Budidaya Kacang Panjang : Cara Menanam, Penyiangan Dan Panen

3 min read

Budidaya Kacang Panjang : Cara Menanam, Penyiangan Dan Panen
5
(1)

Budidaya Kacang Panjang : Cara Menanam, Penyiangan Dan Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Kacang Panjang. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Kacang Panjang : Cara Menanam, Penyiangan Dan Panen


Kacang panjang ataupun Vigna Sinensis digolongkan kedalam famili leguminosa. Famili leguminosa biasa dimanfaatkan petani sebagai tumbuhan sela buat memulihkan isi nitrogen tanah. Tidak hanya berguna sebagai tumbuhan sela, budidaya kacang panjang sangat potensial secara ekonomi.

Budidaya kacang panjang bisa dicoba di dataran tinggi sampai 800 mdpl, ataupun rendah. Temperatur optimum pertumbuhannya terdapat di rentang 15 – 24oC dengan curah hujan 600 – 1500 milimeter pertahun. Sebaliknya temperatur maksimum yang dapat dicapai ialah 35oC serta temperatur minimum 10oC.

Di Indonesia, budidaya kacang panjang dapat dicoba selama masa. Tetapi kerutinan petani menanamnya diawal masa hujan, terkecuali untuk tanah sawah, petani umumnya menanam di masa kemarau.

Kacang panjang menukai jenis tanah gembur yang terkena langsung cahaya matahari dengan drainase yang baik. Isi unsur yang berlebih membuat tumbuhan berkembang produktif, cuma penciptaan bijinya sedikit.

Sebaliknya di tanah yang faktor unsurnya lebih rendah, daun tumbuhan tidak begitu produktif tetapi penciptaan bijinya dapat lebih baik.


Cara Menanam Kacang Panjang

Persiapan Benih

Benih bisa berasal dari pembenihan sendiri ataupun benih yang dibeli dari toko pertanian. Benih kacang panjang dipilih dengan kriteria yang masih bagus, rupanya terang, tidak kisut serta bebas dari OPT.

Baca Juga :  Tanaman Bayam : Klasifikasi, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Cara Budidaya

Beberapa varietas kacang panjang yang dapat digunakan ialah KP-1 serta KP-2 yang toleran terhadap hama penggerek polong serta penyakit busuk polong.

Persiapan Lahan

Tanah diolah sedemikian rupa, setelah itu dibuat bedengan dengan lebar 70 – 80 centimeter, tinggi 20 – 30 centimeter serta jarak antar bedeng 50 – 60 centimeter. Tidak lupa buat ditaburkan dolomit/kapur pertanian sebanyak 50 – 75 kilogram/400 m2 (bila ph tanah dibawah 5, 5).

Tidak hanya itu ditambahkan pula pupuk dasar TSP, KCl serta ZA (2:1:1) dengan dosis 1 – 20 kilogram/400 m2. Pupuk dasar ditaburkan 10 – 15 hari saat sebelum tanam.


Pemasangan lanjaran ataupun ajir

Supaya biar produktivitas kacang panjang bisa optimal, perlu rasanya memasang lanjaran dari bahan bambu buat rambatan cabang tumbuhan.

Buat menjauhi kehancuran pangkal tumbuhan, hingga pemasangan lanjaran hendaknya dicoba bertepatan setelah melakukan pengolahan tanah. Pakai ajir ataupun lanjaran dari bambu yang panjangnya 2 m.

Sebagian manfaat yang dapat didapatkan dengan merambatkan tumbuhan kacang panjang antara lain kurangi serbuan hama serta penyakit spesialnya jamur daun.

Dengan merambatkan tumbuhan, hingga perputaran udara hendak bertambah, sekaligus mempermudah tumbuhan dalam memperoleh paparan cahaya matahari. Dengan begitu, tumbuhan dapat berkembang dengan sehat serta berbuah rimbun.

Penanaman benih

Untuk memperoleh hasil panen yang baik, hingga selalu pakai benih yang bersertifikat. Beberapa merek benih kacang panjang yang telah membuat ijin penciptaan dari Kementan antara lain Panah Merah, Pertiwi, Bintang Asia, Wuling, Bisi, serta Known You Seed.

Kamu dapat memperoleh benih kacang panjang tersebut di toko pertanian terdekat ataupun membelinya lewat marketplace online. Tidak hanya biayanya yang terjangkau, energi kecambah benih tersebut pula sangat baik, ialah mencapai 98%. Tidak hanya itu, benih pula telah memperoleh perlakuan anti jamur.

Baca Juga :  Ini Dia Masa Panen Kacang Panjang, Perlakuan Pasca Panen Serta Pengendalian Hama dan Penyakitnya

Apabila lahan yang hendak Kamu pakai tadinya tidak sempat ditanami tumbuhan dari kalangan leguminosa, baiknya tambahkan perlakuan pada benih berbentuk perendaman dengan memakai pupuk biologi yang memiliki kuman Rhizobium sesaat saat sebelum proses penanaman.

Untuk menanam benih kacang panjang, buatlah lubang tanam terlebih dulu dengan kedalaman 5 centimeter, setelah itu benamkan 2 biji kacang panjang secara langsung di bedengan. Pakai jarak tanam 40 x 60 centimeter antar lubang tanam. Buat tiap 1 ha lahan, diperlukan benih sebanyak 15 – 20 kilogram.

Budidaya Kacang Panjang : Cara Menanam, Penyiangan Dan Panen


Beri pupuk

Jika Kamu memakai tanah yang tadinya telah digunakan sebagai lahan tumbuhan lain, Kamu tidak perlu memakai pupuk dasar, sebab tumbuhan kacang panjang hendak meresap sisa sisa pupuk dari masa tanam sebelumnya.

Tetapi apabila Kamu mengawalinya dari awal, maka Kamu dapat memakai pupuk kandang yang ditambahkan dengan kombinasi pupuk Phonska, kalsium bubuk serta pula insektisida.

Pemakaian pupuk dasar ini dimaksudkan supaya bisa menghindari serbuan larva uret yang umumnya melanda tanah bedengan. Jika seluruh tahapan pemupukan telah berakhir, tutup bedengan memakai mulsa buat mengestimasi tumbuhnya gulma yang biasa berkembang pada bedengan serta menyebabkan tumbuhan kekurangan nutrisi.


Lakukan Penyiangan

Apabila tumbuhan kacang ditanam pada masa hujan, Kamu wajib benar –  benar mengamati zona dekat lahan. Sebab pada masa ini rumput hendak berkembang lebih produktif dari umumnya serta dapat jadi tempat bersembunyi hama tumbuhan yang dapat mengganggu tumbuhan kacang panjang.

Untuk mengantisipasinya, Kamu dapat melakukan 2 langkah, ialah:

  • Melakukan penyiangan
  • Memakai herbisida

Basmi Hama serta Penyakit Tanaman

Proses menanam kacang panjang ini pula rentan dengan terdapatnya serbuan hama semacam ulat, lalat bibit, aphids, ulat tanah (uret), serta kutu kebul.

Baca Juga :  Pohon Terong : Sejarah, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Cara Budidayanya

Tetapi ulat merupakan hama yang sangat kerap melanda, paling utama saat sebelum matahari terbit serta saat malam hari. Dikala terik matahari, ulat lebih kerap bersembunyi di rumput, inilah mengapa penyiangan sangat berarti buat mengestimasi terdapatnya hama ni.

Kamu dapat memakai insektisida berbahan aktif metomil ataupun deltametrin. Penyemprotan dicoba pada sore hari, jauhi menyemprot pada pagi serta siang hari sebab ulat cenderung bersembunyi pada masa ini.


Panen Kacang Panjang

Kacang panjang bisa dipanen dikisaran usia 50 – 60 hari. Panen dapat kamu lakuka masing – masing hari. Apalagi bila tumbuhan sangat produktif maka panen dapat kamu lakukan pagi serta sore. Buah kacang panjang yang dipanen yakni buah yang belum sangat tua sebagaimana halnya bila kita memanen timun. Kacang panjang memerlukan banyak pasokan air guna membesarkan buah – buahnya.

Panduan Sukses Budidaya Kacang Panjang

Berikut merupakan beberapa panduan sukses cara menanam kacang panjang dari kami:

  • Semprotkan ZPT Giberilin (GA) dikala buah masih kecil sehingga nantinya buah hendak cepat memanjang
  • Pakai kocoran POC natural dengan campuran MKP yang akan memesatkan pegisian buah
  • Menanamlah diawal masa penghujan sebab kamu hendak hemat bayaran serta tenaga penyiraman
  • Bila menanam dimusim kemarau hingga perlu ditambahkan pupuk daun

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Kacang Panjang Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraia kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5