14 Manfaat Bangle, Morfologi dan Kandungan Pentingnya Bagi Kesehatan

4 min read

14 Manfaat Bangle, Morfologi dan Kandungan Pentingnya Bagi Kesehatan
0
()

14 Manfaat Bangle, Morfologi dan Kandungan Pentingnya Bagi Kesehatan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Manfaat Bangle.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


14 Manfaat Bangle, Morfologi dan Kandungan Pentingnya Bagi Kesehatan


Bangle, merupakan salah satu tumbuhan bumbu anggota suku temu- temuan( Zingiberaceae). Rimpangnya dimanfaatkan bagaikan bumbu dapur serta bahan penyembuhan.

Mempunyai nama botani Zingiber cassumunar, dengan persamaan kata(sinonim) Zingiber purpureum, Roxb. Tumbuhan ini mempunyai banyak istilah.

Di Jawa Barat, tumbuhan ini diketahui bagaikan pangle. Di Jawa Tengah serta Jawa Timur diketahui dengan nama bengle.Nama lokal lain, banggele( Bali), kunyit bolai, bungle, mungle, bengle, banglai.

Ataupun kunit bolai( Sumatera), mungle( Aceh), bungle( Tapanuli), kunik bolai( Rana Minang), bangleeiy( Rejang), panglai( Pasundan/ Sunda), pandhiyang( Madura), bale( Makassar), panini( Bugis), unin makei( Ambon).

Bangle ditemui di kawasan India selatan yang beriklim tropis serta kawasan Asia Tenggara semacam Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, Myanmar, Laos, serta Kamboja.

Tidak hanya mempunyai manfaat bagaikan obat tradisional, tumbuhan bangle pula bisa digunakan bagaikan aromaterapi, bumbu dapur, insektisida natural, serta pula bahan kombinasi buat parfum mawar.

Untuk orang yang tidak memahami rimpang bangle, umumnya hendak bimbang membedakannya dengan jahe serta lengkuas, sebab masih satu suku Zingiberaceae.


Morfologi Tanaman Bangle

Bahasa latin tumbuhan bangle diucap Zingiber Cassumunar, ialah bumbu yang banyak berkembang di Asia. Pangkal ataupun rimpang bangle biasanya dimanfaatkan buat bahan penyedap masakan serta herbal.

Identitas tumbuhan bangle bisa diisyarati dengan daun tunggal, letak berseling. Helaian daun nampak lonjong serta tipis, ujung runcing serta pangkal daun tumpul.

Panjang daun antara 23 sampai 35 centimeter, lebar daun antara 20 sampai 40 milimeter, serta rupanya hijau.

Tumbuhan ini berbunga majemuk, wujudnya tandan yang keluar di ujung batang serta panjang gagang hingga dengan 20 centimeter.

Baca Juga :  Di Balik Rasa Pahitnya, Inilah Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Yang Penting Kamu Ketahui

Sebaliknya identitas rimpang bangle nyaris sama dengan jahe serta lengkuas. Bangle memiliki rimpang menjalar serta berdaging, wujudnya nyaris bulat serta tidak beraturan setebal 2 sampai 5 milimeter.

Permukaan luar tidak rata, mengkerut, bercorak coklat muda kekuningan. Rimpang ini bila dibelah hendak bercorak kuning muda serta terkadang kuning kecoklatan.

Telah tentu rasa herba ini tidak lezat, pedas serta getir. Bangle yang sangat baik di panen sehabis tumbuhan berusia satu tahun serta bisa di memperbanyak dengan stek rimpang.

Walaupun daun bangle berpelepah, daun bangle tidak mempunyai tangkai, ataupun diucap daun duduk. Letak daun bangle tersusun secara menyirip berseling.

Wujud daun bangle lanset ramping, meruncing ke ujung, serta mengecil ke pangkal. Permukaan daun bangle lemas, tipis, serta licin tidak berbulu, namun punggung daun bangle berbulu halus.

Pemetikan daun bangle saat sebelum waktu panen malah menimbulkan kematian tumbuhan. Perihal ini disebabkan jumlah daun pengaruhi perkembangan tumbuhan.

Bunga bangle timbul dari permukaan tanah, berasal dari rimpang samping, serta bukan dari tengah- tengah rumpun.

Bunga bangle berupa gelendong, serta tangkai bunga ialah tangkai semu yang tersusun dari tumpukan daun penumpu bunga.

Daun penumpu bunga tersusun semacam sisik ikan, wujudnya kaku, tebal, serta bercorak merah ataupun hijau kecokelatan. Benang sari bunga bangle bercorak putih kekuningan serta ujungnya berupa keriting.

Buah bangle berupa bundar, kecil. Kulit buah bangle tipis, berbiji banyak, bercorak ungu, serta dimensi bijinya kecil.

Wujud rimpang bangle agak bundar pendek serta tidak banyak bercabang dengan kulit luar bercorak cokelat muda serta daging rimpang berwana oranye tua ataupun kecokelatan.

Panen bangle bisa berlangsung sehabis tumbuhan berusia 1 tahun lebih. Rimpang bagaikan bahan obat dipanen sehabis tua, ialah usia 9- 12 bulan sehabis tanam.


Kandungan Bangle

Tidak hanya mempunyai rasa agak getir, agak pedas, karakteristik yang sangat khas dari tumbuhan obat ini merupakan bau ataupun aromanya yang menusuk. Rimpangnya berbau khas aromatik.

Ada pula isi kimiawi terdiri dari asam organik, mineral, lemak, gom albuminoit, gula, serta damar. Minyak atsiri terdiri dari Sineol, pinen, serta sesquiterpen.

Rimpang dipercaya mempunyai manfaat bagaikan karminatif, anti inflamasi, analgesik serta antipiretik.

Rimpang bangle, dilansir dari maranatha. edu, memiliki sebagian bahan kimia, ialah damar, pati, tannin, serta minyak atsiri, semacam sineol dan pinen.

Baca Juga :  7 Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan Dari Anti Diabetes hingga Antikanker

Bangle pula mempunyai dampak farmakologis, bagaikan penurun panas( antipiretik), peluruh kentut( karminatif), peluruh dahak( expectorant), pembersih darah, pencahar( laksan), obat cacing( vermifuge).


Khasiat dan Manfaat Bangle

Bangle pula mempunyai dampak farmakologis, bagaikan penurun panas( antipiretik), peluruh kentut( karminatif), peluruh dahak( expectorant), pembersih darah, pencahar( laksan), obat cacing( vermifuge).

Berikut ini adalah beberpa manfaat bangle bagi kesehatan,Diantaranya adalah :

  • Sakit kepala

Buat penindakan sakit kepala memakai bangle, triknya agak berbeda, bangle dijadikan krim dengan menghaluskan bangle.

Serta mencampurnya dengan sedikit air sampai membentuk krim serta dipijatkan di bagian kepala yang terasa sakit.

Metode ini tidak membagikan manfaat tertentu untuk badan, tetapi rasa hangat yang dihasilkan oleh bangle hendak membuat otot jadi rileks serta kurangi sakit kepala.

  • Obat sakit kuning

Penyembuhan sakit kuning memakai bangle nyaris sama dengan penyembuhan demam, ialah dengan merebus 20 gr rimpang bangle yang sudah diparut serta sudah dicuci bersih dengan 1 gelas air.

Tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis serta 1 sendok makan madu kemudian minum sebanyak 2 kali satu hari.

  • Obat demam

Isi yang menciptakan rasa pedas dalam rimpang bangle dipercaya bisa menghangatkan badan serta menanggulangi demam.

Triknya dengan merebus 20 gr rimpang bangle yang sudah diparut serta sudah dicuci bersih dengan 1 gelas air

  • Obat sakit perut

Kombinasi rimpang bangle, rimpang jahe, serta kunyit dipercaya bisa kurangi rasa sakit perut yang diakibatkan oleh asam lambung.

  • Obat rematik

Bangle dipercaya bisa tingkatkan manfaat dari arak Tiongkok dalam menyembuhkan rematik serta penyakit lain yang berhubungan dengan sendi.

Triknya dengan menghaluskan rimpang bangle sebanyak 15 gr serta dicampurkan dengan arak Tiongkok sampai membentuk krim serta dipijiatkan ke bagian sendi yang hadapi kendala.

  • Obat cacingan

Bangle dipercaya bisa menyembuhkan cacingan, triknya dengan menumbuk 30 gr bangle, 2 jari temu keeling, 7 ketumbar, serta 5 daun sirih. Tambahkan air panas seperlunya setelah itu disaring serta diminum.

  • Melancarkan BAB

Penindakan wasir dapat dicoba memakai bangle, triknya dengan meminum rebusan parutan bangle sebanyak 20 gr yang telah dicuci bersih serta direbus dengan 2 gelas air sampai menyisakan 1 gelas. Minum 2 kali satu hari.

  • Antioksidan

Isi cassumunarin A, cassumunarin B, serta cassumunarin C dalam bangle dipercaya bagaikan antioksidan untuk badan.

  • Tingkatkan nafsu makan

Bangle dipercaya mempunyai dampak yang sama semacam kurkuma ataupun temulawak ialah buat menaikkan nafsu makan.

Baca Juga :  Budidaya Kunyit : Panduan Lengkap dan Mudah Tanam Kunyit Berbuah Lebat

Begitu pula dengan daun bangle, dipercaya mempunyai manfaat yang seragam dengan rimpangnya ialah buat tingkatkan nafsu makan.

Triknya merupakan memakai dengan meremas 1 lembar daun bangle sampai keluar sarinya, kemudian rebus sarinya sehabis dicampur dengan 1 gelas air bersih serta minum 1 kali satu hari.

  • Mengatasi Begah

Kala kamu makan sangat banyak, perut begah biasa terjalin. Buat mengatasinya bisa memakai daun bangle dengan metode yang sama dengan pemakaian daun bangle buat tingkatkan nafsu makan.

  • Obat batuk berdahak

Isi bangle dipercaya bisa mengobati batuk berlendir serta menyejukkan kerongkongan dengan membagikan dampak hangat pada kerongkongan.

Triknya merupakan menggabungkan perasan 2 buah jeruk nipis pada segelas air, kemudian air tersebut digunakan buat merebus 5 gr bangle sampai menyisakan separuh gelas serta racikan tersebut diminum 2- 3 kali satu hari.

  • Obat masuk angin

Bangle dipercaya bisa jadi bahan pengganti minyak angin ataupun bawang dalam kegiatan kerokan.

Rasa panas bangle bisa membuka pori- pori punggung serta membuat angin yang terdapat di dalam badan keluar lewat pori- pori tersebut.

Triknya erupakan dengan menggabungkan minyak sayur dengan bangle yang telah dihaluskan sehingga membentuk krim serta dijadikan bagaikan minyak kerok.

Buat hasil optimal, usapkan terlebih dulu bangle yang sudah diparut ke punggung dengan kekuatan lagi buat menghasilkan dampak panas.

  • Melancarkan pencernaan

Rimpang bangle dipercaya mempunyai khasiat buat melancarkan pencernaan. Buat dampak optimal, mengkonsumsi bangle secara berkala minimun 3 hari sekali.

Triknya dengan meminum rebusan 10 gr bangle parut dengan 2 gelas air sampai menyisakan 1 gelas air.

14 Manfaat Bangle, Morfologi dan Kandungan Pentingnya Bagi Kesehatan

  • Merendahkan berat badan

Rebusan bangle dengan jeruk nipis dipercaya bisa menetralkan lemak serta bisa merendahkan berat tubuh.

Tetapi pasti supaya hasilnya maksimal, diet wajib diiringi dengan berolahraga yang lumayan serta konsumsi santapan bergizi dan rendah lemak.

Demikian Uraian kami tentang Manfaat Bangle Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula

0 () Jenis Tanaman Aquascape Yang Cocok Bagi Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Aquascape. Contents 1 Jenis...
Admin1
2 min read

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read