Inilah Cara Budidaya Belimbing Wuluh Yang Tepat dan Cara Mudah Perawatannya

4 min read

Inilah Cara Budidaya Belimbing Wuluh Yang Tepat dan Cara Mudah Perawatannya
0
()

Inilah Cara Budidaya Belimbing Wuluh Yang Tepat dan Cara Mudah Perawatannya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Budidaya Belimbing Wuluh.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Inilah Cara Budidaya Belimbing Wuluh Yang Tepat dan Cara Mudah Perawatannya


Belimbing sayur atau  diketahui pula dengan nama belimbing wuluh, belimbing buluh, belimbing botol, belimbing besi, ataupun belimbing asam ialah sejenis tumbuhan kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku.

Buah ini pula dikembangbiakkan dan berkembang terbuka di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, serta Malaysia.

Belimbing ialah tumbuhan buah yang tingginya menggapai 5m. Batangnya tidak begitu besar, bergaris tengah 30 centimeter.

Dia agresif serta berbenjol- benjol, percabangannya sedikit, serta condong ke atas. Cabang mudanya berambut halus, semacam beledu serta bercorak cokelat muda.

Daunnya tersusun dalam wujud ganda. Wujudnya kecil, berupa telur, serta jumlahnya 21–45 centimeter. Daunnya tercantum majemuk, menyirip, serta ganjil.

Anak daunnya bertangkai pendek, berupa bundar telur hingga jorong, ujungnya runcing, pangkalnya membulat, tepinya rata.

Dimensi daunnya merupakan: 2- 10 centimeter× 1–3 centimeter. Dia bercorak hijau, serta permukaan bawahnya bercorak hijau muda.

Perbungaannya bermacam- macam, serta tersusun dalam rangkaian( panjangnya 5–20 centimeter). Berkelompok, keluar dari percabangan yang besar, kecil- kecil berupa bintang serta bercorak ungu kemerahan merah saja.

Buahnya terkategori buah buni, berupa bundar lonjong bersegi, panjangnya 4- 6, 5 centimeter, bercorak hijau kekuningan, berair banyak bila telah masak serta rasanya asam. Wujud biji bundar telur, gepen


Morfologi Belimbing Wuluh

Rasanya buahnya sangat masam.wujudnya yang lonjong serta bewarna hijau, menyamai mentimun.Belimbing wuluh tercantum tanaman yang berpembuluh, mempunyai biji serta berkeping 2( dikotil).

Baca Juga :  Budidaya Maggot : Persiapan, Penarikan Lalat dan Pemanenan

Tumbuhan belimbing wuluh berupa tumbuhan, tingginya 5– 10 m.Perakarannya tunggang dengan corak coklat kehitaman serta kedalamannya cuma 1, 5– 2 m.

Batangnya tegak, mempunyai percabangan, permukaannya agresif, rupanya hijau kotor serta terdapat banyak tonjolannya. Batangnya berdimensi lagi ataupun tidak begitu besar dan ada garis tengah dekat 30 centimeter.

Bunganya majemuk, wujudnya malai, kelopaknya berdimensi dekat 6 milimeter, rupanya merah serta tumbuhnya di benjolan batang/ cabang.

Bunganya pula mirip dengan bunga mentimun, ialah mempunyai wujud silinder serta panjangnya 5– 7, 5 centimeter.Daunnya majemuk, menyirip ganjil, bercorak ungu serta wujudnya lanset.

Mempunyai anak daun yang berjumlah 21– 45 pasang, bertangkai pendek, wujudnya bundar telur hingga lonjong, ujungnya runcing, pangkalnya bulat, bagian tepinya rata, panjangnya 2– 10 centimeter serta lebarnya 1– 3 centimeter.

Bijinya bercorak hijau dikala muda serta kuning kehijauan dikala tua, tertutup oleh lendir dan wujudnya pipih namun lanset ataupun segitiga.Bunga serta buahnya melekat pada batang.

Buahnya berupa elips, berdimensi 4– 10 centimeter, rupanya hijau dikala muda serta kuning pucat dikala masak, dagingnya berair, rasanya sangat asam dan kulitnya yang mengkilap namun tipis.


Syarat Tumbuh Belimbing Wuluh

  • Berkembang dengan baik didaerah hawa panas
  • Menemukan cahaya matahari minimun 7 jam/ hari
  • Berkembang produktif serta produktif pada ketinggian 0- 500mdpl
  • Berkembang baik dengan kisaran bulan basah 5- 7 bulan
  • Bisa berkembang pada seluruh tipe tanah asal produktif serta gembur
  • Menghendaki tanah yang kaya bahan organik
  • Ph tanah 5- 6, 5
  • Aerasi tanah serta drainase yang baik serta lancar
  • Kedalaman air tanah lebih dari 60cm

Metode Budidaya Belimbing Wuluh


  • Persiapan Lahan Tanam

Gemburkan tanah pada lahan yang hendak digunakan.Buatlah lubang tanam dengan dimensi 30 x 30 centimeter dan mempunyai kedalaman dekat 50 cm

Jarak antar lubang tanam terbuat minimun 6 meterDiamkan lubang tanam tersebut sepanjang 3 minggu supaya toksin dalam tanah lenyap.

  • Proses Pembibitan

Banyak metode buat menanam belimbing wuluh dengan metode cangkok, okulasi ataupun pembibitan langsung dari buahnya serta buat medianya dapat dengan pot ataupun pekarangan rumah.

Baca Juga :  Cara Menanam Ciplukan Sukses dan Tepat Untuk Pemula

Tata cara pembibitan dari buah:

    • Buahnya yang masak ataupun telah tua bisa diletakkan di dalam pot berisi tanah gembur
    • Sebagian minggu setelah itu dari biji- biji yang terdapat di dalam buah tersebut hendak berkembang bibit baru.
    • Bibit tumbuhan belimbing sayur ini kemudian dipindahkan buat dipisahkan ke wadah ataupun pot yang lain saat sebelum siap ditanam di pekarangan.
    • Tata cara dari batang yang telah berbuah:
    • Ada pula dari batang yang telah berbuah antara lain ialah:
    • Seleksi tumbuhan belimbing wuluh yang sudah teruji berbuah rimbun serta sehat
    • Potong salah satu batangnya yang tidak sangat muda serta pula jangan sangat tua
    • Rendam batang yang dipotong ke dalam larutan perangsang perkembangan pangkal 1 malam
    • Siapkan media tanam berbentuk petak buat pembibitan ataupun pot besar, isi dengan kombinasi tanah gembur serta pupuk kandang
    • Tancapkan potongan batang belimbing wuluh langsung pada tanah media yang telah kita persiapkan tadi
    • Jalani penyiraman secara teratur supaya area lembab tidak kering hendaknya penanaman dicoba dini masa hujan
  • Penanaman Belimbing Wuluh

Masukan bokashi kedalam lubang setinggi 15 centimeter kemudian siram dengan air hingga basah merataTaburkan insektisida furadan 3g 2 sdm kedalam lubang.

Masukan belimbing wuluh kedalam lubang, buka pastik penutupUpayakan supaya tanah tidak lepas dari pangkal bibit belimbing

Tambahkan bokashi serta campur dengan tanah ke dalam lubang kemudian tekan supaya rapat.Setelah itu siram kembali secara menyeluruh serta pasang tajuk serta ikat dengan tali supaya batang tidak bergerak.

  • Perawatan belimbing wuluh

Penyiraman bisa dicoba 2 kali satu hari secara teratur pagi serta sore hari.Pemberian pupuk bisa dicoba 3 minggu sehabis tumbuhan ditanam.

Pakai pupuk kimia semacam urea, ZA kemudian ditambahkan cairan organik( bokashi), supaya perkembangan tumbuhan kilat.

Bilas gulma yang bisa mengusik perkembangan tumbuhan. Jalani pembersihan gulma tiap 3 minggu sekali.


Penindakan Hama Penyakit Belimbing Wuluh


  • Penyakit Kapang Jelaga

Penyebabnya: kutu- kutu tumbuhan yang bercorak putih.

Gejalanya: daun yang dipadati bintik- bintik gelap di atasnya, yang mirip dengan corak jelaga.

Baca Juga :  Kandungan Gizi Apel Dan Manfaat Pentingnya Untuk Kesehatan

Pengendaliannya: menyemprotkan fungisida, ataupun obat pengusir jamur pada tanaman

  • Penyakit Bintik Daun

Penyebabnya: Cercospora Averrhoae Fres.

Gejalanya: timbulnya bintik- bintik gelap ataupun cokelat pada anak daun yang masih muda.

Bila penyakit bintik daun ini telah parah, daun pada tumbuhan hendak berganti corak jadi kuning, setelah itu jatuh gugur serta mati, apalagi tidak tidak sering tumbuhan belimbing wuluh hendak jadi gundul tanpa daun, spesialnya pada tumbuhan yang masih bibit.

Pengendaliannya: menyemprotan fungisida pula dibutuhkan buat menghindari tumbuhan belimbing wuluh yang masih sehat terserang bintik daun.

  • Hama Lalat Buah

Indukan lalat hendak membuahkan telurnya di kulit buah, serta kala telur tersebut menetas jadi larva, larva seperti itu yang nantinya hendak mengikis daging buah sampai membusuk serta kesimpulannya jatuh saat sebelum waktu panen datang.

Pencegahannya: dengan membungkus buah yang masih muda sampai buah tersebut mekar serta siap panen.

Inilah Cara Budidaya Belimbing Wuluh Yang Tepat dan Cara Mudah Perawatannya


Masa Pemanenan Buah Belimbing Wuluh

Di dataran rendah yg jenis iklimnya basah, usia petik buah belimbing dekat 35–60 hari sehabis pembungkusan buah ataupun 65–90 hari setlah bunga mekar.

Karakteristik– karakteristik buah belimbing yang siap panen yakni ukurannya besar, telah matang dan corak buahnya berganti dari hijau jadi putih ataupun kuning ataupun merah. Perihal ini bergantung dari varietas belimbing.

  • Metode Panen Belimbing Wuluh:

Metode panen buah belimbing dicoba dgn metode memotong tangkainya.Pemetikan buah berlangsung secara berkepanjangan dengan memilah buah yang telah matang.

Waktu pemanenan yang bagus yakni pagi hari, dikala buah masih fresh& saat sebelum cuaca sangat panas( terik).

Demikian Uraian kami tentang Cara Budidaya Belimbing Wuluh Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5