Tanaman Cocor Bebek : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi, Manfaat dan Cara Budidayanya

5 min read

Tanaman Cocor Bebek : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi, Manfaat dan Cara Budidayanya
0
()

Tanaman Cocor Bebek : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi, Manfaat dan Cara Budidayanya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Cocor Bebek

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Tanaman Cocor Bebek : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi, Manfaat dan Cara Budidayanya


Tumbuhan cocor bebek adalah terna yang berasal dari Madagaskar, tersebar di wilayah tropis.

Cocor bebek yang mempunyai nama ilmiah Kalanchoe pinnata ataupun Bryophyllum pinnatum ini merupakan salah satu tumbuhan hias yang mempunyai banyak khasiat.

Tidak hanya di perkarangan rumah, tumbuhan ini bisa dengan gampang berkembang di parit, kebun sampai tanah yang berbatu.

Cocor bebek mempunyai daun yang tebal serta memiliki banyak air. Batangnya lunak dan mempunyai ruas. Cocor bebek pula mempunyai bunga mejemuk yang rupanya merah.

Di dalam tumbuhan ini memiliki vit c, asam lemon, asam apel, glucoside, tannin, dan bryophyllin A. Sebab kandungannya yang banyak seperti itu cocor bebek mempunyai bermacam- macam khasiat untuk kesehatan.

Cocor bebek biasa digunakan bagaikan obat tradisional yang berperan buat mengobati sakit kepala, batuk, borok, sakit dada, dan penyakit kulit yang lain.

Cocor bebek ialah tumbuhan yang universal yang terdapat di wilayah beriklim tropika semacam di Asia, Australia, India Barat, Selandia Baru, Galapagos, Polinesia, serta Hawaii.

Alibi utama dari penyebaran cocor bebek yang sangat luas ini merupakan sebab kepopulerannya bagaikan tumbuhan hias.


Karakteristik dan Morfologi Tumbuhan Cocor Bebek

Tumbuhan ini merupakan asli dari Madagaskar. Cocor bebek jadi tumbuhan yang universal di wilayah yang beriklim tropis semacam Asia, Australia, Selandia Baru, India Barat, Hawai dll.

Berikut ini sebagian identitas tumbuhan cocor bebek mulai dari batang, daun, serta pula bunga.

Tumbuhan cocor bebek mempunyai batang yang tegak serta sedikit lunak, pula mempunyai pangkal kayu berupa segi 4 tumpul ataupun sedikit membulat.

Cocor bebek dapat berkembang dengan ketinggian menggapai 30 centimeter sampai 1 meteran, sehingga tidak sangat besar serta sesuai buat dijadikan tumbuhan hias dalam pot.

Tumbuhan cocor bebek mempunyai daun yang rimbun banyak di dalam satu pohonnya. Daunnya juga tebal, berdaging, serta memiliki banyak air.

Daun cocor bebek ini bercorak hijau muda, tetapi terdapat pula yang bercorak abu- abu.

Baca Juga :  Panduan Sukses Cara Budidaya Ikan Butterfly Fish Untuk Pemula

Daun ini mempunyai wujud yang bundar memanjang( bundar lonjong) ataupun wujudnya semacam bundar telur serta mempunyai ujung tepi yang beringgit.

Dimensi panjang daun tumbuhan cocor bebek berkisar antara 5- 20 centimeter serta lebar daun yang menggapai 2, 5- 15 centimeter.

Uniknya, daun cocor bebek ini dapat dikembangbiakkan langsung ataupun dapat dijadikan bibit tumbuhan cocor bebek yang baru. Tumbuhan baru ini hendak berkembang di dekat pinggir- pinggir daun.

Bunga cocor bebek tercantum ke dalam bunga majemuk. Bunga nya bisa berkembang pada batangnya serta diatas dedaunannya.

Bila Kamu dapat menjaga tumbuhan cocor bebek ini dengan baik, hingga Kamu dapat memandang tumbuhan cocor bebek ini berbunga dengan bunga yang bercorak terang yang begitu lezat dilihat.

Pastinya dengan tumbuhnya bunga pada tumbuhan ini hendak menaikkan estetika rumah Kamu.


Jenis Jenis Cocor Bebek

Secara totalitas tumbuhan ini terdiri dari 125 tipe dalam keluarga Crassulaceae. Tetapi cuma dekat 5 tipe yang terkenal serta kerap digunakan bagaikan penghias rumah dan jadi tumbuhan obat, ialah:

  • Kalanchoe Pinnata, ialah tipe cocor bebek yang sangat banyak ditemui. Karakteristik utamanya merupakan corak daun yang hijau serta senantiasa nampak fresh.
  • Kalanchoe Blossfeldiana, ialah cocor bebek berdaun sangat tebal serta bercorak hijau tua.
  • Kalanchoe Delagoensis, ialah tipe cocor bebek yang lumayan unik sebab wujudnya nampak semacam batang serta tidak berdaun.
  • Kalanchoe Tomentosa, ialah cocor bebek berdimensi mungil serta mempunyai daun bercorak hijau keputihan sebab mempunyai bulu yang lembut.
  • Kalanchoe Thyrsiflora, ialah cocor bebek yang sangat indah sebab daunnya yang bercorak hijau serta mempunyai gradasi bercorak merah muda.

Ketentuan Berkembang Tumbuhan Cocor Bebek

Ketentuan Berkembang Tumbuhan Cocor Bebek supaya tumbuhan tumbuh dengan baik, berikut ini merupakan penjelasannya:

Tumbuhan cocor bebek bisa berkembang dengan baik pada temperatur malam dekat 21 derajat celcius serta temperatur siang antara 27 sampai 29 derajat celcius.

Buat perkembangan akarnya, dibutuhkan temperatur yang sempurna antara 21 derajat celcius.

Bagi Wolverton( 1997) temperatur yang baik buat perkembangan tumbuhan cocor bebek merupakan dekat 16 sampai 26 derajat celcius dan memerlukan sinar penuh.

Cocor bebek terkategori ke dalam tipe tumbuhan sekulen yang bisa hidup di wilayah yang kering. Tumbuhan ini berasal dari Madagaskar.

Cocor bebek memerlukan curah hujan yang lumayan besar, ialah dekat 250 centimeter per tahunnya supaya tumbuhan sanggup berkembang dengan baik.

Cocor bebek tidak sangat baik berkembang di tempat yang curah hujannya kecil sebab hendak menyebabkan isi air di dalam daunnya menurun.

Bila kalian terletak di wilayah yang kering serta curah hujannya sedikit, kalian wajib sediakan drainase ya supaya konsumsi airnya terpelihara.

Buat menanam tumbuhan ini, kalian bisa menanamnya di bermacam tipe tanah mulai dari tanah yang mempunyai tekstur berpasir sampai tanah yang liat.

Tidak hanya tektur tanah, kalian pula wajib mencermati tingkatan keasaman tanahnya ya. Cocor bebek bisa berkembang dengan baik pada tanah dengan tingkatan keasaman antara 5 sampai 7 pH.

Tumbuhan cocor bebek berkembang dengan baik di dataran rendah sampai ketinggian menggapai 1000 m di atas permukaan laut. Tetapi itu masih tidak absolut.

Baca Juga :  Cara Merebus Daun Sirsak : Takaran Tepat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tumbuhan ini sempat ditemui pula hidup di wilayah dengan ketinggian 2400 m di atas permukaan laut.


Kandungan Zat Cocor Bebek5

Riset di Jepang, diperoleh zat yang tercantum di dalam cocor bebek, ialah bagaikan berikut:

Isi zat kimia: Zat asam amino, zat asam apel, asam malat, asam formiat, vit C, zat lendir, damar, quercetin, diarabonoside, magnesium malat, tanin, kaemferol, kalsium oksalatm serta glucoside


Klasifikasi Tumbuhan Cocor Bebek

Klasifikasi ini dicoba oleh para pakar hayati dengan metode mengelompokkan serta mengkategorikan spesies dari organisme yang telah punah ataupun juga yang masih hidup.

Tujuan dari pengklasifikasian ini merupakan buat memudahkan kita dalam mengidentifikasi, menyamakan, serta menekuni makhluk hidup.

Dengan begitu, kita dapat mencari persamaan serta perbandingan watak dari tiap makhluk hidup.

Berikut ini taksonomi ataupun klasifikasi tumbuhan cocor bebek:

  • Kingdom: Plantae( Tanaman)
  • Divisio: Magnoliophyta( Tanaman berbunga)
  • Classis: Magnoliopsida( Dikotil/ berkeping 2)
  • Ordo: Rosales
  • Familia: Crassulaceae
  • Genus: Kalanchoe
  • Species: Kalanchoe Pinnata

Manfaat Cocor Bebek

Isi farmakologi tersebut tercantum anti- diabetik, anti- neoplastik, antioksidan, immunomodulasi, anti- lipidemik, anti- alergik, serta bahan isi aktif yang lain.

Berikut merupakan uraian manfaat tumbuhan herbal tersebut:

  • Menyembuhkan Indikasi Asma

Buat mendapatkan khasiatnya, kita bisa merebus daun cocor bebek sampai air tersisa separuh dari takaran serta minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

  • Menyembuhkan Cedera Gores

Isi pada tanaman ini pula bisa menghindari terbentuknya peradangan pada cedera. Dikala kita terluka, hingga tumbuklah daun dengan sedikit air setelah itu oleskan pada zona yang terluka tiap 3 jam.

  • Menyembuhkan Bisul serta Memar

Triknya lumayan gampang, lumayan peras daun sampai keluar air serta minum bersama madu. Tidak hanya itu, air perasan pula bisa ditapal ataupun dibalurkan pada zona memar.

  • Menyembuhkan Radang Kuping Luar

Metode menyembuhkan radang kuping luar dengan suru bebek nyaris sama dengan penyembuhan memar tadinya. Peraslah sebagian lembar daun setelah itu pakai buat obat tetes kuping.

  • Menyembuhkan Amandel

Teratur berkumur memakai ekstrak ataupun perasan daun cocor bebek pula dipercaya bisa menanggulangi penyakit amandel. Berkumurlah sampai pangkal kerongkongan supaya hasilnya optimal.

  • Menyembuhkan Sisa Gigitan Nyamuk

Tumbuklah 5 hingga 10 helau serta sampai halus serta menghasilkan air. Pakai air perasan serta oleskan apda bagian sisa gigitan serangga.

  • Menyembuhkan Keseleo

Memarkan daun cocor bebek kemduian tempelkan pada bagian yang keseleo sepanjang 30 menit serta ulangi sepanjang 3 kali satu hari sampai sembuh.

  • Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi yang menimbulkan pembengkakan pada gusi serta pipi bisa diredakan dengan tumbuhan herbal ini. Memarkan daun suru bebek setelah itu tempelkan pada pipi yang bengkak.

  • Meredakan Sakit Perut

Perut yang terasa mulas serta panas bisa diatasi dengan cocor bebek. Kompres perut dengan tumbukan daun sampai sakit mereda.

  • Kompres Demam

Sama semacam metode meredakan sakit perut, tumbukan daun pula bisa digunakan buat mengompres kepala supaya demam lekas turun.


Metode Menanam Cocor Bebek

Berikut ini merupakan sebagian metode menanam cocor bebek, antara lain bagaikan berikut:

  • Pembenihan Cocor Bebek

Cocor bebek ialah tipe tumbuhan yang sangat gampang ditanam serta mempunyai energi tahan dan perkembangan yang baik.

Baca Juga :  Cara Menanam Terong Mudah dan Hasil Memuaskan Untuk Pemula

Tumbuhan cocor bebek ialah tipe tumbuhan adventif, ialah tumbuhan yang reproduksinya ataupun pembudidayaannya bisa dicoba lewat tunas daun.

Ada pula panduan dalam memilah daun indukan yang bermutu, ialah:

    • Memilih sebanyak 2 sampai 3 helai daun cocor bebek yang hendak dijadikan indukan tunas dengan kriteria yang baik serta layak.
    • Daun yang diseleksi haruslah daun yang telah tua serta tidak terdapat cacat maupun sisa guratan sedikitpun.
    • Buat mengambil daunnya, bisa mengambilnya dengan pisau ataupun gunting tumbuhan.
    • Ambillah secara lama- lama serta berhati- hati supaya tidak mengganggu bagian tumbuhan cocor bebek yang lainnya
  • Persiapan Media Tanam( Pot) Cocor Bebek

Tumbuhan ini membutuhkan tanah yang gembur dengan isi bahan organik yang besar biar bisa berkembang produktif.

Dibutuhkan media tanam yang terdiri atas kombinasi tanah serta pupuk kandang, Pupuk kandang ini pula berperan buat menggemburkan tanah.

Dimensi pot yang Disesuaikan dengan dimensi tumbuhan cocor bebek

Masukkan kombinasi tanah serta pupuk kandang tersebut ke dalam pot

Bagian dasar pot diberi pecahan batu ataupun genting buat tingkatkan aerasi serta drainase tanah.

Tanaman Cocor Bebek : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi, Manfaat dan Cara Budidayanya

  • Penanaman Cocor Bebek Dalam Pot

Siapkan 2 helai daun cocor bebek dari tumbuhan cocor bebek yang tua, kemudian letakkan daun tersebut di pot,

Setelah itu tutup dengan tanah tipis,Siram pot dengan memakai sistem spray buat melindungi kelembaban media tanam.Perkenankan sampai cocor bebek menghasilkan tunas serta berkembang.

Metode perkembangbiakan secara tunas daun pada cocor bebek nantinya hendak menciptakan sebagian batang tumbuhan dalam satu daun.

Sehabis tumbuhan cocor bebek berkembang serta sudah menggapai ketinggian 10- 15 centimeter.

Jalani penjarangan dengan metode memindahkan sebagian batang tumbuhan ke media tanam yang lain serta tinggalkan 2- 3 tumbuhan saja dalam satu pot.

  • Perawatan Tumbuhan Cocor Bebek

Secara universal, tumbuhan ini tercantum tumbuhan yang tahan dalam temperatur ekstrim. Apabila penyiraman dan pemupukannya memadai.

Penyiraman pada tumbuhan muda membutuhkan spray namun tumbuhan berusia dapat disiram biasa.

Agenda menyiram tumbuhan senantiasa padi saat sebelum jam 09. 00 serta sore sehabis jam 16. 00. Ini opsi waktu menyiram yang leluasa efek.

Pemupukan lumayan 2 minggu sekali dengan pupuk organik. Dikala pemupukan, sekalian dapat disiangi dari gulma.Bila terdapat air cucian beras, dapat kita pakai buat menyiram pula.

Jalani penjemuran pada tumbuhan cocor bebek dipagi hari sepanjang sebagian jam, kemudian simpan di tempat hitam sepanjang 12- 14 jam, jalani perihal tersebut tiap hari sampai bunganya berkembang.

Demikian Uraian kami tentang Tanaman Cocor Bebek Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5