Penggolongan Jenis Sayur

2 min read

0
()

Penggolongan Jenis Sayur – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Penggolongan Jenis Sayur.


Penggolongan Jenis Sayur


Sayuran memanglah sangat baik untuk kita konsumsi. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada sayuran menjadi pelengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan untuk sayuran memiliki golongan jenis sayuran yang berbeda, apa saja? Beri penggolongan jenis sayuran yang perlu kalian ketahui.


Penggolongan Jenis Sayur Yang Perlu Kalian Ketahui

Sayuran Daun

Sayuran daun ini merupakan bagian tumbuhan yang terdapat pada daun yang ada pada bagian batangnya. Dan untuk ciri-ciri sayuran daun yang memiliki kualitas yang baik adalah bagian daun yang utuh, tidak berlubang yang disebabkan oleh hama, dan tidak membusuk.

Selain itu juga untuk melihat kualitas sayur daun terbaik bisa dilihat dari bagian batang dan daunnya yang berwarna segar dan juga masih muda, bagian daun yang lebar dan kompak.

Contoh sayuran daun yaitu bayam, kangkung, kol, kubis, sawi, dan daun singkong.

Sayuran Batang

Sayuran batang ini merupakan bagian tumbuhan yang terdiri dari ruas dan buku. Buku merupakan tempat dari menempelnya daun. Dan ciri-ciri sayuran batang yang memiliki kualitas yang baik adalah umur batang yang masih muda, warna sayuran muda, bersih, cerah, tidak ada bagian-bagian yang digigit hama ataupun busuk.

Contoh dari sayuran batang adalah adas, asparagus, batang seledri, kailan, kecambah, dan rebung.

Baca Juga :  Kandungan Gizi Asam Jawa Dan 25 Manfaatnya Yang Penting Bagi Kesehatan

Sayuran Bunga

Sayuran bunga ini adalah bunga yang merupakan alat perkembangbiakan generative pada tumbuh-tumbuhan. Ciri-ciri sayuran bunga yang berkualitas baik adalah bunga yang tersusun secara kompak, tidak terkena hama, warna sayuran yang segar, dan ukuran bunganya besar.

Contoh sayuran bunga yaitu bunga kol, bunga turi, bunga pisang, dan brokoli.

Sayuran Buah

Sayuran bunga ini merupakan hasil dari penyerbukan dan juga  pertumbuhan yang terjadi oleh organ bunga. Ciri-ciri dari sayuran buah yang berkualitas baik adalah sayuran buah yang memiliki warna cerah dan segar, Tidak terkena hama, tidak rusak maupun busuk, dan memiliki tingkat umur yang cukup yaitu tidak terlalu muda ataupun tidak terlalu dewasa.

Contoh dari sayuran buah adalah Cabai, labu siam, mentimun, paprika, pare, dan tomat.

Sayuran Umbi

Sayuran umbi ini merupakan bagian dari tanaman yang mengalami pembesaran pada tanaman karena akibat dari adanya penimbunan makanan pada bagian tersebut. Ciri-ciri sayuran umbi yang berkualitas baik adalah sayuran umbi yang sudah besar dan cukup umur, tidak tumbuh tunas, pada bagian luarnya tidak ada yang memar, tidak terkena hama, juga tidak ada yang membusuk, dan memiliki bentuk yang lurus dengan diameter yang cukup proporsional.

Contoh dari sayuran umbi adalah kentang, lobak, radis, singkong, talas, umbi bit, dan wortel.

Sayuran Polong

Sayuran polong ini merupakan jenis sayuran polong. Ciri-ciri sayuran polong yang berkualitas baik adalah sayuran yang masih muda, kulit pada buah masih lurus, belum tampak benjolan pada biji, memiliki bentuk buah yang polos besar dan lurus, memiliki warna buah yang terlihat segar, dan tidak terkena hama ataupun busuk.

Contoh dari sayuran polong seperti buncis, kacang merah, kacang panjang, dan kedelai.

Baca Juga :  14 Manfaat Labu Siem dan Kandungan Gizi Pentingnya untuk Tubuh

Sayuran Umbi Lapis

Ciri-ciri sayuran umbi lapis yang berkuallitas baik adalah umbi lapis yang sudah cukup umur dan besar, memiliki lapisan yang tebal dan kompak, tidak ada yang rusak karena hama, dan tidak ada bagian yang busuk.

Contoh dari sayuran umbi lapis adalah bawang bombay, bawang merah dan bawang putih.

Sayuran Jamur

Sayuran yang berkualitas baik mempunyai ciri-ciri seperti sayuran jamur yang masih muda dan cukup umur, tidak terkena hama ataupun busuk, dan bersih.

Contoh-contoh dari sayuran jamur adalah jamur kancing, jamur kuping, jamur merang, dan jamur tiram.

Manfaat Sayur-Sayuran

  1. Mencegah dan juga mengurangi stres yang berlebih
  2. Memperlancar buang air besar
  3. Mempertahankan berat badan seimbang
  4. Mencegah penyakit kanker dan jantung
  5. Sumber energi tubuh
  6. Mencegah kelahiran bayi cacat
  7. Membersihkan racun didalam tubuh (Detoksifikasi)
  8. Membuat kulit sehat
  9. Menjaga kesehatan mata
  10. Memperkuat tulang
  11. Menu makanan sehat

Nah itulah tadi Penggolongan Jenis Sayur dari tanam.co.idSemoga bermanfaat.

 

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5