Cara Menanam Lamtoro : Panduan Lengkap Sukses Untuk Pemula

3 min read

Cara Menanam Lamtoro : Panduan Lengkap Sukses Untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Lamtoro : Panduan Lengkap Sukses Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Lamtoro.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Lamtoro : Panduan Lengkap Sukses Untuk Pemula

Lamtoro ataupun petai cina- Lamtoro, petai Tiongkok, alias petai selong merupakan salah satu jenis perdu yg bersumber dari suku Fabaceae( Leguminosae, kacang- kacangan).

Tumbuhan lamtoro ini bersumber dari Amerika Tengah dan Ameriaka Latin dan masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa Belanda dan Portugis. Nama lain lamtoro ialah manding, kemlanding, petai belalang dan lain sebagainya.

Tumbuhan lamtoro memiliki nama ilmiah Leucaena leucocephala ialah sejenis perdu dari suku Fabaceae. Guna lamtoro ini kerap digunakan buat penghijauan lahan ataupun penangkalan erosi.

Lamtoro ialah tumbuhan semak yang memiliki identitas batang pohonnya besar yang dapat menggapai sampai 20 m serta mempunyai cabang yang kokoh.

Cabangnya rendah serta banyak. Cabang ini pula bercorak kecoklatan ataupun keabuan pada pepagannya. Tidak hanya itu, cabang tumbuhan lamtoro pula berbintil serta berlentisel.

Ranting batangnya mempunyai wujud yang bundar torak dengan ujungnya berambut rapat.


Klasifikasi Tanaman Lamtoro

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Fabales
  • Famili: Fabaceae
  • Subfamili: Mimosoideae
  • Genus: Leucaena
  • Spesies: L. leucocephala

Morfologi Lamtoro

Daun tumbuhan lamtoro merupakan majemuk serta ukurannya kecil- kecil dan bersirip 2. Banyaknya dengan kelenjar pada poros daun pas di saat sebelum pangkal sirip terbawahnya.

Baca Juga :  Daun Sintrong : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Penting Untuk Kesehatannya

Daun penumpu lamtoro kecil serta berupa segitiga. Pada masing- masing siripnya ada anak daun yang berjumlah 5 sampai 20 pasang. Posisinya berhadapan serta mempunyai wujud garis yang memanjang.

Lamtoro mempunyai buah yang berupa pita lurus, tipis serta pipih. Ada sekat- sekat diantara bijinya. Corak buahnya hijau serta hendak berganti jadi cokelat kehijauan ataupun cokelat tua pada dikala buahnya sudah masak.

Masing- masing buah lamtoro memiliki biji sebanyak 15 sampai 30 biji yang melintang di dalam polingan.

Bijinya mirip semacam petai, tetapi ukurannya lebih kecil serta pula penampangnya kecil. Inilah mengapa lamtoro pula diucap dengan petai Tiongkok.

Lamtoro mempunyai bunga yang majemuk berbentuk bongkol bertangkai panjang yang terkumpul di dalam malai berisi 2 sampai 6 bongkol. Bunganya kecil- kecil serta berbilangan 5.

Tabung kelopak bunganya berupa lonceng bergerigi pendek. Mempunyai mahkota yang berupa solet serta benang sarinya 10 helai.

Tumbuhan lamtoro ini dapat berkembang sampai ketinggian 20 m, melainkan tidak sedikit cuma berkembang dengan ketinggian 2 m sampai 10 m.


Syarat Tumbuh Tanaman Lamtoro

Ketentuan Berkembang Tumbuhan Lamtoro awal buat menanam lamtoro ataupun tumbuhan petai Tiongkok supaya bisa berkembang dengan baik merupakan iklimnya.

Lamtoro bisa berkembang pada wilayah dengan hawa tropis yang hangat dengan curah hujan terletak diantara 650 sampai 3000 milimeter( maksimal 800 sampai 1500 milimeter) per tahun.

Bila ditanam pada wilayah yang iklimnya dingin, tumbuhan lamtoro tidak bisa berkembang dengan baik.

Temperatur yang sesuai buat menanam lamtoro berkisar diantara 25 sampai 30 derajat celcius. Temperatur kisaran tersebut bisa menciptakan tamanan lamtoro yang kualitasnya baik.

Tetapi bila ditanam di wilayah dengan temperatur yang lebih rendah ataupun lebih besar, tumbuhan lamtoro umumnya hendak menciptakan biji ataupun buah yang lebih kecil. Jadi, cek dahulu ya temperatur di daerahmu.

Baca Juga :  Panduan Cara Budidaya Semut Jepang Sebagai Peluang Bisnis

Lamtoro ataupun petai Tiongkok bisa berkembang dengan optimal pada wilayah yang mempunyai sinar matahari yang lumayan.

Yakinkan kelembapan tempat kalian menanam lamtoro tidak sangat kering ataupun tidak sangat basah.

Kalian dapat menanam lamtoro di perkarang rumah ataupun di lahan kosong. Lamtoro pula biasa ditanam di perkebunan kopi bagaikan peneduh.

Tumbuhan lamtoro tercantum tumbuhan yang bisa ditanam pada kondisi tanah apa saja karena tumbuhan ini lumayan gampang menyesuaikan diri.

Walaupun begitu, lamtoro tidak bisa berkembang pada tanah yang tergenang oleh air.

Ketentuan berkembang lamtoro yang terakhir merupakan ketinggian tempatnya. Lamtoro menggemari tempat dengan ketinggian di dasar dari 1000 m di atas permukaan laut.


Metode Budidaya Lamtoro


  • Persiapan Bibit Lamtoro

Bibit lamtoro dapat diperoleh dari biji pada buah lamtoro yg sudah tua dan kering, seleksi benih yg sudah tua dan bermutu baik. Karakteristik benih lamtoro yg baik ialah biji bercorak coklat hitam dan berkapasitas lagi sampai besar.

Berikutnya, rendam benih dalam air dingin selagi 14 jam saat sebelum disemaikan alias dengan air hangat bersuhu 70 derajat celcius selagi 10- 12 menit.

Perendaman ini dicoba buat menyeleksi benih, benih yg mengapung dibuang, cuma pakai benih yg karam dalam air saja.

  • Persiapan Tempat dan Media Tanam

Siapkan gelas plastik, pot alias polybag tanam. Apabila kamu mengenakan gelas plastik, jadi kamu perlu membikin bermacam celah di sesi dasar gelas dengan mengenakan paku.

Bila wilayah tanam sudah didetetapkan, jadi berikutnya isi gelas plastik, pot alias polybag tanam dengan media tanam berbentuk kombinasi tanah, pasir dan kompos dengan rasio 1: 1: 3.

Gelas plastik, pot alias polybag tanam yg dipakai tersebut cuma diisi¾ sesi saja, jangan sampai penuh.

  • Penanaman dan Perawatan Lamtoro

Bila, seluruh sudah siap, berikutnya buatlah celah tanam dalam media tanam sedalam tidak lebih lebih 2 centimeter buat menanam biji.

Baca Juga :  9 Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan dan Mengenal Kandungan Senyawa Pentingnya

Bila celah tanam sudah siap, kemudian masukkan 2 biji lamtoro dalam 1 celah dan tutup kembali dengan mengenakan media tanam.

Jalani perawatan pada tumbuhan lamtoro berbentuk penyiraman, penyiraman ini dicoba 2 kali satu hari pada animo kemarau alias penyiraman dapat dicoba seperlunya dengan menyaksikan kondisi media tanam.

Sehabis 20 hari persemaian, perbuat pemupukan dengan menggunaka pupuk NPK dengan dosis sebanyak 100 gr NPK yg dilarutkan dalam 10 liter air.

Bibit Lamtoro siap dipindahkan ke lahan tanam sesungguhnya apa apabila sudah berkembang dengan besar lebih dari 26 centimeter alias berumur lebih dari 35 hari.

Tumbuhan lamtoro yang berasal dari Amerika tropis ini sudah ratusan tahun diperkenalkan ke warga di Pulau Jawa guna kepentingan pertanian serta kehutanan.

Cara Menanam Lamtoro : Panduan Lengkap Sukses Untuk Pemula

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Lamtoro Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5