Tanaman Selada : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi, Jenis dan Manfaatnya

4 min read

Tanaman Selada : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi, Jenis dan Manfaatnya
0
()

Tanaman Selada : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi, Jenis dan Manfaatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Selada .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Tanaman Selada : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi, Jenis dan Manfaatnya


Selada merupakan tumbuhan yang tercantum dalam tanaman sayur- mayur yang umumnya ditanam pada wilayah beriklim lagi ataupun beriklim tropika.

Umumnya tumbuhan ini digunakan oleh sebagai salad, ataupun bonus olahan santapan yang lain.

Tumbuhan selada ini mempunyai nama latin Lactuca sativa L yang tercantum kedalam famili composita dari genus lactuca.

tumbuhan ini tercantum kedalam tumbuhan yang semusim yang mempunyai banyak wujud( pilomorf) terutamanya bagian daunnya.

Tumbuhan yang tercantum dalam famili Compositae yakni selada. Selada ialah tumbuhan semusim, bunganya mengumpul dalam tandan membentuk suatu rangkaian.

Selada umumnya disajikan bagaikan sayur- mayur penyegar. Daunnya memiliki vit A, vit B, serta vit C yang bermanfaat buat kesehatan badan.


Klasifikasi Selada

  • Kingdom Plantae
  • Super Divisi Spermathophyta
  • Divisi Magnoliophyta
  • Kelas Magnoliopsida
  • Ordo Asterales
  • Famili Asteraceae
  • Genus Lactuca
  • Species Lactuca sativa L

Kandungan Tumbuhan Selada

Isi daun tumbuhan selada memiliki antioksidan, semacam betakaroten, falat serta lutein dan memiliki indol yang berguna buat melindungi dari serbuan kanker.

Isi serat natural didalamnya pula bermanfaat buat melancarkan serta menyehatkan kesehatan pencernaan. Isi tersebut semacam kalori, air, protein, lemak, karbohidrat, kalisum, fospat, besi, vit A serta B1.

Bersumber pada 100 gr selada antara lain kalori 15. 00 kal, protein, 1, 20 gram, lemak 0, 2 gram, karbohidrat 2, 9 gram, Ca 22, 00 miligram, Fe 0, 5 miligram, vit A 540 Sang, Vit B 0, 04 serta aor 94, 80 gram.


Morfologi Tumbuhan Selada

Tumbuhan selada bisa berkembang dengan baik pada hawa lagi ataupun tingg, yang menjalar ataupun tegak menggapai ketinggian 1 meter, mempunyai perakaran tunjang serta pula menciptakan novel novel.

Tumbuhan ini pula mempunyai percabangan yang banyak serta berbatang licin, serta mempunyai banyak cairang dan berongga.

Baca Juga :  Cara Menanam Pohon Bidara Yang Tepat untuk Pemula(Berhasil)

Daun tumbuhan ini berupa majemuk, yang tersusun berselang– seling ataupun radikaslis serta tidak memilki stipula.

Bunga tumbuhan ini biseksual, yang mempunyai simetris banyak bercorak kekuninga, terletak pada rangkaian yang rimbun serta tangkai bunga menggapai ketinggian 90 centimeter.

Bunga ini menciptakan buah berupa polong yang berisi biji. Biji didalam buah tersebut berupa pipih, berdimensi kecil, berbulu serta bercorak kecoklatan.


Jenis Selada

Tumbuhan selada( lactuca sativa L) yang populer terdiri dari 3 tipe, ialah selada mentega, selada tutup, serta selada potong. Selada mentega ataupun selada telur( Kropsla) berkrop bundar, namun kropos( lepas).

Rasanya lunak serta lezat. Oleh sebab itu, selada ini sangat digemari. Keunggulan selada mentega dibanding tipe yang lain merupakan tidak gampang rusak sehingga bisa dikirim ke tempat yang jauh.

Selada tutup( ungu) kropnya bundar agak padat, serta rasanya renyah, sebaliknya selada potong( cut- lettuce) kropnya lonjong ataupun bundar panjang, rasanya lezat namun agak liat.

Tetapi, terdapat pula tumbuhan yang menyamai selada baik ketentuan berkembang ataupun metode tanam. Hendak namun, rasanya agak getir. Tipe selada yang diartikan merupakan andewi( Cichorium endewi L).

daun andewi yang populer yakni andewi keriting. Tipe selada yang lain merupakan selada air( Nasturtium officinale R. Br.), namun tipe selada air ini masuk dalam famili Cruciferae( Brassicaceae).

Tumbuhnya menjalar semacam tumbuhan kangkung serta biasa di tanam di rawa rawa.


Budidaya Selada

Tumbuhan selada bisa berkembang baik di dataran rendah ataupun di dataran besar( pegunungan). Wilayah penghasil selada merupakan Cipanas, Lembang serta Pengalengan.

Di wilayah pegunungan daunnya bisa membentuk krop yang besar, kebalikannya, di dataran rendah tumbuhan ini cuma membentuk krop yang kecil, namun kilat berbunga.

Ada pula ketentuan berarti supaya selada berkembang dengan baik yakni tanah memiliki pasir ataupun lumpur( produktif) temperatur hawa 15- 200c, serta derajat keasaman tanah( pH) 5- 6, 5).

Waktu tanam selada yang baik yakni pada akhir masa hujan( maret/ april). Hendak namun, selada bisa pula di tanam pada masa kemarau, asalkan lumayan diberi air.

Selada andewi tidak baik ditanam pada masa hujan sebab tidak tahan air hujan.

  • Metode tanam

Selada dikembangbiakkan dengan bijinya. Dalam satu hektar lahan dibutuhkan 600- 800g biji selada. Bagi teori, satu hektar dibutuhkan 300g biji selada dengan energi kecambah 75%.

Biji biji selada berdimensi kecil, lonjong, pipih( gepeng), serta berbulu tajam.

Baca Juga :  Budidaya Sirsak : Jenis, Manfaat serta Tips Perawatan agar Berbuah Lebat dan Sehat

Tanah yang hendak ditanami dicangkul sedalam 20- 30cm, setelah itu diberi pupuk kandang sebanyak 10 ton/ ha. Sehabis itu, lahan terbuat bedengan dengan lebar satu m serta memanjang dari arah timur ke barat.

Sehabis bedengan tercipta, terbuat alur tumbuhan memakai garu. Arah pembuatan lurus ke arah timur dengan jarak antar alur 25cm.

Pembuatan alur tersebut sebaiknya tidak sangat dalam sebab pangkal pangkal selada mengumpul dilapisan tanah atas.

Biji biji selada bisa ditanam langsung di kebun tanpa di semaikan terlebih dulu, apabila biji disemai, dilindungi kelembapan tempat persemaiannya sehingga selada berkembang kilat serta baik.

Sehabis berusia sebulan( kira kira berdaun 4 helai), bibit bisa dipindahkan ke kebun dengan jarak tanam 20 x 25cm ataupun 25 x 25cm.

Biji biji selada yang ditanam langsung, ditaburkan menyeluruh sejauh alur setelah itu ditutup tanah tipis tipis. Biji selada hendak berkembang 5 hari setelah itu.

sehabis berusia kira kira satu bulan( kira kira berdaun 3- 5 helai), tumbuhan mulai diperjarang. Penjarangan dicoba terhadap bibit kerdil sehingga jarak antar tumbuhan jadi 20- 25cm.

Sehabis berusia 2 minggu dari tanam, tumbuhan diberi pupuk urea sebanyak 200kg/ ha ataupun 1g/ tumbuhan. Pupuk diletakkan antara barisan tumbuhan.

  • Pemeliharaan tanaman

Tumbuhan selada kerap menemukan ancaman dari serbuan penyakit. Penyakit yang berarti yakni penyakit busuk pangkal yang diakibatkan oleh cendawan Rhictonia solani Khun.

Penyakit ini kerap melanda tumbuhan muda( waktu dipersemaian). Hendak namun penyakit ini bisa diatasi dengan penyemprotan larutan Benlate 0, 2- 0, 5% pada tanahnya.

Tidak hanya penyakit, terdapat hama yang mengecam perkembangan tumbuhan. Hama yang butuh di berantas yakni kutu kutu daun( Mysus persicae Sulzer).

Hama tersebut ialah serbuan vektor penyakit virus yang memunculkan kerugian serta kegagalan segala tumbuhan. Kutu kutu daun ini bisa di berantas dengan semprotan kelthane 0, 2%.

  • Pemanenan

Tumbuhan selada bisa dipanen hasilnya sehabis berusia 2- 2, 5 bulan dari waktu tanam. Pemanenan bisa dicoba dengan metode mencabut

tumbuhan beserta akarnya ataupun memotong bagian batang antara daun terbawah dengan bagian yang di atas tanah. Tumbuhan yang terpelihara dengan baik serta tidak terkena penyakit

bisa menggapai hasil 15 ton krop masing- masing hektar. Pemasaran penciptaan selada, semacam selada telor serta selada potong sudah menggapai luar negara( meski masih terbatas).


Manfaat Selada

Tipe selada air bisa dimanfaatkan bagaikan pakan bonus peternakan ayam. Tidak hanya itu, selada( daun selada) bisa digunakan buat lalap, gado gado serta salad.Selada tidak baik untuk pengidap sakit perut.

Baca Juga :  Cara Mengolah Sarang Semut, Kandungan dan Manfaat Kesehatannya

Berbeda dengan tipe sayur- mayur yang lain, selada tidak sempat dimasak sebab rasanya jadi agak liat serta susah di cerna. berikut beberapa khasiat lain dari daun selada:

  • Sumber vit A

Selada bisa disantap bagaikan salad ataupun mengkonsumsinya secara mentah. Selada ialah kaya hendak vit spesialnya vit A serta beta karoten, yang baik buat menolong tingkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.

  • Menghindari Penuaan Dini

Tumbuhan sayur- mayur ini pula memiliki zeaxanthin yang mempunyai watak antioksidan. Zat ini sanggup menghindari terhadap penuaan dini serta menghindari penyakit katarak.

Tidak hanya dalam sayur- mayur selada tercantum flavonid yang baik buat menghindarkan kamu dari serbuan kanker paru& kanker mulut.

  • Penguatan tulang

Dalam Sayur- mayur fresh ini tercantum vit K yang bisa menguatkan tulang sebab vit K hendak yang ada dalam selada hendak meningkatkatkan hormon osteotrophic dalam tulang yang sanggup menghindari esteoporosis.

Vit K pula bisa menghindari kehancuran otak neunoral& menghindari penyakit alzheimer.

Tanaman Selada : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi, Jenis dan Manfaatnya

  • Tingkatkan kesuburan.

Apabila kamu mau memprogram kehamilan, sangat dianjurkan komsumsi selada baik dalam wujud salad ataupun disantap langsung.

Selada fresh ini lumayan kaya hendak folat serta vit C yang bisa menolong tingkatkan kesehatan bakal anak sepanjang masa kehamilan dan tingkatkan kesehatan reproduksi baik pada perempuan ataupun laki- laki.

Sedangkan vit C yang ada didalamnya bisa tingkatkan sistem imunitas badan sehingga sanggup menghalau dari serbuan radikal leluasa.

  • Sumber mineral

Sayur- mayur selada pula kaya hendak sumber mineral semacam; besi, mangan, tembaga, kalsium magnesium dan potasium.

Kalsium sangat baik dalam badan buat melindungi kesetabilan tekanan darah sera memperkuatan tulang serta gigi. Sedangkan tembaga& zat besi bisa menolong penciptaan sel darah merah dalam badan.

Demikian Uraian kami tentang  Tanaman Selada Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5