Panduan Cara Budidaya Buah Gandaria Yang Tepat Dan Cepat Berbuah

2 min read

Panduan Cara Budidaya Buah Gandaria Yang Tepat Dan Cepat Berbuah
0
()

Panduan Cara Budidaya Buah Gandaria Yang Tepat Dan Cepat Berbuah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Budidaya Buah Gandaria.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Cara Budidaya Buah Gandaria Yang Tepat Dan Cepat Berbuah


Gandaria ataupun Bouea macrophylla Griffith yakni tumbuhan yang berkembang di wilayah tropis, serta banyak dibudidayakan di Sumatra serta Thailand. Tumbuhan ini berasal dari kepulauan Indonesia serta Malaysia

Daunnya yang masih muda digunakan buat sayur- mayur, spesialnya buat lalap. Buahnya berair, rasanya manis- masam.Tanaman ini dapat langsung dimakan seusai dipetik dari pohonnya.

Sebaliknya sewaktu masih muda, buahnya dapat terbuat sambal, rujak, dimakan langsung ataupun buat lalap.Kayunya bisa digunakan buat membuat sarung keris serta daunnya digunakan buat obat.

Buah gandaria mempunyai corak hijau pada masih muda, serta kerap dimakan bagaikan rujak ataupun kombinasi sambal gandaria.

Buah gandaria yang matang mempunyai corak kuning, serta rasanya kecut- manis serta pula dapat dimakan secara langsung.

Daunnya disantap bagaikan lalap. Batang gandaria dapat dipergunakan bagaikan papan. Gandaria yakni flora bukti diri Jawa Barat

Buah ini berasal di daerah- daerah Asia Tenggara, saat ini menyebar ke pulau- pulau di sebelah timurnya serta pula hingga ke India.


Morfologi Dan Syarat Tumbuh Gandaria

Di Indonesia, gandaria mempunyai persebaran yang kecil. Ialah di Pulau Sumatra, sebagian Jawa, Maluku, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan serta Sulawesi Utara,serta Papua.

Baca Juga :  Daun Balakacida : Mengenal Kandungan dan Manfaat Pentingnya Untuk Kesehatan Yang Jarang di Lirik

Dia berkembang di hutan- hutan, ataupun ditanam di desa- desa bagaikan tumbuhan buah. Dia berkembang dengan baik dari ketinggian 5- 800 mdpl.Pembudidayaan tanaman ini telah dicoba di Sumatra.

Sedangkan itu, dia berkembang baik di Ambon dengan pemukiman baik dataran rendah maupun dataran besar.

Di hutan dataran rendah, bisa hidup di dasar 300 mdpl, namun dalam pembudidayaan sudah sukses ditanam pada ketinggian dekat 850 meter dpl.

Buah gandaria wujudnya semacam mangga bundar yang kecil. Pohonnya dapat menggapai besar 25 meter. Tajuknya erat. Dahannya memiliki wujud yang lebar memanjang, dengan ujung yang tumpul.

Perbungaannya malai, bunganya berupa semacam bunga mangga yang bercorak kuning, serta mencuat di ketiak daun.

Berbunga pada bulan September- Desember. Buahnya berupa bundar. Tipenya semacam buah batu serta menciptakan cairan kental serta aroma yang khas semacam terpentin. Bijinya bercorak ungu.


Metode Budidaya Buah Gandaria


  • Persiapan Bibit Buah Gandaria

Perbanyakan bibit ataupun buat memperoleh bibit buah gandaria dapat diperolah dari tata cara generatif lewat biji serta pula secara vegetatif lewat cangkok ataupun stek.

    • Tata cara generatif( lewat biji)

Memilih buah dari tumbuhan dengan mutu buah yang bagus.Ambil buah yang telah matang setelah itu pisahkan biji dari daging buahnya.

Semai biji gandaria terlebih dulu di lahan semai dengan tekstur tanah gembur serta produktif.Tunggu hingga biji berkembang serta menghasilkan tunas

Apabila sudah berkembang dekat 20 centimeter, pindahkan bibit ke polybag yang telah disiapkanIsi polybag dengan media tanam ialah kombinasi tanah serta pupuk kandang.

Jalani perawatan sampai bibit menggapai ketinggian 70 centimeter serta siap dipindahkan ke lahan tanam sesungguhnya.

    • Tata cara okulasi( cangkokan)
Baca Juga :  Kangkung Darat : Kandungan, Manfaat dan Cara Budidayanya

Memilih tumbuhan gandaria yang mempunyai mutu buah bagus.Cabangnya wajib terlihat produktif.

Setelah itu mulai jalani pencangkokan dengan benar.Setelah cangkokan telah mulai berakar, kemudian bisa melaksanakan pemotongan di bagian dasar cangkokan( 2- 5 centimeter dari cangkokan).

Kemudian pindahkan ke polybag yang telah diisi media tanam berbentuk tanah serta pupuk kandang terlebih dulu.Perkenankan sampai 1 bulan biar bibit cangkok tumbuhan buah gandaria betul- betul berkembang.

  • Persiapan Lahan Tanam

Bilas terlebih dulu lahan tanam dari gulma ataupun tumbuhan pengganggu lainnya.Buatlah lubang dengan dimensi 40 centimeter x 40 centimeter serta kedalaman dekat 50 centimeter.

Tebar pupuk kandang ataupun kompos setinggi 1/ 3 bagian.Diamkan lubang tanam sepanjang 5- 7 hari biar kondisinya normal akibat penggalian.

  • Penanaman Buah Gandaria

Sehabis bibit telah siap buat dipindah tanam serta mulai melaksanakan penanamanBuka polybag bibit terlebih dulu dengan metode merobeknya secara lama- lama biar tanah serta pangkal di bibit tidak rusak.

Kemudian masukkan bibit ke dalam lubang yang sudah disiapkanTimbun kembali lubang dengan sisa tanah galian yang dicampur dengan pupuk kandang ataupun kompos serta padatkan.

Jangan kurang ingat buat menyiram sehabis melaksanakan penanaman.

  • Perawatan Buah Gandaria

Jalani perawatan tumbuhan gandaria supaya bisa berkembang dengan optimal dengan melaksanakan penyiangan ialah mensterilkan rumput ataupun gulma yang terdapat disekitar tumbuhan gandari.

Pemupukan lanjutan dicoba pada dikala umur tumbuhan telah 2 bulan dari penanaman, bagikan pupuk kandang kembali( bila membolehkan jauhi pemakaian pupuk kimia).

Pemupukan ini bermanfaat biar memesatkan perkembangan tumbuhan pada tahun awal penanaman. Serta jalani penyiraman dengan teratur pada pagi serta sore hari.

Panduan Cara Budidaya Buah Gandaria Yang Tepat Dan Cepat Berbuah

  • Pemanenan Gandaria

Pemanenan tumbuhan gandaria dari hasil cangkokan umumnya hendak membuahkan hasil pada umur 5 tahun– 6 tahun dari penanaman. Tetapi terdapat pula lebih kilat disesuaikan pada perkembangan tumbuhan dan mutu bibit.

Baca Juga :  Cara Menanam Kacang Panjang : Persiapan, Pemupukan, Perawatan Dan Pemanenan

Pemanenan gandaria yang memakai tata cara dari bijinya hendak lebih lama menciptakan buah, umumnya tumbuhan gandaria memerlukan waktu menggapai 10 tahun buat bisa menciptakan buah.

Demikian Uraian kami tentang Budidaya Buah Gandaria Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read