Ubi Jalar Ungu : Kandungan Nutrisi dan Manfaat Bagi Kesehatannya Sebagai Sumber Antioksidan

3 min read

Ubi Jalar Ungu : Kandungan Nutrisi dan Manfaat Bagi Kesehatannya Sebagai Sumber Antioksidan
0
()

Ubi Jalar Ungu : Kandungan Nutrisi dan Manfaat Bagi Kesehatannya Sebagai Sumber Antioksidan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Ubi Jalar Ungu.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Ubi Jalar Ungu : Kandungan Nutrisi dan Manfaat Bagi Kesehatannya Sebagai Sumber Antioksidan


Ubi ungu merupakan salah satu varietas ubi yang mempunyai banyak khasiat. Nama ilmiah ubi ungu merupakan Ipomoea batatas L.

Tumbuhan ubi ungu berasal dari daratan Amerika kemudian dibawa serta dibesarkan di Jepang.

Di luar negara, ubi ungu pula diketahui dengan nama Okinawa sweet potato. Perihal ini berkaitan dengan ubi ungu yang dapat bertahan serta berkembang dengan baik di Jepang.

Kandungan antosianin serta antioksidan membagikan corak ungu sehingga dikatakan ubi ungu.Di samping corak, perbandingan ubi ungu dengan ubi jalar biasa pula terletak pada aromanya.

Aroma ubi ungu terdiri dari aroma bunga, jeruk serta herbal. Terpaut rasa, ubi ungu mempunyai rasa yang bermacam- macam semacam manis, agak manis, agak getir, serta getir.


Kandungan Ubi Jalar Ungu

Ubi ungu memiliki banyak zat gizi berarti. Zat gizi makro yang tercantum di dalam ubi ungu merupakan karbohidrat serta protein.

Ubi ungu dapat dikatakan tidak mempunyai lemak sebab isi lemak ubi ungu sangat sedikit. Tumbuhan ubi ungu pula memiliki serat santapan, antosianin, serta antioksidan.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Cabai Populer Di Indonesia Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Mineral yang dikandung oleh ubi ungu di antara lain merupakan kalsium, magnesium, potasium, fosfor, sodium, zat besi, serta kalium. Juga semacam vit B1, vit B2, vit B3, vit B6, vit B9( folat), vit E, vit K, serta vit A.

Ubi ungu( Ipomoea batatas L) pula diketahui dengan nama purple sweet potato, purple yam, ataupun Okinawa sweet potato sebab Jepanglah yang menyebarkan. Nama potato dikenakan sebab wujudnya yang mirip kentang.

Dibanding ubi jalar biasa, ubi ungu memanglah banyak perbedaannya. Tidak hanya rupanya, aroma ubi ungu lebih khas. Begitu pula rasanya yang bermacam- macam dari manis, agak manis, getir, serta agak getir.

Yang membuat unik ubi ini merupakan corak ungunya yang diakibatkan isi antosianin serta antioksidannya. Isi ini pula yang sangat efektif untuk kesehatan serta mengobati penyakit.


Khasiat dan Manfaat Ubi Jalar Ungu

Berikut ini sebagian khasiat ubi jalar ungu yang dapat didapatkan:

  • Menghindari Penyakit Jantung

Bila Kamu giat makan ubi ungu hingga dapat memperoleh khasiat berbentuk penangkalan terhadap penyakit jantung. Isi senyawa yang diucap antosianin sangat besar dalam ubi ungu.

Dalam suatu riset teruji bila antosianin yang ditemui ini sangat berarti buat melindungi aliran darah, menghindari pembekuan darah serta membuat jantung jadi lebih sehat.

Perihal inilah yang dapat membuat mengkonsumsi ubi ungu memanglah penuh dengan manfaat.

  • Melindungi Kesehatan Mata

Ubi ungu pula dapat menolong melindungi kesehatan mata. Ubi ungu memiliki sebagian faktor yang sangat berarti buat mata semacam khasiat vit A, antosianin, lutein serta zea- xanthin.

Seluruh senyawa ini dapat menolong kesehatan mata dengan melindungi lensa mata dari radikal leluasa. Tidak hanya itu pula dapat menolong menghindari kehancuran bagian susunan makula mata.

Baca Juga :  14 Manfaat Bangle, Morfologi dan Kandungan Pentingnya Bagi Kesehatan

Ini sangat berarti buat melindungi mata Kamu dari katarak, penyusutan guna lensa serta rabun.

  • Sumber Antioksidan yang Tinggi

Kerutinan komsumsi ubi ungu sangat berarti buat melindungi supaya badan Kamu dapat melawan bermacam tipe radikal leluasa.

Ubi ungu memiliki khasiat vit E serta senyawa antosianin yang jadi antioksidan natural dalam badan.

Khasiat antioksidan sangat berarti buat melindungi badan dari bermacam tipe penyakit kronis semacam kanker, penyakit jantung, diabet serta tipe penyakit yang lain.

  • Menolong Mengatur Kandungan Gula Darah

Untuk pengidap diabet hingga ubi ungu sangat baik buat menolong mengatur kandungan gula dalam darah. Ubi ungu memiliki karbohidrat yang sangat lembut serta dapat mengatur kandungan gula darah secara natural.

Walaupun ubi ungu mempunyai rasa yang sangat manis tetapi sama sekali tidak membuat dampak tingkatkan kandungan gula darah.

Isi rasa manis natural ini masih dikira sangat wajar. Mengkonsumsi ubi ungu pula dapat mengambil alih nasi yang dapat membuat kandungan gula darah jadi lebih besar.

  • Menolong Proses Pencernaan

Ubi ungu pula sangat baik buat menolong badan kala melawan bermacam dampak pencernaan yang kurang baik. Isi serat dalam ubi ungu sangat baik buat melindungi gerakan usus paling utama usus besar.

Serat larut dalam ubi ungu memanglah tidak nampak jelas tetapi dapat menolong badan Kamu melawan wasir, buang air besar yang tidak mudah serta gas kelewatan.

Kala Kamu hadapi permasalahan ini hingga dianjurkan buat makan ubi ungu yang telah direbus ataupun dikukus.

  • Menolong Kepadatan Tulang

Ubi ungu memiliki kalsium yang lumayan besar. Dengan metode ini hingga ubi ungu sangat berarti buat melindungi sistem kepadatan tulang serta menghindari bermacam penyakit yang melanda tulang.

Kalsium ini sangat berarti buat melindungi struktur tulang sehingga dapat melindungi badan dari osteoporosis. Ubi ungu sangat baik disantap perempuan yang hendak merambah masa menopause ataupun umur berusia.

  • Santapan Terbaik Dikala Diet

Ubi ungu dapat jadi santapan pengganti buat Kamu yang lagi diet. Kamu dapat menjauhi nasi, kentang ataupun tipe santapan lain.

Baca Juga :  Budidaya Sawo : Trik Tanam dan Perawatan agar Cepat Berbuah

Khasiat ubi jalar ungu memiliki nutrisi yang sangat lengkap semacam karbohidrat, vit, mineral serta senyawa natural yang sangat sehat.

Tidak hanya itu ubi ungu pula tidak memiliki lemak ataupun cuma dalam jumlah yang sedikit saja sehingga dapat menolong merendahkan berat tubuh. Kamu dapat komsumsi ubi ungu kala lagi menempuh diet.

Ubi Jalar Ungu : Kandungan Nutrisi dan Manfaat Bagi Kesehatannya Sebagai Sumber Antioksidan

  • Merendahkan Efek Kanker

Ubi ungu memiliki antosianin yang sangat besar. Kandungan antosianin ini sangat baik buat menolong menanggulangi merendahkan efek kanker.

Corak ungu yang didapatkan berbentuk melamin corak semacam dalam buah blueberry sangat berarti buat menghindari kanker.

Kegiatan antosianin tidak cuma buat melawan radikal leluasa tetapi pula merendahkan kemampuan serbuan kuman serta bakteri.

  • Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ubi ungu memiliki sumber antioksidan yang sangat besar semacam khasiat vit E, senyawa antosianin, dan vit C. Seluruh sumber nutrisi ini sangat berarti buat memelihara kesehatan badan.

Apalagi dapat mengaktifkan badan buat memperoleh sel yang berguna. Secara totalitas makan ubi ungu sangat baik buat tingkatkan imunitas badan.

Demikian Uraian kami tentang Ubi Jalar Ungu Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5