Cara Menanam Tomat di Pot dan Perawatannya untuk Pemula

4 min read

Cara Menanam Tomat di Pot dan Perawatannya untuk Pemula
0
()

Cara Menanam Tomat di Pot dan Perawatannya untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Tomat di Pot.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Tomat di Pot dan Perawatannya untuk Pemula


Tomat( Solanum lycopersicum) merupakan tanaman dari keluarga Solanaceae, tanaman asli Amerika Tengah serta Selatan, dari Meksiko hingga Peru.

Tomat ialah tanaman dengan siklus hidup pendek, bisa berkembang setinggi 1 hingga 3 m. Tomat ialah keluarga dekat dari kentang.

Tomat ialah tanaman siklus hidup pendek, bisa berkembang setinggi 1 hingga 3 m. Tanaman ini mempunyai buah berawarna hijau, kuning, serta merah.Tomat ialah keluarga dekat dari kentang.

Tomat mempunyai batang serta daun yang tidak bisa disantap sebab masih sekeluarga dengan kentang serta Terung yang mengadung Alkaloid.

Metode menanam tumbuhan tomat merupakan disemai lebih dulu, sehabis berkembang 4 daun sejati setelah itu ditanam( dijadikan bibit terlebih dulu). Panen diawali umur 9 minggu sehabis tanam berikutnya tiap 5 hari.

Kata” tomat” berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl( diucapkan:/ tɔ. matɬ/).

Tomat dikategorikan bagaikan sayur- mayur, meski mempunyai struktur buah. Tanaman ini bisa berkembang baik didataran rendah ataupun besar mulai dari 0- 1500 m dpl, bersumber pada dari varietasnya.

Tanaman ini maksimal pada tanah yang produktif serta gembur, dengan ph dekat 5, 5- 7.Di alam leluasa tanaman tomat berupa semacam perdu apalagi ketinggiannya sanggup menggapai 3 m.

Tetapi setelah dibudidayakan besar tanaman ini tidak lebih dari 2 m serta biasanya ditopang oleh ajir ataupun tali buat menahan biar tidak roboh.


Jenis Jenis Tomat

Ada ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan serta diperdagangkan. Pengelompokan nyaris senantiasa didasarkan pada penampilan ataupun khasiat buahnya.

Bersumber pada penampilan Ada buah tomat dengan kisaran corak dari hijau kala masak, kuning, jingga, merah, ungu( gelap), dan belang- belang.

Dari dimensi serta bentuk, tomat dikelompokkan bagaikan berikut:

  • granola yang wujudnya bundar dengan pangkal buah mendatar serta mencakup yang umumnya diketahui bagaikan tomat buah( sebab bisa dimakan langsung),
  • gondol yang biasa terbuat saus dengan wujud lonjong oval( umumnya yang ditanam di Indonesia merupakan kultivar Gondol Hijau serta Gondol Putih, serta generasi dari kultivar impor Roma) serta tercantum pula tomat buah,
  • sayur merupakan tomat dengan buah umumnya padat serta dipakai buat diolah dalam masakan
  • ceri( tomat ranti) yang berdimensi kecil serta tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.
Baca Juga :  Cara Cangkok Jeruk Cepat Berbuah Panen Melimpah

Langkah Langkah Menanam Tomat Di Pot

Tata cara bercocok tanam tomat dalam pot bukanlah sangat susah, semacam halnya budidaya dilahan.

Yang dibutuhkan ialah intensitas serta sedikit pengetahuan tata tata cara bercocok tanam biar bibit dapat berkembang meski mengenakan media pot.

  • Memilih Jenis Tomat Yang akan Di tanam

Metode menanam tomat dalam polybag bukanlah susah, langkah awal seleksi jenis serta varietas yang hendak ditanam.

Sesuaikan posisi tempat budidaya dengan varietas yang diseleksi, paling utama buat keadaan hawa serta ketinggian tempat.

Buat hasil optimal, pakai benih unggul dari sumber yang direkomendasikan. Benih tomat dari berbagai berbagai varietas dapat diperolehkan di toko- toko pertanian.

Penjelasan menimpa sifat- sifat tumbuhan dapat dibaca pada label yang tertera dalam kemasan benih.

  • Memilah Benih Tomat Bermutu

Poin berarti dalam menanam tomat dalam pot merupakan memilah bibit yang bermutu baik ataupun unggulan, supaya tumbuhan bisa berkembang dengan baik dan menciptakan panen melimpah.

Kreteria buah tomat untuk bibit:

    • Seleksi buah yang betul- betul matang( merah serta kulit tipis).
    • Mempunyai dimensi besar dibandingkan lainya,
    • Tidak teradapat cedera cacat ataupun sisa terinfeksi hama ataupun penyakit.
    • Mempunyai kepadatan biji yang menyeluruh, bila dibelah,
    • Biji tomat masih terlihat besar serta bila direndam tidak terapung.

Bila masih merasa kesusahan, buat memilah bibit tomat unggulan ataupun tidak, langkah terbaik merupakan dengan menghadiri petani ataupun dengan membeli bibit pada kios- kios pertanian.

Bibit buah yang didapat dari kios pertanian, mempunyai mungkin besar lebih bermutu, dibandingkan memilah bibit sendiri.

  • Melakukan penyemaian pada bibit tomat

Metode menanam tomat dalam polybag terdapat baiknya lewat sesi persemaian tadinya paling utama pada benih biji.

Langkah ini diperlukan sebab benih yang baru berkembang memerlukan perlakuan tidak sama dengan tumbuhan yang telah berkembang besar.

Siapkan tempat serta media persemaian terlabih dulu. Seleksi tempat persemaian yang bebas dari hujan serta terik matahari secara langsung.

Tata cara persemaian dapat memakai bedengan, rak semai, ataupun polybag semai. Bila persemaian memakai metode bedengan, hingga buat larikan dengan kedalaman 1 centimeter serta jarak antar larik 5 centimeter.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Budidaya Jeruk Pamelo Yang Tepat Untuk Pemula

Setelah itu tanam benih tomat pada masing- masing larik dengan berjarak 3 centimeter, tutup permukaannya serta siram seperlunya.

Buat persemaian yang mengenakan ploybag, isi polybag dengan media persemaian. Apabila tidak terdapat polybag bisa mengenakan daun pisang.

Setelah itu benamkan benih tomat sedalam 1 centimeter kedalam media tersebut. Kemudian tutup permukaannya serta siram seperlunya, tiap polybag lumayan diberi isi satu benih.

Setelah benih disemaikan, jalani penyiraman tiap 2 kali satu hari dengan gembor yang lembut. Berhati- hatilah kala menyiram, jangan hingga mengganggu permukaan persemaian.

Pemupukan bonus dapat dikasihkan setelah 2 minggu dengan pupuk cair organik, pupuk kompos ataupun npk. Perawatan lain yang harus dikerjakan yakni penyiangan. Jangan hingga berkembang gulma dalam zona persemaian.

Bibit tumbuhan tomat siap ditempatkan dari tempat persemaian ke dalam polybag setelah 30 hari ataupun telah memiliki paling tidak 5 helai daun.

  • Pemilihan media tanam

Kita Dapat memilah beragam tipe pot bunga yang dibuat dari bahan- bahan berbeda semacam bahan keramik, semen, ataupun tanah liat.

Namun sebisa bisa jadi buat memilah pot dari bahan tanah liat sebab pori- pori dari pot tanah liat lebih gampang di tembus oleh air ataupun aliran hawa yang diperlukan oleh pangkal tumbuhan.

Tidak hanya pot bunga, bisa pula menggunakan media kaleng sisa ataupun polybag berdimensi lagi bagaikan media metode menanam tomat dalam pot.

Buat media tanam yang digunakan merupakan kombinasi dari tanah, pasir, serta pupuk kompos dengan komposisi balance.

Jangan kurang ingat pula buat melubangi bagian dasar pot supaya air siraman tidak menggenangi pangkal yang malah hendak bisa merangsang penyakit busuk pangkal pada tumbuhan.

  • Memindah bibit tomat ke media tanam

Saat sebelum bibit ditempatkan, siapkan media tanam serta polyba yang sudah diisi tanah, arang sekam, serta kompos dengan perbandingan 2: 1: 1. Buat lebih spesifikasinya amati metode membuat media tanam buat polybag.

Ada 2 tata cara bercocok tanam tomat dari tempat persemaian ke dalam polybag. Awal, memindahkan bibit dengan dicabut. Triknya, siram persemaian dengan air biar media tanam jadi lunak.

Kemudian cabut tumbuhan dengan hati- hati jangan hingga pangkal tumbuhan putus ataupun rusak. Berikutnya masukkan tumbuhan tersebut secara tegak lurus pada liang tanam yang ada dalam polybag.

Posisi pangkal harus tegak lurus jangan hingga bengkok ataupun terlipat. Atur kedalaman liang tanam cocok dengan panjang pangkal.

Kedua, memindahkan bibit dengan diputar. Triknya tumbuhan tomat dinaikan dengan media yang ada disekitarnya. Buat bibit dari bedengan, cungkil tumbuhan sedalam 10 centimeter dengan sekop ataupun tangan.

Baca Juga :  Cara Menanam Tomat : Persiapan, Pembibitan Perawatan Dan Pemanenan

Berikutnya angkat serta pindahkan berikut dengan tanahnya.

Buat bibit dalam polybag semai, sobek ataupun tarik plastik polybag semai berikutnya ditempatkan beserta tanahnya kedalam polybag yang lebih gede. Polybag semai dari plastik dapat digunakan berulang- ulang.

  • Metode menjaga tumbuhan tomat

Sehabis ditempatkan kedalam pot, letakkan pot tersebut di pekarangan rumah yang terserang terik matahari pagi, namun mendapatkan sedikit peneduh dikala terik siang datang.

Jalani pula penyiraman teratur tiap pagi serta sore biar tumbuhan tomat mendapatkan ketersediaan air yang lumayan.

Jaga biar media tanam tidak sangat kering. Siram paling tidak 2 kali satu hari, tetapi jangan sangat basah buat menjauhi busuk pangkal.

Siangi gulma yang terdapat dalam polybag secara teratur, seandainya terdapat tumbuhan layu ataupun mati, cabut lekas serta buang media tanamnya biar tidak meluas.

Perawatan lain yang diperlukan yakni pemangkasan tunas serta pemberian ajir bagaikan penopang tumbuhan.

Pupuk tumbuhan setelah seminggu dengan kompos beberapa 1 genggam buat tiap polybag. Jalani akumulasi pupuk kompos tiap bulan, ataupun apabila terlihat tumbuhan kurang produktif.

Apabila tumbuhan hendak berbuah dapat diberikankan pupuk buah ataupun pupuk organik cair.

Hama serta peyakit tumbuhan tomat cukup banyak, apabila terlihat terdapat serbuan hama, ambil hama tersebut secara manual.

Penyemprotan sebaiknya dikerjakan seandainya beneran diperlukan. Biar lebih nyaman buat kesehatan serta area pakai toksin hama organik yang lebih natural.

Cara Menanam Tomat di Pot dan Perawatannya untuk Pemula

  • Umur panen tanaman tomat media pot

Tumbuhan tomat dalam polybag sudah sanggup diunduh setelah 3 bulan, bersumber pada dari varietasnya.

Kriteria buah tomat siap diunduh yakni yang berganti corak dari hijau ke kuning- kuningan ataupun tepi daun terlihat kering serta batang menguning.

Buah tomat tidak matang secara serentak. Jalani pemetikan tiap 2- tiga hari sekali, jangan sangat rapat buat menjauhi kehancuran tumbuhan.

Waktu pemetikan yang sangat baik pagi serta senja hari, kala terik matahari tidak sangat terik.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Tomat di Pot Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5