Cara Menanam Blewah : Kandungan Gizi, Syarat Tumbuh, Perawatan dan Masa Panen

2 min read

Cara Menanam Blewah : Kandungan Gizi, Syarat Tumbuh, Perawatan dan Masa Panen
0
()

Cara Menanam Blewah : Kandungan Gizi, Syarat Tumbuh, Perawatan dan Masa Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Blewah.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Menanam Blewah : Kandungan Gizi, Syarat Tumbuh, Perawatan dan Masa Panen


Blewah( Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) merupakan tanaman penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara,berupa liana, semacam pula labu serta mentimun.

Blewah biasanya berupa bundar lonjong, dengan kulit bercorak jingga cerah dengan bintik kehijauan.

Di balik kulit buah yang tipis, ada daging buah yang relatif lembut serta bertekstur. Di bagian dalamnya ada rongga yang berisi biji serta serat.


Kandungan Gizi Blewah

Blewah kaya isi mineral kalium, provitamin A, serat santapan, serta vit C.

Gizi dalam buah ini berguna buat tingkatkan energi tahan badan, menyehatkan guna ginjal, limpa, merendahkan tekanan darah, serta buat mengobati sariawan.

Blewah( Cucumis melo L.) yang tercantum dalam genus cucumis dari keluarga cucurbitaceae serta masih satu keluarga dengan labu, timun, melon, semangka serta sebagainya.

Biasanya blewah berupa bundar besar ataupun lonjong dengan corak kuning serta ada bintik kehijauan.

Daging buahnya fresh, banyak memiliki air, beraroma khas fresh, serta mempunyai biji yang banyak semacam melon.

Dibanding melon ataupun semangka, blewah penjaannya lumayan gampang. Buah ini umumnya ditanam di masa kemarau karena blewah tidak tahan terhadap air yang berlebih.

Baca Juga :  Daun Katuk : Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, Bukan Sekedar Memperbanyak ASI

Bila blewah menemukan air berlebih hingga rasa serta aroma buahnya kurang nikmat. Tidak hanya itu bila ditanam di masa penghujan hingga prosentase buah yang berkembang baik sangat sedikit.


Ketentuan Tumbuh

Tumbuhan blewah diketahui bagaikan tumbuhan semusim yang gampang dibudidayakan, pemeliharaannya tidak rumit serta dapat berkembang pada bermacam tipe tanah.

Tumbuhan ini memerlukan cahaya matahari secara penuh sejauh hari serta tidak bisa berkembang maksimal pada lahan yang terlindung.

Bila dibanding dengan tumbuhan tipe labu- labuan yang lain, blewah terkategori yang sangat kuat. Tumbuhan blewah mempunyai menyesuaikan diri yang baik terhadap area serta cuaca.

Yang wajib dicermati dalam budidaya blewah merupakan ketersediaan faktor hara didalam tanah, supaya tumbuhan bisa berkembang maksimal serta berbuah banyak.

pH tanah yang sempurna buat perkembangan blewah merupakan netral, ialah antara 6, 0– 7, 0.


Metode Menanam Buah Blewah

Untuk kamu yang mau berupaya membudidayakan buah blewah, berikut kami bagikan metode menanam buah blewah gampang sepenuhnya buat kamu.

  • Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang nantinya hendak digunakan buat budidaya wajib dibersihkan terlebih dulu dari rumput liar maupun tumbuhan pengganggu yang lain.

Sehabis itu, kamu wajib melaksanakan penggemburan tanah dengan metode membajak ataupun mencangkulnya. Berikutnya, buat bedengan dengan dimensi bedengan dekat 60- 80 centimeter buat lebarnya.

Mempunyai lebar parit berdimensi dekat 40 centimeter serta jarak antar bedengan 2- 3 m( buat menjalar batang tumbuhan).

  • Persiapan Bibit

Benih blewah dapat ditanam langsung dalam lahan tanam dengan 1- 2 benih per lubang tanam. Hendak namun, lebih baik kamu jalani penyemaian benih terlebih dulu.

Sesi penyemaian bibit ini dapat memakai polybag ataupun tray semai sama semacam halnya dengan penyemaian melon, semangka, serta pare.

Baca Juga :  Cara Menanam Sirih Yang Tepat dan Mudah Agar Berdaun Lebat(Panduan Pemula)

Sehabis berusia 10- 14 hari, bibit buah blewah tersebut telah bisa dipindah tanamkan ke lahan tanam yang sudah disiapkan.

  • Penanaman

Siapkan benih blewah yang hendak kamu tanam. Benih blewah hendaknya direndam dengan air sepanjang 24 jam. Perihal ini bertujuan buat melindungi benih biar tidak hadapi kekeringan.

Apabila benih blewah tidak direndam, hingga biji blewah tersebut bisa jadi kering serta pula tidak hendak dapat berkembang jadi buah sehabis ditanam.

Sehabis benih direndam sepanjang satu hari, benih blewah dapat lekas dibawa ke lahan penanaman. Metode tanam buah blewah merupakan dengan menaburkan 2- 3 benih blewah ke dalam lubang tanah.

Sehabis itu, lubang tanah yang telah dimasuki benih blewah tersebut bisa ditimbun kembali dengan tanah. Jarak tanamnya merupakan 70 centimeter buat membagikan celah dikala buah blewah sudah berkembang.


Perawatan

Buat kamu yang mau memperoleh buah blewah terbaik, kamu wajib melaksanakan perawatan blewah secara maksimal. Jalani pemupukan kala tumbuhan blewah berusia 7 hari, 20 hari, serta 35 hari.

Pupuk yang hendak digunakan wajib dicampur dengan air, baru dapat disiramkan ke segala tumbuhan blewah dengan menyeluruh.

Tidak hanya itu, jalani pula pemberantasan hama serta penyakit tumbuhan semacam jangkrik, ulat grayak, oteng- oteng, lalat buah, penyakit bintik daun, ulat buah, layu, buuk daun, serta lain sebagainya.

Jalani pemberantasan hama dengan memakai insektisida yang cocok. Sedangkan buat penyakit tumbuhan dapat diatasi dengan memakai fungisida yang cocok.

Cara Menanam Blewah : Kandungan Gizi, Syarat Tumbuh, Perawatan dan Masa Panen


Pemanenan

Buah ini dapat dipanen kala sudah berusia dekat 50 hari. Dalam masa sekali tanam, pemanenan buah blewah ini bisa dicoba sampai 2 kali.

Pembudidayaan buah blewah ini dapat dicoba di mana saja, dalam bermacam tipe tanah serta hawa wilayah di tempat pembudidayaan.

Baca Juga :  Cara Menanam Kentang : Budidaya, Pembibitan, Perawatan, Pemupukan Dan Panen

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Blewah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5