Budidaya Edamame : Teknik Tepat Penanaman, Perawatan dan Panen Sukses si Kedelai Jepang

2 min read

Budidaya Edamame : Teknik Tepat Penanaman, Perawatan dan Panen Sukses si Kedelai Jepang
0
()

Budidaya Edamame : Teknik Tepat Penanaman, Perawatan dan Panen Sukses si Kedelai Jepang – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Edamame.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Budidaya Edamame : Teknik Tepat Penanaman, Perawatan dan Panen Sukses si Kedelai Jepang


Edamame ataupun terkenal diketahui bagaikan kedelai Jepang ialah salah satu tipe kacang- kacangan yang masih berkerabat dekat dengan kacang bulu( kedelai muda),orang Jepang mengucapkannya“ ay- dah- MAH- may”.

Edamame sendiri berasal dari kata eda yang maksudnya cabang, serta mame maksudnya kacang, mengacu pada“ buah kacangnya” yang timbul di sela- sela rantingnya,umumnya dipanen bersama cabang- cabangnya.

Yang membedakan kacang edamame dengan kedelai yang lain merupakan bijinya yang lebih besar, teksturnya lebih halus, rasanya manis, serta lebih gampang di cerna.

Di Jepang, edamame dijadikan kemilan sehat yang gurih serta lezat. Di tiap restoran ataupun tempat makan di situ, edaname senantiasa muncul bagaikan hidangan pembuka.

Edamame yang di panen muda bisa direbus, dimakan langsung terbuat keripik maupun ditumis. Rasanya manis serta teksturnya halus.

Di Amerika juga, edamame apalagi di kategorikan bagaikan healthy food. Sebab mengkonsumsinya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Salah satunya bisa memantapkan gula darah di dalam badan dengan isi zat anti kolesterolnya. Jadi, tidak heran bila saat ini kacang ini sangat terkenal di golongan warga serta terus menjadi gempar dibudidayakan.

Baca Juga :  Inilah Jarak Tanam Pepaya Calina Yang Tepat dan Keunggulannya

Bila dibanding dengan kedelai, edamame bisa dikenali dengan wujudnya yang lebih besar. Bobotnya dapat menggapai 30 gr per seratus bijinya. Isi proteinnya jauh lebih banyak.

Buat satu mangkuk kecil edamame, ada 16, 86 gr protein, setara dengan protein yang ada pada susu, telur serta daging. Edamame ialah salah satunya kacang yang memiliki asam amino esensial sangat lengkap.

Edamame ataupun terkenal diketahui bagaikan kedelai Jepang ialah salah satu tipe kacang- kacangan yang masih berkerabat dekat dengan kacang bulu( kedelai muda).


Tahapan Metode Budidaya Edamame


  • Persiapan Lahan

Saat sebelum digunakan tanah wajib digmburkan serta dibajak dekat 15 hari saat sebelum, 5 hari selanjutnya, buatlah bedengan dengan panjang 10 meter, lebar 1 meter, serta besar bedengan 20- 25 centimeter.

Jarak antar bedengan dekat 30 centimeter.Jalani pemupukan dasar 3 hari saat sebelum benih ditanam yang terdiri dari pupukSP 36 sebanyak 200 kilogram/ hektar serta ditambahkan kapur pertanian sebanyak 600 kilogram/ hektar.

  • Persiapan Benih

Memilih benih yang bermutu serta tidak mempunyai cacat raga serta benih edamame yang diperlukan dekat 80- 100 kilogram/ hektar.

  • Proses Penanaman

Bedengan hendaknya dibasahi supaya senantiasa lembab.

Benih edamame yang sudah disiapkan ditanam pada bedengan dengan jarak tanam 14×25 centimeter bila masa hujan serta 12×20 centimeter bila ditanam dikala masa kemarau, kedalaman 1, 5- 2 centimeter.

Masukkan 1 benih per lubang tanam kemudian tutupi dengan tanah gembur.


Perawatan Tanaman


  • Penyiangan

Penyiangan dicoba kala tumbuhan berumur 9 ataupun 10 hari semenjak tanam, berikutnya dicoba cocok keadaan tumbuhan yang banyak gulma disekitarnya.

  • Penyiraman

Penyiraman dicoba seminggu sekali dengan senantiasa mencermati keadaan tanahnya. Jalani pengairan dengan metode penggenangan sampai air dalam kapasitas luas.

  • Pemupukan

Pemupukan sesi awal dicoba kala tumbuhan berumur 10 HST dengan membagikan KCL 50 kilogram/ ha, ZA 50 kilogram/ ha, serta urea 150 kilogram/ ha serta pemupukan susulan dilakukan

Baca Juga :  Pestisida Alami : Manfaat, Keunggulan dan Jenis Bahannya

Kala tumbuhan berumur 21 HST dengan membagikan KCL 100 kilogram/ ha, ZA 100 kilogram/ ha, serta urea 50 kilogram/ ha.

  • Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan( OPT)

Pengendalian OPT dicoba secara terkontrol, selektif, serta terpadu bersumber pada tipe penyakit serta hama yang menyerangnya.

Pengendalian dengan metode menyemprotkan Reagent 50 C dengan takaran 1 gram dicampur dengan 1 liter air serta ditambah Ingrofol 50 WP dengan dosis 1. 5 l/ ha.

Budidaya Edamame : Teknik Tepat Penanaman, Perawatan dan Panen Sukses si Kedelai Jepang

Pemanenan

Masa panen muda dicoba kala kacang mudanya masih bercorak hijau

ialah dikala menggapai usia 65 HST. Panen dicoba secara serentak dengan metode dipilih dengan interval waktu panen 2 hari sekali.

Buat panen kacang yang sudah masak seluruhnya, dapat dicoba kala tumbuhan berumur 90- 100 HST. Supaya edamame yang telah dipanen senantiasa fresh hingga jauhkan dari paparan cahaya matahari.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Edamame Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5