Pakan Ternak Bebek Petelur : Takaran, Jenis Pakan Alami dan Cara Membuatnya

5 min read

Pakan Ternak Bebek Petelur : Takaran, Jenis Pakan Alami dan Cara Membuatnya
0
()

Pakan Ternak Bebek Petelur : Takaran, Jenis Pakan Alami dan Cara Membuatnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Pakan Ternak Bebek Petelur .

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Pakan Ternak Bebek Petelur : Takaran, Jenis Pakan Alami dan Cara Membuatnya


Telur bebek, tidak hanya ukurannya yang lebih besar dibanding telur ayam telur bebek pula mempunyai cita rasa berbeda yang harganya lebih mahal dibandingkan telur ayam.

Tidak hanya itu telur bebek pula banyak diolah jadi telur asin yang mempunyai banyak peminat. Perihal ini membuat banyak orang tertarik buat membuka usaha bebek petelur.

Salah satu aspek penentu keberhasilan usaha ternak bebek petelur merupakan pemberian pakan yang bermutu.

Buat urusan ini memanglah sudah ada bermacam tipe pakan siap mengkonsumsi yang bisa dengan gampang ditemui di toko- toko yang menjual pakan ternak.

Pakan siap mengkonsumsi ini sudah lewat perhitungan yang presisi sehingga nilai gizinya telah diperhitungkan dengan baik pula cocok kebutuhan bebek.

Tetapi sayangnya harga pakan bebek petelur yang dijual di pasaran lumayan mahal sehingga kurang sesuai digunakan oleh peternak bebek petelur skala kecil yang baru mengawali usahanya.

Buat menyiasatinya kamu bisa membuat sendiri pakan bebek petelur sehingga bayaran pakan bebek dapat ditekan.

Tidak hanya lebih murah dari segi bayaran membuat sendiri pakan bebek petelur menghindarkan kamu dari pemakaian bahan- bahan kimia , hewan ternak bisa berkembang natural.

Kebalikannya kamu bisa memilah bermacam bahan natural yang bertabiat organik sehingga bebek bisa berkembang sehat serta produktif

Buat membuat pakan bebek petelur murah dapat ditambahkan dengan memakai bahan yang ada di alam semacam bekicot, kerang, ikan kecil, keong emas, daun beluntas, daun katuk serta sebagian bahan yang lain.

Buat sejenis bekicot, keong emas, kerang metode penggunaannya dengan diiris kecil- kecil, dikeringkan serta dicampurkan dengan bahan yang lain.

Dapat pula diiris tipis serta langsung diberikan dengan dicampur kosentrat, nasi aking serta jagung giling. Apabila perihal ini diberikan bisa mendukung perkembangan bebek.

Takaran Pakan Bebek Petelur

Dikala ini kosentrat yang biasa digunakan buat bebek petelur merupakan kosentrat 144. Harga konsentrat bebek petelur 144 berkisar Rp 230. 000,- per sak berisi 50 kilogram.

Sebagian isi dalam pakan konsentrat 144 antara lain protein, lemak, serat, abu, kalsium, fosfor serta kandungan air. Pakan bebek petelur serta pedaging memiliki komposisi yang berbeda.

Buat itu, butuh komposisi yang pas supaya bebek bisa menciptakan telur yang bermutu.

Buat takaran pakan bebek petelur dapat memakai komposisi bekatul, jagung kuning giling, kacang hijau, kacang kedelai, beras merah, bungkil kelapa serta tepung ikan.

Baca Juga :  Inilah Panduan Budidaya Lebah Madu Untuk Pemula Panen Sukses

Bila membuat sendiri dengan bobot 100 kilogram hingga komposisi yang digunakan merupakan bekatul 5 kilogram, tepung ikan 8 kilogram, bungkil kelapa 7 kilogram, jagung kuning 25 kilogram.

kacang kedelai 20 kilogram, kacang hijau 20 kilogram serta beras merah 20 Kilogram. Buat bahan pakan yang berupa biji- bijian terlebih dulu dihaluskan jadi tepung.

Santapan bebek kecil tidak hanya kosentrat pula dapat diberikan bahan pakan lain semacam yang kami sebutkan di atas, pula butuh ditunjang dengan komposisi yang balance cocok dengan usianya.

Perbandingan usia pengaruhi komposisi pakannya. Buat anakan bebek yang baru menetas sampai usia 8 minggu dapat diberikan protein 17– 22%, tenaga 3. 200 kkal, calium 0, 6%, methionin 1, 05%.

Buat usia 9 minggu sampai masa bertelur pemberian protein 15– 19%, protein 2. 700 kkal, calium 0, 60

buat bebek dara sebaliknya yang siap bertelur 2, 9– 3, 25% serta methionin buat dara o, 29% serta siap bertelur 0, 37%.


Jenis Pakan Ternak Bebek Petelur Alami

Dikala ini banyak warga yang meningkatkan pakan ternak petelur fermentasi. Pakan ternak tersebut di fermentasi supaya bisa bertahan lebih lama.

Pakan fermentasi buatan sendiri bisa merendahkan pengeluaran buat pakan. Buat pakan fermentasi bisa diberikan dengan kombinasi sedikit air ataupun kering.

Pakan bebek petelur kering bisa diberikan dengan dicampur konsentrat. Pemberian dicoba berselang- seling dengan pakan basah.

Buat minuman bisa dicampur dengan multivitamin supaya bisa tingkatkan energi bebek.

Pakan bebek dengan isi protein besar bisa kita temukan pada pakan/ kosentrat yang sudah banyak dijual dalam wujud pelet hasil penciptaan dari industri populer semacam CPI, Japfa, GC ataupun yang yang lain.

Namun didalam beternak kita wajib dapat mengendalikan pengeluaran bayaran penciptaan supa dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Oleh sebab itu kita pula wajib memakai pakan alternatif lain dari alam maupun limbah pabrik yang mempunyai isi protein besar serta dengan harga murah buat dimanfaatkan bagaikan pakan ternak bebek petelur.

Apa saja pakan tersebut? Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Keong

kalau dalam keong tercantum protein 12%, kalsium 217 miligram, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram keong sawah, serta selainnya memiliki tenaga, protein, karbohidrat, kalsium, serta phosfor.

Dismaping itu keong pula memiliki vit A, E, folat serta niacin.

Kesimpulanya merupakan keong mempunyai isi protein yang sangat besar buat kebutuhan ternak bebek petelur.

Tidak cuma itu keong pula memiliki sumber gizi lain semacam vit serta mineral yang dapat menolong buat menciptakan tenaga.

Hingga tidak heran apabila terdapat banyak para peternak bebek sukses yang memakai keong bagaikan sumber protein pengganti pakan kosentrat dari pabrik.

  • Ikan Rucah

Ikan rucah pula ialah salah satu pakan alternatif natural bebek petelur yang dapat kita miliki dengan harga yang murah.

Keberadaanya yang susah kecuali pada daeran dekat laut sehingga tidak sering para peternak memakai ikan rucah tersebut. Ikan rucah ialah ikan yang tidak layak buat disantap.

Baca Juga :  Budidaya Tomat : Petunjuk, Persiapan, Pemupukan, Pemeliharaan Dan Siap Panen

Ikan rucah tersebut berasal dari hasil tagkapan nelayan ataupun dapat pula hasil dari penyortiran yang telah tidak layak dijual serta kesimpulannya mereka jual dengan harga yang begitu murah.

Ikan rucah tersebut bisa kita manfaatkan bagaikan pakan alternative dengan sumber protein besar buat bebek petelur supaya penciptaan telur yang dihasilkan bisa optimal.

Pemberian pakan tersebut pula wajib tiap hari, sebab dalam satu hari bebek memerlukan konsumsi protein sebanyak 16– 20%.

  • Limbah Pemotongan Ayam

Limbah pemotongan ayam pula bisa jadi pakan alternative dengan sumber protein besar buat bebek petelur.

Limbah pemotongan ayam ini bisa berbentuk kulit ayam, usus serta bagian yang lain yang terencana tidak dimanfaatkan dari tempat pemotongan ayam.

Tetapi saat sebelum memberikannya pada bebek petelur yang kita pelihara, haruslah dicuci terlebih dulu.

  • Hewan Kecil Lain yang Bermanfaat

Tidak hanya ketiga pakan amisan tersebut diatas, masih terdapat banyak pakan alternatif lain dengan sumber protein natural besar yang dapat kita miliki dialam dekat.

Diantara pakan lain tersebut ialah: kodok, kepiting, cacing serta hewan kecil lain yang apabila dimakan tidak membahayakan bebek petelur hingga dapat pula kita bagikan.

  • Kacang- kacangan

Terdapat sumber protein hewani, terdapat pula sumber protein nabati. Buat sumber protein nabati dapat kita miliki dengan kacang- kacangan. Diantara kacang- kacangan tersebut ialah:

Bungkil kedelai ialah kedelai yang tidak layak buat dijual, entah itu sebab rusak ataupun remuk sehingga tidak layak dijual serta kalaupun dapat dijual tentu dengan harga yang sangat murah.

meski diucap dengan bungkil kedelai tetapi buat isi gizi yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan kedelai lain yang masih layak jual.

Hingga dari itu kita bisa menggunakan bungkil kedelai tersebut bagaikan pakan ternak bebek petelur.

  • Jagung

Kita bisa memakai jagung sebagai pakan. 100 gram jagung memiliki 355 Kalori, Vit A: 510 Sang, Vit B1: 0, 38 miligram, Protein: 9, 2 gram.

Juga Karbohidrat: 73, 7 gram, Lemak: 3, 9 gram, Kalsium: 10 miligram, Fosfor: 256 miligram, Besi: 2, 4 miligram, serta Air: 12 gram.

Tetapi wajib kita tahu pula, jagung tak bisa mengambil alih seluruhnya bisa mengantikan peranan makanan.

Sebab dalam satu hari satu ekor bebek petelur memerlukan 16- 20 gram konsumsi protein, sebaliknya jagung cuma mempunyai 9, 2 gram isi protein.

Oleh sebab itu kita pula wajib membagikan sedikit konsumsi pakan dengan sumber protein yang lain.

Terdapat banyak sekali pakan alternatif lain buat mengubah kosentarat pakan ternak bebek petelur yang dapat kita miliki dialam ataupun membeli dengan harga yang murah.

Pakan dengan sumber protein besar memanglah sangat diperlukan oleh bebek petelur pada tiap harinya biar mudah dalam bertelur.

Hendak namun kebutuhan hendak zat gizi lain semacam karbohidrat, kalsium, vit serta gizi yang lainya pula wajib kita bagikan.

Buat kebutuhan karbohidrat bisa kita bagikan dengan bekatul ataupun nasi aking, sebaliknya kebutuhan vit bisa kita bagikan sayur hasil sampah dapur ataupun dapat pula kita carikan diarea persawahan.

Pakan ternak bebek petelur yang baik merupakan pakan yang memiliki banyak protein.

Baca Juga :  Cara Menanam Kelengkeng Agar Cepat berbuah dan Panen Memuaskan(Berhasil)

yang dapat kita bagikan dari pakan alternatif dengan harga yang murah ataupun kita dapat mencarinya tanpa wajib membelinya dengan harga mahal.

Sebab tujuan dari nyaris seluruh peternak merupakan memperoleh keuntungan dengan metode meminimalisir biaya pengeluaran.

Pakan Ternak Bebek Petelur : Takaran, Jenis Pakan Alami dan Cara Membuatnya


Cara Membuat Pakan Bebek Petelur Sendiri

Tidak hanya lebih murah dari segi bayaran membuat sendiri pakan bebek petelur menghindarkan kamu dari pemakaian bahan- bahan kimiasehingga hewan ternak bisa berkembang natural.

Kebalikannya kamu bisa memilah bermacam bahan natural yang bertabiat organik sehingga bebek bisa berkembang sehat serta produktif.

Buat membuat pakan bebek petelur organik diperlukan bahan- bahan berikut yang bisa dengan gampang ditemui di dekat kita antara lain:

  • Serat, sayur- mayur, ataupun cacahan gedebog pisang dekat 20- 30%
  • Dedak ataupun bekatul dekat 20%
  • Konfit BR 511 dekat 30%
  • Air sebanyak 10 liter
  • Suplemen organic cair( SOC) sebanyak 20 tutup botol( buat 1 kw)
  • Tepung ikan ataupun tepung dari bahan lain semacam cangkang udang serta daging bekicot dekat 10%
  • Vit bebek semacam Vibro sebanyak 1 sendok serta air sebanyak 5 liter buat mencairkannya
  • Gula pasir sebanyak seperempat kg.

Sehabis bahan- bahan ini dikumpulkan cocok takaran hingga jalani 6 metode membuat pakan bebek petelur organik berikut ini:

1 sendork Vibro diencerkan dengan 5 liter air, aduk sampai larut.

SOC, gula pasir, serta 10 liter air diaduk sampai larut serta didiamkan sepanjang kurang lebih 15 menit. Perihal ini bertujuan supaya mikroba yang tercantum dalam SOC dapat tumbuh dengan baik.

Siapkan terpal serta bentangkan. Setelah itu sebarkan cacahan serat ataupun gedebog pisang di atas terpal secara menyeluruh dengan ketebalan optimal 20 centimeter.

Setelah itu BR 511 disebarkan di atas cacahan serat tersebut.

Tambahkan lagi tepung ikan ataupun tepung dari daging hewan semacam kodok serta bekicot di atas BR 511 yang sudah disebar tadinya.

Larutan SOC yang sudah didiamkan tadi dicampur dengan bekatul serta diaduk sampai rata. Sehabis itu disebarkan pula di atas tepung ikan.

Setelah itu tambahkan lagi larutan Vibro yang sudah diencerkan tadinya di atas bahan- bahan yang sudah disebarkan di atas terpal tadi. Seluruh bahan ini diaduk sampai mamel.

Sehabis tercampur dengan baik kombinasi tadi kita fermentasikan dengan metode dimasukkan ke dalam tong yang ditutup rapat sepanjang dekat 3 jam.

Sehabis itu pakan siap diberikan pada bebek petelur yang diternakkan. Buat bebek petelur sebanyak 100 ekor pakan ini bisa diberikan dengan takaran 20- 30 kilogram per hari.

Demikian Uraian kami tentang Pakan Ternak Bebek Petelur Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5