Panduan Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula Sukses Berhasil

2 min read

Panduan Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula Sukses Berhasil
0
()

Panduan Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula Sukses Berhasil – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Ternak Ayam Kalkun Pemula.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Panduan Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula Sukses Berhasil


Kalkun ataupun ayam kalkun ialah istilah untuk dua spesies burung berdimensi besar dari ordo Galliformes genus Meleagris.

Pada kalkun betina lebih kecil serta corak bulu kurang berwarna- warni dibanding dengan kalkun jantan. Dikala terletak di alam leluasa, kalkun gampang dikenali dari rentang sayapnya yang menggapai kisaran 1, 5– 1, 8 m.

Walaupun dimensi badannya berbeda, secara universal, tata cara penjaannya dapat dikatakan nyaris sama dengan ayam biasa.

Turki mempunyai banyak tipe, semacam kalkun goldenpalm, kalkun perunggu, kalkun royal, kalkun putih, serta kalkun gelap Spanyol.

Dalam mengawali membiakkan kalkun terdapat sebagian aspek yang pantas dicermati buat kelancaran bisnis pertanian Kamu, berikut merupakan sebagian panduan buat memelihara kalkun dengan gampang.


Spesies Dan Klasifikasi Ilmiah Kalkun

Klasifikasi Kalkun adalah sebagai berikut :

  • Kingdom: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Aves
  • Ordo: Galliformes
  • Famili: Phasianidae
  • Subfamili: Meleagridinae
  • Genus: Meleagris

Spesies kalkun asal Amerika Utara diucap dengan Meter. gallopavo sebaliknya buat tipe kalkun asal Amerika Tengah diucap Meter. ocellata.

Kalkun hasil domestikasi yang diternakkan buat diambil dagingnya berasal dari spesies Meter. gallopavo yang pula diketahui bagaikan kalkun liar( Wild Turkey).

Baca Juga :  Panduan Mudah Cara Ternak Kucing Persia Dan Perbandingannya Dengan Anggora

Sebaliknya spesies Meter. ocellata mungkin ialah hasil domestikasi suku Maya. Terdapat orang yang berkomentar kalkun yang diternakkan buat diambil dagingnya berasal dari kalkun suku Maya.

Sebabnya ialah sebab kalkun suku Maya lebih penurut dari kalkun liar asal Amerika Utara. Tetapi teori ini tidak didukung fakta morfologis.

Kalkun hasil domestikasi mempunyai pial( bagian bergelambir di dasar paruh) bagaikan fakta kalau kalkun negara berasal dari kalkun liar Meter. gallopavo.

Kalkun Meter. ocellata yang dipelihara orang Maya tidak mempunyai pial. Kalkun liar ialah hewan buruan di Amerika Utara, tetapi tidak semacam kalkun negara, kalkun liar gesit serta pandai terbang.


Metode Ternak Ayam Kalkun


  • Pemilihan bibit ayam yang unggul

Benih yang baik hendak menciptakan ayam yang bermutu nantinya. Ayam yang bermutu hendak membagikan nilai jual yang besar dikala panen datang.

Benih ayam unggul bisa dilihat dari ciri raga yang tidak mempunyai cacat serta kekurangan dalam perihal anggota badan yang lengkap.

Tidak hanya itu, memilih ayam yang dalam keadaan sehat sehingga baik dengan bentuk badan gagah.

  • Tempat pertanian yang bagus

Aspek yang pula pengaruhi perkembangan kalkun merupakan keadaan kandang. Bila kandang yang dihuni kalkun bersih, hingga pertumbuhannya hendak baik serta terpelihara kesehatannya.

Kandang yang dibentuk direkomendasikan jauh dari pusat keramaian, sehingga kalkun bisa menjauhi tekanan pikiran.

Tidak hanya kenyamanan warga, membangun pertanian yang relatif dekat dengan kawasan perumahan. Upayakan mempunyai tempat yang mempunyai persediaan solar lumayan.

Kedatangan cahaya matahari pula menolong perkembangan ayam sehingga ayam jadi sehat.

Supaya bisnis peternakan kalkun Kamu berjalan dengan mudah, cobalah menghindar dari resiko semacam musibah alam yang tiap kali membayang- bayangi area pertanian Kamu.

  • Siapkan kandang yang bagus

Sebab kita telah mengenali dimensi kalkun yang relatif lebih besar dari dimensi ayam pada biasanya, hingga kandang otomatis yang kita buat tentu berbeda dengan kandang yang digunakan buat ayam tipe biasa.

Baca Juga :  Tanaman Kangkung : Klasifikasi, Ciri Morfologi, Jenis dan Cara Tanamnya

Kandang buat memelihara kalkun wajib berdimensi lebih besar. Pada umur di dasar 6 minggu, temperatur kandang yang dihuni oleh kalkun dianjurkan buat lebih hangat.

Buat menghasilkan temperatur yang hangat, kita dapat memakai dorongan lampu dengan energi dekat 25 watt.

Pemberian energi disesuaikan dengan temperatur di area. 25 watt energi digunakan bila area sekitarnya relatif dingin.

Namun bila suhunya lumayan panas, kekuatan lampu dapat dikurangi buat menghindari ayam sangat panas.

Sehabis menuntaskan umur 6 minggu, hingga dimensi anak ayam kalkun relatif besar serta siap dipindahkan ke ruang kandang yang lebih besar sehingga kalkun bisa bergerak leluasa.

Setelah itu kala telah siap buat kawin, pindahkan lagi ke kandang spesial yang kondusif buat tempat kawin kalkun.

  • Pakan yang bagus

Aspek berikutnya merupakan nutrisi pakan yang baik. Pasokan nutrisi wajib dicermati supaya kalkun bisa berkembang dengan baik serta sehat.

Kalkun ini memanglah mempunyai hobi dalam perihal santapan yang berbeda dari ayam tipe lain. Buat ayam yang lain, merupakan hobi memakan seluruh biji- bijian. Setelah itu kalkun lebih suka makan sayur.

Sebab konsumsi santapan bergizi serta banyak serat ini, daging kalkun memanglah populer unggul.

Tidak hanya diberi pakan nabati, jangan kurang ingat meningkatkan pakan dalam wujud BR1 serta BR2 serta jangan kurang ingat membagikan minum.

Panduan Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula Sukses Berhasil

  • Vaksinasi reguler serta berkualitas

Kuman serta virus rentan terhadap serbuan unggas peliharaan serta pula kalkun. Oleh sebab itu butuh vaksinasi kala kecil sehingga badan kalkun sediakan antibodi buat melanda virus ataupun kuman yang masuk.

Vaksinasi direkomendasikan tiap 2 bulan. Dengan kesehatan yang lebih baik, mutu kalkun hendak lebih unggul.

Dengan mempunyai kalkun yang bermutu baik, harga jualnya pula bagus, paling utama untuk Kamu yang mempunyai tujuan buat menjualnya kembali.

Baca Juga :  Cara Menanam Semangka : Mempersiapkan, Mengelola Lahan, Pemupukan Dan Proses Pemanenan

Demikian Uraian kami tentang Ternak Ayam Kalkun Pemula Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

10 Jenis Tanaman Hias yang Sedang Viral

0 () 10 Jenis Tanaman Hias yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Jenis Tanaman Hias yang...
Admin1
1 min read

Penggolongan Jenis Sayur

0 () Penggolongan Jenis Sayur – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Penggolongan Jenis Sayur. Contents 1 Penggolongan Jenis Sayur1.1 Penggolongan...
Admin1
2 min read

Cara Mudah Menanam Sayuran Organik

0 () Cara Mudah Menanam Sayuran Organik – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Sayuran Organik. Contents 1 Cara...
Admin1
2 min read