Tanaman Gambir : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Senyawa Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

4 min read

Tanaman Gambir : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Senyawa Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
0
()

Tanaman Gambir : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Senyawa Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Gambir.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Tanaman Gambir : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Senyawa Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Gambir( Uncaria) merupakan genus tanaman yang tercantum suku rubiaceae. Di Indonesia gambir pada biasanya digunakan buat menyirih.

Tumbuhan gambir sudah lama diketahui di wilayah Semenanjung Malaya, Singapore, serta Indonesia, spesialnya daerah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, serta Maluku.

Tumbuhan gambir iniberasal dari Sumatera serta Kalimantan. Gambir liar hidup di hutan- hutan sekunder, pada ekosistem yang tidak sangat kering serta tidak sangat basah.

Tumbuhan gambir menciptakan makna buah dengan rasa yang khas ialah getir serta kelat. Namun lama kelamaan sehabis dikunyah rasanya hendak berganti jadi manis.

Tumbuhan gambir berkembang dengan menjalar. Pengelompokkan gambir dalam klasifikasi tanaman serta karakteristik morfologinya bisa dilihat di bagian dasar ini.

Khasiat yang lebih berarti merupakan bagaikan bahan penyamak kulit serta perona. Gambir pula memiliki katekin( catechin), sesuatu bahan natural yang bertabiat antioksidan.

India mengimpor 68% gambir dari Indonesia, serta memakainya bagaikan bahan kombinasi menyirih.


Kandungan Senyawa Gambir

Isi yang merupakan flavonoid( paling utama gambiriin), katekin( hingga 51%), zat penyamak( 22- 50%), dan beberapa alkaloid( semacam gambir tannin) serta turunan dihidro- serta okso- nya.

Sediaan gambir termuat dalam Ekstra Farmakope Indonesia 1974 bagaikan Catechu EFI( Gambir EFI), dengan isi isi d- katekin 7- 33% serta asam katekutanat( sejenis tanin) 22- 50%.

Konsumsi utamanya bagaikan astringensia.Gambir pula memiliki katekin( catechin, cyanidol- 3) digunakan bagaikan anti- histamin yang dapat digunakan dengan anti- alergi.

Dapat digunakan bagaikan hepatitis serta cedera pada hati, yang dapat digunakan  obat di situ.


Klasifikasi Gambir

Berikut merupakan klasifikasi ilmiah yang terdapat dalam dari tumbuhan gambir. Antara lain;

  • Kingdom;Plantae
  • Divisi;Magnoliophyta
  • Kelas;Magnoliopsida
  • Ordo;Gentianales
  • Famili;Rubiaceae
  • Genus;Uncaria
  • Spesies;Uncaria gambir
  • Famili;Basellaceae
  • Genus;Anredera
  • Spesies;Anredera cordifolia( Ten.) Steenis
Baca Juga :  Budidaya Ubi Jalar : Cara Tanam dan Perawatan Yang Tepat Hasil Melimpah

Karakteristik Morfologi Gambir

Gambir merupakan tumbuhan tingkatan besar dengan bagian badan yang lengkap, mulai dari struktur batang, tangkai, daun, bunga, buah, biji, sampai pangkal.

Organ- organ tersebut bisa dilihat secara langsung dengan kasat mata sebab ialah bagian dari identitas morfologi tumbuhan gambir.

  • Batang

Gambir merupakan kelompok tumbuhan perdu memanjat, batangnya tersusun sangat padat. Wujud batang gambir ialah antara kubus ataupun silinder tidak beraturan dan tidak berambut.

Percabangan batang gambir berupa simpodial. Corak batang gambir mulai dari cokelat sampai cokelat kemerahan, serta bisa ditemui aroma yang khas.

  • Daun

Daun tumbuhan gambir ialah daun tunggal yang berkembang pada tiap tangkai batang. Daun gambir berupa oval memanjang, bagian ujungnya runcing serta tepi daun bergerigi.

Permukaan daun licin serta dilengkapi tangkai daun yang pendek.

Dimensi daun gambir menggapai 8 hingga 13 centimeter panjangnya, serta lebar daun dekat 4 hingga 7 centimeter. Antara 2 tangkai daun gambir bisa ditemui kait.

Letak daun gambir pas berhadapan dengan perulangan daun dasar yang menonjol.

  • Bunga

Tumbuhan gambir tercantum ke dalam tanaman berbunga serta bunga gambir tersusun majemuk. Wujudnya menyamai lonceng serta ditemui berkembang pada ketiak daun.

Dimensi bunga gambir tidak sangat besar, ialah dekat 5 centimeter.

  • Buah serta Biji

Buah tumbuhan gambir merupakan bagian generatif tanaman, wujudnya berbentuk polong semu dengan penampang yang berdimensi 2 centimeter.

Berbeda dengan bagian daunnya, buah gambir dipadati oleh bagian biji- biji halus, ukurannya dekat 1 hingga 22 milimeter.

Bagian terluar buah terdapat bagian sayap yang membolehkan biji yang terdapat di dalam buah bisa tersebar sebab angin kala polong mulai terbuka.

Biji gambir bercorak kuning serta wujudnya semacam duri, ukurannya sangat kecil.


Khasiat Dan Manfaat Gambir

Beberapa isi baik di dalam gambir menampilkan kalau bermacam khasiat kesehatan ditawarkan oleh tumbuhan ini.

Beberapa khasiat kesehatan yang bisa diperoleh pengguna gambir antara lain merupakan:

  • Sakit Perut serta Sakit Gigi

Gambir di Singapore banyak digunakan bagaikan bahan obat sakit gigi serta sakit perut.Ekstrak daunnya sanggup menolong meredakan rasa sakit pada gigi ataupun perut sebab watak antibakteri yang besar.

  • Diare serta Disentri

Bila biasanya diare diatasi dengan mengkonsumsi oralit, alternatif terbaik dari obat ini merupakan ekstrak gambir yang memiliki antibakteri.

Tidak hanya melenyapkan rasa sakit perut, ekstrak daunnya bermanfaat menanggulangi diare berkat isi astringent di dalamnya.

Baca Juga :  Cara Budidaya Bunga Hortensia Dan Perawatannya Agar Cepat Berbunga

Di Malaysia, gambir telah lumayan kerap dimanfaatkan bagaikan obat tradisional untuk keadaan diare sekalian disentri[1].

  • Sakit Tenggorokan

Ekstrak tumbuhan gambir pula bisa digunakan bagaikan bahan obat kumur untuk pengidap sakit kerongkongan.

Watak antibakterinya serta antioksidan siap mencegah kuman pemicu radang serta memesatkan kesembuhan kerongkongan.

Tidak cuma itu, ekstrak tumbuhan ini di Jepang banyak digunakan bagaikan salah satu bahan pembuatan permen pelega kerongkongan yang kerap disantap oleh para perokok di negeri tersebut.

  • Penyakit Radang Usus serta Lambung

Watak anti- inflamasi di dalam ekstrak daun gambir bisa dimanfaatkan bagaikan obat untuk sakit lambung ataupun radang usus.

Untuk pengidap lambung, khasiat ekstrak gambir bisa lebih maksimal bila dikombinasi dengan madu buat pengobatan lebih kilat.

  • Plak Gigi

Tidak hanya menanggulangi sakit gigi, pemakaian gambir sangat bermanfaat dalam menanggulangi plak- plak yang melekat pada gigi.

Kuman Streptococcus mutans merupakan yang sangat sering menimbulkan plak pada gigi.

Isi tanin yang menawarkan watak antibakteri siap melawan plak- plak gigi yang pula berisiko sakit gigi.

  • Penyakit Jantung

Isi katechin di dalam ekstrak gambir menawarkan watak antikardiovaskular serta antiobesitas yang tidak cuma menolong menanggulangi permasalahan obesitas.

Kegemukan sering jadi aspek penambah resiko penyakit sungguh- sungguh semacam penyakit jantung, hingga pemakaian ekstrak gambir bisa merendahkan resiko kelebihan berat tubuh sekalian menghindari serbuan jantung.

Penyakit jantung pula terpaut erat dengan keadaan aterosklerosis serta ekstrak gambir sudah terbukti sanggup membatasi aterosklerosis pada tikus.

Perihal ini juga jadi fakta lain kalau gambir bisa menghindari aterosklerosis yang sanggup tingkatkan resiko penyakit jantung.

  • Cedera Bakar serta Kanker Kulit

Isi katechin yang bawa watak antikanker bisa dimanfaatkan bagaikan penurun resiko pertumbuhan sel kanker kulit.

Tumbuhan gambir banyak digunakan bagaikan salah satu bahan produk tabir surya yang bermanfaat melindungi kulit dari bahaya paparan cahaya ultraviolet dari matahari pemicu kanker kulit.

Tidak hanya kanker kulit, khasiat gambir buat kesehatan kulit yang lain merupakan menanggulangi cedera baka sebab di Malaysia obat cedera bakar dengan isi ekstrak gambir telah lumayan universal.

  • Cedera Terbuka

Buat mengobati cedera dengan lebih kilat, pemakaian gambir bagaikan obat telah terpercaya berkat isi antibakterinya.

Gambir efisien dalam melawan serta menghindari peradangan kuman sekalian memesatkan pembekuan darah.

Dengan begitu, proses mengeringnya cedera jadi lebih kilat.

  • Jerawat, Keriput serta Flek Hitam

Buat kesehatan serta keawetmudaan wajah, ekstrak gambir merupakan salah satu yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga :  Inilah Cara Merawat Bunga Teratai Agar Lebat Berbunga Serta Morfologi dan Sejarahnya

Anti- inflamasi sekalian antioksidan tercantum di dalam ekstraknya yang bisa digunakan buat menjaga kulit wajah serta membebaskannya dari jerawat.

Pemakaian ekstrak gambir sanggup mengencangkan wajah sekalian melenyapkan flek- flek gelap baik pada kulit perempuan ataupun laki- laki.

Tanaman Gambir : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Senyawa Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

  • Keputihan

Para perempuan dengan permasalahan keputihan pula bisa menggunakan tumbuhan gambir.

Di dalam ekstraknya ada isi tanin yang bawa watak astringent sehingga baik untuk kesehatan organ kewanitaan.

Watak astringent tersebut bisa dimanfaatkan buat melawan kuman ataupun tipe bakteri yang lain pada organ seksual perempuan yang merangsang keputihan.

  • Ejakulasi Dini

Untuk laki- laki dengan permasalahan intim semacam ejakulasi dini, gambir merupakan tumbuhan herbal yang pas buat mengatasinya.

Watak astringent pada daunnya sering dimanfaatkan bagaikan obat untuk laki- laki dengan keluhan lemah syahwat dan ejakulasi dini sehingga sanggup memperpanjang durasi kegiatan intim dengan pendamping.

Gambir ataupun tumbuhan yang diketahui dengan nama ilmiah Uncaria gambir Roxb merupakan tipe tanaman merambat yang telah lumayan lama dimanfaatkan bagaikan obat tradisional.

Hasil ekstraksi tumbuhan yang lebih banyak ditemukan di Sumatra serta Kalimantan ini bisa menanggulangi bermacam berbagai kendala kesehatan.

Tumbuhan perdu dengan batang tegak serta keras bercorak coklat pucat ini dipanen awal kali pada umur antara 1, 5 sampai 2 tahun tahun.

Gambir mempunyai daun tunggal berupa elips bercorak hijau dengan ujung runcing silih berhadapan.

Sedangkan itu, bagian bunganya terkategori majemuk dengan wujud menyamai lonceng.

Bunga- bunga putih berdimensi kecil ada pada bagian tongkol bunga yang bundar.

Buat bagian buahnya malah bercorak gelap dengan wujud menyamai telur serta mempunyai panjang cuma dekat 1, 5 centimeter.

Tumbuhan yang pula masih tercantum famili Rubiace ataupun suku kopi- kopian ini bernilah ekonomi besar berkat daunnya yang sering diambil ekstrak ataupun getahnya.

Penciptaan gambir 90% dihasilkan dari Sumatra Barat dengan Bangladesh, Singapore, Pakistan serta India bagaikan negeri tujuan ekspornya.

Demikian Uraian kami tentang Tanaman Gambir Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5