Pohon Tomat : Syarat Tumbuh, Varietas, Kandungan Buah dan Efek sampingnya

2 min read

Pohon Tomat : Syarat Tumbuh, Varietas, Kandungan Buah dan Efek sampingnya
0
()

Pohon Tomat : Syarat Tumbuh, Varietas, Kandungan Buah dan Efek sampingnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Pohon Tomat.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Pohon Tomat : Syarat Tumbuh, Varietas, Kandungan Buah dan Efek sampingnya


Tomat( Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) merupakan tanaman dari keluarga Solanaceae, tanaman asli Amerika Tengah serta Selatan, dari Meksiko hingga Peru.

Tanaman ini mempunyai buah berawarna hijau, kuning, serta merah yang biasa dipakai untuk sayur dalam masakan ataupun dimakan secara langsung tanpa diproses.

Tomat mempunyai batang serta daun yang tidak bisa disantap sebab masih sekeluarga dengan kentang serta Terung yang mengadung Alkaloid.

Tomat ialah tanaman siklus hidup pendek, bisa berkembang setinggi 1 hingga 3 m.


Syarat Tumbuh Tomat

Tomat bisa ditanam didataran besar ataupun dataran rendah. Pertubuhan yang baik serta maksimal pada ketinggian 100- 2000 m dpl.

Tumbuhan Tomat menghendaki hawa kering, temperatur hawa berkisar 18- 27 oC padasiang hari serta 15- 20 oC pada malam hari.

Tumbuhan tomat berkembang baik pada tanah produktif, gembur serta banyak memiliki zat- zat organis. pH tanah yang sempurna 6– 7.


Kandungan Tomat

Tomat memiliki aktioksidan berbentuk likopen yang bisa menolong memerangi dampak radikal leluasa pemicu kanker. Tomat pula mempunyai isi aktioksidan lain ialah polifenol, naringenin, serta chlorogenic acid.

Baca Juga :  Cara Membuat Pakan Bebek Pedaging : Jenis Pakan dan Nutrisi Yang Pas Agar Cepat Besar dan Sehat

Di samping itu, nyatanya buah tomat rendah kalori serta lemak, namun kaya hendak karotenoid, lutein, gula, vit A, vit C, folat, serta kalium.


Varietas Tomat


  • Monica F1

Varietas ini merupakan salah satu tipe tomat hibrida yang sesuai ditanam didaerah dataran rendah, corak buah matang merah, wujud buah lonjong.Besar 80 gr/ nbuah serta berproduksi besar.

  • Mirah

Varietas baru unggulan merupakan mirah. Kemampuan hasil 30- 45 ton/ ha, penciptaan sampai menggapai 10 tandan perpohon.

Jumlah buah pertandan tiap- tiap 4- 6 buah. Bobot buah rata- rata 80 gr/ buah, sehingga total penciptaan menggapai 4 kilogram pertanaman. Yang khas buah bersiung dipermukaan semacam labu.

Buah bercorak merah terang mengkilap dikala matang.Rasanya manis sedikit masam, rasanya lunak, sesuai buat saus serta pasta.

  • Perdana

Varietas perdana merupakan salah satu tipe tomat hibrida yang sesuai buat wilayah dataran rendah hingga menengah.

Wujud buah keras, bobot buah 70- 80 gr/ buah, corak buah merah mengkilap, kemampuan besar menggapai 3– 4, 5 kilogram per tumbuhan.

Tomat ini sesuai buat disantap fresh ataupun olahan serta tahan di simpan 2 minggu dalam temperatur kamar. Kelebihan tomat ini toleran terhadap penyakit layu kuman serta phythopthora.

  • Ratna

Varietas Ratna sesuai buat dataran rendah hingga lagi, wujud buah besar hingga lagi, corak buah merah ceriah, penciptaan besar sampai menggapai 35- 45 ton.

jumlah buah pertandan 4– 6 buah, buah menggapai 4- 5 kilogram/ tumbuhan, sesuai buat di mengkonsumsi fresh ataupun olahan, tomat ini tahan terhadap penyakit layu kuman serta phytopthora.


Efek Samping Tomat


  • Diare

Tomat mentah rentan terhadap kontaminasi salmonella yang menimbulkan diare.

Suatu riset yang diterbitkan di Bibliotek Obat- obatan Nasional AS, menampilkan terdapat tomat- tomat yang sudah terkontaminasi di Newport serta menimbulkan wabah salmonella.

  • Batu ginjal

Laporan NDTV Food, sangat banyak komsumsi tomat bisa membentuk batu ginjal dalam badan. Sebab tomat kaya hendak oksalat serta kalsium, badan tidak bisa memecah banyaknya nutrisi yang masuk.

Baca Juga :  7 Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan Dari Anti Diabetes hingga Antikanker

Setelah itu, nutrisi bonus ini hendak menumpuk di dalam badan yang hendak menimbulkan pembuatan batu ginjal.

  • Perih sendi

Pembengkakan serta perih sendi ialah dampak samping yang mencuat akibat sangat banyak komsumsi tomat. Tomat memiliki solanin, yang ialah senyawa yang membangun kalsium serta jaringan.

Kala jumlah senyawa tersebut sangat banyak, hingga bisa menimbulkan peradangan serta perih badan.

  • Asam Lambung

Tidak hanya kaya hendak senyawa solanin, oksalat, serta kalsium, tomat pula kaya isi asam sitrat serta malat.

Kala asam sitrat serta malat ini sangat banyak menumpuk di dalam perut, hingga lambung hendak berisi senyawa yang bisa menimbulkan mulas ataupun asam lambung.

Pengidap kendala pencernaan ataupun gastroesophageal reflux disease( GERD) tidak diajarkan komsumsi tomat sangat banyak.

  • Pergantian corak kulit

Likopen yang terdapat pada tomat ialah tipe melamin karotenoid yang bisa tingkatkan kesehatan jantung serta melindungi resiko kanker kardiovaskular.

Namun, kala badan sangat banyak komsumsi tomat, banyak likopen yang masuk ke dalam badan serta menimbulkan pergantian pada corak kulit.

Dengan begitu, komsumsi 75 mg tomat per hari sangat efisien buat menghindari permasalahan pergantian corak kulit.

  • Alergi

Buah tomat pula dikenal memiliki banyak histamin, senyawa yang bisa mengaktifkan sistem imunitas badan buat melanda ancaman dari luar.

Tetapi, sangat banyak komsumsi santapan yang kaya hendak senyawa ini bisa memunculkan ruam serta menimbulkan respon alergi.

Untuk pengidap alergi buah, mengkonsumsi tomat kelewatan mungkin hendak mengidap tanda- tanda semacam bersin- bersin, pembengkakan lidah, mulut, serta wajah, apalagi hingga iritasi kerongkongan serta sesak nafas.

  • Keracunan

Daun tomat bisa meracuni badan. Bila komsumsi daun tomat, mungkin yang akan terjadi ,yakni terjalin iritasi kerongkongan serta mulut yang parah.

Baca Juga :  Ini Dia Efek Samping Daun Pegagan di Balik Manfaat Penting Untuk Kesehatannya Yang Harus Di Ketahui

muntah, pusing, diare, sakit kepala, kejang ringan, serta dapat menimbulkan kematian untuk seorang yang memanglah mempunyai alergi terhadap tomat.

Pohon Tomat : Syarat Tumbuh, Varietas, Kandungan Buah dan Efek sampingnya

Demikian Uraian kami tentang Pohon Tomat Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5