyak ditemui di hutan jati tersebut, gampang berkembang di tanah gersang, terlebih di tanah produktif, ataupun hutan heterogen berbatang besar.

Posturnya yang dapat digunakan bagaikan tumbuhan pelindung, membuat bungur di tanam di pinggir jalur.

Pokoknya, bungur dapat berkembang dengan produktif, hingga ketinggian 800 m dari permukaan laut. Dari segi raga, bungur dapat diisyarati dengan tingginya yang menggapai 10 hingga 30 m.

Batangnya bundar, percabangan mulai dari bagian pangkalnya, serta bercorak coklat muda.

Bersumber pada riset, daun bungur mempunyai isi Kimia, semacam saponin, flavonoidaa serta tanin. Sedangkan bunga indahnya, belum terdapat riset tentangnya.

Kecuali bunga serta pangkal, biji, daun serta kulit kayu bungur dapat digunakan bagaikan bahan obat- obatan. Di mana bijinya, bisa digunakan buat penyembuhan tekanan darah besar.

Ada pula kulit kayu, digunakan buat penyembuhan diare, disentri, serta Berkemih darah. Sedangkan kayunya, digunakan buat penyembuhan Berkemih batu, berkemih manis serta tekanan darah besar.

Dengan demikian, dapat disimpulkan jika tumbuhan bungur ini dapat menyembuhkan penyakit berkemih yang sangat menyiksa pengidapnya.


Metode Menanam Bunga Bungur


Pemilihan Bibit Bungur

Memilih bibit bunga bungur yang bermutu, dianjurkan pakai bibit yang berasal dari cangkok sebab tumbuhan hendak lebih kilat menciptakan bunga dibanding dengan bibit dari biji.

Bila mau ditanam di pekarangan rumah hendaknya memilah bungur jepang yang mempunyai dimensi batang lebih kecil. Sehingga tidak mengusik area dekat.

Seleksi bibit yang sehat serta tidak terkena penyakit.Yakinkan tumbuhan mempunyai daun yang bercorak hijau terang.Seleksi bibit cangkok yang berdimensi besar serta kuat.

Yakinkan tidak terdapat bagian tumbuhan yang cedera ataupun cacat.Besar bibit minimun 30- 35 centimeter dari atas permukaan polibag.

  • Persiapan Lahan Tanam Bunga Bungur

Seleksi posisi lahan yang luas serta luas, semacam di balik rumah ataupun didepan rumah yang bersebelahan dengan jalur. Berikutnya, buat lubang tanam dengan kedalaman 50x50x50 centimeter.

Sehabis itu, gemburkan tanah disekitar lubang tanam. Setelah itu masukkan pupuk kandang sebanyak 5 kilogram ke dalam lubang tanam. Perkenankan sepanjang satu minggu, sehabis itu barulah dapat dicoba penanaman.

  • Penanaman Bunga Bungur di Pekarangan

Jalani penanaman pada pagi ataupun sore hari dikala cuaca tidak terik. Satu hari saat sebelum ditanam hendaknya bibit tidak disiram.

Berikutnya, buka plastik polybag bibit secara lama- lama serta hati- hati supaya tidak mengganggu pangkal bibit serta media tanamnya.

Setelah itu, masukkan bibit ke lubang tanam serta tutup kembali lubang tanam dengan tanah sisa galian yang telah digemburkan.

Buang sebagian daun pada bibit buat kurangi penguapan kemudian jalani penyiraman dibagian akarnya.

  • Perawatan Tumbuhan Bungur

Bagikan bonus pupuk kandang ataupun pupuk anorganik yang lain semacam NPK pada tumbuhan. Bagikan pupuk susulan secara teratur tiap 1 bulan sekali.

Tumbuhan ini pula sangat tahan terhadap kekeringan apalagi tidak tidak sering senantiasa dapat menciptakan bunga di masa kemarau.

Panduan Budidaya Pohon Bungur Yang Baik Dan Benar Untuk Tanaman Herbal

  • Bunga Bungur Siap Berbunga

Bunga bungur hendak mulai berbunga dikala berusia 2- 3 tahun sehabis ditanam. Sehabis menciptakan bunga pertamanya, hingga tumbuhan ini hendak terus menciptakan bunga yang indah sejauh masa.

Bungur bisa ditemui di hutan jati, baik di tanah gersang ataupun di tanah produktif hutan heterogen berbatang besar.

Kadang- kadang, bungur ditanam bagaikan tumbuhan hias ataupun tumbuhan pelindung di tepi jalur. Di Jawa, bungur bisa berkembang hingga ketinggian 800 meter dpl.

Tidak hanya itu, bungur banyak ditemui pada ketinggian di dasar 300 meter.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Pohon Bungur Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

]]>
Panduan Mudah Cara Membuat Bonsai Kedondong Di Rumah https://www.tanam.co.id/cara-membuat-bonsai-kedondong/ Sat, 26 Nov 2022 07:13:23 +0000 https://www.tanam.co.id/?p=4524 Panduan Mudah Cara Membuat Bonsai Kedondong Di Rumah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Membuat Bonsai Kedondong.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Mudah Cara Membuat Bonsai Kedondong Di Rumah


Kedondong merupakan tumbuhan buah yang terkategori ke dalam suku mangga- manggaan( Anacardiaceae). Umumnya dalam bahasa inggris menyebutnya dengan Ambarella, Ataheitte apple/ Great hot plum.

Kedondong ini ialah tumbuhan buah yang biasanya banyak sekali ada di segala wilayah tropis serta tercantum kedalam angiospermae.

Kedondong Bangkok ialah tipe unggul yang biasa di tanam para petani. Tidak hanya ini tipe kedondong unggul yang lain merupakan kedondong Konden di Karimun Jawa.

Dikala ini telah banyak budi energi tumbuhan kedondong Bangkok buat di peruntukan tumbuhan buah dalam pot.

Buah kedondong bisa dimakan langsung dalam keadaan fresh, ataupun kerap pula diolah jadi rujak, asinan, acar ataupun dijadikan selai.

Buah ini mempunyai biji tunggal yang berserabut. Daun dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan.

Batang tumbuhan kedondong mempunyai ciri berkulit tebal serta gampang patah. Pupus daun serta kedondong muda memiliki rasa asam sehingga kerap dijadikan sayur- mayur ataupun penyedap masakan untuk orang jawa.

Kedondong ataupun( Spondias dulcis) merupakan tumbuhan buah yang masuk di dalam famili Anacardiaceae.

Buah kedondong ini memiliki 2 rasa ialah masam serta fresh, sehingga kerap diolah jadi rujak ataupun manisan.

Sebaliknya daunnya yang beraroma semerbak kerap dipakai bagaikan penyedap masakan, paling utama pada dikala memasak pepes ikan.

Tumbuhan kedondong ini memiliki keahlian buat berkembang sampai menggapai ketinggian 2- 3 m lo bro. Buahnya yang masih muda bercorak hijau, bertekstur keras, serta memiliki getah.

Serta buah yang sudah matang hendak berganti corak jadi hijau kekuningan hingga matang jadi kuning kecoklatan, dan mempunyai tekstur yang agak empuk.

Biji kedondong berupa menyamai serabut pangkal yang tertanam di dalam daging buah. Sebagian pencinta bonsai sering menjadikan kedondong bagaikan tumbuhan bonsai.

Kedondong( Spoindas duicis) merupakan tumbuhan yang tercantum ke kelompok eAngiosperma. Mayoritas orang memahami buah ini sebab buahnya biasa dimanfaatkan untuk rujak serta manisan.

Tumbuhan kedondong tercantum tumbuhan berakar tunggang. Batang tumbuhan kedondong merupakan batang berkayu.

Daun tumbuhan kedondong tercantum ke daun bertulang menyirip dengan struktur tulang yang besar. Bunga tumbuhan kedondong tercantum ke bunga majemuk semacam tumbuhan jeruk.

Corak bunganya merupakan putih kekuningan. Pohonnya bisa menggapai ketinggian 20 meter. Buah kedondong biasanya berupa bundar lonjong bercorak hijau pada kulitnya.

Corak kulit buah ini dapat berganti jadi kuning dikala telah masak. Biji buah kedondong memiliki banyak serabut.


Syarat Tumbuh Kedondong

Tumbuhan ini senantiasa bisa berkembang di tanah di wilayah batu kapur ataupun tanah berpasir yang asam asalkan sistem pengairannya baik serta mudah.

Tanah yang sesuai buat ditanami tumbuhan kedondong merupakan tanah yang porous, gembur, serta kaya hendak humus. Derajat keasaman( pH) tanah yang cocok dengan ciri tumbuhan kedondong berkisar antara 5, 5- 6, 2.

Tanah dengan isi air tanah sepanjang 50- 200 centimeter lebih disukai oleh tumbuhan kedondong supaya hasil panennya dapat melimpah.

Tumbuhan kedondong bisa berkembang dengan baik di wilayah tropis. Curah hujan yang diperlukan oleh tumbuhan kedondong berkisar antara 1. 000- 1. 500 milimeter per tahun.

Tumbuhan ini memiliki cabang yang rapuh serta gampang patah sehingga kecepatan rata- rata anginnya tidak boleh sangat kokoh.

Tumbuhan kedondong bisa berkembang dengan baik di wilayah dataran rendah dengan ketinggian 0- 650 mdpl.

Dareah ini hendak berikan keleluasaan untuk tumbuhan kedondong buat menerima keseriusan penyinaran matahari sebanyak 40 persen karena tumbuhan ini memerlukan sinar matahari sepanjang masa pertumbuhannya.

Temperatur hawa yang sesuai buat area tumbuhan kedondong berkisar antara 30- 400C, sebaliknya kelembaban hawa yang sesuai buat area tumbuhan kedondong berkisar antara 14- 20 persen.


Metode Membuat Bonsai Kedondong


  • Langkah 1: Pengadaan Bibit

Tipe kedondong yang sangat bagus buat dijadikan bonsai yakni kedondong hutan. Setelah itu tumbuhan tersebut diperbanyak dengan metode sambung pucuk bersama kedondong bangkok bagaikan entres.

Seleksi bonggol kedondong hutan yang mempunyai dahan yang berdiameter 6- 8 centimeter serta wujudnya berlekuk- lekuk. Setelah itu pangkas bagian- bagian tumbuhan yang tidak butuh.

Sehabis itu, siapkan pula entres yang berasal dari kedondong bangkok. Sama semacam bonggol, pemilihan entres pula hendaknya yang memiliki banyak alur serta umurnya telah lumayan tua.

Sehabis dipotong dengan pangkal yang berupa lancip, Kamu dapat menyambungkannya dengan bonggol di atas.

  • Langkah 2: Penyiapan Pot

Kami menganjurkan pemakaian pot tanah liat sebagai wadah penanaman sebab pot ini sanggup melindungi kelembaban tanah dengan baik.

Hendaknya pakai pot yang wujudnya melebar sehingga bonsai nampak balance serta keindahannya dapat dinikmati mulai dari bagian pangkal tumbuhan.

Pemilihan pot yang dihiasi dengan ornamen hendak tingkatkan nilai dari bonsai yang ditanam di atasnya.

Media tanam yang hendak digunakan buat memelihara kedondong yakni kombinasi tanah, pasir, serta pupuk kompos dengan perbandingan 2: 1: 1.

Bagian dasar pot diberi hamparan kerikil terlebih dulu buat menahan media tanam supaya tidak gampang hanyut terbawa air. Sebaliknya di bagian atasnya dapat ditanam moss bagaikan mulsa buat melindungi kelembaban hawa.

  • Langkah 3: Penanaman Bibit

Bibit bonsai kedondong yang telah jadi lalu dipindahtanamkan ke dalam pot. Tadinya, Kamu wajib menyemai bibit tersebut terlebih dulu sepanjang 1 bulan supaya dia sanggup menyesuaikan diri dengan baik.

Proses penyemaian ini dicoba dengan memakai media berbentuk kombinasi pasir serta pupuk kompos yang dimasukkan ke dalam polybag. Siramlah tumbuhan tiap hari supaya berkembang produktif.

Tumbuhan kedondong ditanam ke pot pada waktu pagi ataupun sore hari. Kamu dapat menyiram polybag hingga basah supaya lebih gampang dalam membebaskan tumbuhan.

Sehabis itu, pangkas sebagian bagian pangkal yang bisa mengganggu keelokan tumbuhan tersebut. Tanamkan bibit kedondong ini dengan posisi miring dekat 60 derajat supaya tampilannya lebih menarik.

Panduan Mudah Cara membuat Bonsai Kedondong Di Rumah

  • Langkah 4: Perawatan Tanaman

Sepanjang masa perkembangan awal mulanya, perkenankan tumbuhan kedondong berkembang secara natural. Kamu dapat menyiramnya tiap 2 kali satu hari dan membagikan pupuk kandang seperlunya tiap sebulan sekali.

Sehabis tumbuhan ini nampak telah lumayan produktif, Kamu dapat mulai memangkas sebagian cabang serta daun secara berkala. Tujuan yang utama yakni mengerdilkan wujud tumbuhan tersebut.

Secara tidak langsung, pemangkasan juga berperan buat memicu perkembangan buah kedondong.

Seperti tumbuhan mangga, kedondong sangat menggemari sinar matahari. Namun curah hujan yang intensitasnya sangat besar bisa mengganggu tumbuhan tersebut.

Pindahkan tumbuhan kedondong ke pot yang lebih besar tiap 2- 3 tahun sekali supaya dia senantiasa dapat berkembang dengan baik.

Jika dapat, jauhi memetik buah kedondong yang berkembang dari tumbuhan bonsai Kamu sebab energi tarik utama dari bonsai kedondong terletak di buahnya.

Demikian Uraian kami tentang  Cara Membuat Bonsai Kedondong Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

]]>
Panduan Mudah Cara Ternak Kucing Persia Dan Perbandingannya Dengan Anggora https://www.tanam.co.id/cara-ternak-kucing-persia/ Fri, 25 Nov 2022 23:13:03 +0000 https://www.tanam.co.id/?p=4456 Panduan Mudah Cara Ternak Kucing Persia Dan Perbandingannya Dengan Anggora – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Ternak Kucing Persia.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Mudah Cara Ternak Kucing Persia Dan Perbandingannya Dengan Anggora


Kucing persia merupakan ras kucing dalam negeri berbulu panjang dengan kepribadian wajah bundar serta moncong pendek. Namanya mengacu pada Persia, nama lama Iran, di mana kucing seragam ditemui.

Semenjak akhir abad 19, kucing tipe ini dibesarkan di Britania Raya serta Amerika Serikat usai Perang Dunia II.

Di Britania Raya, ras ini diucap kucing bulu panjang Persia, dipecah dalam 2 tipe, ialah Chinchilla dengan corak perak terang serta yang agak hitam.

Semacam halnya dengan ras Siam, sudah terdapat upaya oleh sebagian peternak buat melestarikan ras kucing yang lebih tua, ras tradisional, yang mempunyai moncong lebih jelas, yang lebih akrab dengan warga biasanya.

Pembiakan selektif yang dicoba oleh peternak sudah membolehkan pengembangan bermacam corak bulu, namun pula menimbulkan kian datarnya wajah, yang bisa jadi mengantarkan beberapa permasalahan kesehatan.

Penyakit ginjal polikistik turunan umum dirasakan oleh ras ini, yang pengaruhi nyaris setengah populasinya di sebagian negeri.


Sejarah Kucing Persia

Kucing Persia tercantum ke dalam kucing ras tua. Kucing ini berasal dari Mesopotamia, yang setelah itu diketahui bagaikan Persia serta dikala ini terletak di negeri Iran.

Bulu panjangnya merupakan hasil mutasi alamiah, serta perihal ini pula membuat seseorang bangsawan Italia pada abad ke- 17, Pietro Della Valle, membawa kucing ini ke Eropa dekat tahun 1620- an.

Dahulu kucing ini memiliki bulu abu- abu yang mengkilat, tetapi berkat pembiakan selektif, Kucing Persia saat ini bisa ditemui dalam bermacam corak.

Sampai akhir abad ke- 19, pembiakan serta kontes kucing jadi terus menjadi terkenal. Kucing berbulu panjang dari Persia, Turki, Afghanistan, serta kucing exotic lokal yang lain dikira bagaikan kucing“ Asiatic” serta acapkali dikembangbiakkan bersama.

Lewat pembiakan selektif, pecinta kucing mulai membentuk kucing ini sampai mempunyai penampilan semacam dikala ini.

Kepalanya bulat, mukanya pesek, pipinya chubby, kuping yang cenderung kecil, mata besar, serta tubuh yang kuat. Dengan bulu yang lebih panjang dibanding kucing Anggora, serta kaki yang lebih pendek.

Di Amerika Serikat, kucing ini diimpor awal kali pada akhir abad ke- 19.Kucing Persia jadi kucing terfavorit, mengalahkan popularitas Kucing Maine Coon, yang pernah jadi kebanggaan orang Amerika.

Semenjak dikala itu sampai saat ini, Persia saat ini jadi kucing kesukaan di segala dunia.Kesimpulannya popularitas Kucing Persia juga mengalahkan Kucing Anggora.

Kucing Persia ialah ras kucing dalam negeri berbulu panjang dengan kepribadian wajah bundar serta moncong pendek. Namanya yang mengacu pada Persia, nama lama Iran, dimana kucing ini pula seragam ditemui.

Semenjak akhir abad ke- 19, pada kucing tipe ini dibesarkan di Britania Raya serta Amerika Serikat usai Perang Dunia II.

Di Britania Raya, ras ini pula diucap bagaikan kucing bulu panjang persia, dipecah dalam 2 tipe, ialah chinchilla dengan corak perak terang serta yang agak hitam pula.


Metode Budidaya Kucing Persia


  • Panduan Perawatan Kucing Persia

Mandikan kucing minimun dekat 1 kali seminggu, pakai shampo kramas spesial kucing buat 1 bulan sekali.

Bagikan pakan spesial kucing serta konsumsi nutrisi yang lain. Tempatkan santapan serta minuman dalam kandang yang gampang dijangkau oleh kucing

Jangan berikan makan ikan asin sebab dapat menimbulkan bulu kucing kamu rontok.

Sering- seringlah pula periksakan kucing kamu ke dokter hewan minimun 1 bulan sekali serta pula melaksanakan vaksin satu tahun sekali.

Berilah kebebasan bermain. Jangan dikandangkan terus, kucing pula butuh dilepas.

Rawatlah bulu kucing dengan metode semacam dengan menyisir bulunya memakai sisir kucing.

Jagalah kebersihan kandang, tempat makan serta minum dan pasir tempat kotoran kucing. Bilas pula tempat makan serta minumnya tiap hari.

Pula, jangan kurang ingat buat cuci pasir dengan cairan disinfektan kemudian jemurlah di terik cahaya matahari. Setelah itu isi wadah lagi dengan banyak pasir yang bersih.

Bila pada sesuatu kondisi membolehkan, taruhlah kucing dalam ruang yang ber- AC. Serta perdengarkanlah musik klasik sewaktu dia telah terletak dalam kandangnya sebab metode ini dapat buatnya hendak jadi lebih tenang.

Jemur kucing tiap pagi hari.

  • Seleksi Indukan Kucing Persia Bekualitas

    • Mata bundar, terbuka lebar serta bercorak terang, dan memiliki sorot yang sangat tajam.
    • Kaki pendek serta kuat.
    • Dada serta pundak lebar.
    • Punggung rata serta perut kecil.
    • Hidung kecil serta pendek.
    • Muka besar melingkar.
    • Lapisan gigi apik serta bersih.
    • Ekor pendek, tebal dan tidak kaku.
    • Bulu halus serta bercorak terang.
    • Sehat serta tidak cacat raga.
  • Persiapan Kandang Kucing Persis

Sehabis memperoleh indukan yang bagus, langkah berikutnya merupakan mempersiapkan kandang.

Kandang ialah modal utama dalam ternak kucing Persia, buatlah kandang senyaman bisa jadi, supaya kucing betah serta merasa aman, dengan temperatur hawa yang tidak sangat panas ataupun dekat 24 derajat celcius.

Jangan kurang ingat di dalam kandang disediakan pasir yang halus, ataupun di ayak terlebih dulu biar bersih, bagaikan tempat dimana kucing membuang kotoran.

  • Siapkan Kandang Kucing Persia

Kandang merupakan fasilitas yang sangat berarti, buat kandang kucing Persia, buatlah kandang senyaman bisa jadi serta yakinkan tidak terdapat pengganggu serta bersuhu tidak sangat panas.

Serta sajikan pasir didalam kandang hendak namun pasir wajib disaring dahulu supaya bersih.

  • Proses Perkawinan Kucing Persia

Mengawinkan kucing persia ini aktivitas yang gampang- gampang sulit, namun tidak permasalahan bila telah berpengalaman, sebab perihal itu menjadikan seorang memahami dengan baik metode beternak kucing persia.

Dalam suatu proses pernikahan ini kamu wajib senantiasa mencermati tingkah laku sang kucing jika mereka telah cocok, kamu pula dapat mengawinkan kucing ditempat dokter hewan.

  • Masa Kehamilan Kucing Persia

Sehabis kucing ini melaksanakan pernikahan, datang saatnya masa kehamilan, yang diisyarati dengan berhentinya nafsu birahi, serta senantiasa menghindar apabila lagi berhadapan dengan lawan jenisnya.

Isyarat kucing persia positif hamil ialah:

Pada dikala hendak merambah minggu ketiga sehabis pernikahan, mulai nampak terdapat pergantian raga pada kucing.

semacam pada putting susu berganti corak pink dan bulu- bulu disekitarnya rontok, nafsu makan terus meningkat, serta pula perut kucing terus meningkat besar.

Bila kucing Persia telah positif berbadan dua, kamu wajib kerap membawanya kedokter hewan buat mengecek kesehatan kandungannya.

Masa kehamilan kucing Persia ini umumnya dekat 60- 70 hari sehabis sesuatu proses perkawinan terakhir.


Perbandingan Kucing Anggora Dan Persia


  • Bentuk Wajah

Kucing persia biasanya mempunyai wujud wajah yang bundar serta datar tidak terdapat lekukan pada pipi ataupun hidung.

Umumnya kucing persia pula mempunyai hidung pesek( peaknose) ataupun agak pesek( flatnose).Bila dilihat dari warna pada bola mata, persia pula cenderung mempunyai lebih banyak alterasi.

Sebaliknya buat anggora, mukanya nampak semacam segitiga, sahabat. Terdapat lekukan pada mukanya, sebab hidungnya yang mancung.

Warna matanya pula umumnya nampak lebih tajam serta nampak sangar. Telinganya pula nampak lebih runcing serta terkadang terdapat bulu di bagian ujungnya.

  • Bentuk Tubuh

Perbandingan kucing anggora serta persia yang lain merupakan wujud badannya. Kucing anggora mempunyai wujud badan yang lebih ramping serta lebih panjang.

Sebaliknya, kucing persia cenderung mempunyai badan yang pendek serta nampak bundar sebab gendut. Kaki persia pula lebih pendek serta besar.

  • Bulu

Kucing anggora mempunyai bulu yang panjang serta tebal. Tetapi, umumnya ini cuma pada bagian surai serta ekornya saja.

Sebaliknya persia mempunyai bulu rimbun yang menyeluruh pada badannya.

  • Sifat

Kucing anggora mempunyai watak yang lebih aktif. Dia lebih suka berlari- lari serta bermain. Tipe anggora pula cenderung lebih muda buat dilatih.

Sebaliknya persia merupakan tipe kucing yang malas. Dia lebih suka berdiam diri, tidur, serta bermanja- manja dengan pemiliknya.

  • Negeri Asal

Meski dapat kita temukan di Indonesia, kedua tipe kucing ini tidak berasal dari negeri kita. Apalagi keduanya berasal dari negeri yang berbeda.

Kucing anggora berasal dari Ankara, Turki. Kucing ini pula telah diketahui semenjak tahun 1600 masehi.Cocok namanya, kucing ini berasal dari Persia yang saat ini negaranya telah berubah nama jadi Iran.

Kucing persia merupakan ras kucing dalam negeri berbulu panjang dengan kepribadian wajah bundar serta moncong pendek. Namanya mengacu pada Persia, nama lama Iran, di mana kucing seragam ditemui.


Peralatan Kucing Persia

  • Makanan

Santapan yang hendak di bagikan pada kucing nantinya wajib dicermati labelnya. Supaya tidak salah konsumsi, perhatikan label apabila buat kucing kecil cari santapan yang berlabel kitten.

  • Tempat Makan serta Minum

Buat tempat makan serta minum memilih yang efektif supaya mengirit tempat dalam kandang.

  • Takaran Makanan

Takaran ini berperan buat mengambil santapan, takaran ini kamu dapat membeli ataupun buatnya sendiri.

  • Bak Pasir, Pasir serta Serokan Pasir

Bak pasir ini berperan buat tempat pasir ataupun tempat buang air kecil ataupun buang air besar( bila telah terdapat pasir.

Pasir spesial buat kucing memiliki guna buat menggumpalkan serta mengeringkan kotoran kucing sehingga buat membuangnya sangat gampang serta tidak gampang bau.

Serokan pasir berperan buat membuang kotoran yang sudah menggumpal dalam bak pasir dengan gampang tanpa membuat tangan kotor ataupun bau.

  • Shampo, Baby oil serta Kapas, Dan Vitamin

Shampo yang diberikan buat kucing ialah shampo yang spesial kucing. Shampo ini pula diberikan pada dikala kucing mandi serta umumnya pemandian kucing dicoba seminggu sekali.

Baby oil serta kapas ditujukan buat bisa mensterilkan kotoran pada kuping kucing. Vit pula butuh diberikan supaya pada kulit serta bulu kucing senantiasa sehat.

Demikian Uraian kami tentang Cara Ternak Kucing Persia Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

]]>
Cara Menanam Bambu Serta Perawatannya Yang Baik Dan Benar https://www.tanam.co.id/cara-menanam-bambu/ Fri, 25 Nov 2022 15:08:23 +0000 https://www.tanam.co.id/?p=4451 Cara Menanam Bambu Serta Perawatannya Yang Baik Dan Benar – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bambu.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Bambu Serta Perawatannya Yang Baik Dan Benar


Bambu yakni sesuatu tumbuhan tipe rumput- rumputan dengan rongga serta ruas di batangnya. Bambu mempunyai banyak jenis. Bambu yang mempunyai nama lain buluh, aur, serta eru.

Bambu terkategori salah satu tumbuhan dengan perkembangan sangat cepat sebab mempunyai sistem rhizoma- dependen yang unik apalagi dalam waktu 1 hari bambu bisa berkembang sejauh 60 centimeter( 24 Inchi) lebih.

Bambu diklasifikasikan lebih dari 10 genus serta 1450 spesies. Tipe bambu ditemui pada bermacam posisi hawa, dari hawa dingin pegunungan sampai wilayah tropis panas.

Biasa ditemui di sejauh Asia Timur dari 50o Lintang Utara di Sakhalin hingga ke sebelah utara Australia, serta di bagian barat India sampai ke Himalaya.

Bambu pula terdapati di sub- Sahara Afrika, serta di Amerika dari pertengahan Atlantik Amerika Utara sampai ke selatan ke Argentina serta Cili. Daratan Eropa tidak mempunyai spesies bambu asli.


Syarat Tumbuh Tanaman Bambu

Bambu memerlukan banyak cahaya matahari,Seleksi tempat di taman yang memperoleh cahaya matahari sepanjang 8 jam/ lebih tiap hari.

Tipe tanah terbaik buat bambu yakni tanah geluh ataupun napal.Pasang penghalang ataupun pagar yang dibuat dari lembaran logam ataupun beton di sekelilingnya. Penghalang ini wajib terbuat sedalam 0, 9 sampai 1, 2 m.

Penghalang ini guna menghalangi penyebaran bambu pada tempat lain serta menghindari tumbuhan bambu rusak apabila tekena angin sebab bambu mempunyai pangkal yang dangkal.

Bambu ialah tipe tumbuhan rumput- rumputan yang mempunyai rongga serta ruas pada bagian batangnya. Tumbuhan bambu diklasifikasikan ke dalam 10 genus lebih serta 1450 spesies.

Bambu pula ialah tumbuhan yang mempunyai perkembangan yang kilat, itu sebab bambu mempunyai sistem rhizoma dependen yang unik dengan pertambahan panjang dekat 60 centimeter ataupun lebih per hari.

Bambu mempunyai nama lain semacam buluh, aur, eru serta orang jawa kerap menyebut bambu dengan nama pring.

Bambu kerap dimanfaatkan buat kerajinan tangan anyam semacam perlengkapan rumah tangga ataupun yang yang lain, bambu yang masih tunas kerap dimanfaatkan buat bahan sayur- mayur.


Metode Menanam Pohon Bambu

Saat ini banyak orang yang menanam ataupun budidaya bambu ini, sebab membudidayakan bambu ini bukanlah begitu susah tetapi cuma perlu pengetahuan saja tentang metode ataupun metode dalam budidaya bambu ini.

Selain itu dengan menanam ataupun membudidayakan bambu ini dapat menaikkan pemasukan baik itu menjual bambu dalam wujud batangan ataupun telah dalam wujud kerajinan.

Berikut merupakan metode budidaya bambu:

  • Persiapan Bibit Bambu

Bibit bambu bisa diperoleh ataupun dipersiapkan dengan metode metode stek batang, cabang ataupun rhizoma.

Tiap tipe bambu mempunyai perbandingan dalam persiapan bibitnya, contohnya bambu kuning cuma bisa diperoleh dengan metode stek rhizoma saja.

Bambu petung bisa diperoleh dari 3 metode tersebut, sebaliknya bambu apus perolehan bibitnya cuma bisa dengan stek cabang serta rhizoma.

Tetapi bila kamu tidak mau repot mempersiapkan sendiri bibit bambu tersebut, kamu bisa membeli bibit bambu cocok dengan kemauan kamu di toko tumbuhan.

  • Persiapan Lahan Tanam

Lahan tanam paling tidak dipersiapkan dekat 3 sampai 4 bulan saat sebelum tanam.

Buatlah lubang tanam pada lahan tanam yang hendak digunakan buat menanam bambu dengan dimensi seragam ataupun berbeda- beda pula dapat tergantung pada ketersediaan lahan.

Serta pula bibit( umumnya buat bibit bambu dari tunas ataupun rebung dimensi lubang tanamnya merupakan dekat 50 centimeter x 50 centimeter x 75 centimeter.

Juga buat bibit yang berasal dari stek batang lubang tanam umumnya terbuat dengan dimensi dekat 150 centimeter x 150 centimeter x 75 centimeter.)

Tetapi saat sebelum terbuat lubang tanam, lahan tumbuhan dibersihkan dari gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain, setelah itu barulah buat lubang tanam tersebut.

Sehabis lubang tanam jadi berikutnya lubang tanam di komposkan dengan metode menggabungkan tanah galian lubang serta pula dedaunan. Pengomposan tersebut terjalin sepanjang dekat 2 bulan.

Sebab bambu bisa ditanam dimana saja baik itu di dataran besar ataupun dataran rendah, apalagi bisa ditanam di zona grey water( tipe bambu air).

Terdapat pula tipe bambu jepang yang bisa ditanam di indoor baik itu pada lahan tanam ataupun pot tanam.

  • Penanaman Bambu

Sehabis seluruh siap, berikutnya jalani penanaman lekas. penanaman bambu ini sama saja dengan menanam tumbuhan yang lain.

Bibit yang sudah disiapkan dimasukan pada lubang tanam yang sudah disiapkan( telah dikomposkan) kemudian timbun kembali dengan tanah.

Waktu Penanaman yang sangat dianjurkan buat menanam ialah pada masa penghujan ialah dekat pada bulan desember sampai bulan januari ataupun sangat lelet bulan februari.

Cara Menanam Bambu Serta Perawatannya Yang Baik Dan Benar


Perawatan Tumbuhan Bambu

Sehabis dicoba penanaman, pastilah tumbuhan bambu memerlukan perawatan yang pas serta baik supaya tumbuhan bambu pula bisa berkembang dengan baik pula.

Perawatan yang dicoba antara lain penyiangan ataupun pembersihan lahan tanam dari gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain.

Ataupun pula bisa dengan metode menyemprotkan pestisida ataupun herbisida umtuk menanggulangi permasalahan hama, gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain.

Tidak hanya perawatan tersebut butuh pula dicoba pemupukan, pemangkasan penjarangan pada tumbuhan bambu yang sudah berkembang besar supaya tumbuhan bambu bisa berkembang dengan apik serta baik pertumbuhannya.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bambu Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

]]>
Budidaya Pohon Cendana : Persiapan, Penamanan, Perawatan Dan Masa Panen https://www.tanam.co.id/budidaya-pohon-cendana/ Fri, 25 Nov 2022 07:07:42 +0000 https://www.tanam.co.id/?p=4464 Budidaya Pohon Cendana : Persiapan, Penamanan, Perawatan Dan Masa Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Pohon Cendana.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Pohon Cendana : Persiapan, Penamanan, Perawatan Dan Masa Panen


Tumbuhan cendana mempunyai nama latin Santalum album serta dikala ini kayu cendana telah sangat jarang ditemukan. Inilah kenapa kayu cendana mempunyai harga jual yang sangat mahal.

Sesungguhnya tumbuhan cendana berasal dari wilayah dataran India Selatan, buat di Indonesia sendiri tumbuhan cendana terbaik berasal dari wilayah timor yang mempunyai aroma lebih baik.

Tidak hanya dijadikan rempah- rempah, cendana pula biasa digunakan bagaikan aroma pengobatan, parfum, kipas, dan kerangka keris maupun tongkat.

Serta kayu cendana pula bisa dijadikan bagaikan obat herbal lewat metode spiritual serta untuk penghilang rasa takut berlebih.Cendana ialah tumbuhan penghasil kayu cendana serta pula minyak cendana.

Kayu cendana digunakan sebagai bumbu, bahan dupa, aromatherapi, dapat pula kombinasi parfum, dan sangkur keris( warangka). Kayu yang baik dapat menaruh aromanya sepanjang berabad- abad.

Kayu cendana wangi( Santalum album) saat ini telah sangat jarang serta biayanya sangat mahal. Kayu yang berasal dari wilayah Mysoram di India selatan umumnya dikira yang sangat bagus kualitasnya.

Di Indonesia, kayu cendana dari Timor pula sangat dihargai. Sebagai gantinya beberapa ahli aromatherapi serta parfum memakai kayu cendana jenggi( Santalum spicatum).

Kedua tipe kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang di milikinya, serta oleh sebab itu kandungan harumnya juga berbeda.


Syarat Tumbuh Pohon Cendana

Tumbuhan cendana dapat berkembang dengan baik di wilayah yang mempunyai ketinggian kurang lebih 12. 000 mdpl.

Buat curah hujannya sendiri pada wilayah yang bagus buat menanam tumbuhan cendana ialah dekat 600 sampai 2000 milimeter/ tahunnya dengan temperatur sejitar 10 sampai 35 derajat celcius.

Serta dari segi tanah lahan tanam yang baik ialah tanah tipe humus serta vulkanis yang mempunyai tekstur yang gembur serta berbatu.

Bila di wilayah kamu tidak bisa menciptakan tipe tanah ini, kamu bida memakai tanah lempung yang dangkal serta sedikit berbatu.

Tidak cuma itu saja, kamu pula wajib mencermati isi tanah lahan kamu, upayakan supaya tanah lahan tanam mempunyai kandungan nitrogen besar serta mempunyai pH netral ialah 7 sampai alkali ataupun basa ialah diatas 7.


Metode Budidaya Tumbuhan Cendana


  • Persiapan Lahan Cendana

Taburkan kompos/ pupuk kandang pada lahan tanam dengan komosisi 2 ton/ hektar.Pemberian nutrisi dasar tersebut dicoba dikala 3- 4 minggu saat sebelum masa penggarapan tanah dengan pembajakan serta pencangkulan.

Perihal ini dimaksudkan supaya tanah jadi gembur serta memiliki nutrisi dasar.

Dalam perihal ini pemberian pupuk kandang tidak sangat banyak karena pada dasarnya tumbuhan ini bisa berkembang baik apalagi di padang savana sekalipun.

  • Pemilihan Bibit Tumbuhan Cendana

Upayakan kala kamu membeli benih, benih mempunyai mutu yang baik serta segel masih utuh.

Siapkan wadah berisi air seperlunya setelah itu rendam benih tumbuhan cendana ke dalam wadah sampai terendam seluruhnya dalam waktu dekat 2 hari satu malam, ataupun dekat 48 jam.

Perendaman benih ini bertujuan buat memilah benih yang sesuai buat ditanam.Buanglah benih yang mengapung di atas permukaan, sebab ini ialah karakteristik dari benih yang tidak layak tanam.

Tinggalkan benih yang tenggelam di dasar wadah kemudian bilas memakai lap maupun tisu. Benih siap buat di semai.

  • Penyemaian Bibit Cendana

Siapkan lahan bertanah gelap yang sudah digemburkan serta disirami dengan air.Sebarkan biji yang sudah disortir tadi di atasnya.

Taburkan lagi tanah gelap di atas biji cendana, tetapi jangan hingga menutupi seluruh.Siram tiap pagi serta sore hari.

Siapkan polybag kecil serta isi dengan tanah gelap.Pindahkan bibit pada polybag, bila biji telah rusak serta menghasilkan tunas kecil.

Pindahkan pada media tanam, bila bibit telah setinggi 15 centimeter.

  • Penanaman Tumbuhan Cendana

Memilih lahan tanam yang mempunyai lumayan air.Bilas terlebih dulu lahan tanam dari gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang terdapat di lahan.

Kemudian jalani penggemburan pada tanah yang hendak ditanam bibit cendana.Buatlah lubang tanam dengan dimensi 40cmx40cmx50cm serta jarak antar lubang tanam minimun dekat 2, 5 m.

Kemudian masukkan pupuk organik ataupun pupuk kandang setinggi 10 cmMulai menanam bibit dalam lubang serta tutup kembali dengan tanah.

Sehabis bibit ditanam, beri indikator dengan menancapkan ajir serta hendaknya Penanaman dicoba pada sore hari.

  • Pemanenan Tumbuhan Cendana

Sehabis tumbuhan cendana berumur 15 tahun,cendana telah mulai dapat diambil dedaunannya buat dijadikan minyak cendana lewat proses penyulingan.

Sebaliknya buat kayunya hendaknya diambil sehabis 25 tahun keatas dikala mutu perkembangan daun telah tidak optimal lagi.


Perawatan Tumbuhan Cendana


  • Penyiraman

Jalani penyiraman tiap pagi serta sore tiap hari( 2 kali satu hari).

Siram tiap batang cendana dengan 800 cc air ataupun dekat 3– 4 gelas.

  • Penyiangan

Penyiangan merupakan salah satu metode penanggulangan gulma supaya faktor hara yang diserap oleh tumbuhan cendana tidak di ambil oleh para pengganggu semacam alang alang ataupun rumput liar yang lain.

Jalani penyiangan 2 kali dalam setahun ataupun bergantung dengan keadaan gulma yang melanda lahan serta jalani pembersihan tersebut pada pagi hari.

  • Pemupukan

Pemupukan dicoba 2 kali setahun, ialah dikala masa dini hujan serta akhir masa hujan. Umumnya pupuk dasar yang digunakan ialah kombinasi antara pupuk kandang serta urea dengan komposisi 500gram: 5 gr tiap lubang.

Metode pemupukan:

    • Buat lubang sedalam 235 centimeter.
    • Masukkan pupuk.
    • Tutup kembali lubang serta padatkan

Budidaya Pohon Cendana : Persiapan, Penamanan, Perawatan Dan Masa Panen

  • Pemangkasan

Jalani pemangkasan memakai golok ataupun gergaji pada cabang– cabang cendana yang telah tua.

Perihal ini bertujuan buat kurangi perkembangan cabang yang berlebih serta pula buat tingkatkan mutu batang tumbuhan dan kurangi perkembangan inang.

Di sisi lain, pemangkasan cabang ini bisa pula memicu perkembangan tunas baru.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Pohon Cendana Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

]]>
Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula https://www.tanam.co.id/cara-menanam-kangkung-dan-bayam-hidroponik/ Thu, 24 Nov 2022 23:00:24 +0000 https://www.tanam.co.id/?p=4467 Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula


Menanam bayam serta kangkung hidroponik saat ini telah jadi trend teruma untuk golongan warga yang hidup di daerah perkotaan.

Hidroponik memberikan pemecahan untuk mereka yang senantiasa mau bercocok tanam tetapi dengan lahan yang kecil.

Hidroponik ialah suatu tata cara budidaya tanaman tanpa media tanah, tetapi hanya memakai air maupun larutan mineral bernutrisi yang sangat diperlukan oleh tanaman.

Sealain larutan nutrisi merupakan bahan yang lain yang banyak mempunyai aspek hara bagaikan pengganti tanah.

Terdapat pula bahan yang bisa kita gunakan antara lain sabut kelapa, serat mineral, pecahan genteng, pasir dan yang lain.

Tata cara Hidroponik sangat cocok buat yang tidak mempunyai lahan yang luas dan pula dapat mengirit dibanding dengan menanam secara konvensional.

Ini sebab tidak perlu menyiram air secara terus menerus sebab terdapat laruran maupun nutrisi maupun media larutan mineral yang sudah tertampung didalam wadah yang digunakan.

Metode hidroponik sendiri ialah metode budidaya yang tidak memerlukan tanah, sehingga pastinya untuk ansa yang tinggal di daerah padat penduduk serta pula apartemen senantiasa bisa melaksanakan budidaya dengan gampang.

Terlebih lagi produk hasil budidaya hidroponik diketahui bagaikan salaj satu komoditas organik yang menyehatkan semacam pada metode menanam pakcoy di botol.

Bersamaan dengan terus menjadi tingkatkan kepedulian hendak style hidup sehat produk organik jadi opsi utama serta sangat diminati. Terlebih lagi hasil budidaya hidroponik cenderung menciptakan produk yang higenis.

Pastinya perihal ini terus menjadi membuat budidaya hidroponik sayur- mayur spesialnya bayam serta kangkung jadi amat diminati serta banyak diseleksi.

Terlebih kedua tipe sayur- mayur ini ialah sayur- mayur yang sangat banyak di cari serta disukai oleh warga Indonesia.

Secara metode budidaya, baik tumbuhan bayam ataupun kangkung sama sama ialah tipe sayur- mayur hijau berumur pendek.

Pastinya metode penanamannya pula relatif sama serta tidak jauh berbeda. Sehingga bila kamu tertarik buat membudidayakannya, hingga kamu bisa membudidayakan keduanya secara bersama sama.


Kelebihan Menanam Bayam Dan Kangkung Secara Hidroponik

Sebagian keuntungan yang bisa di miliki dari tanaman hidroponik misalnya semacam:

  • Hasil tanaman lebih besar apabila di bandingkan dengan tata metode tanam dengan tanah.
  • Tanaman dapat terbebas dari penyakit dan pula hama.
  • Mengkonsumsi pupuk lebih hemat dan tumbuh tanaman lebih kilat.
  • Dapat mengganti tanaman dengan mudah.
  • Mempermudah pekerjaan maupun perawatan tanaman.
  • Tanaman hendak memberikan hasil secara berkelanjutan.

Metode Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik

Untuk kamu yang belum sangat memahami menimpa metode budidaya hidroponik bisa berupaya mengawali lewat 5 metode menanam bayam serta kangkung hidroponik untuk pendatang baru berikut ini:

  • Persiapan Benih

Tahapan dini dalam menanam bayam serta kangkung merupakan mempersiapkan benih. Dalam perihal ini benih yang digunakan haruslah ialah benih yang bermutu baik serta unggul.

Sehingga produktivitas hasil panen yang dihasilkan bisa baik.Oleh karena itu hingga pasti sangat berarti buat memperoleh benih dengan mutu yang baik.

Dalam perihal ini hingga terdapat sebagian perihal yang harus doperhatikan sebgaimana pula pada metode menanam jagung di gelas plastik supaya kamu memperoleh benih dengan mutu yang unggul antara lain bagaikan berikut:

Yakinkan kalau kamu membeli benih di toki benih yang sudah mempunyai reputasi yang baik serta diketahui secara luas.Jangan kurang ingat pula buat mencermati bertepatan pada serta masa kadaluwarsa benih.

Seleksi benih dengan masa kadaluwarsa yang masih jauh dan pula seleksi benih yang telah tersertifikasi.Pakai benih dengan energi kecambah serta energi berkembang 80- 90%.

Simpan benih di tempat yang sejuk jangan terserang sinat matahari langsunh karena hendak bisa mengganggu mutu benih.

  • Mempersiapkan Media Tanam

Dalam budidaya hidroponik butuh ditekankan kalau media tanam yang digunakan merupakan bukan berbentuk tanah. Sehingga kamu wajib memakai media tidak hanya tanam, semacam arang sekam, pasir ataupun pula air.

Sebab media bukan ialah media tanah hingga pasti nutrisi hara yang diperlukan tumbuhan wajib dipadati melalu pemberian larutan nutrisi semacam pula pada metode menanam pare hidroponik. ]

Dalam menanam bayam serta kangkung media yang direkomendasikan buat digunakan merupakan media pasir. Karena media ini relatif tidak mengikat air tetapi sanggup menahan perakaran dengan baik.

Media pasir pula relatif lebih gampang didapatkan serta ditemui dan pula memiliakai harga yang relatif murah. Dalam langkah langkah mempersiapkan media tanam bisa di jalani dengan metode berikut ini:

Persiapkan polibag dengan kapasitas 5 kilo gr.Setelah itu ayak media pasir serta ambil cuma bagian yang halusnya saja.

Masukkan media kedalam polibag isi sampai 2/ 3 bagian saja.Setelah itu letakkan media di tempat yang sejuk serta tidak terserang cahaya matahati lanngsung.

Sangat tidak wajib ada naungan,supaya nantinya sayur- mayur tidak layu bila terserang panas matahari yang sangat terik.

Yakinkan posisi pula meeupakan posisi yang bersih serta tidak lembab, supaya efek penularan hama serta penyakit bisa diminimalisir.

  • Penanaman Bayam serta Kangkung

Sehabis media serta benih siap, hingga tahapan berikutnya merupakan langsunh melaksanakan penanaman benih bayam serta kangkung kedalam media.

Karena baik kangkung serta bayam bisa langsung ditanam tanpa wajib melewati proses penyemaian benih sebgaimana metode menanam bawang batak.

Tetapi, sebekum ditanam terdapat sebagian tahapn yang wajib dicoba antara lain merupakan:

Benih di rendam memakai air dingin sepanjang 15- 30 menit.Setelah itu benih yang mengambang di buang, serta cuma pakai benih yang tenggelam.

Sehabis itu, setelah itu diamkan sepanjang 1×24 jam baru keesokan hatinya bisa mulai ditanam.Buat penanaman bisa dicoba pada pagi maupun sore hari.

Terlebih dulu media terbuat lubang tanam sedalam 0, 5- 1 cm.Dalam satu apolibag bisa terbuat 10- 15 lubanh tanam, terus menjadi lebar permukaan polibag hingga bisa terus menjadi banyak ditanami benih.

Tetapi jangan sangat padat serta rapat nantinya hendak menyulitkan perawatan serta pemeliharaan.

Masukkan 1- 2 benih kedalam lubang tanam, kemudian setelah itu tutup kembali memakai tanah, jangan hingga terlihat serta nampak supaya tidak dimakan hewan semacam ayam ataupun burung.

Sehabis 5- 7 hari benih umumnya hendak kulai berkecambah, jangan kurang ingat buat melaksanakan perawatan serta pemeliharaan dengan melaksanakan penyiraman.

Dan pula menaburkan Furadan 3G buat mengusir bekicot serta jangkrik yabg umumnya memakan tumbuhan muda.

  • Masa Panen

Bayam serta kangkung ialah tipe sayur- mayur daun yang berusia pendek, dimana cuma memerlukan waktu dekat 21- 25 hari sampai panen datang.

Kriteria panen tidak hanya dilihat dari usia pula bisa dilihat dari besar tumbuhan, dimana kala sudah menggapai tinngi 20- 30 centimeter hingga telah lumayan sempurna buat dipanen.

Hendaknya sehabis dipanen langsung dijual supaya mutu serta kesegaran bisa senantiasa terpelihara.


Perawatan serta Pemeliharaan Kangkung Dan Bayam Hidroponik

Dalam menanam bayam serta kangkunh hidroponik, poin poin diatas bukan perihal utama yang memastikan keberhasilan dalam budidaya.

Tetapi elemen sangat berarti merupakan perawatan serta pemeliharaan yang pula memastikan keberhasilan dalam budidaya.Oleh karena itu, perihal ini pasti tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Malah dalam budidaya sayur- mayur hidroponik pemeliharaan serta perawatan wajib dicoba secara intensif dalam metode menanam sayur- mayur hidroponik organik.

Ada pula pemeliharaan serta perawatan yang harus dicoba antara lain merupakan:

  • Penyiraman

Penyiraman ialah perihal yang berarti dalam menanam bayam serta kangkung secara hidroponik.

Karena keberadaan air mejadi faktor yang amat berarti paling utama dalam menunjang pertumbuhsn serta pertumbuhan tumbuhan yang dibudidayakan.

Oleh karena itu, hingga pastinya sangat berarti buat senantiasa melaksanakan penyiraman minimun 2 kali dalam satu hari dikala pagi serta sore hari.

Terlebih bila kamu melaksanakan penanaman bertepatan dengan masa kemarau, hingga keseriusan panen wajib ditingkatkan.

  • Pemberian Larutan Nutrisi

Larutan nutrisi wajib diberikan buat penuhi kebutuhan nutrisi tumbuhan sehingga nantinya tumbuhan hendak bisa berkembang serta menciptakan hasil panen yang maksimal.

Larutan nutrisi ini bisa kamu miliki dengan gampang umumnya yang digunakan merupakan tipe AB Mix daun. Waktu pemberian larutan nutrisi bisa dicoba bertepatan dengan penyiraman.

Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula

  • Pengendalian Hama serta Penyakit

Pengendalian hama serta penyakit dicoba secara preventif, ialah dengan membuang tumbuhan yang mengelami indikasi serbuan hama serta penyakit jauh jauh dari posisi.

Perihal ini dicoba supaya nantinya tidak hadapi penularan. Tidak hanya itu pula ini erupakan upaya buat melindungi supaya komoditas masih senantiasa ialah sayur- mayur organik..

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik  – Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

]]>
Panduan Cara Menanam Bawang Lokio Hingga Perawatannya Mudah Dan Berhasil https://www.tanam.co.id/cara-menanam-bawang-lokio/ Thu, 24 Nov 2022 14:58:02 +0000 https://www.tanam.co.id/?p=4468 Panduan Cara Menanam Bawang Lokio Hingga Perawatannya Mudah Dan Berhasil – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bawang Lokio.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Cara Menanam Bawang Lokio Hingga Perawatannya Mudah Dan Berhasil


Terdapat banyak sekali tipe bawang yang dapat kamu temui di pasar, salah satu khasiatnya di bidang kesehatan ialah sangat baik buat melindungi kesehatan jantung kamu.

Salah satu tipe bawang yang dikala ini sangat banyak dibudidayakan serta dijual dipasaran dan banyak sekali konsumennya ialah bawang lokio.

Bawang Lokio merupakan salah satu tipe bawang yang mempunyai dimensi cenderung lebih kecil nyaris mirip dengan bawang daun.

Rasa bawang lokio lebih tajam disbanding bawang pada biasanya, isi nutrisi bawang lokio lebih banyak serta pula harga bawang lokio lebih mahal bila dijual dengan permintaan pasar terus bertambah.

Bawang Lokio yang ialah tipe bawang  masih satu keluarga dengan bawang- bawang yang lain. Bawang lokio mempunyai wujud yang nyaris mirip dengan bawang daun, tetapi mempunyai dimensi yang lebih kecil.

Bawang lokio mempunyai tangkai yang lebih panjang dengan corak yang cenderung putih.

Walaupun mempunyai wujud yang kecil, bawang lokio mempunyai banyak sekali khasiat yang tidak kalah dengan keluarga bawang- bawang yang lain.

Bawang lokio apalagi sudah diolah bagaikan salah satu bahan racikan herbal di Eropa, Amerika Utara serta sebagian Asia.

Buat tipe masakan, bawang lokio biasanya diolah bagaikan kombinasi pada sup, saus, buat kurangi bau amis dari ikan.

Kombinasi buat masakan ala Meksiko, ataupun ditambahkan untuk peningkat citarasa serta peningkat menawan tampilan pada hidangan.


Kelebihan Bawang Lokio

Bawang lokio mempunyai rasa yang lebih ringan serta tidak sangat menusuk apabila dibanding dengan daun bawang yang lain bila ditambahkan dalam masakan.

Bawang lokio mempunyai aroma yng lebih lembut serta rasa yang lebih ringan dibandingkan tipe bawang daun yang lain.

Buat kesehatan, bawang lokio pula tidak kalah dengan tipe bawang yang lain. Daun bawang lokio kaya lutein sebagai agen karoten.

Daun bawang lokio pula memasok vit C serta K, kalsium, serat, folat, serta zat besi. Vit K berperan menolong pembekuan darah. Nutrisi yang lain merupakan vit A serta B6, asam folat likopen, kalium, serta zeaxanthin.

Ada pula keuntungan yang dapat kamu miliki bila kamu berupaya metode menanam bawang lokio :

  • Rasa bawang lokio lebih tajam disbanding bawang pada umumnya
  • Isi nutrisi bawang lokio lebih banyak
  • Harga bawang lokio lebih mahal bila dijual dengan permintaan pasar terus meningkat
  • Bisa dijadikan bagaikan bahan masakan sehari- hari
  • Bisa dijadikan bagaikan bahan asinan

Metode Menanam Bawang Lokio Untuk Pemula


  • Persiapan Tempat Tanam serta Media Tanam

Bawang lokio dapat ditanam di tanah langsung ataupun dengan pot/ polybag.

Bila pada lahan tanam, memilih posisi tanam yang mempunyai pencahayaan penuh serta tidak ternaungi oleh tumbuhan besar; bersih dari polusi serta jauh dari pemukiman; serta gampang dijangkau serta dekat dengan sumber air.

Bila penanaman memakai pot/ polybag, hingga iapkan media tanam berbentuk pot, polybag berdimensi lagi ataupun bila mau lebih hemat hingga dapat memakai botol ataupun kaleng sisa.

Yakinkan tempat tanam berdimensi kurang lebih 25- 30 centimeter. Setelah itu siapkan media tanam berbentuk pupuk kompos, bokhasi, serta tanah humus dengan perbandingan 1: 1: 1.

Sehabis seluruh tercampur dengan rata, masukkan ke dalam media tanam berbentuk polybag, botol sisa ataupun kaleng sisa.

Masukkan tanah dengan menyisakan dekat 3 centimeter ruang dari atas supaya tanah tidak gampang tumpah dikala dipindahkan.

  • Persiapan Bibit Bawang Lokio

Perbanyakan bibit lokio bisa dicoba dengan umbi bawang yang telah tua. Potong bagian umbi kemudian rendam dalam air.

Letakkan media beserta umbi bawang yang direndam di ruang dengan pencahayaan sedikit serta perkenankan tunas timbul pada umbi dengan sendirinya.

Jalani penggantian air tiap hari supaya umbi tidak busuk serta tunas dapat berkembang dengan baik. Sehabis tunas timbul, perkenankan tunas berkembang sejauh 3- 4 centimeter.

  • Penanaman Bawang Lokio

Sehabis tunas bawang lokio berkembang dekat 3- 4 centimeter, hingga jalani penanaman.

Buatlah lubang tanam sedalam 5 centimeter pada media tanam kemudian masukkan bibit pada lubang tanam tersebut serta pada satu pot/ polybag dapat ditanam 1- 3 bibit bawang lokio.

Bila telah dimasukkan, tutup kembali lubang tanam serta sedikit padatkan.

  • Perawatan Tumbuhan Bawang Lokio

Jalani penyiraman sebanyak 2- 3 kali satu hari dengan keseriusan lagi buat melindungi kelembaban tanam serta kesehatan tumbuhan. Penyiraman tersebut pula bisa disesuaikan dengan cuaca serta keadaan media tanam.

Jalani pemupukan kembali tiap 2 minggu sekali sampai bawang berumur 2 bulan. Pemupukan tersebut bisa memakai pupuk urea, NPK, maupun TSP.

Tidak hanya itu, jalani penyiangan pada gulma yang berkembang disekitar tumbuhan bawang. Bila terdapat daun bawang yang terserang hama ataupun penyakit hingga lekas pangkas supaya tidak menyebar.

Panduan Cara Menanam Bawang Lokio Hingga Perawatannya Mudah Dan Berhasil

  • Masa Panen Bawang Lukio

Bawang lukio bisa dipanen sehabis menggapai usia 2 bulan sehabis tanam, diisyarati dengan ujung daun bawang yang mulai layu serta terdapatnya sedikit gundukan di atas tanah.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bawang Lokio Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

]]>
Panduan Sukses Cara Menanam Daun Beluntas Untuk Pemula https://www.tanam.co.id/cara-menanam-daun-beluntas/ Thu, 24 Nov 2022 06:57:24 +0000 https://www.tanam.co.id/?p=4450 Panduan Sukses Cara Menanam Daun Beluntas Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Daun Beluntas.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Sukses Cara Menanam Daun Beluntas Untuk Pemula


Beluntas merupakan tanaman semak yang bercabang banyak, berusuk halus, serta berbulu lembut. Tumbuhan belunas ini bisa berkembang sampai ketinggian 3 m.

Karakteristik karakteristik tumbuhan beluntas ialah mempunyai daun tangkai pendek, posisinya berseling, berupa bundar telur sunsang, ujung bulat melancip dengan tepi daun bergerigi, bercorak hijau cerah.

bunga keluar di bagian ujung cabang serta ketiak daun, bunga berupa bonggol, bergagang ataupun duduk, serta bunga tersebut bercorak ungu.Buahnya longkah agak berupa gasing, bercorak cokelat dengan bersudut putih.

Daun beluntas memiliki alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium serta pula fosfor. Sebaliknya pangkal beluntas memiliki flafonoida serta tannin.

Daun beluntas mempunyai bau khas aromatis dengan rasa pahit serta menyegarkan.

Khasiat daun beluntas ialah buat tingkatkan nafsu makan, menolong melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, melenyapkan bau tubuh serta bau mulut, meredakan demam, perih tulang, sakit pinggang serta pula keputihan.

Sebaliknya khasiat pangkal beluntas ialah bisa digunakan bagaikan peluruh keringat serta penyejuk. Daun beluntas pula dapat disantap bagaikan lalapan ataupun dikukus.

Dengan kandungan minyak atsiri sebesar 5%, daun beluntas dapat membatasi perkembangan kuman Staphylococcus aureus, sebaliknya pada kandungan 20% dapat membatasi perkembangan kuman Escherechia coli.

Beluntas yakni terkategori salah satu tipe tumbuhan obat serta tercantum tipe tumbuhan perdu dengan ketinggian 1 sampai 2 m.

Tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Pluchea Indica ini kerap dijadikan bagaikan lalapan oleh warga Jawa.


Syarat Tumbuh Beluntas

Apabila kamu mau berupaya menanam tumbuhan ini alangkah baiknya yang wajib dicermati yang awal kali merupakan Ketentuan Berkembang Tumbuhan Beluntas. Berikut penjelasannya:

Tumbuhan beluntas yang populer bagaikan tumbuhan pagar, ialah tumbuhan yang bisa berkembang pada hawa panas. Keadaan hawa ini pasti cocok dengan hawa sebagian wilayah di Indonesia.

Tumbuhan beluntas berkembang pada tempat dengan hawa panas, sehingga supaya bisa berkembang, tumbuhan beluntas wajib ditanam pada tempat dengan temperatur setiap hari 30- 35ºC.

Begitu pula dengan penyinaran matahari. Penyinaran matahari berarti untuk tumbuhan supaya tumbuhan bisa berfotosintesis serta berkembang dengan optimal.

Pada tumbuhan beluntas, penyinaran cahaya matahari yang diperlukan supaya bisa berkembang memerlukan penyinaran matahari penuh sejauh hari.

Sehingga apabila menanam tumbuhan beluntas, hindarkan tumbuhan ini dari tempat yang bisa menaungi tumbuhan.

Sebagai tumbuhan yang berkembang di tempat yang kering serta panas, tumbuhan beluntas bisa berkembang pada tanah yang keras ataupun berbatu.

Tumbuhan beluntas memanglah biasa berkembang liar ataupun ditanam bagaikan tumbuhan pagar. Tetapi butuh diingat apabila melaksanakan penanaman tumbuhan beluntas pada pot.

Tumbuhan ini senantiasa wajib diberi humus serta pupuk hendak faktor hara pada tumbuhan senantiasa terpelihara serta tumbuhan bisa berkembang.

Beluntas umumnya banyak ditemui pada tempat yang bersebelahan dengan tepi laut dengan ketinggian tempat berkembang menggapai 1000 meter di atas permukaan laut.


Metode Menanam Daun Beluntas


  • Proses Persiapan Bibit

Tumbuhan beluntas dapat diperbanyak dengan proses stek pucuk serta stek batang.

Buat pembibitan pula dapat dikerjakan dengan membuat stek pucuk ataupun stek batang. Pembibitan dengan metode stek bisa dicoba di lahan terbuka ataupun di dalam polybag. Berikut metode stek batang:

Panjang batang tumbuhan beluntas yang digunakan buat pembibitan dalam media polybag yakni 7– 15 centimeter.

Stek batang bisa direndam dalam air kelapa buat memesatkan perkembangan pangkal.

Polybag yang digunakan berdiameter 15 ataupun 20 centimeter yang diisi sampai penuhi 90 persen dari ketinggian polybag.

  • Proses Penanaman Daun Beluntas

Sehabis proses pembibitan sudah dicoba sesi berikutnya dalam proses menanam daun beluntas yakni penanaman daun belantus dengan metode:

Buatlah lubang tanam setelah itu masukan batang stek tersebut serta timbun kembali dengan media tanam disekitarnya.

  • Proses Pemeliharaan Daun Beluntas

Tumbuhan beluntas tidak boleh sangat banyak terserang paparan cahaya matahari pada dikala dini penanaman hingga tumbuhan berumur 1bulan.

Penyiraman hendaknya dicoba 1x satu hari.Bila tanah kering hendaknya tumbuhan beluntas disiram, tetapi kebalikannya tidak butuh dicoba penyiraman bila tanah basah.

Sehabis 3 minggu serta daun beluntas berkembang 4- 6 helai, tumbuhan beluntas bisa dipindahkan ke lahan terbuka.

Proses pemupukan dicoba supaya tumbuhan beluntas berkembang dengan baik serta produktif, pupuk yang bisa digunakan yakni pupuk kandang.

Pemangkasan tersebut paling tidak dicoba 2- 3 minggu sekali. Bila buat pemenuhan sayur- mayur, pemangkasan bisa dilaukan tiap 2 minggu sekali.

Panduan Sukses Cara Menanam Daun Beluntas Untuk Pemula

  • Proses Pemanenan Daun Beluntas

Kriteria daun beluntas siap panen:

    • Tumbuhan beluntas yang telah berkembang lebat dengan ketinggian 1 sampai 1, 5 meter
    • Daun dari tumbuhan beluntas yang dipetik yakni daun yang masih muda dengan bau yang khas serta bercorak hijau muda.
    • Daun beluntas dipetik dengan panjang 2 sampai 5 centimeter dari pucuk daun.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Daun Beluntas Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

]]>
Cara Budidaya Ulat Sutera Yang Tepat Dan Menguntungkan https://www.tanam.co.id/budidaya-ulat-sutera/ Wed, 23 Nov 2022 22:56:39 +0000 https://www.tanam.co.id/?p=4462 Cara Budidaya Ulat Sutera Yang Tepat Dan Menguntungkan –  Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Ulat Sutera.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Budidaya Ulat Sutera Yang Tepat Dan Menguntungkan


Ulat sutra, Ngengat sutra, ataupun  sutera( Bombyx mori:” ulat murbei”) merupakan ngengat yang mempunyai nilai ekonomi penghasil serat atau benang sutra.

Makanan ulat sutra hanya daun murbei( Morus alba). Dia berasal dari utara Cina.Telur ngengat sutra memerlukan waktu dekat 10 hari buat menetas.

Ulatnya membentuk kepompong sutra mentah, yang sehabis dipintal dapat menciptakan benang sutra sejauh 300 sampai 900 m per kepompong. Seratnya berdiameter dekat 10 mikrometer.

Sebagaimana biasanya larva/ ulat, ulat sutra sangat rakus; makan sejauh siang serta malam sehingga berkembang dengan kilat.

Apabila corak kepalanya telah jadi terus menjadi hitam, ulat sutra hendak lekas berubah kulit/ cangkang.

Dalam hidupnya, ulat sutra hadapi 4 kali ubah kulit, sampai bercorak kekuningan serta lebih ketat, yang jadi ciri akan lekas membungkus diri dengan kepompong.

Saat sebelum ulat sutra jadi matang serta keluar dari kepompongnya, kepompong tersebut setelah itu direbus buat menewaskan ulat sutra serta mempermudah penguraian seratnya.

Sebab sejarahnya yang panjang serta nilai ekonominya yang besar, genom ulat sutra jadi salah satu objek riset ilmiah.


Jenis- Jenis ulat sutera

Tipe ulat sutera yang menciptakan sutera alam bersumber pada kerutinan hidupnya dipecah 2 kelompok ;

  • Ulat sutera liar( Wilik Silkworm), ialah ulat sutera yang biasa hidup leluasa dibeberapa tumbuhan.
  • Ulat sutera yang dipelihara di dalam ruangan serta ialah penghasil utama ulat sutera yang meliputi 95% penciptaan sutera dunia.

Ulat sutera yang terkategori ulat liar adalah berikut ini :

  • Philosamia ricini Hutt( ulat sutera eri) Ulat ini makan daun jarak( Ricinus communis L) serta di India hasil suteranya diucap ulat eri.
  • Antheraea pernyi Guerin( ulat sutera tasar Tiongkok). Ulat ini makan daun Quercus sp serta sutera yang dihasilakn diucap sutera tasar.
  • Anthereae yamamai Guerin( ulat sutera tasar Jepang). Ulat ini makan daun Alianthus sp. daun suteranya diucap sutera tasar.
  • Anthereae mylitta Drury( ulat sutera tasar India). Ulat ini makan daun ketapang( Terminalia sp.) meranti( Shorea sp) serta bungur( Lagerstomeia sp.). Sutera yang dihasilkan diucap sutera tasar.

Tipe ulat sutera yang sangat banyak dipelihara buat memproduksi bahan sutera merupakan Bombyk mori. Ulat sutera ini makan daun murbei( Morus sp.).

Ulat sutera Bombyx diprediksi nama serangga penghasil serat yang tercantum dalam familia Bombycidae. Kata mori berasal dari Morus( murbei) yang daunnya ialah santapan ulat ini.

Pada daun murbei ada sesuatu zat perangsang berbentuk glukosida serta penolakan memakan daun tanaman lain sebab tidak terdapatnya zat perangsang tersebut.


Metode Budidaya Ulat Sutra


  • Persiapan Kandang Ulat Sutra

Suatu ruangan yang lumayan besar buat mengendalikan banyaknya ulat sutera yang di lengkapi dengan ventilasi yang baik.

Guna dari pada ventilasi yang baik merupakan buat perputaran hawa serta pula sinar masuk ke dalam ruangan, sehingga umumnya mempunyai jendela yang lumayan.

Wujud dari pada kandang ulat sutera ini pula bisa di buat dari kayu serta pula bambu yang di wujud semacam rak- rak tempat ulat hidup.

Tetapi saat sebelum rak ataupun kandang ulat sutera di tempati oleh ulat hendaknya tempat itu telah di sterilkan dari ancaman sebagian zat beresiko yang hendak mengecam pertumbuhan sang ulat sutera ini.

Triknya dapat dengan menyemprotkan sebagian cairan semacam larutan kaporit ata pula dapat dengan cairan formalin yang dapat di beli di toko bahan– bahan kimia yang dimana kadarnya tiap- tiap 0, 5% serta pula 3%.

Dalam membuat raknya juga tidak butuh kayu yang bagus serta kuat sebab berat dari pada ulat ini tidak begitu membebani alas maupun rak itu sendiri.

  • Proses Pembibitan Ulat Sutra

Siapkan bibit 10 hari saat sebelum pemeliharaan ulat hendak diawali serta lakukanlah inkubasi biar penetasannya menyeluruh.

Sebarkan telur di dalam suatu kotak penetasan kemudian ditutup dengan memakai kertas putih tipis.

Berikutnya simpan pada kotak di dalam tempat sejuk yang terhindari dari cahaya matahari secara langsung, di temperatur berkisar 25 derajat celcius hingga 28 derajar celcius serta kelembaban dekat 75 hingga 85%.

Sehabis nampak bercak biru di telur, bungkus mengenakan kain gelap sepanjang 2 hari, serta telur juga hendak siap buat dikembangbiakkan.

  • Proses Pemberian Pakan Ulat Sutra

Daun murbei buat ulat sutera kecil berusia pangkas 1 bulan sebaliknya buat ulat sutera berusia berusia pangkas 2 ataupun 3 bulan.

Tumbuhan murbei telah dapat dipanen sehabis berusia 9 bulan sehabis penanaman.

Dalam pemeliharaan 1 box ulat sutera dibutuhkan dekat 1000– 1200 kilogram daun murbei dengan cabang ataupun 400– 500 kilogram daun murbei tanpa cabang.

Tipe unggul daun murbei yang baik buat ulat sutera yakni tipe Morus alba, Morus cathayana, Morus multicaulis serta yang lain.

  • Proses Pemeliharaan Ulat Sutra

Ulat yang baru menetas dari kotak inkubasi dipindahkan kedalam tempat pemeliharaan buat ulat kecil serta diberi makan secara tertib 3kali satu hari pada pagi, siang, serta sore hari.

Sehabis kurang lebih 4 hari, ulat muda hendak terletak pada akhir instar awal serta setelah itu hendak hadapi masa tidur( hibernasi).

Pada masa tidur, ulat ditaburi kapur serta tidak butuh diberi makan, jangan kurang ingat buat membuka ventilasi serta jendela biar hawa mengalir dengan baik.

Sehabis itu, instar ke- 2: Ulat kembali diberi makan sampai kembali hadapi masa rehat pada akhir instar.

Jalani perihal yang sama dalam memelihara sampai ulat terletak pada akhir instar ke- 3.

Pada dikala tersebut ulat telah berdimensi lumayan besar, pindahkanlah ke ruangan yang lebih luas dengan temperatur 24- 26 derajat celcius serta kelembapan dekat 70- 75%.

Pada instar ke- 5, ulat hendak mulai mengkokon. Ulat yang siap mengkokon dipindahkan kedalam perlengkapan pengokonan yang bisa dibuat dari karton, plastik ataupun bambu.

Pengkokonan berlangsung sepanjang 7 hari serta berikutnya kokon siap dipanen.

  • Proses Mounting Ulat Sutra

Periode mounting yakni masa ulat hendak dipindahkan dari rak pengembangbiakan ke montase. Periode ini diawali dari sehabis instar ke- 5 berakhir. Pada masa ini, ulat sutra telah matang. tanda- tandanya bagaikan berikut:

    • Larva menyudahi makan serta mencari sudut buat melaksanakan pemintalan.
    • Umumnya mereka bergerak ke sudut kotak.
    • Panjang menyusut
    • Corak putih krem serta badan dipadati sutera.
    • Pemindahan ulat ke proses pounting wajib disiapkan kotak yang berisi kotak- kotak kecil lagi supaya ulat dapat membentuk kepompong. Temperatur idealnya merupakan 26°C dengan kelembaban 60- 70%.

Proses Pemanenan serta Penindakan Kokon Ulat Sutra

Pemanenan dicoba pada hari ke 5 ataupun 6 semenjak ulat sutra mulai membuat kokon. Saat sebelum dipanen, ulat yang tidak mengokon ataupun yang mati diambil setelah itu dibuang ataupun terbakar.

Penindakan kokon berikutnya meliputi:

  • Pembersihan kokon: ialah melenyapkan kotoran serta serat- serat yang terdapat pada susunan luar kokon.
  • Pilih kokon, ialah pembelahan antara kokon baik serta kokon cacat/ kurang baik.
  • Pengeringan kokon: ialah penindakan terhadap kokon buat mematikan pupa dan buat kurangi kandungan air biar bisa ditaruh dalam jangka waktu tertentu.
  • Penyimpanan kokon: perihal ini dicoba apabila kokon tidak langsung dipintal ataupun dijual ataupun lagi menunggu proses pemintalan.

Metode penyimpanan kokon yakni bagaikan berikut:

  • Kokon dimasukkan ke dalam kotak karton ataupun kantong kain/ kertas
  • Kokon ditempatkan pada ruangan yang kering
  • Sepanjang dalam penyimpanan, sekali- sekali kokon dijemur ulang
  • Lamanya penyimpanan kokon bergantung pada metode pengeringan, tingkatan kekeringan serta tempat penyimpanan.

Cara Budidaya Ulat Sutera Yang Tepat Dan Menguntungkan


Fakta Unik Ulat Sutera

  • Berat ulat sutera hendak meningkat 10. 000 kali semenjak ulat sutra ditetaskan.
  • Dibutuhkan 5500 ulat sutera buat menciptakan 1Kg sutera
  • Satu kepompong ulat sutera, apabila helainya dibentangkan hingga benang suteranya hendak sejauh 1000 yard.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Ulat Sutera Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

]]>