Tanaman Kaktus : Mengenal Jenis Kaktus Hias dan Cara Budidayanya

3 min read

Tanaman Kaktus : Mengenal Jenis Kaktus Hias dan Cara Budidayanya
0
()

Tanaman Kaktus : Mengenal Jenis Kaktus Hias dan Cara Budidayanya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Kaktus.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Tanaman Kaktus : Mengenal Jenis Kaktus Hias dan Cara Budidayanya


Kaktus ialah nama dari anggota tanaman berbunga yang berasal dari famili Cactaceae tanaman berduri.

Tanaman kaktus bisa berkembang tanpa air dalam waktu yang sangat lama, tanaman ini banyak ditemui didaraeah kering contohnya gurun.

Tanaman kaktus pula memiliki pangkal yang sangat panjang serta bermanfaat mencari air serta memperlebar proses penyerapan air, air yang telah diserap pangkal berikutnya di simpan dalam batang.

Ada bermacam tipe kaktus mulai yang berdimensi sangat kecil hingga berdimensi yang besar, terdapat yang berduri tanpa bunga serta terdapat yang berbunga tanpa jarum.

Tahapan Langakah Menanam Kaktus

Sebab perihal tersebut, banyak orang saat ini menanam kaktus ini buat tanaman hias dirumah. Berikut ialah metode menanam kaktus hias:

  • Persiapan Bibit Kaktus Hias

Bibit ialah perihal utama yang butuh buat disiapkan saat sebelum melaksanakan proses penanaman.

Bibit kaktus yang hendak kamu tanam bisa kamu miliki dengan membelinya di toko tanaman hias ataupun kamu bisa memperolehnya dari tanaman induk.

Baca Juga :  Cara Menanam Teratai Dengan Biji dan Umbi Yang Tepat dan Berbunga Lebat

Memilih bibit yang bermutu unggul tanpa terdapat cacat, memilih bibit tanaman kaktus yang memiliki batang yang tidak hadapi memar.

Serta memiliki jarum yang masih sempurna, dan pula memiliki arah berkembang yang tegak lurus. Bibit yang hendak di seleksi hendaknya telah berumur lebih dari dekat 3 tahun.

Apabila bibit yang hendak ditanam berasal dari batang tanaman induk hingga yakinkan tanaman itu sudah berumur layak tanam.

  • Persiapan Media Tanam Kaktus Hias

Tanaman kaktus hias membutuhkan media tanam yang kering serta pula tidak menahan air, sehingga pangkal tanaman kaktus tersebut tidak sangat lama mengikat air.

Buat media tanam tanaman kaktus hendaknya mengenakan media tanam yang berbentuk tanah berpasir, kompos, dan arang sekam yang dicampur jadi satu dengan perbandingan dekat 1: 1: 1.

Setelah media tanam siap berikutnya siapkan pot, pot yang hendak dipakai yakinkan dahulu memiliki drainase yang baik biar nantinya tanaman kaktus tidak membusuk.

Buat dimensi pot tanam yang hendak dipakai cocok dengan tanaman kaktus yang hendak di tanam, bila tanaman kaktus berupa membulat hingga siapkan pot yang memiliki dimensi dekat 5 centimeter hingga 10 centimeter.

Bila tanaman kaktus hias yang hendak ditanam memiliki wujud yang besar hingga pot tanam yang dipakai ialah pot yang berdimensi besar separuh besar kaktus tersebut.

  • Perawatan Kaktus Hias

Meski tanaman kaktus ialah tanaman yang tidak begitu menggemari air, tanaman kaktus senantiasa butuh di jalani penyiraman.

proses penyiraman tersebut dicoba tiap seminggu sekali ataupun pula disesuaikan dengan tingkatan kekeringan media tanam kaktus tersebut.

Serta setelah dekat 2 minggu barulah tanaman kaktus bisa dipindahkan ketempat yang cocok. Proses perawatan lain tidak hanya penyiraman ialah pergantian pot tanam serta pula media tanam.

Baca Juga :  Budidaya Buah Naga : Proses, Pembibitan, Pengolahan, Pemeliharaan Dan Panen

Buat peletakan sesuaikan dengan jenisnya sebab terdapat yang menggemari cahaya matahari serta terdapat pula yang menggemari tempat hitam.

Tetapi buat tanaman kaktus yang menggemari matahari setelah proses penanaman jangan langsung diletakan dibawah cahaya matahari

namun jalani penempatan dibawah matahari setelah tanaman telah berumur dekat 3 minggu setelah masa tanam. Buat tanaman kaktus yang menggemari tempat hitam, butuh sesekali buat dipindahkan ke tempat yang cerah.

Tidak hanya proses penyiraman, pergantian pot serta media tanam dan penempatan, Jalani juag proses pemangkasan tanaman kaktus bila dirasa telah sangat panjang.

Perihal ini dicoba biar tanaman terlindungi dari hama contohnya keong tanah, tungau serta pula cendawan. Tetapi bila telah terkena hama tersebut butuh buat dicoba penindakan dengan menyemprotkan pestisida.


Jenis- jenis kaktus hias

Tumbuhan kaktus gemar dijadikan bagaikan hiasan di luar ataupun di dalam rumah sebab bisa jadi pemanis pada sudut rumah.

Tidak hanya tidak membutuhkan perawatan yang rumit, tumbuhan ini pula mempunyai tipe yang sangat bermacam- macam.

  • Kaktus Parodia

Tidak hanya diketahui dengan nama kaktus Parodia, kaktus ini pula kerap disapa dengan nama Ball Cactus. Alibi dibalik sapaan ini merupakan wujudnya yang bundar menyamai suatu bola.

Kaktus Parodia merupakan salah satu kaktus yang berbunga. Bunga yang dipunyai kaktus ini bercorak kuning.

  • Kaktus Haworthia Zebra

Haworthia Zebra mempunyai wujud yang menyamai tanaman lidah buaya dengan dimensi yang jauh lebih mungil serta duri- duri yang lebih banyak.

Tanaman ini mempunyai perkembangan yang sangat lelet sehingga dimensi dari tanaman ini cenderung mungil.

  • Kaktus Uban

Chepalocereus senilis, ataupun lebih kerap diketahui bagaikan kaktus uban, mempunyai rambut halus bercorak putih seperti orang tua dengan dimensi yang kecil.

Baca Juga :  Inilah Cara Merawat Bunga Teratai Agar Lebat Berbunga Serta Morfologi dan Sejarahnya

Meski tetrtutup rambut halus bercorak putih, kaktus ini senantiasa dipadati dengan duri- duri yang tajam. Kaktus ini tercantum salah satu tipe kaktus yang tidak sering ditemui.

Tanaman Kaktus : Mengenal Jenis Kaktus Hias dan Cara Budidayanya

  • Kaktus Beaver- tail

Beaver- tail dalam bahasa Indonesia mempunyai makna ekor dari hewan biwara. Bisa disimpulkan kalau kaktus ini mempunyai wujud yang seragam dengan ekor dari hewan tersebut, pipih serta lebar.

Kaktus ini mempunyai bunga dengan banyak alterasi corak yang berkembang pada tunas- tunas kaktus ini.

  • Kaktus Belimbing

Kaktus belimbing mempunyai wujud yang besar serta terkadang bercabang. Wujudnya yang menyerpai kaktus yang biasa berkembang di padang pasir menimbulkan kaktus ini pula kerap disapa dengan istilah Kaktus Koboi.

Tidak semacam tanaman kaktus pada biasanya, kaktus dengan nama latin Cereus peruvianus ini tidak mempunyai jarum sama sekali.

  • Kaktus Centong

Cocok dengan namanya, kaktus ini mempunyai wujud yang menyamai wujud centong, oval, pipih serta lebar. Tipe ini mirip dengan kaktus beaver- tail.

Demikian Uraian kami tentang  Tanaman Kaktus Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5