Cara Menanam Bayam : Syarat, Budidaya, Pengolahan, Perawatan Dan Tahapan Panen

3 min read

Cara Menanam Bayam : Syarat, Budidaya, Pengolahan, Perawatan Dan Tahapan Panen
5
(1)

Cara Menanam Bayam : Syarat, Budidaya, Pengolahan, Perawatan Dan Tahapan Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Bayam. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Bayam : Syarat, Budidaya, Pengolahan, Perawatan Dan Tahapan Panen


Bayam telah dikenal oleh masyarakat sebagai sayur – mayur hijau yang mempunyai isi protein serta zat besi yang sangat besar. Sebab bentuk daunnya yang sangat unik, bayam pada awal mulanya ialah tumbuhan hias.

Tetapi dengan berjalannya waktu, bayam bergeser fungsi dari tumbuhan hias jadi sayur – mayur buat dimakan yang memiliki nilai komoditas besar sebab cara menanam bayam yang lumayan gampang serta pula jarak tanamnya pula pendek.

Saat ini di Indonesia terdapat 2 sayur – mayur hijau yang sangat terkenal ialah kangkung serta bayam. Nama latin bayam merupakan Amaranthus spp serta berasal dari wilayah tropis di Amerika.

Saat ini terdapat 2 varian bayam yang terkenal serta yang sangat banyak dimakan masyarakat, ialah bayam hijau serta bayam merah.

Bayam hijau mempunyai daun bercorak hijau serta kecil dengan batang yang bercorak hijau keputihan.  Sebaliknya bayam merah mempunyai daun bercorak hijau kemerahan serta wujudnya lebih lebar apabila dibanding dengan bayam hijau.

Baca Juga :  Cara Menanam Kangkung Dan Bayam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula

Syarat Tumbuh Bayam

Agar bayam dapat berkembang dengan baik serta sehat, terdapat beberapa persayaratan yang wajib dilakukan terlebih dulu.

Syarat yang diperlukan ini sifatnya ialah wajib, sebab apabila terdapat satu saja syarat yang tidak dapat dilakukan maka bayam tidak akan dapat tumbuh dengan optimal yang akan pengaruhi kualitas bayam.

Persiapkan baik – baik perencanaan budidaya bayam dengan memahami syarat berikut ini :

  • Bayam hidup di wilayah dengan curah hujan yang besar. Daerah dengan curah hujan 1.500 milimeter pertahun sangat sesuai buat menanam serta budidaya bayam
  • Bayam memerlukan wilayah dengan cahaya matahari yang banyak dengan kelembaban hawa antara 40% – 60%
  • Wilayah dengan kandungan keasaman di kisaran pH 7 sangat sesuai buat bayam
  • Waktu terbaik buat menanam bayam adalah di awal masa hujan.

Budidaya tumbuhan bayam

Penyiapan benih bayam

Benih untuk budidaya bayam disiapkan lewat perbanyakan biji. Benih diambil dari tumbuhan bayam yang dipelihara sampai tua berusia sampai 3 bulan.

Apabila tumbuhan masih muda telah diambil bijinya, energi simpan benih tidak lama serta tingkatan perkecambahan rendah. Benih bayam yang baik dapat ditaruh sampai usia satu tahun.

Benih bayam tidak membutuhkan masa dorman. Jadi, benih yang baru dipanen sesungguhnya telah siap buat langsung ditanam. Kebutuhan benih buat budidaya bayam ialah 5 – 10 kilogram perhektar, sangat bergantung pada keahlian menebar.

Pengolahan lahan budidaya bayam organik

Pertama – tama haluskan tanah serta untuk bedengan. Lebar bedangan 1m serta tinggi 20 – 30centimeter sebaliknya panjangnya mengikuti keadaan lahan.

Jarak antar bedengan 30 centimeter. Hendaknya bedengan membujur dari timur – barat buat memperoleh pencahayaan yang optimal.

Budidaya bayam sensitif dengan keasaman tanah. Apabila derajat keasaman tanah rendah pH kurang dari 6 hendaknya netralkan dengan kapur ataupun dolomit sebanyak 2 – 3 ton perhektar.

Baca Juga :  Tanaman Kangkung : Klasifikasi, Ciri Morfologi, Jenis dan Cara Tanamnya

Apabila pH lebih dari 7 netralkan dengan belerang. Tebarkan pupuk kandang, sangat baik kotoran ayam, sebanyak 10 ton perhektar kemudian diamkan sepanjang 2 – 3 hari.

Kotoran ayam ialah pupuk kandang yang sangat kaya dengan nitrogen yang sangat diperlukan tumbuhan bayam serta jenis sayur – mayur daun yang lain.

Cara Menanam Bayam : Syarat, Budidaya, Pengolahan, Perawatan Dan Tahapan Panen


Penebaran benih bayam

Benih bayam sangat kecil, dalam budidaya bayam umumnya benih ditebar dengan tangan ataupun saringan. Upayakan benih menyebar dengan baik.

Kepadatan tebar benih ialah 0,5 – 1gr permeter persegi. Supaya penebaran benih menyeluruh, kita pula dapat mengombinasikan benih dengan tanah ataupun kompos kemudian ditebar di atas bedengan.

Pemindahan bibit bayam ke media tanam yang lebih besar

Setelah benih berkembang serta berumur lebih dari 2 minggu kamu dapat memindahkannya pada media tanam utama ialah polybag besar ataupun lagi dengan 2 – 3 bibit pada masing – masing polybag.

Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi serta sore hari bila cuaca panas. Bila masa hujan mengurangi frekuensi penyiraman biar bayam tidak mati.

Perawatan tumbuhan bayam

Bila tumbuhan bayam kamu telah mulai berkembang dengan baik jangan lupa buat melakukan perawatan. Perawatan yang biasa dilakukan ialah membagikan pupuk serta penyembuhan buat melindungi perkembangan serta kesuburan tanaman. Pupuk yang digunakan umumnya jenis pupuk kandang buat menaikkan unsur hara tanah.

Tidak hanya itu pula butuh dilakukan perawatan terhadap tumbuhnya tumbuhan liar semacam rumput liar ataupun tumbuhan lain yang mengusik tumbuhan utama.

Sehingga nutrisi dari tanah serta pupuk dan obat tumbuhan yang lain tidak dibagi dengan tumbuhan liar tersebut serta perkembangan bayam kamu dapat lebih optimal.


Tahapan Panen Tumbuhan Bayam

Untuk bayam cabut, telah bisa mulai dipanen dikala merambah umur 20 sampai 25 hari. Ataupun dapat dilihat dari besar batangnya telah 20 centimeter dari permukaan tanah.

Baca Juga :  Cara Budidaya Salak Yang Tepat Agar Lebat Berbuah Untuk Pemula

Cara memanen bayam cabut ialah dengan dicabut sampai ke akar – akarnya. Setelah itu pangkal tersebut dibersihkan, baru dapat dimakan.

Sebaliknya buat bayam petik, telah bisa dipanen dikala merambah umur 30 sampai 40 hari, proses petik dilakukan dalam rentang waktu seminggu sekali.

Tidak seperti bayam cabut yang dipanen dengan cara dicabut sampai pangkal, memanen bayam petik cukup dengan memetik daunnya tiap seminggu sekali.

Sehingga lebih efektif untuk yang menanam sayur – mayur bayam di rumah. Sedangkan bila yang ditanam merupakan jenis bayam merah, dapat dilihat dari dimensi batangnya yang telah setinggi 20 sampai 30 centimeter. Cara panennya dapat dengan dipetik daunnya, ataupun pula mencabutnya hingga pangkal.

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Bayam Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraia kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read