Tanaman Timun Suri : Klasifikasi, Morfologi, Manfaat Dan Panduan Budidayanya

5 min read

Tanaman Timun Suri : Klasifikasi, Morfologi, Manfaat Dan Panduan Budidayanya
0
()

Tanaman Timun Suri : Klasifikasi, Morfologi, Manfaat Dan Panduan Budidayanya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Timun Suri.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Tanaman Timun Suri : Klasifikasi, Morfologi, Manfaat Dan Panduan Budidayanya


Walaupun nama buah ini memakai nama timun, tetapi tampaknya timun suri salah satu anggota keluarga labu- labuan( Cucurbitaceae), masih satu keluarga dengan buah labu serta melon.

Buah ini muat bermacam- macam nutrisi semacam asam linoleat, vit A, vitami C, kalium, potasium, serta magnesium yang efektif baik buat badan.

Timun suri jadi salah satu buah yang harus ditemui pada masa bulan puasa. Timun suri yang manis serta penuh serat dapat digunakan bagaikan bahan kombinasi es.

Aroma timun suri yang kokoh serta rasanya yang sangat fresh sangat cocok buat hidangan berbuka dikala bulan puasa.

Sementara itu sesungguhnya timun suri dapat ditemui kapan saja sebab buah ini bukan tercantum buah musiman. Tetapi memanglah telah jadi karakteristik khas di Indonesia, apabila timun suri ditemui pada masa bulan puasa.

Timun suri bisa jadi kurang populer di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur ataupun wilayah lain di Indonesia. Tetapi buah timun suri sangat populer di Jawa Barat serta Jakarta.

Sebagian wilayah di dekat Jawa Barat memanglah jadi penghasil buah timun suri paling tinggi. Wujud timun suri memanglah tidak menyamai timun sebab dimensi yang lebih besar serta bagian tengah dekat bijinya pula berlubang.

Timun suri ialah tumbuhan labu sehingga mempunyai wujud biji semacam biji melon. Serat dagingnya padat serta lembut semacam blewah.

Tumbuhan ini berkembang merambat di tanah, batang serta daun mempunyai corak hijau yang kokoh. Bunga yang jadi calon buah berupa sepertu bunga terompet.


Klasifikasi Timun Suri

Bagi Zulkarnain( 2013) peran tumbuhan timun suri dalam tata nama tanaman, diklasifikasikan kedalam:

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Spermatophyta
  • Sub divisi: Angiospermae
  • Kelas: Dicotyledonae
  • Ordo: Cucurbitales
  • Famili: Cucurbitaceae
  • Genus: Cucumis
  • Spesies: Cucumis lativus

Morfologi Timun Suri

Timun suri masuk ke dalam keluarga timun ataupun cucumis. Sehingga perihal tersebut memanglah acapkali membingungkan banyak orang.

  • Morfologi Batang Timun Suri

Morfologi awal tiba dari tumbuhan timun suri di bagian batang. Apabila kamu memandang tumbuhan timun suri ini nyaris sama dengan sebagian tumbuhan perdu rambat yang lain.

Baca Juga :  5 Manfaat Daun Kayu Manis Bagi Kesehatan dan Mengenal Kandungan Kimianya

Sebab timun suri masuk ke dalam tumbuhan semusim ataupun annual yang bertabiat menjalar diiringi dengan watak memanjat, serta memakai pemegang yang berupa pilin ataupun spiral.

Panjangnya kurang lebih 0, 5 sampai 2 separuh m diiringi dengan cabang serta pula sulur yang hendak berkembang di sisi tangkai daun.

Apabila dijamah tekstur dari batang sendiri sangatlah basah berbulu agresif diiringi dengan buku- buku ataupun ruas.

  • Morfologi Daun Timun Suri

Berikutnya morfologi dari daun tumbuhan timun suri apabila dilihat daunnya berupa bundar lebar diiringi dengan wujud yang runcing menyamai wujud jantung, tetapi tepiannya bergerigi.

Daun yang masuk ke dalam jenis daun tunggal ini, mempunyai peran daun pada batang tumbuhan yang berselang seling antara 1 daun dengan daun yang yang lain.

Tidak hanya itu tangkainya pula panjang serta mempunyai corak hijau apabila diukur panjang dari tebu sendiri 7 sampai 18 centimeter serta pula lebar 7 sampai 15 centimeter. Daun ini keluar dari novel ataupun ruas batang.

  • Morfologi Bunga Timun Suri

Berikutnya morfologi tiba dari bunga timun suri bunga tumbuhan ini, terdapat yang jantan bercorak putih kekuningan.

Sebaliknya betinanya berupa terompet yang diiringi dengan bulu- bulu dapat dikatakan tumbuhan timun suri ini ialah bunga hermaprodit.

Di mana terdapat jenis bunga banci ataupun yang mempunyai kelamin ganda bunga tersebut umumnya pada umur 4 sampai 5 minggu, menciptakan bunga jantan.

Sebaliknya bunga berikutnya merupakan bunga banci apabila pertumbuhannya memanglah lumayan baik 1 perkembangan dari tumbuhan tersebut, bisa menciptakan 20 buah.

Namun budidaya timun suri umumnya dibatasi dengan metode menciptakan bunga yang sebagian saja. Supaya tujuannya buah yang dibudidayakan mempunyai hasil yang baik serta optimal.

Tidak hanya itu keunikan lain yang terdapat pada bunga timun suri ialah terdapatnya letak ataupun posisi bunga jantan serta bunga betina yang berpisah, tetapi masih dalam satu tumbuhan.

Bunga timun suri tidak dapat berkembang dengan optimal apabila ditumbuhkan seluruh bunga tetapi bila diseleksi serta pula cuma sebagian tumbuhan saja yang ditumbuhkan. Hingga hasilnya dapat bagus serta optimal.

Pada sebagian wilayah yang mempunyai penyinaran lumayan panjang lebih dari 12 jam/hari keseriusan yang besar hingga timun suri hendak cenderung memperlihatkan lebih banyak bunga jantan, dibanding dengan bunga betina nya.

  • Morfologi Buah Timun Suri

Berikutnya morfologi buah timun suri. Bila dilihat buahnya memanglah nyaris seragam dengan buah maupun melon buah timun suri, posisinya di dasar dari ketiak antara daun serta pula batang dan wujud yang beragam.

Baca Juga :  Cara Sukses Budidaya Timun Jepang Mudah Dan Tepat Bagi Pemula

Mulai dari wujud yang bundar sehingga pula monjong kulit buah terdapat yang berbintik. Tetapi pula terdapat yang halus rupanya sangat bermacam- macam mulai dari hijau muda hijau hitam hijau keputihan serta sejenisnya.

Asyiknya kulit buah sangatlah tipis bahasa serta pula berduri halus tidak beraturan, rupanya bermacam- macam diiringi dengan daging buah bercorak putih lunak.

Buahnya pula memiliki air dalam jumlah yang besar. Nyaris seragam dengan timun susunan sangat dalam berbentuk lender serta biji yang bisa dimakan ataupun acapkali dijadikan olahan buat minuman.

Morfologi dari biji timun suri apabila dilihat biji timun suri, memanglah dapat didapatkan di bagian dalam buah sehingga timun suri wajib dibelah memanjang.

Supaya nampak jumlahnya sangat banyak dengan wujud lonjong runcing ataupun diucap pipi kulit yang mempunyai corak putih ataupun sampai kekuning- kuningan, sampai kecoklatan.

Bila dilihat permukaannya bijinya memanglah mempunyai lendir semacam halnya timun serta biji ini acapkali digunakan bagaikan perlengkapan perbanyakan tumbuhan.

Dengan metode diambil setelah itu dijemur terlebih dulu serta ditanamkan langsung ke tanah.


Panduan Cara Budidaya Timun Suri

Timun suri dapat tumbuh dengan sangat baik bila ditanam pada dataran yang gembur.

Proses dini budidaya timun suri mengandalkan pupuk kompos serta pupuk kandang bagaikan faktor kesuburan lahan sebab timun suri tidak memerlukan pupuk kimia.

Sehabis tanah di campur dengan bahan pupuk kandang ataupun pupuk kompos hingga media penanaman timun suri terbuat dengan lubang- lubang buat menanam biji timun suri.

Berikut ini sebagian panduan menanam timun suri:

  • Timun suri tidak tahan terhadap rumput serta gulma, sebab itu media tanah wajib di bilas saat sebelum pemberian pupuk kandang ataupun pupuk kompos.
  • Tanah yang telah diberikan pupuk wajib dibalik serta buat lubang dengan jarak dekat 1 m.
  • Masukkan 3 benih biji buah timun suri yang telah diseleksi setelah itu tutup dengan tanah, kemudian siram dengan sedikit air. Tunggu sampai optimal sepanjang 5 hari serta tumbuhan mulai berkembang. Bila terdapat yang belum berkembang hingga Kamu dapat menanamkan kembali benihnya.
  • Kala tumbuhan telah mulai besar hingga penyiraman dibutuhkan tiap hari serta Kamu wajib mensterilkan gulma serta rumput.
  • Kamu dapat menikmati hasil buah timun suri sehabis 2 bulan.

Khasiat Timun Suri Bagi Kesehatan

Walaupun nama buah ini memakai nama timun, tetapi tampaknya timun suri salah satu anggota keluarga labu- labuan( Cucurbitaceae), masih satu keluarga dengan buah labu serta melon.

Baca Juga :  Budidaya Timun Suri : Syarat Tumbuh, Cara Perawatan dan Manfaatnya

Buah ini muat bermacam- macam nutrisi semacam asam linoleat, vit A, vitami C, kalium, potasium, serta magnesium yang efektif baik buat badan.

Berikut di dasar ini, ialah bermacam khasiat buah pelepas dahaga, ialah timun yang jadi kesukaan banyak orang buat berbuka puasa:

  • Menghindari Alzheimer

Khasiat timun suri salah satunya memiliki vit K, dalam jumlah besar( vit yang larut dalam lemak). Vit K ini sangat berarti buat tingkatkan massa tulang serta meningkatkan osteotropik pada persendian.

Vit K ini pula dimengerti bagaikan obat buat menghalangi kehancuran neuronal di otak.

Hingga tidak lain, dengan komsumsi buah timun suri dalam takaran jumlah yang cocok bisa menolong menghindari terkena penyakit Alzheimer.

  • Sumber antioksidan

Dilansir dari Mayo Clinic, timun suri memiliki sebagian zat antioksidan, tercantum vit C, beta karoten, flavonoid, triterpen serta lignan yang mempunyai watak anti- inflamasi.

Nah, vit C pula populer akan khasiat sistem imunitas badan, serta beta karoten teruji berguna untuk penglihatan mata.

Kemudian, khasiat buah timun suri pula sudah dinyatakan pada suatu riset tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists. Isinya berkata, bahwa

masing- masing anggota buah yang berasal dari keluarga cucurbitaceae mempunyai keahlian buat membasmi radikal leluasa di badan.

Semacam yang dikenal, radikal bebas berhubungan dengan bermacam penyakit beresiko untuk badan manusia bisa dicegah oleh zat antioksidan.

Tanaman Timun Suri : Klasifikasi, Morfologi, Manfaat Dan Panduan Budidayanya

  • Menolong sistem pencernaan serta menghidrasi tubuh

Sebab tekstur buah timun suri memiliki air serta serat yang melimpah, hingga tidak heran jika buah ini pula baik buat sistem pencernaan.

Kamu yang kerap sulit BAB, mengidap maag, ataupun tukak lambung dianjurkan buat komsumsi buah timun suri yang pula kerap diucap“ barteh” ataupun“ dosakaya” pada warga negeri India.

  • Memiliki zat anti kanker

Buah yang memiliki nama lain timun betik ini, pula berperan membatasi perkembangan sel kanker ataupun tumor.

Bagi suatu riset 2010 yang diterbitkan di Scientific World Journal, saponin dalam timun suri bisa menolong menghalangi jalan sinyal yang berarti buat menghindari timbulnya sel kanker serta kehancuran metabolisme tubuh

Demikian Uraian kami tentang Tanaman Timun Suri Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5