Pupuk Jagung Manis : Jenis, Metode dan Dosis Yang Tepat

2 min read

Pupuk Jagung Manis : Jenis, Metode dan Dosis Yang Tepat
0
()

Pupuk Jagung Manis : Jenis, Metode dan Dosis Yang Tepat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Pupuk Jagung Manis .

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Pupuk Jagung Manis : Jenis, Metode dan Dosis Yang Tepat


Jagung manis tumbuh dari jenis jagung biasa jenis dent serta flint. Pada jagung ini terjadi mutasi gen resesif yang membatasi pergantian gula menjadi pati.

Kandungan gula pada jagung manis bertambah mulai hari ke – 5 hingga hari ke – 15. Budidaya jagung manis dapat dicoba dalam kisaran udara yang luas. Tumbuhan ini mempunyai tingkatan menyesuaikan diri yang tinggi.

Di Indonesia jagung manis dibudidayakan mulai dari dataran rendah sampai pengunungan dengan ketinggian 1.800 mdpl apalagi dibelahan dunia lain dapat berkembang pada 3.000 mdpl.

Temperatur optimum buat perkembangan jagung manis merupakan 21 – 27 oC, pada masa perkecambahan benih 23 – 27 oC.

Secara teori budidaya jagung manis dapat berkembang di atas tanah dengan tingkatan keasaman 5 – 8 pH. Budidaya jagung manis tidak akan optimal apabila kebutuhan hara tidak tercukupi.

Tumbuhan ini membutuhkan faktor nitrogen (N) dalam jumlah besar. Tetapi pemberian pupuk wajib mencermati penyeimbang antara nitrogen, kalium (K) serta pospat (P).

Pada tiap satu kali siklus penanaman, tanaman jagung manis butuh diberikan pupuk sebanyak 3 kali. Awal, pemupukan dasar pada dikala penanaman benih.

Baca Juga :  Tanaman Jagung Manis : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Kedua, pemupukan susulan sesi awal kala tumbuhan berusia 15 hari. Ketiga, pemupukan susulan sesi kedua di waktu tanaman ini berumur 30 hari. Ayo, ikuti uraian sepenuhnya.


Jenis Pupuk Untuk Jagung

Terdapat beragam tipe pupuk yang dapat Kamu pakai buat kesuburan serta perkembangan tumbuhan. Buat tumbuhan jagung sendiri, Kamu dapat pula memakai pupuk organik ataupun pupuk kompos buatan sendiri.

Bila lahan kecil, dapat pertimbangkan metode tumpang sari jagung serta kacang tanah.

Biasanya, buat tumbuhan jagung, pupuk yang digunakan ialah pupuk tunggal. Pupuk tunggal ialah pupuk yang memiliki satu tipe nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Pupuk yang dibutuhkan oleh tumbuhan jagung ialah pupuk Urea yang berisi zat Nitrogen( N), pupuk SP- 36 yang berisi fosfor( F), serta pupuk KCl yang berisi Kalium( K).

Bila salah satu pupuk ini ataupun pupuk Kalium tidak terdapat, Kamu dapat pula memakai pupuk majemuk yang bernama pupuk NPK.


Metode Pemupukan Jagung Manis


  • Pemupukan dasar

Pada pemupukan dasar, dosis pupuk yang pas buat tumbuhan jagung manis terdiri dari 500 kilogram petroganik, 150 kilogram phonska, serta 75 kilogram urea buat tiap hektare.

Pemberian pupuk dicoba dengan metode ditugali persis di samping benih dalam barisan tumbuhan dengan jarak dekat 10—15 centimeter.

Tujuan dari pemupukan ini, ialah sediakan faktor hara yang lumayan untuk perkembangan benih jagung manis.

  • Pemupukan susulan sesi pertama

Proses pemupukan susulan kali awal ini bisa dikerjakan kala usia tumbuhan jagung manis telah menggapai 15 HST( Hari Sehabis Tanam).

Ada pula pupuk- pupuk yang digunakan antara lain 150 kilogram phonska serta 75 kilogram urea tiap- tiap per hektare.

Dengan membagikan kedua pupuk ini, diharapkan perkembangan tumbuhan jagung manis hendak terus menjadi produktif.

Baca Juga :  10 Manfaat Gambas dan Kandungan Gizi Pentingnya Untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, tumbuhan jagung manis pula memiliki energi tahan yang lebih kokoh dari serbuan hama serta penyakit.

  • Pemupukan susulan sesi kedua

Buat pemupukan susulan sesi kedua, pekerjaannya dilaksanakan pada waktu tumbuhan jagung manis sudah tiba umur 30 HST( hari sehabis tanam).

Proses ini mengandalkan sebagian pupuk yang bermanfaat buat menunjang perkembangan tumbuhan semacam urea sebanyak 150 kilogram per hektare.

Tidak hanya membagikan pupuk secara pas, tumbuhan jagung manis pula butuh disiram secara berkala buat melindungi kebutuhan air serta kelembapan hawa.

Jangan hingga tumbuhan hadapi kekeringan akibat keadaan lahan yang sangat tandus.

Proses penyiangan bisa dicoba saat sebelum proses pemupukan susulan sesi awal serta kedua dilaksanakan. Sedangkan, proses pembubunan hendaknya dikerjakan dalam waktu yang bertepatan dengan pemupukan susulan sesi kedua.

Jaga baik- baik tumbuhan jagung manis yang Kamu budidayakan supaya tidak terkena hama ataupun penyakit. Tipe hama yang sangat kerap mengusik tumbuhan jagung manis yakni penggerek batang.

Hama ini dapat ditanggulangi memakai petrofur pada pcsuk tumbuhan usia 15 hari dengan dosis kurang lebih 10 kilogram/ hektare.

Buat menguasai lebih lanjut menimpa pemberian pupuk pada tumbuhan jagung, ikuti penjelasan lengkapnya berikut.


Dosis Pemakaian Pupuk

Supaya pupuk dapat efisien dikala digunakan serta betul- betul menolong perkembangan tumbuhan, Kamu pula wajib mencermati dosis pemakaian pupuk buat tumbuhan jagung.

Dosis ini pasti berbeda serta dapat terus menjadi meningkat apabila umur tumbuhan terus menjadi tua.

Berikut merupakan ketentuan menimpa dosis pemakaian pupuk buat tumbuhan jagung yang umumnya digunakan. Dapat jadi berbeda dengan tipe pupuk buat tumbuhan lada:

  • Pupuk urea memakai dosis 350 kilogram pupuk per hektar tumbuhan jagung
  • Pupuk ZA memakai dosis 50 kilogram pupuk per hektar tumbuhan jagung
  • Pupuk SP- 36 memakai dosis 200 kilogram pupuk per hektar tumbuhan jagung
  • Pupuk KCl memakai dosis 100 kilogram pupuk per hektar tumbuhan jagung
  • Bila memakai pupuk majemuk ataupun NPK, Kamu dapat memakai perbandingan 15: 15: 15. Takaran pupuk yang digunakan ialah memakai dosis 400 kilogram pupuk per hektar tumbuhan jagung
Baca Juga :  Pakan Ternak Bebek Petelur : Takaran, Jenis Pakan Alami dan Cara Membuatnya

Pupuk Jagung Manis : Jenis, Metode dan Dosis Yang Tepat

Demikian Uraian kami tentang Pupuk Jagung Manis Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5