Tanaman Selasih : Morfologi, Kandungan Gizi, Manfaat Kesehatan dan Cara Budidayanya

5 min read

Tanaman Selasih : Morfologi, Kandungan Gizi, Manfaat Kesehatan dan Cara Budidayanya
0
()

Tanaman Selasih : Morfologi, Kandungan Gizi, Manfaat Kesehatan dan Cara Budidayanya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Selasih.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Tanaman Selasih : Morfologi, Kandungan Gizi, Manfaat Kesehatan dan Cara Budidayanya


Tumbuhan selasih diketahui dengan nama latin Ocimum basilicum yang berasal dari genus Ocimum.

Selasih, tlasih, basil, ataupun basilikum( Ocimum) merupakan segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, serta bijinya bagaikan bumbu dan penyegar( tonikum).

Bermacam bagian tanaman ini berbau serta berasa khas, kadang- kadang langu, harum, ataupun manis, bergantung kultivarnya.

Sebagian di antaranya bisa membuat mabuk. Sebagian tipe selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dikira berasal dari daratan India.

Tumbuhan ini terletak dalam satu genus yang sama dengan 35 tipe tanaman lain, semacam Ocimum americanum, Ocimum campechianum, Ocimum gratissimum, Ocimum tenuiflorum, serta masih banyak lagi.

Tumbuhan selasih memiliki nama yang berbeda,Misalnya di Jawa tumbuhan ini diketahui dengan istilah telasih, oleh warga Melayu diketahui bagaikan selaseh, dan amping serta kukuru dalam warga Minahasa.

Sebaliknya dalam bahasa Inggris, selasih diketahui bagaikan sweet basil.Kata basil berasal dari bahasa Yunani Kuno, ialah basileus yang maksudnya merupakan‘ raja’.

Tumbuhan basil ataupun selasih ialah tipe tanaman kuno yang telah diketahui serta dibudidayakan pada masa pemerintahan Mesir dekat 3. 000 tahun kemudian.

Tidak terdapat yang mengenali dengan tentu darimana asal usul dari tumbuhan selasih, sebab tersebar serta banyak ditemui di bermacam negeri.

Hendak namun, tumbuhan ini diyakini berasal dari kawasan Asia ialah India serta negara- negara di Asia Tenggara yang lain, semacam Thailand.

Tidak cuma di Asia saja, tumbuhan selasih pula dikenal berasal dari sebagian daerah di Eropa.

Taksonomi dari Selasih adalah :

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Lamiales
  • Famili: Lamiaceae
  • Genus: Ocimum

Karakteristik Morfologi

Besar tumbuhan selasih umumnya menggapai satu m dengan batang berupa persegi 4 ataupun diucap quadrangular.

Batang ini memiliki ketebalan kurang lebih 6 milimeter dengan banyak percabangan. Cabang- cabang selasih terasa halus serta berbulu kala masih muda dengan corak mulai dari hijau muda hingga ungu tua.

Baca Juga :  Manfaat Daun Alfalfa untuk Kesehatan, Kandungan Senyawa dan Efek Sampingnya

Daun selasih mempunyai ciri yang sangat kokoh dengan rasa manis hingga pedas yang sangat tajam. Semacam batangnya, daun selasih bercorak hijau muda sampai keungu- unguan dengan kontur berbulu yang terasa halus.

Wujud daunnya mirip telur bundar sampai elips yang pada ujungnya meruncing dengan panjang dekat 5 centimeter.Bunga dari tumbuhan selasih merupakan tipe bunga majemuk.

Bagian mahkota tubular dari tumbuhan ini terdiri atas 2 lapis dengan panjang kurang lebih 5 milimeter sampai 8 milimeter.

Bunganya pula mempunyai bulu halus di bagian luar dengan corak mulai dari putih, putih keunguan, hingga kuning krem.

Buah dari tumbuhan selasih terdiri atas 4 nutlet, ialah buah- buah kecil dengan cangkang tertentu pada tiap biji yang terletak dalam ruang tertutup berupa tabung di kelopak.

Wujud dari nutlet tersebut semacam bundar telur dengan dimensi dekat 2 milimeter x 1 milimeter. Nutlet ini bercorak cokelat tua hingga gelap dengan biji bercorak gelap.

Segala bagian tumbuhan selasih memiliki aroma yang terasa sangat khas. Umumnya beraroma harum, langu, serta pula manis, seluruh tergantung pada kultivarnya.

Apalagi pada sebagian permasalahan, tumbuhan ini dapat membuat mabuk.


Kandungan Biji Selasih

Bermacam- macam kandungan baik yang ada di dalam biji selasih di antara lain eugenol, tymol, metal eugenol, vit, lemak, serta serat.

Eugamol berperan bagaikan fungisida dalam badan, tymol mempunyai guna repellent ataupun penghalau serangga, antibiotic yang hendak melawan kuman, serta metal eugenol bagaikan atraktan ataupun pemikat.

Tidak hanya itu terdapat pula isi minyak atsiri dalam biji selasih yang terdiri dari linalool, methyichavicol, citral, geraniol, ocimenen, 1. 8 cincole, encalyptole.

Juga terdapat himonene, eugenol methylether, furfural, methyl cinnamate, serta farnesol. Isi ini sangat baik buat kesehatan serta kecantikan kulit dan wajah.


Khasiat Tumbuhan Selasih


  • Melindungi Kesehatan Mata

Khasiat biji selasih yang awal merupakan buat melindungi kesehatan mata. Biji selasih mempunyai isi vit A dalam jumlah yang besar.

Bila kamu mempunyai permasalahan dengan penglihatan, ataupun tingkatan tekanan pikiran oksidatif yang besar, dianjurkan buat komsumsi biji selasih.

Vit A yang terdapat pada biji selasih berfungsi bagaikan antioksidan kokoh buat retina, serta pula bisa menghindari pertumbuhan katarak dan memperlambat munculnya degenerasi makula.

  • Menyehatkan Tulang

Khasiat biji selasih yang kedua merupakan buat melindungi kesehatan tulang. Biji selasih memiliki bermacam mineral semacam zat besi, mangan, tembaga, kalium, kalsium, serta magnesium.

Segala mineral tersebut berguna buat melindungi kekuatan serta kepadatan tulang.

Khasiat biji selasih ini pastinya sangat berarti sebab dengan melindungi kekuatan serta kepadatan tulang jadi langkah berarti buat kurangi resiko terserang osteoporosis.

Baca Juga :  Cara Menanam Gandum : Panduan Sukses Budidaya Berpeluang Bisnis Menjanjikan

Tidak hanya itu, tulang yang sehat serta padat pula hendak membuat badan senantiasa kokoh bersamaan bertambahnya umur.

  • Tingkatkan Energi Tahan Tubuh

Serta salah satu antioksidan yang diperlukan oleh badan merupakan polifenol. Zat inilah yang ada pada biji selasih. Sehingga, biji selasih pula bisa berguna buat tingkatkan energi tahan tubuh.

Komsumsi biji selasih secara teratur bagaikan santapan ataupun suplemen, bisa tingkatkan energi tahan badan dengan sendirinya.

  • Melindungi Sistem Pencernaan

Biji selasih sendiri mempunyai isi serat prebiotik yang diucap pectin, mempunyai guna buat tingkatkan kuman baik dalam usus.

Bakteri- bakteri baik ini nantinya menolong proses pencernaan dan menghindari penyakit pada saluran pencernaan akibat kuman jahat.

Biji selasih pula berguna buat menunda pengosongan lambung serta tingkatkan penciptaan hormon yang membagikan rasa kenyang sebab pektin tersebut.

Tidak hanya melindungi sistem pencernaan, pektin yang terdapat di dalam biji selasih pula menolong mengatur nafsu makan, sehingga sesuai buat dimasukkan ke dalam menu diet.

  • Menghindari Penyakit Jantung serta Stroke

Khasiat biji selasih yang selanjutnya merupakan buat merendahkan resiko stroke serta penyakit jantung.

Konsumsi serat yang berasal dari biji selasih bermanfaat buat melindungi kandungan kolesterol wajar, sebaliknya antioksidannya bisa melindungi pembuluh darah serta menghindari pembuatan plak.

Kedua isi ini berfungsi besar dalam merendahkan resiko kamu terserang stroke serta penyakit jantung.

Tidak hanya itu, khasiat biji selasih pula bisa merendahkan kolesterol, komsumsi minyak biji selasih bisa berpotensi merendahkan kandungan kolesterol jahat( LDL).

  • Melindungi Kesehatan Kulit

Khasiat biji selasih yang berikutnya merupakan buat menjaga kulit. Untuk perempuan, antioksidan yang ada pada biji selasih bisa berguna buat kesehatan kulit.

Antioksidan semacam senyawa polifenol, flavonoid, orientin, serta vicentin sanggup memelihara kesehatan kulit dengan metode mencegah radikal leluasa yang mengganggu sel- sel kulit.

Radikal leluasa bisa menimbulkan bermacam kehancuran pada kulit, semacam terjadinya keriput, flek gelap, kemerahan, dan ciri penuaan dini yang lain.

Dengan komsumsi biji selasih. bisa menolong kamu buat menghindari sekalian memicu pemisahan sel- sel kulit baru yang sehat.

Buat memperoleh khasiat biji selasih ini, kamu dapat berupaya meningkatkan biji- bijian ini ke dalam minuman, smoothie, ataupun santapan penutup.

  • Asam Lemak Omega 3

Khasiat biji selasih yang terakhir merupakan bisa jadi sumber konsumsi asam lemak omega 3. Khasiat biji selasih yang satu ini bisa jadi maish tidak sering dikenal.

Perihal ini sebab asam lemak omega 3 sendiri identik dengan isi yang terdapat pada ikan. Sementara itu, biji selasih pula memiliki nutrisi ini dalam jumlah banyak.

Satu sendok makan biji selasih bisa membagikan kamu konsumsi asam lemak omega 3 dalam wujud asam alfa linolenat( ALA).

Baca Juga :  Tanaman Timun : Morfologi, Jenis serta Hama dan Penyakitnya

ALA sangat diperlukan oleh badan buat memproduksi tenaga. Tidak hanya itu, ALA pula berguna buat menghindari peradangan pada badan serta merendahkan resiko sebagian penyakit, semacam diabet jenis 2.

Tanaman Selasih : Morfologi, Kandungan Gizi, Manfaat Kesehatan dan Cara Budidayanya


Budidaya Tanaman Selasih


  • Persiapan Bibit

Perbanyakan bibit tumbuhan basil ataupun selasih bisa diperoleh lewat biji ataupun stek batang. Pembibitan dengan biji dicoba dengan mengecambahkan benih pada kapas, tisu ataupun handuk basah serta lembab.

Seteleh berkecambah, biji tersebut bisa ditanam ke lahan tanam tanpa penyemaian.

Bila lewat tata cara stek batang, perbanyakan dicoba dengan memotong batang yang lumayan besar serta kokoh.

Berikutnya dimasukkan ke wadah ataupun toples yang berisi air serta letakkan di tempat yang teduh.

Pada hari ke- 4 biasanya pangkal sudah berkembang serta tumbuhan selasih bisa dipindahkan ke lahan tanam yang lebih luas.

  • Penanaman

Metode menanam selasih yang berasl dari pembibitan biji merupakan bagaikan berikut:

    • Siapkan media tanam berbentuk kombinasi tanah, pupuk kandang ataupun kompos serta sekam dengan perbandingan 1: 1: 1. Siram kombinasi tanah tersebut sehingga jadi lembab.
    • Masukkan media tanam ke dalam pot ataupun polybag serta letakkan biji selasih serta timbun kembali.
    • Letakkan media tanam ke dalam tempat yang gelam serta sejuk. Jaga kelembaban media dengan penyiraman air seperlunya.
    • Sehabis 1 sampai 3 minggu, biji sudah berkecambah serta beri cahaya matahari dekat 1 jam tiap harinya sampai berkembang setinggi 10 centimeter.
    • Berikutnya pindahkan bibit bisa dipindah ke media yang sesungguhnya.
  • Perawatan serta Panen

Supaya tumbuhan selasih berkembang dengan baik, hingga jalani penyiraman serta pemberian cahaya matahari secara teratur. Pemupukan pula bisa diberikan, ialah berbentuk pupuk kompos ataupun pupuk kandang.

Bila selasih sudah berkembang setinggi 25 centimeter, hingga sudah bisa dipanen. Memilih daun- daun yang besar buat dipetik pada bagian ujung tangkai.

Jalani perawatan secara terus menerus supaya selasih terus berkembang serta menciptakan daun.

Supaya daun kilat berkembang serta rimbun, kala berbunga hendaknya bunga dipotong supaya faktor hara diserap buat perkembangan daun.

Tetapi bila mau memanen biji selasih, hingga perkenankan bunga tersebut sampai timbul biji selasih.

Demikian Uraian kami tentang Tanaman Selasih Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

10 Jenis Tanaman Hias yang Sedang Viral

0 () 10 Jenis Tanaman Hias yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Jenis Tanaman Hias yang...
Admin1
1 min read

Penggolongan Jenis Sayur

0 () Penggolongan Jenis Sayur – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Penggolongan Jenis Sayur. Contents 1 Penggolongan Jenis Sayur1.1 Penggolongan...
Admin1
2 min read

Cara Mudah Menanam Sayuran Organik

0 () Cara Mudah Menanam Sayuran Organik – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Sayuran Organik. Contents 1 Cara...
Admin1
2 min read