Cara Sukses Budidaya Ketumbar Lengkap Dan Mudah

2 min read

Cara Sukses Budidaya Ketumbar Lengkap Dan Mudah
0
()

Cara Sukses Budidaya Ketumbar Lengkap Dan Mudah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Ketumbar.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Sukses Budidaya Ketumbar Lengkap Dan Mudah


Ketumbar( Coriandrum sativum) merupakan tanaman bumbu yang terkenal. Buahnya yang kecil dikeringkan serta diperdagangkan, baik digerus ataupun tidak.

Wujud yang tidak digerus mirip dengan lada, semacam biji kecil- kecil berdiameter 1- 2 milimeter. Ketumbar memiliki aroma yang khas. Aroma ini diakibatkan oleh komponen kimia yang ada dalam minyak atsiri ketumbar.

Komponen utama minyak atsir ketumbar merupakan linalool, dengan komponen pendukung yang lain semacam geraniol, geranil asetat serta camphor.

Dalam perdagangan obat dia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris diketahui bagaikan coriander serta di Amerika Latin diketahui bagaikan cilantro. Tanaman ini berasal dari Eropa Selatan serta dekat Laut Kaspia.

Ketumbar pula bermanfaat buat meredakan pusing, muntah- muntah, influenza, sembelit, radang lambung serta radang buah dada, campak, masuk angin, tekanan darah besar, serta lemah syahwat.

Minyak atsiri ketumbar memiliki coriandrol( linalool). Linalool bisa dimanfaatkan bagaikan bahan baku parfum, farmasi, aroma santapan serta minuman, sabun mandi, bahan dasar parafin, sabun mencuci, sintesis vit E, pestisida serta insektisida.

Baca Juga :  Kandungan Alpukat dan Manfaat Pentingnya Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Ketumbar ataupun Coriandrum sativum ialah tanaman bumbu yang sangat populer. Buahnya yang kecil dikeringkan serta setelah itu diperdagangkan, baik digerus ataupun tidak.

Wujud yang tidak dihaluskan sama dengan lada, semacam biji kecil- kecil berdiameter 1- 2 milimeter.

Ketumbar mempunyai aroma yang khas. Aroma ini disebabkan terdapatnya komponen kimia yang ada dalam minyak atsiri ketumbar.

Komponen utama dari minyak atsir ketumbar yakni linalool, serta komponen pendukungnya semacam geraniol, geranil asetat serta pula camphor.

Daun dari ketumbar yang majemuk semacam seledri itu kerap diiris tipis serta dijadikan bagaikan taburan dimasakan semacam sup serta salad khas Thailand.

Di negeri itu, ketumbar dinamai phak chee. Sama dengan bijinya, daun ketumbar pula mempunyai aroma yang tajam.

Daun ketumbar hijau dengan mempunyai tepian yang bergerigi. Sebaliknya, buat bunga majemuknya berupa semacam payung bersusun serta memiliki corak putih pula merah muda.


Syarat Tumbuh Ketumbar

  • Ketinggian yang cocok buat budidaya ketumbar yakni 700- 2. 000 meter dpl.
  • Curah hujan buat budidaya ketumbar yang sempurna merupakan 1. 000– 2. 000 milimeter/ tahun.
  • Tingkatan keasaman( pH) dekat 6, 2—6, 8.

Metode Budidaya Tumbuhan Ketumbar


  • Persiapan Bibit Ketumbar

Bibit ketumbar dapat diperoleh dari biji yang telah lumayan usia serta sehat. Setelah itu saat sebelum ditanam biji diseleksi terlebih dulu.

Biji ketumbar direndam terlebih dulu dengan air hangat sepanjang 2– 12 jam.

Siapkan polybag serta setelah itu isi dengan media tanam berbentuk kombinasi tanah yang gembur serta pupuk kandang/ kompos pada kedalaman 1- 2 centimeter.

Setelah itu mulai semaikan biji dengan kedalaman 1/ 4 inchi.Biji hendak berkembang dalam pada waktu 7- 10 hari.

  • Penanaman Bibit Ketumbar

Siapkan lahan serta kelolah lahan dengan metode mencangkul sedalam 30 centimeter sebanyak 2 kali dengan sela waktu 5- 7 hari.

Baca Juga :  Cara Budidaya Kacang Tunggak Mudah dan Berhasil Untuk Pemula

Bilas gulma serta pula sisa tumbuhan yang terdapat di lahan.Sehabis permukaan lahan diratakan, Buatlah lubang tanam yang berjarak 10- 15 centimeter dengan kedalaman 3- 5 centimeter.

Jarak antar alur antara 35- 50 centimeter.Jalani penanaman pada dikala sore hari biar tumbuhan dapat menyesuaikan diri dengan baik.

Bibit dilepas dari media semai secara hati- hati supaya tidak mengganggu, kemudian ditanamkan ke dalam lubang tanam.Jangan kurang ingat menyiram lahan buat tingkatkan kelembaban udaranya.

  • Pemanenan Ketumbar

Tumbuhan ketumbar telah bisa dipanen apabila telah merambah umur 3- 3, 5 bulan dari waktu tanam. Mempunyai corak coklat kuning, tumbuhan telah menggapai besar 4 sampai 6 inchi.

Panen dikerjakan dengan metode memotong ataupun mencabut tumbuhan kemudian tumbuhan di ikat serta dijemur sepanjang seminggu ataupun lebih. Biji dilepaskan dari buah serta dijemur lagi hingga kering.


Perawatan Tumbuhan Ketumbar


  • Pemupukan

Berilah pupuk nitrogen larut dalam air sehabis tumbuhan yang memiliki besar dekat 2 inchi. Dosis yang diberikan dekat¼ cawan buat 7, 6 m zona tanam.

  • Penyiraman

Apabila tumbuhan ketumbar telah berkembang secara kokoh, jangan kelewatan dalam melaksanakan penyiraman, sebab tumbuhan ketumbar sendiri ialah salah satu tanaman dari wilayah yang beriklim kering.

Yakinkan supaya tanah senantiasa dalam keadaan lembab, tetapi tidak berair.

  • Pemangkasan

Jalani pemangkasan pada tumbuhan ketumbar yang sudah berkembang besar dekat 2 sampai 3 inchi.

Jangan lupa buat mencabut tumbuhan yang berkembang kecil- kecil serta membiarkan tanaman besar yang berkembang dengan jarak masing–masing dekat 8– 10 inchi.

Cara Sukses Budidaya Ketumbar Lengkap Dan Mudah


Hama dan Penyakit Ketumbar


  • Hama Stegobium paniuceum

dia hendak masuk ke dalam biji ketumbar serta menyebabkan biji ketumbar jadi bolong serta memakan isi dari ketumbar sehingga jadi bubuk biji.

Metode pencegahannya dengan mencari sumber dari kumbang tersebut. Penanganannya dengan menyimpan predator natural buat hama ini, serta pula memakai pestisida cocok dengan dosis yang diperlukan.

  • Penyakit Bercak daun bakteria

penyebabnya: Pseudomonas syringae Gejalanya: daun hendak berganti jadi gelap serta kurang baik.

Baca Juga :  Pohon Terong : Sejarah, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Cara Budidayanya

Penanganannya: memetik serta membuang daun yang sudah rusak, jalani pemangkasan tumbuhan dimusim dingin sampai dini masa semi serta jalani penyemprotan pestisida.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Ketumbar Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah

0 () Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat Mudah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Hidroponik Dengan Sangat...
Admin1
1 min read

Cara Mudah Menanam Bonsai Murbei

0 () Cara Mudah Menanam Bonsai Murbei – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Mudah Menanam Bonsai Murbei. Cara Mudah...
Admin1
1 min read

Nama Nama Bunga Yang Sangat Mudah Untuk Ditanam dan…

0 () Nama Nama Bunga Yang Sangat Mudah Untuk Ditanam dan Dirawat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama...
Admin1
2 min read