Tanaman Azolla

4 min read

Tanaman Azolla
0
()

Tanaman Azolla – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Azolla. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Tanaman Azolla


Azolla ialah tumbuhan air dari genus Azollaceae yang terdiri dari 7 spesies ialah Azolla japonica, A. filiculoides, A. pinnata, A. nilotica, A. caroliniana, A. mexicana, serta A. microphylla.

Tumbuhan ini kerap dijadikan tumbuhan hias. Azolla pula ialah tumbuhan paku air yang sangat produktif. Azolla bisa menggandakan biomassanya dalam waktu 3 sampai 10 hari.

Klasifikasi ilmiah

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Pteridophyta
  • Kelas: Pteridopsida
  • Ordo: Salviniales
  • Famili: Salviniaceae
  • Genus: Azolla

Tumbuhan ini termasuk kalangan paku air mengapung yang bisa bersimbiosis dengan Cyanobakteria (kuman hijau-biru) serta bisa mengikat nitrogen dari udara.

Azolla kerap dimanfaatkan bagaikan pupuk alami hijau sebab kemampuannya tersebut.

Azolla dimanfaatkan buat tingkatkan penciptaan tumbuhan padi di Cina serta Vietnam. Azolla memiliki protein dekat 24-30%, asam amino lisin 0,42% lebih besar daripada konsentrat jagung ataupun beras rusak.

Azolla pula dimanfaatkan di bidang budidaya perikanan. Campuran mina padi serta azolla bisa meghasilkan mindazbesi yang bisa dimafaatkan bagaikan pakan di dunia perikanan.

Seperti seluruh tipe paku-pakuan, tumbuhan ini bereproduksi secara intim menuju pada pembuatan spora, tetapi Azolla hendak terpisah dari kelompoknya dengan menciptakan spora jantan serta spora betina.

Selama masa panas, beberapa struktur berupa bola yang diucap sporocarps hendak tercipta di permukaan dasar percabangan.

Sporocarp jantan bercorak kehijauan ataupun kemerahan serta nampak semacam sekelompok telur serangga ataupun laba-laba. Spora-spora jantan berdimensi kecil serta dibuat di dalam mikrosporangium.

Sporocarp betina berdimensi lebih kecil, terdiri dari sporangium serta suatu spora fungsional. Dimensi spora betina lebih besar daripada spora jantan.

Baca Juga :  Cara Membuat Pakan Bebek Pedaging : Jenis Pakan dan Nutrisi Yang Pas Agar Cepat Besar dan Sehat

Metode Budi Daya Rumput Azolla

Mempersiapkan Lahan ataupun Kolam

Rumput azolla umumnya berkembang di wilayah berair, semacam persawahan ataupun kolam.

Oleh sebab itu, saat sebelum mulai menanam terdapat baiknya buat mempersiapkan kolam terlebih dulu.

Tumbuhan ini bisa kalian tanam di kolam tanah, kolam terpal, maupun kolam semen yang terkena cahaya matahari secara langsung.

Isi kolam memakai air dengan ketinggian mencapai 5 hingga 20 centimeter.

Habitat asli dari rumput ini merupakan persawahan ataupun zona rawa, sehingga rumput hendak lebih tumbuh dengan baik bila ketinggian air semakin mendekati dengan ketinggian tanah di dekat kolam.

Bila kalian menanam rumput di kolam lain tidak hanya kolam tanah, kalian pula dapat memasukkan tanah ke dalam kolam bagaikan media pertumbuhannya.

Keberadaan tanah ini membuat rumput bisa berkembang serta tumbuh lebih cepat.

Menumbuhkan Bibit Rumput Azolla

Terdapat 2 metode yang bisa kalian pakai kala menumbuhkan bibit tumbuhan azolla, ialah secara vegetatif serta generatif.

Menumbuhkan Bibit secara Vegetatif

Berikut merupakan langkah yang wajib kalian simak kala meningkatkan bibit lewat metode vegetatif:

  • Kala menumbuhkan bibit secara vegetatif, kalian bisa memakai kolam tanah, bak plastik ataupun memakai persawahan.
  • Isi kolam memakai tanah setinggi 3 hingga 5 centimeter kemudian tambahkan air setinggi 5 hingga 7 centimeter di atas permukaan tanah tersebut.
  • Gabungkan tanah di kolam memakai pupuk SP 36 ataupun pupuk kandang dengan takaran dekat 6,5 gr per m2.
  • Tebarkan bibit tumbuhan azolla sebanyak 1 kilogram bila kolam yang kalian miliki berdimensi 20 m2.
  • Jaga ketinggian air, jangan sampai air mengering ataupun ketinggiannya kelewatan.
  • Kalian bisa memanen tumbuhan sehabis 15 hari ataupun lebih.
Meningkatkan Bibit secara Generatif

Berikut merupakan langkah yang wajib kalian simak kala meningkatkan bibit azolla lewat metode generatif:

  • Siapkan indukan azolla yang sudah memiliki spora.
  • Isi kolam memakai tanah setinggi 2 centimeter kemudian isi dengan air hingga ketinggiannya mencapai 5 centimeter.
  • Tambahkan pupuk kandang ataupun pupuk SP 36 pada tanah.
  • Remas daun azolla yang telah tua hingga sporanya menyebar serta kapsul sporanya rusak, sehingga tumbuhan bisa berkembang lebih cepat serta optimal.
  • Perkenankan tumbuhan terkena sinar matahari.
  • Spora hendak berkecambah pada minggu awal serta hendak berkembang hingga menutupi permukaan kolam pada bulan selanjutnya.
  • Pisahkan azolla yang lagi berkecambah ke wadah ataupun kolam yang berdimensi lebih besar kemudian perkenankan tumbuhan tumbuh selama 15 hari.
  • Berikutnya simak langkah budi energi azolla lewat metode vegetatif supaya tumbuhan bisa berkembang lebih banyak.
Baca Juga :  Panduan Cara Memelihara Mujair Mudah Di Kolam Terpal

Tanaman Azolla


Pemeliharaan Tumbuhan Azolla

Supaya tumbuhan azolla berkembang baik, berikan Suplemen Cair Organik GDM khusus Perikananan sebanyak 10 ml/m² tiap 2 hari sekali.

Tidak hanya itu, tambahkan GDM Granule Bio Organik sebanyak 100 gram/m² sehabis tumbuhan usia 1 minggu. Selalu jaga ketinggian air supaya tidak menurun ataupun menurun.

Bila air kolam menurun, masukkan air baru ke dalam kolam sampai ketinggian sama dengan dikala penebaran bibit.

Jangan lupa buat senantiasa mengecek tinggia air kolam supaya perkembangan serta pertumbuhan azolla bisa maksimal.

Kamu tidak perlu takut serta kerap mengubah air kolam. Karena, akumulasi produk GDM Organik teruji bisa membetulkan mutu air kolam. Sehingga air kolam tidak gampang kotor.

Ciri Ciri Tumbuhan Azolla Siap Panen

Tumbuhan azolla yang berkembang baik serta sehat memiliki kecepatan berkembang 35% per hari. Pada biasanya tumbuhan azolla bisa dipanen dalam waktu 5 sampai 15 hari.

Karakteristik azolla yang siap panen merupakan terdapatnya tumpukan tebal azolla penuhi permukaan kolam.

Kamu cuma perlu mengambil sebagian azolla buat memberikan pakan pada ikan budidaya Kamu.

Sebab cepatnya perkembangan tumbuhan azolla yang dibudidayakan secara organik dengan memakai produk GDM Organik, maka Kamu dapat memakai azolla buat pakan tambahan tiap hari.

Begitu pula bila Kamu mau membudidayakan lagi, tidak perlu membeli bibit, sebab dapat memakai anakan azolla Kamu bagaikan bibit.


Manfaatt Azolla buat Pertanian, Perikanan serta Peternakan

Tanaman azolla sangat berguna pada bidang pertanian, perikanan serta peternakan, ada pula manfaat dari tanaman azolla ini merupakan bagaikan berikut:

Manfaat Azolla buat pertanian

Dalam bidang pertanian paling utama dalam bidang budidaya, Azolla sangat berguna sebab tanaman Azolla sanggup mengikat Nitrogen (N) didalam udara.

Sehingga dengan menanam azolla di sekitaran tumbuhan hendak menolong menyuplai faktor hara paling utama Nitrogen serta sanggup mengirit buat pembelian Urea.

Baca Juga :  Budidaya Azolla : Teknik Mudah Tanam Azolla di Kolam Tanah dan Terpal

Selain itu manfaat Azolla dala pertanian dapat dijadikan bagaikan pupuk hijau yang kaya hendak faktor hara.

Isi Azolla sanggup penuhi kebutuhan faktor hara untuk tumbuhan, saran pemberian Azolla fresh buat 1 hektar kisaran 20 ton.

Tetapi bila telah dijadikan kompos cuma memerlukan 5-6 ton saja buat keperluan perhektar, isi azolla dari jumlah berapanya bisa memiliki Nitrogen (N) kisaran 3-5% dari bobot azolla, fospor(P) kisaran 0,5 hingga 0,9% serta Kalium (K) kirasan 2-4,5%.

Sebaliknya faktor yang lain yang pastinya bermanfaat untuk tumbuhan seperti Magnesium (Miligram) 0,5-0,6$, Fero (Fe) 0,06-0,26%, Calsium (Ca) 0,4-1%, serta Mangan (Mn) 0,11-0,16%.

Manfaat Azolla buat perikanan

Tanaman azolla pula dapat dimanfaatkan didalam bidang perikanan, manfaat dari azolla sendiri dapat dijadikan bagaikan pakan buatan.

Tetapi pakan dari bahan azolla sangat kaya hendak nutrisi untuk ikan, isi nutrisi yang terdapat didalam pakan buatan berbahan baku azolla merupakan bagaikan berikut.

Isi karbohidrat dari azolla dapat mencapai 6,5% dari bobot berat, lemak 7,5%, serat pada azolla memiliki 13% serta yang lebih besar ialah isi proteinnya dikisaran 31%.

Tidak hanya isi yang kaya diatas, azolla pula berguna bagaikan penjernih air pada kolam.


Manfaat Azolla buat peternakan

Sama halnya dengan pemanfaatan Azolla buat perikanan, azolla buat peternakan juga sangat berguna sebab banyak memiliki protein yang bermanfaat untuk hewan ternak.

Pemberian azolla ialah dengan metode dibuat minggu terlebih dulu, pemberian pakan dengan azolla diusahakan diberikan dalam kondisi kering.

Sebab bila dalam kondisi basah dikhawatirkan ternak hendak hadapi diare sebab masih banyak kandungan air yang ada.

Tambahan, Manfaat Azolla bagaikan media tanam

Untuk yang hobi hendak tumbuhan hias ataupun hobi tumbuhan yang memakai media tanam didalam pot, azolla dapat dijadikan media tanam dengan perbandingan 3;1;1, ialah 3 takaran kompos azolla, 1 takaran tanah serta 1 takaran pasir.

Demikian Uraian kami tentang Tanaman Azolla Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5