Budidaya Vanili : Persiapan, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

2 min read

Budidaya Vanili : Persiapan, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan
0
()

Budidaya Vanili : Persiapan, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Budidaya Vanili.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Budidaya Vanili : Persiapan, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan


Vanili atau vanila adalah salah satu jenis tanaman penghasil bubuk vanili yang memiliki aroma harum dan manis.

Tanaman vanili memiliki nama latin Vanilia planifola dengan bubuk penghasil buah berbentuk seperti kacang polong. Tidak hanya vanila, konon banyak orang menyebutnya dengan nama vanilla atau perneli.

Vanilla dapat hidup di daerah beriklim tropis dengan curah hujan 1000-3000 mm/tahun, dan suhu udara optimal 20oC – 25oC. Selain itu kelembaban udara sekitar 60% – 80% dan ketinggian 300 – 800 m di atas permukaan laut.

Direkomendasikan tanah sebagai media tanam yang longgar, lempung lempung berpasir, mudah menyerap air, dan pH tanah + 5,7 – 7.

Tanaman vanili membutuhkan tegakan sebagai tempat penyebaran. Stand dapat dibuat dari bambu yang diikat ke satu pohon dengan pohon lainnya.

Sistem propagasi dukungan tunggal, tanaman vanilla diperbanyak langsung di tempat teduh. Kandungan nutrisi dalam vanila tergolong tinggi, termasuk serat, mineral, vitamin A, B, E.


Cara Budidaya Vanilla

Persiapan Lahan

Vanilla adalah tanaman tropis sehingga sangat cocok untuk ditanam di Indonesia.

  • Tanaman vanili membutuhkan cahaya yang cukup tetapi tidak terlalu panas.
  • Tanaman vanili dapat tumbuh dengan baik pada suhu 18℃ – 23℃.
  • Tanah yang cocok untuk penanaman vanili adalah tanah yang longgar dan agak lembab.
  • Pemupukan harus dilakukan dengan pupuk organik agar tidak mengubah tekstur tanah dan tidak merusak lingkungan.
  • Tanaman vanila harus dinaungi seperti pohon yang tumbuh lebih tinggi sehingga tidak terlalu panas.
Baca Juga :  Cara Menanam Sereh Yang Baik Dan Tepat Di Rumah Hasil Memuaskan

Persiapan Benih

Untuk pembibitan, Anda dapat menanam dari biji atau membeli biji yang tersedia di toko. Namun, menanam vanila dari biji lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama.

Langkah-langkah berikut harus dipertimbangkan saat menyiapkan biji vanili:

  • Bibit vanili (stek) dibersihkan menggunakan tisu atau kain.
  • Bibit (stek) yang telah dibersihkan, direndam dalam air selama 10-5 menit.
  • Lalu bersihkan dengan tisu atau kain kering. Setelah itu, rendam stek lagi tetapi hanya ujungnya selama 5-7 hari.
  • Stek berhasil jika Anda melihat ada daun pemula di bagian bawah stek yang Anda rendam.

Budidaya Vanili : Persiapan, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan


Penanaman Vanila

Hanya dengan begitu proses penanaman akan dilakukan. Pastikan untuk melonggarkan tanah menggunakan pupuk kandang. Setelah itu buat lubang untuk menanam.

Jika budidaya dilakukan di darat, maka perlu terlebih dahulu membuat bedengan dengan ukuran sekitar 80 hingga 120 cm, dan jangan lupa saluran air dengan lebar sekitar 30 hingga 50 cm, cukup sesuaikan area.

Kemudian juga menyiapkan tiang untuk penyebaran tanaman vanili nanti, itu bisa menjadi mantra kehidupan dengan pohon dadap dan gamal, atau dengan bibit mati yang merupakan paralon yang dibungkus serat kelapa.

Di tempat tidur kemudian pasang stik. Pastikan jaraknya tepat, sesuaikan luas lahan juga. Misalnya jaraknya 50 cm. Kemudian buat lubang tanam di dekat tajar dengan ukuran sekitar 20 cm, lebar 15 cm, dan kedalaman 10 cm.

Silakan tanam stek dengan merendam 3 segmen dalam lubang horizontal, lalu tutup dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang.

Pastikan penanaman dilakukan pada pagi hari sebelum jam 10, dan jika memungkinkan pada awal musim hujan.

Perawatan Tanaman Vanili

Vanilla membutuhkan perawatan intensif, dan tidak boleh dipanen sebelum waktunya karena akan mempengaruhi kualitasnya juga.

  • Percikan

Jika vanili ditanam di musim hujan, maka ini dapat memudahkan petani untuk tidak menyiramnya secara teratur. Jika tanahnya basah karena hujan, jangan disiram lagi. Penyiraman dilakukan jika tanahnya kering.

  • Pemangkasan

Ada tiga jenis pemangkasan dengan fungsi berbeda. Yang pertama adalah pemangkasan bentuk, yang berfungsi untuk membentuk tanaman vanili menjadi tanaman yang lebih seimbang dan kuat.

Baca Juga :  Cara Cangkok Kelengkeng Yang Tepat dan Sukses Untuk Pemula

Panen

Buah vanili dapat dipanen saat tanaman berumur 2 hingga 3 tahun. Pemanenan dilakukan setahun sekali dengan masa panen 2 hingga 3 bulan. Buah vanila yang siap panen ditandai dengan warna hijau dengan tunas kuning.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Vanili Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read