Cara Ternak Guppy Mudah dan Tepat Untuk Pemula

3 min read

Cara Ternak Guppy Mudah dan Tepat Untuk Pemula
0
()

Cara Ternak Guppy Mudah dan Tepat Untuk Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Ternak Guppy.

Dan menerangkan tentang fungsi serta Keunggulannya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Cara Ternak Guppy Mudah dan Tepat Untuk Pemula


Ikan Guppy ataupun yang mempunyai nama latin Poecilia reticulata ini merupakan ikan hias yang gampang untuk tumbuh biak.

Ikan hias yang satu ini gampang buat menyesuaikan diri apalagi dapat bertahan di perairan yang mempunyai kandungan garam besar ataupun air payau.

Habitat asli dari ikan guppy merupakan di perairan sungai yang jernih serta tenang pula di danau– danau.


Sejarah dan Fisiologi Ikan Guppy

Ikan guppy sudah masuk ke negeri Indonesia dekat tahun 1920 bagaikan ikan hias di dalam aquarium. Tempat asal ikan guppy merupakan daerah Amerika bagian Selatan serta Tengah.

Penyebaran ikan guppy di Indonesia sendiri amatlah pesat sehingga saat ini ikan guppy bisa kamu temukan di nyaris segala wilayah perairan air tawar yang terdapat di Indonesia.

Keelokan serta wujud sirip dari ikan guppy jadi dasar serta energi tarik ikan ini bagaikan ikan hias.

Paling utama buat ikan guppy jantan, sebab disinyalir keelokan sirip ikan guppy jantah melebihi yang betina. Sebab ikan guppy betina pada biasanya mempunyai corak yang cendrung lebih kumal.

Ini merupakan tipe ikan hias yang lagi terkenal serta pastinya sangat gampang buat dipelihara yang berasal dari Indonesia.

Ikan guppy  sangat gampang menyesuaikan diri terhadap habitat serta area sekitarnya. Ikan guppy umumnya mempunyai dimensi badan dekat 2. 5 centimeter.

Baca Juga :  Cara Menanam Bawang Merah : Budidaya, Mengelolah, Merawat Dan Memanen

Banyak para penggemar ikan hias hendak terpesona dengan warna serta keelokan badan ikan guppy ini.Hingga ikan guppy merupakan salah satu saran terbaik. Ikan guppy sudah jadi salah satu ikan hias yang sangat terkenal akhir ini.


Metode Beternak Guppy

Buat permasalahan budidaya ataupun pemeliharaan, ikan guppy tercantum ikan hias yang tidak menuntut banyak biaya.

Apalagi cuma bermodalkan sebagian perlengkapan simpel kamu dapat membudidayakan ikan ini. Berikut metode budidaya ikan guppy yang bisa kamu terapkan:

  • Persiapan Tempat/ Wadah

Pastinya kamu wajib mengosongkan tempat ataupun mempersiapkan wadah buat mulai melaksanakan budidaya ikan guppy.

Kamu dapat berternah serta memelihara ikan guppy di bermacam berbagai wadah semacam: bak semen, akuarium ataupun ember plastik.

Tetapi, paling tidak kamu senantiasa wajib mempunyai 4 wadah dengan guna berbeda ialah: wadah buat pembelahan indukan, wadah tempat penetasan, wadah buat pemijahan ataupun pemeliharaan serta wadah buat pendederan.

Sebaliknya buat dimensi luas dari wadah pemeliharaan ikan guppy berbagai– berbagai, bergantung kapasitas tempat pemeliharaan serta paling tidak besar wadah wajib menggapai dekat 30 centimeter.

  • Mencari Perindukan Ikan Guppy

Buat membedakan ikan guppy betina serta jantan bisa dilihat dari wujud serta penampilan raga.

Semacam yang sudah dipaparkan diatas, ikan guppy betina hendak mempunyai corak yang cendrung lebih kumal, wujud sirip yang tidak menjumbai serta wujud raga lebih bundar.

Sebaliknya buat guppy jantan mempunyai corak yang lebih indahdengan sirip menjumbai serta badan yang lebih ramping.

Dimensi badan jantan pastinya lebih kecil daripada yang betina. Indukan yang siap buat perkembangbiakan ataupun pemijahan merupakan yang sudah berusia 4 bulan.

Aspek genetik hendak memastikan corak sekalian penampilan raga ikan guppy. Sebab itu, proses pemilihan indukan sangatlah berarti dalam budidaya ikan guppy.

Supaya dapat memperoleh perindukan yang pas serta bagus berikut bebrapa poin utama yang wajib dicermati dalam metode budidaya ikan guppy:

    • Umur Ikan Guppy:

Semacam yang dijabarkan diatas umur bagus buat proses perkembangbiakan merupakan antara 4 serta 5 bulan.

Baca Juga :  Cara Cangkok Kelengkeng Yang Tepat dan Sukses Untuk Pemula

Umur ini hendak menimbulkan corak warna yang hendak nampak lebih jelas, ekor yang sudah matang serta pula perlengkapan genital yang sudah tumbuh dengan baik.

    • Lihat Tingkah Laku:

Lihat kelincahan serta nafsu makan calon induk yang hendak dijadikan perindukan ikan guppy. Indukan yang bagus merupakan ikan yang sehat.

Serta sikap ikan sehat pastinya cenderung lebih aktif serta tidak mempunyai permasalahan dengan nafsu makan.

    • Bentuk tubuh:

Bukankah sudah dijabarkan kalau perkembangbiakan ikan guppy tergangtung oleh watak genetik? Pasti saja perindukan yang diseleksi merupakan yang mempunyai wujud raga yang lebih bagus dari yang yang lain.

  • Pemisahan Indukan Ikan Guppy

Ini merupakan proses yang dicoba saat sebelum terjalin pembenihan ataupun pemijaran. Para induk guppy betina serta jantan wajib dipisahkan terlebih dulu.

Gantilah air pada kedua wadah tempat perindukan tiap 1 ataupun 3 hari sekali. Proses pemisahan ini dicoba supaya proses pembuahan hendak bisa terjalin dengan sempurna.

Pada tahapan ini kedua tipe induk guppy hendak diberikan pakan yang bergisi buat memperoleh banyak mani yang nantinyakan digunakan dalam proses pemijahan.

Berikanlah pakan moina ataupun daphnia sebanyak 2 kali perharinya.

  • Pemijahan Ikan Guppy

Gunakanlah wadah buat proses pemijahan yang sudah dijabarkan di atas. Isi wadah tersebut dengan air bersih sampai menggapai kedalaman 30 centimeter serta endapakan sepanjang minimun satu hari.

Suatu wadah yang bisa menampung 100 liter air cuma lumayan buat menampung 30 ekor induk ikan guppy buat proses pemijahan ini.

Buat mengoptimalkan proses pemijahan, cobalah sajikan tumbuhan air supaya ikan guppy lebih aman serta bebas semacam tumbuhan hydrilla.

Umumnya banyaknya indukan jantan dibandingkan betina dalam proses ini merupakan 1: 5. Umumnya proses ini hendak berkepanjangan sampai 4 hingga 7 hari sebab tidak seluruh induk hendak dibuahi.

Indukan betina yang sudah dibuahi hendak lekas dipisahkan ke wadah penetasan.

  • Penetasan Para Benih Ikan Guppy

Tidak hanya mengisi wadah buat tempat penetasan benih, wadah tersebut pula wajib di lengkapi dengan aerasi.

Baca Juga :  Inilah 22 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan dan Kecantikan Selain Disebut Pengusir Jin

Supaya tidak mengusik para larva ikan, pemberian aerasi tidak wajib sangat kokoh. Jagalah kebersihan dengan mengubah air tiap 1 hingga 3 hari sekali.

Pakannya sendiri merupakan moina serta daphnia. Hendak membutuhkan waktu 3 sampai 4 minggu dari proses pemijahan sampai lahirnya embrio.

Sehabis proses pemijahan berlangsung sampai 14 hari hingga identitas indukan betina yang berbadan dua hendak mulai nampak.

Uniknya ikan guppy betina bisa berbadan dua sampai 3 kali, sebab guppy betina bisa menaruh sisa mani di dalam badan mereka.

Dibutuhkan waktu 1 sampai 5 minggu buat selang masa kehamilan selanjutnya. Ikan guppy betina sanggup menciptakan 30 sampai 100 anakan di tiap kehamilannya.

Tetapi anak– anak tersebut wajib diasingkan supaya tidak jadi santapan si induk.

Cara Ternak Guppy Mudah dan Tepat Untuk Pemula

  • Pendederan

Proses terakhir dimana hendaknya wadah diletakkan di ruangan terbuka. Sebab terdapatnya faktor dari cahaya matahari sangat dibutuhkan supaya dapat membentuk corak indah pada ikan guppy.

Tambahkan sebagian tumbuhan air buat mereka dapat berteduh semacam tumbuhan eceng gondok ataupun hydrilla. Bila anak ikan masih berusia dekat 5 hari hingga berilah pakan infusoria.

Kamu dapat membagikan pakan berbentuk kutu air ataupun udang renik sehabis anak ikan berusia lebih dari 5 hari.

Setelah itu dilanjutkan dengan pakan cacing sutra ataupun cacing rambut apabila anak ikan sudah berusia sekitah 20 hari. Jadi, seperti itu metode budidaya ikan guppy yang wajib kamu tahu.

Demikian Uraian kami tentang Ternak Guppy Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5