Menanam Timun Suri Dengan Mudah dan Tepat Serta Berbuah Lebat

2 min read

Menanam Timun Suri Dengan Mudah dan Tepat Serta Berbuah Lebat
0
()

Menanam Timun Suri Dengan Mudah dan Tepat Serta Berbuah Lebat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Menanam Timun Suri.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Menanam Timun Suri Dengan Mudah dan Tepat Serta Berbuah Lebat


Timun suri ialah anggota keluarga dari tumbuhan tipe labu- labuan ataupun yang biasa diucap Cucurbitacae dalam bahasa Latin.

Timun suri ini bisa membagikan banyak khasiat untuk badan, salah satunya merupakan dengan isi Kalium yang lumayan besar pada timun suri, sehingga bisa menolong buat melindungi kesegaran serta kebugaran badan.

Timun suri ini pula biasa digunakan bagaikan salah satu bahan pada minuman penyegar.Timun suri diketahui bagaikan tumbuhan yang masih sejenis dengan mentimun, sementara itu bukan mentimun.

Bila dicermati, secara raga timun suri tidak mirip dengan mentimun, baik tajuk tanamannya, daunnya, ataupun bijinya tidak sama dengan mentimun.

Buah timun suri yang separuh masak biasanta dijual secara musiman pada bulan ramadhan sebab daging buahnya ialah komponen minuman penyegar buat berbuka puasa.

Timun suri memiliki kalium yang lumayan besar sehingga berguna buat melindungi kesegaran badan.

Timun suri mempunyai wujud memanjang semacam mentimun tetapi wujud daun serta dimensi bijinya lebih menyamai blewah maupun melon.

Buat dapat memanen buah timun suri, wajib mengenali metode terbaik buat mengawali metode budidaya sehingga hendak memperoleh hasil panen yang sempurna

  • Persiapan Lahan

Lahan yang hendak digunakan buat menanam timun suri, dibersihkan terlebih dulu dari gulma ataupun tumbuhan yang lain. berikutnya gemburkan lahan dengan metode dibajak ataupun dicangkul.

Baca Juga :  Manfaat Mangan, Sifat Kimia, Fakta dan Dampak Kesehatannya Yang Perlu Kamu Tahu

Setelah itu, buatlah bedengan dengan dimensi lebar dekat 80- 90 centimeter dengan panjang serta besar bisa disesuaikan dengan keadaan lahan.

Dalam tiap bedengan terbuat 2 lajur ialah kanan serta kiri serta bagian tengahnya terbuat parit dengan lebar dekat 40- 50 centimeter. bila ph tanah dibawah 5, 5 hingga jalani pengapuran dengan dolomit.

jalani pula pemupukan dasar pada bedengan dengan memakai pupuk organik maupun nonorganik. pupuk organik yang bisa digunakan bisa berbentuk pupuk kompos maupun pupuk kandang.

Pupuk anorganik yang dapat digunakan ialah pupuk tsp/ sp- 36, kcl, serta urea/ za dengan perbandingan 2: 1: 1.

Pupuk- pupuk tersebut ditaburkan secara menyeluruh di atas bedengan kemudian dicampur dengan tanah sampai rata. pemupukan dasar ini umumnya dicoba 10- 15 hari saat sebelum tanam.

  • Persiapan Bibit Timun Suri

benih timun suri bisa diperoleh dengan metode membuat benih sendiri dari tumbuhan tadinya. timun suri yang hendak dijadikan bibit diseleksi yang sudah tua serta sehat kemudian diambil bijinya.

Bila tidak mau ribet, kamu bisa membeli biji benih di toko pertanian. sehabis biji benih didapatkan, pilih biji benih dengan metode merendamnya dalam air. bila terdapat benih yang mengapung buang saja sebab kurang baik.

Sehabis dipilih, tiriskan serta jemur benih sampai kering. benih timun suri bisa ditanam langsung maupun disemai terlebih dulu.

Akan tetapi buat memperoleh tumbuhan yang seragam, hendaknya benih disemai dalam polybag semai.

Media semai yang digunakan ialah kombinasi tanah dengan pupuk kandang ataupun pupuk kompos perbandingan 2: 1. bila media semai telah dimasukkan dalam polybag, benamkan 1 benih dalam tiap polybag.

  • Penanaman Timun Suri

bila bibit timun suri sudah berusia dekat 10 hari sehabis semai hingga bisa dicoba penanaman. jarak tanam yang digunakan dalam penanam timun suri ialah dekat 70- 80 centimeter.

Baca Juga :  Tanaman Timun Suri : Klasifikasi, Morfologi, Manfaat Dan Panduan Budidayanya

dalam tiap lubang tanam yang terbuat dengan kedalam selitar 2 centimeter ditanami 2 benih bibit kemudian timbun kembali dengan tanah serta siram supaya lahan senantiasa lembab.

Perawatan Tumbuhan Timun Suri

Penyiraman pada tumbuhan timun suri seperlunya saja sebab tumbuhan timun suri tahan pada kekeringan serta cuaca yang panas.

Lakukan pengontrolan tumbuhan, bila terdapat tumbuhan yang mati ataupun berkembang tidak wajar jalani penyulaman serta ubah dengan tumbuhan yang baru.

penyulaman ini dicoba optimal sampai tumbuhan berusia 10 hari sehabis tanam.Lakukan pula penyiangan pada gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain yang berkembang disekitar tumbuhan.

pemupukan pada tumbuhan timun suri dicoba sebanyak 5 kali sepanjang masa tanam.ialah pada dikala tumbuhan berusia 10 hari , 17 hari , 24 hari , 31 hari serta 40 hari sehabis tanam. pupuk yang digunakan ialah pupuk npk.

Menanam Timun Suri Dengan Mudah dan Tepat Serta Berbuah Lebat

Pemanenan Timun Suri

timun suri bisa mulai dipaen sehabis berusia dekat 60 hingga 70 hari sehabis tanam. buah timun suri yang siap panen ialah buah yang telah tua dengan tangkai buah yang mengering ataupun buah yang lepas dari tangkai.

Dalam satu kali masa tanam, bisa dicoba sebanyak 10- 15 kali pemanenan yang dicoba secara bertahap bergantung pada keadaan serta perawatan tumbuhan.

Demikian Uraian kami tentang Menanam Timun Suri  Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5