Tanaman Jagung Manis : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

4 min read

Tanaman Jagung Manis : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi dan Manfaatnya
0
()

Tanaman Jagung Manis : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi dan Manfaatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Daun Karuk.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Tanaman Jagung Manis : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi dan Manfaatnya


Tumbuhan jagung atau Zea mays saccharata L. berasal dari daratan Amerika.Menurut Warisno( 1998), tumbuhan jagung mempunyai perakaran serabut yang terdiri dari akar primer, sekunder serta adventif.

Tanaman jagung sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia maupun hewan, jagung ialah santapan pokok kedua setelah padi.jagung ialah salah satu bahan santapan yang memiliki hidrat arang,

Bunga pada tumbuhan jagung terdiri dari bunga jantan serta bunga betina yang posisinya terpisah, sebaliknya bunga betina ada pada tongkol jagung.

Biji jagung tersusun dalam janggel merupakan tongkol yang dibangun pada bunga betina sehabis terjalin pembuahan terjalin pertumbuhan biji 7 hari hingga 10 hari, yang awal perkembangannya lelet.

Temperatur yang dikehendaki tumbuhan jagung berkisar antara 21ºC- 30ºC. Hendak namun buat perkembangan yang baik tumbuhan jagung spesialnya jagung hibrida temperatur yang maksimal adalah 23ºC- 27ºC.

suhu dekat 25ºC hendak menyebabkan perkecambahan biji jagung lebih kilat serta suhu besar lebih dari 40ºC  menyebabkan kehancuran embrio sehingga tumbuhan tidak jadi berkecambah.

Keadaan pH yang baik buat perkembangan jagung hibrida berkisar antara 5, 5- 7, 0 serta pH maksimal 6, 8 paling utama pada dikala berbunga serta pengisian biji.

Curah hujan yang wajar buat perkembangan tumbuhan jagung yang sempurna merupakan dekat 250 milimeter/ tahun hingga 2000 milimeter/ tahun.

Jagung hibrida hendak berkembang dengan baik di wilayah yang ketinggiannya lebih dari 5000 meter di atas permukaan laut.( Supapto, 1999).

akar adventif diucap pula akar tunjang. akar ini dari novel sangat dasar. Dekat 4 centimeter di dasar permukaan tanah.

Akar udara merupakan pangkal yang keluar dari 2 ataupun lebih dari novel terbawah dekat permukaan tanah.

Baca Juga :  Cara Merawat Bunga Dahlia Yang Benar dan Giat Berbunga

Batang jagun­g tidak bercabang, berupa silinder. Pada novel ruas hendak timbul tunas yang tumbuh jadi tongkol. Besar jagung bergantung variates, biasanya berkisar 100- 300 centimeter.

Daun jagung memanjang serta keluar dari buku- buku batang. Jumlah daun terdiri dari 8- 48 helaian bergantung varietasnya.

Antara kelopak serta helaian ada lidah daun yang diucap Ligula, guna Ligula merupakan menghindari air masuk ke dalam kelopak daun serta batang.


Klasifikasi dan Jenis Jagung

Menurut Linnaeus dalam Warisno( 1998), klasifikasi tumbuhan jagung merupakan berikut ini:

  • Divisio: Spermathophyta
  • Subdivisio: Angiospermae
  • Kelas: Monocotyledonenae
  • Ordo: Graminae
  • Famili: Graminaceae
  • Subfamilia: Ponicoidae
  • Genus: Zea
  • Species: Zea mays L.

Ada banyak jenis jagung, diantaranya :

  • Jagung gigi kuda( ZeaMays Indentata)
  • Jagung mutiara( Zea Mays Indurata)
  • Jagung manis( Zea Mays Saccharata)
  • Jagung berondong( Zea Mays Everta)
  • Jagung tepung( Zea Mays Amylaceae)
  • Jagung polong( Zea Mays Tunicata)
  • Jagung ketan( Zea Mays ceratina)

Varietas Unggul Jagung Manis

Semacam yang sudah kita tahu bersama, tumbuhan jagung manis pada biasanya mempunyai banyak kepribadian varietas unggulan.

Keunggulan yang ada pada tumbuhan jagung manis tersebut bukanlah sembarangan, sebab sudah teruji keasliannya.

Varietas unggul jagung manis umumnya diperoleh dari hasil pemuliaan dari tumbuhan jagung manis itu sendiri.

Varietas unggul jagung manis tersebut jadi salah satu ketentuan supaya hasil panen yang diperoleh nantinya hendak cocok dengan kemauan, baik dalam mutu ataupun kuantitas.

Berikut ialah sebagian varietas unggulan jagung manis yang telah banyak dibudidayakan di Indonesia.

  • Super Sweet

Jagung ini mempunyai perkembangan tumbuhan yang tegap serta kokoh dan sangat cocok buat dibesarkan di wilayah beriklim tropis.

Karakteristik jagung varietas ini merupakan dimensi tongkolnya yang besar serta terisi penuh. Panjang tongkol 20- 22 centimeter dengan diameter 5- 6 centimeter tanpa kelobot.

Jagung Luar biasa Sweet mempunyai biji yang bercorak kuning.

Jagung ini bisa dipanen pada umur 72 hst bila ditanam di dataran rendah serta usia 104 hst pada dataran tinggi.

Sekali panen, jagung ini umumnya menciptakan produktivitas sebesar 12, 4 ton per hektare. Satu lagi, jagung Luar biasa Sweet ini pula tahan terhadap penyakit karat daun.

  • Sweet Boy

Varietas Sweet Boy mempunyai rasa yang manis serta kandungan gula sampai 13, 4° brix. Karakteristik tumbuhan jagung ini merupakan dimensi tongkolnya yang besar, seragam, serta terisi penuh.

Panjang tongkol menggapai 18- 20 centimeter dengan diameter tanpa kelobot menggapai 5- 6 centimeter. Corak biji jagung kuning terang dengan jumlah 14- 16 baris per tongkolnya.

Baca Juga :  Kenali, Ini Dia 12 Manfaat Daun Poh-Pohan Bagi Kesehatan Yang Jarang Di ketahui

Jagung manis varietas ini biasanya tahan terhadap penyakit bintik daun serta karat daun. Usia panen jagung biasanya 64 hari sehabis tanam di dataran rendah.

Sekali panen, jagung ini dapat menciptakan produktivitas sebesar 14 ton per hektare.

  • Sweet Lady

Varietas Sweet Lady mempunyai perkembangan tumbuhan yang seragam serta kuat. Varietas ini toleran terhadap karat daun serta hawar daun.

Jagung ini pula mempunyai rasa yang sangat manis serta mempunyai kandungan gula sampai 14° brix.

Ciri tumbuhan jagung varietas Sweet Lady merupakan dimensi tongkolnya yang medium agak besar dengan panjang 18- 20 centimeter serta lebar 4- 5 centimeter.

Corak bijinya kuning terang serta jumlah barisnya menggapai 14- 16 baris per tongkol. Usia panen jagung ini merupakan 64 hari sehabis tanam di dataran rendah dengan jumlah panen rata- rata 12, 2 ton per hektare.

  • Bicolour Sweet

Varietas Bicolour Sweet biasanya mempunyai perkembangan tumbuhan yang seragam. Cuma saja, varietas ini memiliki corak yang sangat unik, ialah kuning bercampur putih.

Buat mutu rasanya, pastinya tidak butuh diragukan lagi, sebab nyatanya varietas ini lebih manis dari varietas yang lain. Varietas Bicolour Sweet mempunyai tingkatan kemanisan 13, 5° brix.

Jagung ini dapat diisyarati dari dimensi tongkolnya yang medium agak pendek, seragam, serta terisi penuh. Panjang tongkol cuma 16- 17 centimeter dengan diameter tanpa kelobot sebesar 4- 5 centimeter.

Tidak hanya pertumbuhannya yang seragam, varietas ini pula tahan terhadap karat daun. Jagung ini dapat dipanen pada dataran rendah sehabis 60 hari sehabis tanam.

Dalam sekali panen, jagung ini dapat menciptakan 12, 9 ton jagung per hektare.

  • Master Sweet

Varietas Master Sweet biasanya memiliki mutu rasa yang tidak diragukan lagi. Karena pada dasarnya varietas jagung manis ini memiliki mutu rasa yang sangat manis dengan kandungan gula yang balance.

Biasanya hasil panen yang didapat buat tipe varietas ini tidak sangat banyak serta pula tidak sangat sedikit.


Kandungan Jagung Manis

Isi utama jagung( Zea mays ssp. mays) merupakan karbohidrat sebanyak 80 persen dalam wujud kombinasi amilosa serta amilopektin. Tidak hanya itu pula terdapat protein serta kalori.

Sesungguhnya terdapat banyak tipe jagung sehingga khasiat jagung manis dengan tipe lain pula berbeda. Tetapi semacam dilansir dari USDA AS, isi nutrisi biasanya jagung tercantum lengkap serta bermacam- macam.

Jagung pula kaya vit A, C, E, vit K, asam pantotenat, asam folat, thiamin, riboflavin, niacin, serta pyridoxine. Walaupun memiliki lemak tetapi tidak ada kolesterol didalamnya. Isi seratnya pula lumayan besar.

Baca Juga :  Cara Cangkok Jeruk Cepat Berbuah Panen Melimpah

Isi mineral dalam jagung pula lengkap, semacam kalsium, kalium, magnesium, sodium, selenium, zat besi, mangan, zinc, karoten, tembaga, lutein– zeaxanthin, serta cryptoxanthin- AY.


Khasiat Jagung Manis buat Kesehatan

Isi nutrisinya yang lengkap membuat jagung manis sangat baik disantap secara teratur buat melindungi kesehatan badan. Berikut ini bermacam- macam khasiat jagung manis buat kesehatan.

  • Tingkatkan Kesehatan Jantung

Jagung manis memiliki carotenoid yang sangat bermanfaat buat merendahkan resiko serta menghindari terbentuknya penyumbatan arteri.

Mengkonsumsi teratur jagung manis hendak melindungi serta tingkatkan kesehatan jantung kamu.

  • Menyembuhkan Penyakit Kanker

Jagung pula bertabiat antioksidan yang sangat baik dalam menghindari ataupun menanggulangi sel kanker.

Buat kamu yang mengidap kanker hati serta kanker buah dada sangat dianjurkan komsumsi jagung manis sebab lumayan jitu.

  • Menanggulangi Kendala Pencernaan

Khasiat jagung manis yang kaya serat ini efektif menanggulangi bermacam kendala pencernaan serta sekalian melancarkannya. Pencernaan yang mudah hendak menjauhkan badan dari bermacam penyakit.

  • Mengobati Penyakit Anemia

Jagung manis yang mempunyai isi asam folat, zat besi, serta vit B12 sangat efektif buat menanggulangi penyakit anemia. Rebus saja jagung manis serta peruntukan kemilan santapan yang lezat.

  • Tingkatkan Kesehatan Mata

Isi carotenoid dalam jagung nyatanya pula baik buat menanggulangi kendala mata sekalian menghindari penyakit mata. Makan teratur buah jagung manis pula bermanfaat buat tingkatkan ketajaman penglihatan.

Tanaman Jagung Manis : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

  • Menghindari Cacat Balita Dikala Lahir

Khasiat jagung manis pula dapat menolong kesehatan bunda berbadan dua. Tidak hanya memadai kebutuhan gizi bunda berbadan dua.

nutrisi asam folat dalam jagung bermanfaat tingkatkan kesehatan bayi serta menghindari resiko kelahiran cacat pada balita.

  • Menghaluskan serta Mencerahkan Kulit serta Wajah

Banyak produk kosmetik yang menggunakan minyak jagung sebab khasiatnya dalam proses re- genarisi kulit.

Khasiat jagung manis rebus juga apabila disantap secara teratur dapat menolong perawatan wajah. Terlebih apabila ditambah dengan perawatan masker jagung hendak membuat wajah menawan serta awet muda.

Demikian Uraian kami tentang Tanaman Jagung Manis Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah…

0 () Jenis Pohon Palem Hias Yang Dapat Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang...
Admin1
2 min read

9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral

0 () 9 Tanaman Hias Daun Yang Sedang Viral – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang 9 Tanaman Hias Daun Yang...
Admin1
1 min read

Jenis Tanaman Bonsai Terbaik Yang Membuat Rumah Menjadi Lebih…

0 () Jenis Tanaman Bonsai Terbaik Yang Membuat Rumah Menjadi Lebih Indah – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Bonsai....
Admin1
1 min read