Cara Mencangkok Pohon Jambu : Persiapan, Pemeliharaan Dan Penanggulangan

2 min read

Cara Mencangkok Pohon Jambu : Persiapan, Mencangkok, Pemeliharaan Dan Penanggulangan
5
(1)

Cara Mencangkok Pohon Jambu : Persiapan, Pemeliharaan Dan Penanggulangan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Mencangkok Pohon Jambu. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Mencangkok Pohon Jambu : Persiapan, Pemeliharaan Dan Penanggulangan


Mencangkok ialah salah satu cara yang banyak digunakan buat perbanyakan tumbuhan. Umumnya tata cara cangkok digunakan buat perbanyak tumbuhan berbatang keras semacam mangga, jeruk, sampai durian.

Bila Kamu mau perbanyak tumbuhan jambu biji, maka cangkok jambu biji pula dapat dicoba. Beberapa keunggulan dari proses cangkok antara lain bibit tumbuhan lebih cepat berbuah dibanding dengan proses perbanyakan dengan memakai biji.

Tidak hanya itu, bibit yang ditanam dengan memakai tata cara cangkok akan berkembang serta tumbuh persis semacam indukannya.


Cara Gampang Cangkok Jambu Biji

Karena bibit cangkok masih terkategori mahal dibanding dengan bibit dari biji, maka Kamu dapat menggunakan kemampuan ini sebagai salah satu kesempatan usaha.

Persiapan Alat serta Bahan

Saat sebelum mulai mencangkok, Kamu wajib mempersiapkan perlengkapan serta bahan yang diperlukan terlebih dulu. Beberapa perlengkapan serta bahan yang wajib dipersiapkan saat sebelum mulai pencangkokan antara lain:

  • Tali rapia
  • Gunting ataupun pisau tajam
  • Tanah humus
  • Pupuk kandang ataupun kompos
  • Plastik
  • Hormon perangsang akar
Baca Juga :  Cara Budidaya Talas Jepang Tepat Dan Mudah Untuk Sumber Pangan Alternatif

Pilih Tumbuhan Induk yang Berkualitas

Setelah perlengkapan serta bahan siap maka langkah berikutnya yang cukup krusial yakni mempersiapkan serta memilih tumbuhan induk.

Seperti yang sudah di bahas tadinya kalau hasil bibit cangkokan hendak mempunyai mutu yang sama dengan induknya. Oleh sebab itu, pada saat hendak memilih indukan terdapat beberapa kriteria yang wajib dicermati sebagaimana dibawah ini :

  • Pilih tumbuhan yang sudah berusia serta kuat.
  • Sehat serta tidak terserang serbuan hama serta penyakit.
  • Secara riwayat tumbuhan jambu biji sudah menciptakan buah tiap tahunnya.
  • Mempunyai perkembangan yang maksimal.
  • Masih dalam masa produktif serta aktif berbuah.
  • Mempunyai cabang, dahan serta rantinh yang kokoh dan sehat.

Cara Mencangkok Pohon Jambu : Persiapan, Mencangkok, Pemeliharaan Dan Penanggulangan


Cara Mencangkok Tumbuhan Jambu Biji Agar Cepat Berbuah

Sesi berikutnya dalam cara mencangkok jambu biji yakni melakukan pencangkokan. Sebagian tahapan yang wajib dicoba merupakan bagaikan berikut:

  • Persiapkan serta pilih cabang tumbuhan yang hendak dicangkok.
  • Pastikan cabang ataupun dahan dalam keadaan sehat serta kuat.
  • Tidak terkena hama serta penyakit dan mempunyai struktur serta perkembangan yang baik.
  • Dalam satu ruas batang kamu dapat melakukan pencangkokan di lebih dari satu tempat.
  • Tentukan jarak antar cangkokan minimun merupakan 30 centi m.
  • Setelah itu kupas kulit bagian yang hendak di cangkok memakai cutter ataupun pisau panjang sampai ke bagian kayu yang ada lendir( bagian kambium batang)
  • Perkenankan 1- 3 jam supaya lendir pada sayatan cabang mengering.
  • Perihal ini bertujuan buat memesatkan perkembangan pangkal, sehabis itu setelah itu oleskan ZPT pangkal pada bagian tadi.
  • Setelah itu, ambil sebagian genggam tanah, masukkan kedalam plastik transparan.
  • Sehabis itu tempelkan pada bagian yang hendak di cangkik tadi.
  • Tali bagian ujung dari plastik tadi serta yakinkan bagian yang dikelupas tertutup rapat dengan tanah.
  • Setelah itu siram bagian cangkokan tadi, memakai air buat melindungi kelembaban media.
Baca Juga :  Budidaya Walet : Manfaat, Pembibitan Walet Rumahan, Perawatan dan Sistem Panen

Pemeliharaan sehabis Batang Cangkokan Dipotong

Media Tanam Tanah Kombinasi Pupuk

Siapkan polybag ukuran yang besar membiasakan besarnya batang cangkokan. Pakai media tanam tanah yang dicampuri dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 ataupun 2:1. Tanamkan batang cangkokan ke dalam media tersebut sembari membuah sebagian ranting- ranting serta daunnya.

Lakukan Penyiraman secara Rutin

Penyiraman jadi bagian berarti pada kesuksesan tumbuhnya cangkokan tumbuhan jambu air. Maka lakukanlah penyiraman secara teratur pagi serta sore demi menemukan hasil yang optimal.

Lakukan pemeliharaan di dalam media tanam polybag sepanjang kurang lebih 1 bulan ataupun hingga cangkokan nampak telah lumayan kokoh serta bertunas.

Bila telah nampak lumayan kokoh, baru pindahkan ke tanah secara langsung. Dengan metode lumayan mendedel plastik polybagnya saja. Kemudian tanamkan ke dalam tanah.

Penyiangan

Buat memaksimalkam nutrisi yang diserap tumbuhan paling utama bagian yang di cangkok. Maka sangat berarti dicoba penyiangan. Tidak hanya melindungi sanitasi area supaya senantiasa bersih serta memperkecil tingkat

serbuan hama serta penyakit, penyiangan pula hendak menolong pangkal tumbuhan lebih kilat meresap nutrisi yang diberikan melalui pupuk. Dengan demikian hingga bonus faktor hara yang kita bagikan tidak hendak percuma.


Penanggulangan Hama serta Penyakit

Hama serta penyakit ialah musuh utama untuk para tumbuhan. Karenanya buat tingkatkan keberhasilan mencangkok tumbuhan jambu biji. Maka yakinkan tumbuhan induk wajib terlindung dari serbuan hama serta penyakit dalam bermacam keseriusan.

Lakukan penyemprotan fungisida serta pestisida paling utama pada masa penghujan serta menjelang datangnya hujan. Perihal ini bisa menghindari terbentuknya serbuan hama serta penyakit yang dapat menimbulkan kegagalan dalam mencangkok.

Demikian Uraian kami tentang Cara Mencangkok Pohon Jambu Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraia kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga :  Budidaya Buah Naga : Proses, Pembibitan, Pengolahan, Pemeliharaan Dan Panen

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5