Tanaman Strawberry : Morfologi, Jenis, Varietas dan Usia Berbuahnya

4 min read

Tanaman Strawberry : Morfologi, Jenis, Varietas dan Usia Berbuahnya
0
()

Tanaman Strawberry : Morfologi, Jenis, Varietas dan Usia Berbuahnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Strawberry.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Tanaman Strawberry : Morfologi, Jenis, Varietas dan Usia Berbuahnya


Strawberry ataupun tepatnya strawberry kebun( pula diketahui dengan nama arbei, dari bahasa Belanda aardbei) merupakan suatu varietas yang sangat banyak diketahui di dunia.

Semacam spesies lain dalam genus Fragaria( strawberry), buah ini terletak dalam keluarga Rosaceae.

Secara universal buah ini tidaklah buah, melainkan buah palsu,maksudnya daging buahnya tidak berasal dari ovari tumbuhan( achenium) namun dari bagian dasar hypanthium yang berupa mangkuk tempat ovari tumbuhan itu terletak.

Buah stroberi bercorak hijau keputihan kala lagi tumbuh, serta pada mayoritas spesies berganti jadi merah kala masak.

Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang ialah gabungan dari streaw ataupun” straw” serta berige ataupun” berry”.

Alibi pemberian nama ini masih tidak jelas. Sebagian spesies Lepidoptera mengambil sumber makanannya dari tanaman stroberi, menjadikan spesies ini hama utama tumbuhan stroberi.


Morfologi Tanaman Strawberry

Tumbuhan stroberi tercantum divisi Spermatophyta, subdivisi Angiospermae, kelas Dicotyledonae, famili Rosaceae, genus Fragaria serta spesies Fragaria spp.

Tumbuhan ini sudah diketahui semenjak era Romawi, tetapi yang stroberi yang diketahui dikala itu berbeda dengan yang diketahui orang dikala ini.

Stroberi yang kita temukan serta mengkonsumsi dikala ini biasanya merupakan Fragariax ananassa var Duchesnre.

ialah stroberi hibrida yang dihasilkan dari persilangan antara F. virginia L. var Duchesne yang berasal dari Amerika Utara dengan F. chiloensis L. var Duchesne yang berasal dari Chili.

Persilangan kedua tipe stroberi tersebut dicoba pada tahun 1750. Persilangan- persilangan lebih lanjut terus dicoba buat menciptakan stroberi dengan buah berdimensi besar, harum serta manis.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Rosella Mudah dan Simpel Untuk Pemula

Secara universal, stroberi bisa dibudidayakan di wilayah dataran besar( 1000– 1500 dpl), mempunyai temperatur hawa relative dingin( 22- 28? C) dengan cahaya matahari yang tidak sangat kokoh, memiliki kelembaban hawa 80– 90% serta curah hujan 600– 700 milimeter/ tahun.

Tempat yang sesuai buat bertanam stroberi merupakan lahan berpasir yang memiliki tanah liat di lereng pegunungan serta kaya hendak bahan organic.

Tanah yang memiliki bahan organik besar mempunyai porositas yang baik sehingga pangkal bisa berkembang secara maksimal. Tidak hanya itu, isi bahan organic yang besar pula berguna bagaikan persediaan nutrisi.


Jenis Jenis Strawberry Berdasarkan Warnanya

Buah Stawberry yang biasa kita tahu bercorak merah dengan biji bercorak gelap menghias kulitnya, tetapi mengerti kah kamu kalau terdapat berbagai berbagai corak strowberry yang terdapat di dunia ini, penasaran mau amati:

  • Strawberry Ungu( Purple Wonder)

Strawberry ini dinamakan Purple Wonder oleh penemunya Profesor Courtney Weber dari Cornell University, Purple Wonder mempunyai rasa yang sangat manis serta pula dengan aroma Strawberry yang kokoh.

Strawberry  ini awal timbul bercorak putih kemudian berganti rupanya jadi merah serta terakhir bercorak ungu tua.

  • Strawberry Putih( Pineberry)

Strawberry ini di namakan Pineberry ataupun Snow White sebab rupanya yang putih.Buat Harga Strawberry ini di hargai dekat US$4, 5 hingga US$7, 9 per 125 gramnya.

Strawberry ini ialah hasil pernikahan silang antara stawberry fragaria serta nanas ananassa sehingga rasa dari strawberry ini menciptakan rasa nanas yang sangat kokoh.

  • Strawberry Kuning( Alphine Yellow Wonder)

Tipe Strawberry ini banyak berkembang liar di daratan eropa, dengan bunga bercorak putih semacam strawberry yang lain, Dimensi dari strawberry ini lebih kecil daripada strawberry yang lain.

Buahnya bercorak putih kekuningan serta dengan biji bercorak kuning, mempunyai rasa yang sangat lezat di banding dengan strawberry tipe lain, tumbuhan tipe ini berkembang di tanah yang kering dengan keseriusan matahari yang penuh

  • Strawberry Hitam

Strawberry hitam ataupun biasa di sebut black strawberry mempunyai rasa yang lezat dengan isi gula serta asam yang rendah, strawberry ini hidup di area ataupun temperatur yang kurang lebih sama dengan strawberry merah

  • Strawberry Hijau( Green Strawberry)

Seluruh Stawberry ialah anggota dari keluarga Rosaceae serta lewat pernikahan silang menciptakan varian yang berbeda dari tadinya.

Baca Juga :  Ini Dia Manfaat Labu Putih dan Kandungan Pentingnya Bagi Kesehatan

Terdapat 2 tipe Varian dari Stawberry hijau ini, pertama strawberry hijau yang berasal dari eropa ataupun Fragaria Viridis.

dimana strawberry tipe ini tidak berganti corak baik dikala masih muda/ mentah maupun matang, aroma strawberry hijau ini kurang keluar dibandingkan dengan aroma strawberry merah.

Varietas strawberry yang kedua merupakan strawberry hijau varietas mentah, serta belum matang, dimana varietas strawberry hijau mentah ini banyak dijadikan bahan baku kuliner yang tumbuh saat ini ini.

strawberry hijau yang nikmat serta lezat

  • Strawberry Merah

Pasti saja strawberry yang satu ini telah universal kita amati serta pula kita nikmati buahnya, strawberry tipe ini memiliki rasa asam asam manis, tetapi buat yang tipe mutu terbaik.

rasa manisnya lebih terasa serta dominan namun tidak meninggalkan rasa masamnya.

Stawberry tipe ini biasa dimakan langsung maupun dijadikan hiasan pada kue kue tart serta pula kue yang lain. Strawberry merah kaya hendak vit c serta pula memiliki anti oksidan.

Tidak hanya itu pula banyak khasiat yang tercantum pada tipe strawberry merah ini.

Buah Strawberry sangat baik di mengkonsumsi dalam kondisi fresh, apabila telah diolah hingga isi nutrisinya menurun, serta buah ini pula bukan buah yang tahan lama tidak membusuk meski ditaruh di dalam lemari pendingin.


Varietas Strawberry

Strawberry ialah buah wilayah sub tropika. Oleh sebab itu, stroberi yang dibudidayakan di Indonesia ialah hasil introduksi. Varietas stroberi introduksi yang bisa ditanam di Indonesia antara lain:

  • Sweet Charlie( asal Amerika Serikat). Varietas ini ditanam secara luas di dunia sebab kilat berbuah, buah besar dengan corak jingga hingga merah, aroma terkategori kokoh, sangat produktif serta tahan terhadap serbuan Colletotrichum.
  • Oso Grande( asal California). Varietas ini saat ini digunakan secara luas di dunia. Dimensi buah sangat besar, buahnya padat, tangahnya bertekstur semacam busa, serta hasil panen besar.
  • Tristar( asal Amerika Barat). Varietas ini membutuhkan panjang hari netral. Dimensi buah medium hingga kecil, buah sesuai buat pengolahan santapan, serta tahan terhadap serbuan penyakit red stele serta embun tepung.
  • Nyoho( asal Jepang Selatan serta Korea). Secara universal, varietas ini universal ditanam di PVC. Penampilan buah sangat menarik, mengkilap, buah padat, sangat manis, sangat sesuai buat bahan baku kue.
  • Hokowaze( asal Jepang Utara). Varietas ini mempunyai hasil panen besar, aroma tajam, sedikit lunak, sangat rentan terhadap serbuan Verticillium serta antraknosa, serta tahan terhadap serbuan penyakit embun tepung.
  • Rosa Linda( asal Florida). Varietas ini mempunyai hasil panen besar dengan aroma buah yang kokoh. Varietas ini digunakan bagaikan buah meja serta olahan.
  • Chandler( asal California). Varietas ini sudah ditanam secara luas di dunis. Dimensi buah besar, hasil panen besar serta tahan terhadap serbuan virus.
Baca Juga :  Inilah Manfaat Kayu Manis dan Madu Bagi Kesehatan Yang Kamu Wajib Tahu

Varietas- varietas tersebut sudah banyak dibudidayakan, spesialnya di wilayah dataran besar semacam Lembang, Cianjur, Cipanas serta Sukabumi( Jawa Barat).

Batu serta Situbondo( Jawa Timur), Magelang serta Purbalingga( Jawa Tengah), Bedugul( Bali), serta Berastagi( Sumatera Utara).

Tanaman Strawberry : Morfologi, Jenis, Varietas dan Usia Berbuahnya

Usia Tumbuhan Stroberi Berbuah

Biasanya bila kita menanam dari anakan stroberi yang telah lumayan besar, bila dirawat dengan baik usia 3 minggu umumnya telah mulai berbunga serta buah hendak matang sehabis 1- 2 bulan.

Tetapi terdapat pula yang mulai berbunga pada usia 2 bulan ke atas.

Usia tumbuhan stroberi buat bisa berbuah bervareasi, terdapat yang kilat terdapat pula yang lama, perihal ini sebab sebagian aspek antara lain merupakan sebab varietas/ tipe tumbuhan stroberi, dapat pula sebab penjaannya.

Demikian Uraian kami tentang Tanaman Strawberry Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5