Tanaman Kacang Ercis : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

5 min read

Tanaman Kacang Ercis : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi dan Manfaatnya
0
()

Tanaman Kacang Ercis : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi dan Manfaatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Kacang Ercis.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Tanaman Kacang Ercis : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi dan Manfaatnya


Ercis, kacang ercis, ataupun kacang polong( Pisum sativum L., suku kacang- kacangan ataupun Fabaceae) ialah tanaman penghasil sayur- mayur berbentuk biji bercorak hijau.

Ercis dibawa oleh kolonial Belanda ke Indonesia sebab sayur- mayur ini terkenal di Eropa untuk bagian dari salad ataupun sup. Nama” ercis” merupakan pinjaman dari bahasa Belanda( erwtjes,” ercis kecil”).

Biji ercis kaya karbohidrat dan protein serta cepat membuat kenyang kala dimakan.Tanaman yang berasal dari Asia Kecil ini masih sejenis dengan kapri( kerap kali dicampuradukkan penamaannya).

Berbeda dengan kapri, ercis cuma dimakan bijinya serta nyaris tidak sempat dimakan dengan polongnya semacam kapri.

Semenjak ribuan tahun kemudian sudah dimanfaatkan untuk bahan pangan tetapi saat ini penggunaannya lebih banyak sebagai sayur- mayur ataupun pakan.

Dalam budidaya di Indonesia, ercis berkembang baik di wilayah pegunungan berhawa sejuk dengan ketinggian 700 m di atas permukaan laut, pada temperatur semacam di wilayah asalnya.

Tumbuhan kacang polong ataupun umumnya diucap tumbuhan kacang ercis ini ialah salah satu tipe tumbuhan yang tercantum pada bahasa latin Pisum sativum.


Klasifikasi Tumbuhan Kacang Ercis

Apakah kamu mau memandang tentang gimana klasifikasi yang dipunyai oleh tumbuhan kacang polong ini? Nah, untuk kamu yang mau menyimak klasfikasinya, hingga kamu bisa memandang pada ulasan dibawah ini.

  • Kingdom– Plantae
  • Divisi– Magnoliophyta
  • Kelas– Magnoliopsida
  • Ordo– Fabales
  • Famili– Fabaceae
  • Genus– Pisum
  • Spesies– Pisum sativum

Morfologi Tumbuhan Kacang Ercis

Dari sebagian sumber yang ditemui, morfologi tumbuhan kacang polong ini hendak terdiri atas sebagian perihal yang terdapat dibawah ini.

  • Akar Tumbuhan

Pada ulasan yang awal dari morfologi tumbuhan kacang polong merupakan kita hendak mangulas tentang identitas dari pangkal yang dimilikinya.

Secara universal, tumbuhan kacang polong ini tercantum pada tipe pangkal yang mempunyai guna serta kedudukan berarti dalam perkembangan dari tumbuhan kacang polong.

Baca Juga :  Kacang Bogor : Morfologi, Nama Wilayah, Jenis, Kandungan Dan Manfaatnya

Kacang polong dapat bertumbuh dengan metode yang sempurnya apabila akarnya tumbuh dengan baik.

Tumbuhan kacang polong ini mempunyai sistem perakaran yang tercantum pada kalangan pangkal tunggang. Dimana, pangkal tumbuhan kacang polong ini hendak berperan buat meresap sari- sari santapan yang terdapat di dalam tanah.

Pangkal tumbuhan kacang polong ini mempunyai corak yang sama pada pangkal tumbuhan biasanya. Perihal ini meyakinkan jika tumbuhan kacang polong ini mempunyai corak yang putih sampai coklat sebab kotor.

  • Batang Tumbuhan

Tumbuhan kacang polong ini tampak dengan batang yang sangat unik serta apik. Apalagi, kamu dapat membedakan mana tumbuhan kacang yang lain serta mana tamanan kacang polong.

Perihal ini disebabkan, pada perbatangan tumbuhan kacang polong ini mempunyai perbandingan yang mencolok dengan tipe tumbuhan yang lain.

Tetapi, umumnya tumbuhan kacang polong ini mempunyai identitas yang lebih menarik dari tumbuhan yang lain.Tumbuhan kacang polong ialah salah satu tipe tumbuhan yang memiliki batang panjang.

Walaupun batang yang dipunyai oleh tumbuhan kacang polong nampak panjang, tetapi dalam wujud diameternya, tumbuhan kacang polong ini nampak dimensi yang agak sedikit kecil.

Tetapi, tumbuhan kacang polong ini mempunyai perbatangan yang ramping. Serta perihal inilah yang membuat tumbuhan kacang polong jadi tumbuhan yang sangat menarik.

  • Daun Tumbuhan

Daun tumbuhan kacang polong jadi salah satu perihal yang menarik buat dilihat. Dalam perihal ini, tumbuhan kacang polong tumbuh dengan daun yang mempunyai wujud morfologi menarik.

Pada biasanya, tumbuhan kacang polong ini tercantum pada tipe daun yang majemuk.Hendak namun yang membuat tumbuhan kacang polong ini sama dengan tipe tumbuhan kacang yang lain.

Dimana tumbuhan kacang polong ini ada corak yang hijau pada batangnya. Acapkali corak daunnya hendak bergantian, mulai dari corak hijau muda sampai jadi corak hijau tua.

Tumbuhan kacang polong mempunyai daun yang menyirip dengan sistem pertulangan yang agak sedikit unik.

Tidak hanya itu, pada tumbuhan kacang polong ini ada anak daun. Nah, anak daun yang dimilikinya hendak terdiri sekitaran 2 sampai hingga dengan 3 anak daun.

  • Bunga Tumbuhan

Secara universal, tumbuhan kacang polong ini mempunyai bunga yang menarik, serta ini hendak membuat tumbuhan kacang polong jadi lebih indah dalam proses pertumbuhannya.

Tumbuhan kacang polong ini terdiri atas kelopak daun mahkota bunga yang dimilikinya.

Buat kelopak bunga yang dipunyai oleh tumbuhan kacang polong ini terdiri dari 5 kelopak. Apalagi, buat corak dari kelopak bunganya hendak nampak corak yang hijau.

Sama halnya dengan kelopak yang dimilikinya, dimana tumbuhan kacang polong pula mempunyai mahkota yang terdiri dari 5 mahkota.

Baca Juga :  Budidaya Nangka Sayur : Panduan Pemeliharaan Yang Tepat Dan Cepat Berbuah

Corak yang dipunyai oleh mahkotanya nampak corak yang bermacam- macam, ialah putih serta coklat, ada pula rupanya hendak nampak merah muda.

Bunga tumbuhan kacang polong ini pula mempunyai benang sari yang terdiri atas 10. Serta perihal ini pula hendak dibagi sampai jadi 2 berkas.

  • Buah serta Biji Tumbuhan

Cuma sedikit sumber yang menarangkan tentang klasifikasi serta morfologi tumbuhan kacang polong. Serta perihal ini hendak membuat ulasan buah serta bijinya hendak tidak ditemukan semacam apa dimensi yang dimilikinya.

Tetapi tenang bila kamu terletak disini, hingga kamu hendak mengenali sebagian perihal saja tentang buah serta biji yang dipunyai oleh tumbuhan kacang polong.

Semacam dengan namanya, dimana buah yang dipunyai oleh tumbuhan yang satu ini tercantum tipe buah yang berpolong- polongan.


Kandungan Gizi Kacang Ercis

Kacang polong ataupun ercis merupakan tumbuhan dalam famili legum yang mempunyai popularitas salah satu santapan sehat.

Mempunyai nama latin Pisum sativum, kacang polong banyak disantap bagaikan santapan buat diet dalam produk kalengan sebab kalorinya yang amat rendah.

Dekat 70% dari kalori kacang polong ataupun ercis berasal dari karbohidrat. Sedangkan itu, sisanya berasal dari protein dengan sedikit lemak.

Nutrisi mikronya juga tidak main- main, mulai dari vit C sampai mineral, banyak yang hendak Kamu miliki dari kacang yang bercorak hijau ini. Berikut ini profil nutrisi dari kacang polong ataupun ercis buat tiap 170 gram- nya:

  • Kalori: 62
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Serat: 4 gram
  • Protein: 4 gram
  • Vit A: 34% dari Angka Kecukupan Gizi( AKG) harian
  • Vit K: 24% dari AKG harian
  • Vit C: 13% dari AKG harian
  • Vit B1: 15% dari AKG harian
  • Vit B9: 12% dari AKG harian
  • Mangan: 11% dari AKG harian
  • Zat besi: 7% dari AKG harian
  • Fosfor: 6% dari AKG harian
  • Vit K1: dekat 23% dari AKG harian

Bagaikan tipe kacang- kacangan, ercis pula memiliki molekul antioksidan yang diucap polifenol. Polifenol menolong mengatur radikal leluasa sehingga berpotensi buat melindungi sel badan serta membatasi penyakit kronis.


Manfaat Kacang Ercis

Supaya tidak salah dalam menguasai khasiat serta manfaat kacang ercis, kami bagikan rincian uraian tentang sebagian khasiat biji ini buat kesehatan Kamu. Berikut ini datanya.

  • Baik buat kesehatan otot

Khasiat kacang ercis sangat baik digunakan buat menyehatkan otot Kamu. Terlebih bila Kamu memiliki pekerjaan yang memerlukan kekuatan otot yang baik, hingga pemecahan sehat buat melindungi otot merupakan komsumsi kacang ini.

  • Menolong program diet

Manfaat kacang ercis berguna untuk Kamu yang mau mengawali melaksanakan program diet. Kacang sehat yang satu ini memiliki beberapa vit serta mineral yang baik buat merendahkan berat tubuh berlebih di badan Kamu.

  • Anti kolesterol tinggi

Khasiat kacang ercis dapat digunakan buat Kamu yang memiliki kolesterol besar. Isi natural dalam kacang ini sanggup menolong merendahkan kandungan kolesterol jahat yang kadarnya sangat banyak di dalam badan Kamu.

  • Baik buat kesehatan mata

Manfaat kacang ercis sanggup jadi santapan bernutrisi buat mata. Isi vit A yang natural dalam kacang ini hendak menyehatkan mata Kamu serta menghindari terbentuknya kehancuran mata akibat penyakit ataupun peradangan yang lain.

  • Menyehatkan sel tubuh

Khasiat kacang ercis buat sel badan Kamu telah teruji khasiatnya. Bila Kamu komsumsi kacang ercis dengan teratur, hingga badan Kamu hendak memiliki sel yang lebih sehat tanpa terdapatnya indikasi penyakit akibat sel kanker.

  • Anti diabetes

Bila Kamu memiliki indikasi diabet, mulailah buat komsumsi kacang ercis. Kacang bercorak hijau ini sanggup merendahkan kandungan gula berlebih yang terdapat di dalam darah Kamu sehingga tidak merangsang munculnya penyakit diabet pada badan.

  • Menyehatkan tulang

Kacang ercis pula memiliki kalsium serta beberapa vit yang hendak menyehatkan tulang Kamu. Seperti itu kenapa untuk para pengidap osteoporosis butuh komsumsi kacang ini supaya tulang mereka tidak mengeropos dengan kilat.

  • Baik buat kesehatan organ jantung

Kesehatan jantung yang gampang Kamu miliki terdapat pada kacang ercis. Kacang sehat ini sanggup menyehatkan jantung dan melindunginya dari beberapa penyakit. Kendala kesehatan yang sungguh- sungguh berasal dari jantung juga dapat dicegah semenjak dini.

Baca Juga :  Cara Menanam Kacang Kapri : Teknik Tepat Perawatan dan Masa Panennya

Tanaman Kacang Ercis : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

  • Kurangi nafsu makan

Komsumsi kacang ercis hendak membuat Kamu lebih kenyang dari umumnya. Kacang ini berperan bagaikan pengurang nafsu makan.

Sangat sesuai untuk Kamu yang mau melaksanakan diet dengan gampang tanpa tersiksa hendak nafsu makan yang meningkat.

  • Menghindari penyakit sembelit

Penyakit wasir dapat Kamu tangkal dengan komsumsi kacang ercis. Kacang sehat ini sanggup membuat kesehatan pencernaan Kamu lebih terpelihara, serta pula menyehatkan organ pencernaan. Wasir juga bisa dikurangi efek kemunculannya.

Tidak hanya itu terdapat lagi 5 khasiat yang lain dari kacang ini yang butuh Kamu tahu. Berikut ini khasiat yang lain:

  • Tingkatkan keahlian imun tubuh
  • Menghindari dampak radikal bebas
  • Baik buat kesehatan kulit
  • Memesatkan re- genarisi kulit
  • Menyehatkan pencernaan

Demikian Uraian kami tentang Tanaman Kacang Ercis Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5