Tanaman Kenikir : Manfaat & Khasiatnya untuk Kesehatan

4 min read

Tanaman Kenikir Manfaat & Khasiatnya untuk Kesehatan
5
(1)

Tanaman Kenikir : Manfaat & Khasiatnya untuk Kesehatan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Kenikir. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.

Tanaman Kenikir : Manfaat & Khasiatnya untuk Kesehatan

Memang Sepintas Kenikir ini terlihat seperti rumput biasa. Padahal yang sesungguhnya kenikir ini banyak sekali manfaatnya.

Tanaman Kenikir ini kalau dalam bahasa sunda disebut dengan kata “Saroni”. Dan Kenikir ini bagi kami memang sudah terbisa untuk lalaban. Tanaman Kenikir, ia dapat tumbuh secara liar serta subur di tempat-tempat yang tanahnya gembur.

Pertumbuhan Kenikir

Pertumbuhan Tanaman Kenikir, ia dapat hidup pada tanah berpasir dan subur. Dan juga Tanaman Kenikir ini bisa hidup dengan baik pada iklim panas yang tidak terlalu lembab. Kenikir sangat mudah sekali tumbuh di tempat-tempat yang tanahnya gembur.

Untuk Negara kita Indonesia ini, tanaman kenikir banyak terdapat di Jawa. Termasuk juga di Sumetra serta di dataran rendah sampai di pegunungan dengan ketinggian 1200 m dari permukaan laut.

Tanaman Kenikir

Biasanya tanaman kenikir ini dijadikan tanaman hias di depan rumah, karena memang tumbuhan ini memiliki bunga yang bagus dan menarik. Selain itu juga kenikir ini memiliki aroma yang harum dan khas. Kemudia dari tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengusir hama seperti serangga, tikus atau yang lainnya.

Budidaya Tanaman Kenikir

Tanaman Kenikir ini sudah banyak dikenal orang manfaatnya. Selain untuk dikonsumsi menatah sebagai lalapan makan, daunnya juga mempunyai manfaat lain. Sehingga tanaman ini banyak dibudidayakan oleh petani untuk ditanam.

Cara Menanam Kenikir

Untuk tanaman kenikir di halaman rumah untuk fungsi sebagai hiasan dan juga untuk kebutahan konsumsi. Jika kita ingin menam yang lebih baik lagi maka sebaiknya ditanam di polybag.

Baca Juga :  Panduan Cara Menanam Pohon Damar Sang Tanaman Industri Dan Anti Polusi

Untuk menanam di polybag itu sangat mudah dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Menyiapkan pot atau polybag

Langkah pertama dalam cara tanaman kenikir di pot adalah menyiapkan tempat tanam berupa pot atau polybag. Selain itu Tanaman kenikir ini bisa juga menggunakan bekas kaleng cat ataupun ember bekas. Untuk ukuran tempatnya sekitar 20 cm dengan tinggi 25 cm.

Dan bisa juga dikira-kira sesuai barang yang ada yang penting berukuran yang sama agar terlihat indah.

Persiapan media tanam

Hal yang penting lainnya dalam cara tanaman kenikir di pot atau polybag ialah persiapan media tanam. Media tersebut adalah tanah gembur atau kompos. Penggunaan tanah gembur atau kompos ini karena mengandung unsur atau zat lebih sempurna untuk pertumbuhan tanaman.

Persiapan bibit

Bibit Kenikir ini bisa didapat dari biji yang diambil dari tanaman kenikir yang sudah tua. Cara mengumpulakan bibit kenikir adalah dengan mengambil dari bunganya.

Kemudian bunga tersebut dirontokkan dengan cara digosok-gosokkan atau diambilin secara manual dengan menggunakan tangan. (dipretelin, bahasa jawa). Hal ini supaya biji terpisah dari kulitnya. Kemudian setalah biji didapat maka jemurlah selama satu sampai dua hari 2 agar menghasilkan bibit lebih baik.

 Proses penanaman

Kemudian selanjutnya untuk cara tanaman kenikir ialah proses penanaman pada media tanam. Untuk media tanam yang dibutuhkan adalah berupa tanah serta pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1. Atau bisa juga menggunakan tanah gembur ditambah pupuk kompos disesuaikan dengan ukuran pot.

Kemudian Campurlah semua bahan tersebut sampai merata terus masukkan ke dalam pot. Selanjutnya siram dengan air sampai basah merata. Dan untuk mempercepat pertumbuhannya, maka rendamlah bibit terlebih dahulu selama 2 – 3 jam. Lalu setelah itu tebarlah bibit pada media tanam yang telah disiapkan tanpa ditutup tanah.

Perawatan

Untuk mendapatkan hasil dari tanaman yang sudah ditanam, maka langkah selanjutnya dalam cara perwatannya adlah sebagai berikut :

Penyiraman

Proses penyiraman pada tanaman kenikir ini dilakukan sesudah 2-3 hari penanaman. Penyiraman menggunakan aliran air yang tidak terlalu banyak supaya biji tidak hanyut terbawa aliran air. Kemudian setelah itu penyiraman dilakukan 3 – 4 hari sekali.

Baca Juga :  Cara Menanam Rosemary dalam Pot Mudah dan Menguntungkan

Penyulaman

Jika setalah kenikir tumbuh terlalu rapat, maka perlu dicabut sebagian. Dan dipindah ke pot atau polybag yang lainnya supaya perkembangannya merata. Pemindahan tersebut dikerjakan satu minggu sesudah benih ditebar atau sesudah tumbuhnya mencapai tinggi sekitar 3 cm.

Pemupukan

Pemupukan pada cara menanam kenikir di polybag atau pot ini dilakukan setiap 10 hari sekali. Dapat menggunakan pupuk kompos atau organik cair.

Penyiangan

Untuk proses pencegahan adanya gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya maka perlu dilakukan penyiangan. Penimbunan atau menimbun kembali akar yang terlihat juga perlu dilakukan untuk menghindari tanaman goyah atau roboh. Kedua proses ini dikerjakan setiap 2 minggu sekali.

Pemanenan daun kenikir

Daun kenikir dapat diunduh jika daun sudah rimbun atau telah berusia sekitar 40 hari. Pemanenan daun ini bisa dikerjakan berkali-kali berdasarkan pemeliharaan yang diberikan. Semakin sering dipanen kenikir akan semakin baik.

Kandungan gizi daun kenikir

Berdasarkan hasil penelitian, maka tanaman kenikir ini diperoleh data bahwa daun kenikir mengandung banyak gizi. Kenikir mengandung karbohidrat, protein, serat, air, serta beberapa jenis vitamin. Vitamin yang dimaksud di sini adalah seperti vitamin B, vitamin C, dan beta karoten. Sealin itu, daunnya juga banyak mengandung mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium.

Daun kenikir juga mengandung senyawa aktif quercetin, asam fenolat (phenolic acid), serta asam klorogenat dalam jumlah besar. Ketiganya merupakan zat yang mempunyai sifat antioksidan. Serta mempunyai efek antihipertensi, anti radang, anti bakteri, anti diabetes, dan baik untuk mempertahankan kesehatan tulang.

Manfaat daun kenikir

Tanaman kenikir diantara manfaat daunnya adalah banyaknya kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu tidak mengherankan jika daun kenikir ini ternyata mempunyai khasiat banyak untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat daun kenikir untuk kesehatan diantaranya ialah:

Mencegah diabetes

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang bisa dialami oelh orang yang kadar gula darahnya terlalu tinggi. Permasalhannya, karena insulin tidak dapat bekerja dengan efektif. Dan selain itu manfaat kenikir juga mampu membasmi kadar insulin pada penderita diabetes tipe 2.

Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memungkinkan glukosa dalam darah memasuki sel, memberi energi supaya berfungsi. Sehingga manfaat kenikir untuk kesehatan mempunyai efek anti diabetes. Dan menurut banyak peneliti, kenikir ini mempunyai enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa dalam saluran pencernaan.

Baca Juga :  Pestisida Alami : Manfaat, Keunggulan dan Jenis Bahannya

Kenikir juga mempunyai kekuatan mengelola hiperglikemia atau kadar gula tinggi dalam darah.

Mencegah osteoporosis

Manfaat kenikir juga dapat menghindarkan osteoporosis pada wanita menopause, dan daun tersebut dapat meningkatkan komposisi tulang secara tahap demi tahap. Selain itu juga ia bisa meningkatkan jumlah mineral yang bagus untuk perkembangan tulang.

Kandungan kalsium dan magnesiumnya pada kenikir ini juga cukup tinggi. Kalsium dan magnesium merupakan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Manfaat kenikir mentah dapat dimakan secara langsung dalam bentuk lalapan atau dapat mememinum air hasil rebusan kenikir dicampur dengan madu.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Terdapat suatu kajian ilmiah mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan tinggi pada manfaat kenikir nampak dapat menghambat perkembangan sel kanker. Namun, belum ada penelitian medis yang dapat membuktikan bahwa daun tersebut efektif sebagai pengobatan kanker.

Selain dari beberapa manfaat kenikir mentah. Kenikir juga mempunyai kandungan antioksida dan anti radang yang bisa menghindarkan kerusakan sel. Manfaat daun kenikir ini diduga dapat menghindarkan penyakit khusus, seperti penyakit jantung. Selain itu, ekstrak daun kenikir juga nampak mempunyai efek anti bakteri dan anti jamur.

"<yoastmark

Bahaya konsumsi kenikir

Secara umum sudah terang mengenai manfaat kenikir untuk kesehatan. Termasuk juga manfaat kenikir mentah. Dan menurut penelitian, kanikir ini merupakan salah satu tanaman yang paling sedikit memiliki efek samping.

Hanya saja kesemuanya itu tetap harus makan secukupnya saja. Karena apabila makan daun kenikir berlebihan, itu dapat menimbulkan banyak bahaya. Juga dapat menjadi pemicu pembengkakan kulit, gatal, mual dan muntah.

Demikian Uraian kami tentang Tanaman Kenikir : Manfaat & Khasiatnya untuk Kesehatan – Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraia kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5