Cara Menanam Jagung di Sawah Untuk Pemula (Panduan Sukses)

4 min read

Cara Menanam Jagung di Sawah Untuk Pemula (Panduan Sukses)
0
()

Cara Menanam Jagung di Sawah Untuk Pemula (Panduan Sukses) – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Jagung di Sawah.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Jagung di Sawah Untuk Pemula (Panduan Sukses)


Jagung( Zea mays L.) ialah salah satu tumbuhan pangan dunia yang terutama, tidak hanya gandum serta padi.

Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah serta Selatan, jagung pula jadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat.

Penduduk sebagian wilayah di Indonesia( misalnya Nusa Tenggara) pula memakai jagung untuk pangan pokok.

Tidak hanya sumber karbohidrat, jagung pula ditanam untuk pakan ternak( hijauan ataupun tongkolnya), diambil minyaknya( dari bulir).

Pembuatan tepung( dari bulir, diketahui dengan sebutan tepung jagung ataupun maizena), serta bahan baku industri( dari tepung bulir serta tepung tongkolnya).

Tongkol jagung kaya hendak pentosa, yang dipakai bagaikan bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang sudah direkayasa genetika pula saat ini ditanam bagaikan penghasil bahan farmasi.

Jagung ialah tumbuhan semusim( annual). Satu siklus hidupnya dituntaskan dalam 80- 150 hari. Paruh awal dari siklus ialah sesi perkembangan vegetatif serta paruh kedua buat sesi perkembangan generatif.


Ciri Ciri Jagung Unggul

semacam inilah identitas jagung unggul:

  • Tongkol jagung yang tua berupa panjang, berdimensi besar, serta ramping.
  • Kelobot rapat dari ujung hingga pangkal daun jagung.
  • Biji terletak dalam barisan yang lurus.
  • Tongkol mempunyai rambut yang banyak.
  • Tongkol telah dijemur hingga kering.

Morfologi Jagung

Besar tumbuhan jagung sangat bermacam- macam. Walaupun tumbuhan jagung biasanya berketinggian antara 1 meter hingga 3m, terdapat varietas yang bisa menggapai besar 6m.

Besar tumbuhan biasa diukur dari permukaan tanah sampai ruas paling atas saat sebelum bunga jantan. Walaupun sebagian varietas bisa menciptakan anakan( semacam padi), pada biasanya jagung tidak mempunyai keahlian ini.

Jagung tercantum tumbuhan bijinya berkeping tunggal monokotil, jagung terkategori berakar serabut yang bisa menggapai kedalaman 8 meter walaupun sebagian besar terletak pada kisaran 2 meter.

Pada tumbuhan yang telah lumayan berusia timbul pangkal adventif dari buku- buku batang bagian dasar yang menolong menyangga tegaknya tumbuhan.

Baca Juga :  Budidaya Melon : Jenis, Metode, Penyemaian, Pemupukan Dan Panen

Batang jagung tegak serta gampang nampak, sebagaimana sorgum serta tebu, tetapi tidak semacam padi ataupun gandum. Ada mutan yang batangnya tidak berkembang pesat sehingga tumbuhan berupa roset.

Batang beruas- ruas. Ruas terbungkus pelepah daun yang timbul dari novel. Batang jagung lumayan kuat tetapi tidak banyak memiliki lignin.

Daun jagung merupakan daun sempurna. Wujudnya memanjang. Antara pelepah serta helai daun ada ligula. Tulang daun sejajar dengan bunda tulang daun. Permukaan daun terdapat yang licin serta terdapat yang berambut.

Stoma pada daun jagung berupa halter, yang khas dipunyai familia Poaceae. Tiap stoma dikelilingi sel- sel epidermis berupa kipas. Struktur ini berfungsi berarti dalam reaksi tumbuhan menjawab defisit air pada sel- sel daun.

Jagung mempunyai bunga jantan serta bunga betina yang terpisah( diklin) dalam satu tumbuhan( monoecious). Masing- masing kuntum bunga mempunyai struktur khas bunga dari suku Poaceae, yang diucap floret.

Pada jagung, 2 floret dibatasi oleh sejoli glumae( tunggal: gluma). Bunga jantan berkembang di bagian puncak tumbuhan, berbentuk karangan bunga( inflorescence).

Serbuk sari bercorak kuning serta beraroma khas. Bunga betina tersusun dalam tongkol. Tongkol berkembang dari novel, di antara batang serta pelepah daun.

Pada biasanya, satu tumbuhan cuma bisa menciptakan satu tongkol produktif walaupun mempunyai beberapa bunga betina.

Sebagian varietas unggul bisa menciptakan lebih dari satu tongkol produktif, serta diucap bagaikan varietas prolifik. Bunga jantan jagung cenderung siap buat penyerbukan 2- 5 hari lebih dini daripada bunga betinanya( protandri).

Penggunakan jagung sebagai pakan ternak menggapai 50% dari total kebutuhan, kebutuhan jagung tiap tahun bertambah antara 10– 15% buat penuhi kebutuhan akan jagung.

Tumbuhan jagung bisa ditanam dilahan kering ataupun dilahan sawah, buat lahan sawah umumnya ditanam sehabis tumbuhan padi musim tanam II


Metode Tanam Jagung Di Sawah


  • Persiapan Lahan

Tanah lahan sawah umumnya bertekstur padat serta keras dengan porositas yang rendah.

Kamu butuh mencernanya terlebih dulu sampai didapatkan tekstur tanah yang gembur, dan ada lumayan faktor hara ataupun nutrisi yang diperlukan oleh tumbuhan jagung.

Metode persiapan lahan buat menanam jagung di lahan sawah paling tidak terdapat 2 sesi, ialah pembajakan serta penggemburan. Pembajakan dicoba dengan metode membalik 30 centimeter tanah bagian dalam ke permukaan.

Proses pembajakan lahan penanaman jagung bertujuan buat mensterilkan permukaan tanah dari rumput liar serta gulma.

Baca Juga :  Budidaya Okra Merah Sayuran Sehat dan Menguntungkan (Panduan Sukses)

Pembajakan lahan sekalian hendak membersihkan tanah dari hama serta penyakit dan mengkomposkan sisa- sisa tumbuhan tadinya.

Sehabis tanah buat menanam jagung berakhir dibajak, berikutnya lahan didiamkan sepanjang 3 hari.

Langkah berikutnya ialah proses penggemburan. Gumpalan- gumpalan tanah yang masih berdimensi besar serta keras setelah itu dicacah memakai garu ataupun mesin penggembur tanah.

Nantinya tekstur tanah buat menanam jagung hendak jadi lembut serta gembur. Buatlah bedengan berdimensi lebar 75 centimeter dengan besar 5- 10 centimeter.

Pada tahapan ini Kamu telah dapat membagikan bahan penyubur tanah dan bonus faktor hara siap serap untuk tumbuhan jagung berbentuk pupuk kandang dari kotoran kambing serta pupuk NPK.

Buat tiap 1 ha lahan bagikan pupuk kandang sebanyak 5- 10 ton dan kombinasi pupuk Urea 125 kilogram, SP- 36 150 kilogram serta KCL 75 kilogram.

  • Penanaman Benih Jagung

Terdapat banyak sekali opsi varietas jagung di pasaran. Tetapi varietas yang universal digunakan ialah tipe jagung hibrida.

Jagung hibrida mempunyai keunggulan berbentuk ketahanan virus serta penyakit yang baik, sekalian menciptakan perkembangan tumbuhan yang seragam.

Perihal ini disebabkan benih jagung hibrida berasal dari persilangan 2 ataupun lebih tumbuhan jagung dengan ciri berbeda, sehingga dihasilkan benih yang mempunyai kedua watak indukannya.

Merek dagang dari benih jagung hibrida ini antara lain Bisi, Pioneer, Pertiwi, serta Syngenta. Keempat merek benih jagung hibrida tersebut telah menemukan perlakuan anti jamur sekalian ijin edar dari kementan.

Harga jualnya juga lumayan terjangkau, mulai dari 70 ribu sampai 100 ribu rupiah buat tiap satu paket benih jagung dengan berat 1 kilogram. Kamu dapat membelinya di toko pertanian ataupun secara online lewat marketplace.

Proses penanaman benih jagung dicoba 1 minggu sehabis lahan berakhir diolah. Sehingga sesaat sehabis benih tertanam.

Sampai akar tumbuhan jagung dapat lekas meresap faktor hara yang tadinya telah diurai oleh mikroorganisme tanah. Pakai jarak tanam yang sempurna dikala menanam benih jagung di lahan ialah 70 X 25 centimeter.

  • Perawatan serta Pemupukan Susulan

Semacam yang telah tahu, sistem perakaran jagung berbentuk serabut serta pendek. Keadaan ini menimbulkan tumbuhan jagung gampang terkena penyakit apabila banyak rumput liar yang berkembang di dekat tumbuhan jagung.

Kamu dapat menanggulangi permasalahan tersebut dengan metode menutupi bedengan memakai jerami padi.

Jerami padi yang Kamu gelar di atas permukaan bedengan teruji dapat menghindari timbulnya rumput liar. Dengan menutupi permukaan tanah memakai jerami padi, hingga kelembapan tanah bedengan juga dapat terus terpelihara.

Baca Juga :  5 Manfaat Daun Kayu Manis Bagi Kesehatan dan Mengenal Kandungan Kimianya

Di samping itu, pemakaian jerami padi sekalian dapat menghindari terbentuknya erosi serta hilangnya faktor hara yang terdapat di dalam tanah akibat guyuran air hujan.

Dikala menanam jagung ini Kamu pula butuh melaksanakan kegiatan pemupukan susulan sebanyak 2 kali. Tipe pupuk yang digunakan berbentuk pupuk Urea.

Dikala tumbuhan jagung tiba usia 20 hari sehabis tanam, bagikan pupuk Urea sebanyak 125 kilogram/ ha.

Setelah itu jalani pemupukan lagi dikala tumbuhan jagung berusia 35 hari sehabis tanam bagikan lagi pupuk Urea sebanyak 150kg/ ha.

Metode membagikan pupuk susulan pada budidaya jagung ini dicoba dengan metode membuat lubang di tengah- tengah tumbuhan jagung, setelah itu sehabis pupuk diletakkan, lekas urug kembali dengan tanah.

Cara Menanam Jagung di Sawah Untuk Pemula (Panduan Sukses)

  • Proses Panen

Tumbuhan jagung mulai berbunga sehabis berusia 7 minggu ataupun 42 hari sehabis tanam. Setelah itu tumbuhan jagung hendak mulai mengering serta siap panen dikala usia tanam jagung tiba 65- 75 hari sehabis tanam.

Perbandingan usia panen pada jagung dapat diakibatkan varietas benih yang digunakan dan keadaan hawa dikala melaksanakan budidaya jagung.

Kamu butuh melaksanakan pemangkasan daun dikala usia tumbuhan jagung telah menggapai 50 hari. Proses pemangkasan ini bertujuan buat memperoleh hasil panen biji jagung yang bermutu dengan jumlah maksimal.

Di mana kala daun tumbuhan jagung dipangkas, hingga nutrisi yang diserap hendak difokuskan buat pematangan biji jagung.

Sehabis biji jagung mulai mengering serta mengkilap,berikutnya lekas panen tongkol jagung tersebut, setelah itu dijemur sepanjang 5 hari.

Pada tahapan ini kandungan air biji jagung masih berkisar antara 18 persen. Berikutnya lakukan perontokan biji jagung serta lanjutkan pengeringan kedua sepanjang 3 hari sampai kandungan air jagung menggapai 13 persen.

Jumlah panen dari budidaya jagung ini paling tidak dapat menggapai 10- 14 ton/ ha.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Jagung di Sawah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5