Cara Menanam Cabai : Panduan, Bibit, Perawatan Dan Masa Panen

2 min read

Cara Menanam Cabai : Panduan, Bibit, Perawatan Dan Masa Panen
0
()

Cara Menanam Cabai : Panduan, Bibit, Perawatan Dan Masa Panen – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Cara Menanam Cabai. Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


Cara Menanam Cabai : Panduan, Bibit, Perawatan Dan Masa Panen


Nyaris seluruh masakan di Indonesia menggunakan cabe buat penyedap rasa baik cabe merah ataupun cabe rawit. Cabe ialah bumbu yang tetap ada nyaris di segala masakan Indonesia. Sebabnya orang Indonesia ialah pecinta pedas sehingga kala harga cabe naik, pastilah timbul kehebohan di tengah publik.

Tidak cuma cabe rawit dan cabe merah besar, ada sebagian jenis cabe ialah cabe kathur, cabe keriting, cabe Jalapeno, cabe gendot, dan paprika. Namun cabe yang jadi primadona di Indonesia ialah jenis cabe rawit dan cabe merah.

Apabila Kalian adalah penggemar cabe, daripada mesti membeli alangkah baiknya apabila Kalian hanya tinggal memetik saja di taman Kalian. Jangan khawatir, tata cara menanam cabe mudah kok. Kalian pula tidak membutuhkan memerlukan lahan yang luas.


Panduan Menanam Cabai

Bibit Cabai

Untuk sukses menanam cabe, kamu memerlukan bibit yang bermutu. Kamu bisa mimilih bibit cabe bermutu dengan memilih bibit cabe yang fresh.

Dapat pula dengan cara menanam cabe ini, ialah dengan mengambil beberapa cabe setelah itu kupas serta ambil bijinya.

Setelah seluruh biji sudah diambil, jemur bibit di dasar cahaya matahari hingga betul – betul kering. Bila kamu tidak mau bersusah payah mengupas cabe serta mengambil bijinya, dan dapat membeli bibit cabe di toko.

Baca Juga :  Cara Membuat Pakan Bebek Pedaging : Jenis Pakan dan Nutrisi Yang Pas Agar Cepat Besar dan Sehat

Bila kamu hendak menanam cabe dalam jumlah yang besar hendaknya memanglah membeli bibit cabe di toko.

Tetapi bila kamu mau menanam cabe dalam skala kecil, lebih baik mengambil bibit cabe dari cabe segarnya langsung. Bibit cabe yang dijual di toko umumnya diperuntukkan untuk pertanian skala besar serta pasti biayanya berbeda.

Menyemai Cabai

Jika kamu sudah memperoleh bibit cabe terbaik, waktunya kamu menyemai benih. Pakai polybag size kecil sebagai media penyemaian. Masukkan tanah beserta pupuk.

Campur sampai mencapai tinggi polybag. Masukkan bibit cabe ke dalam polybag. Setelah itu lakukalnlah penyiraman tiap hari. Buat lebih detail, begini cara menyemai bibit cabe supaya cepat berkembang :

  • Siapkan Polybag ataupun tempat penyemaian.
  • Masukkan tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 3:1.
  • Letakkan pada tempat yang terlindung dari hujan serta cahaya matahari sepanjang 1 minggu.
  • Rendam bibit dalam air hangat sepanjang 3 jam.
  • Setelah itu letakkan benih ke dalam polybag. Tutup benih dengan tanah dekang kedalaman kira – kira 1 centimeter.
  • Tunggu sampai benih berkecambah.
  • Bila benih sudah berkecambah, baru tumbuhan boleh terserang cahaya matahai.

Cara Menanam Cabai : Panduan, Bibit, Perawatan Dan Masa Panen


Menaman Bibit Cabe.

Jika bibit cabe telah berkecambah alangkah baiknya pula dipindah di tempat yang terserang cahaya matahari. Tujuannya supaya secara bertahap tumbuhan cabe dapat berkembang dengan sehat dengan keadaan tanaman tidak lemas serta pucat dan daun dapat lebih kuat.

Pindahkan bibit cabe dalam pot yang idealnya berdiamer 30 centimeter. Kalian dapat memakai beberapa barang sisa semacam dari kaleng cat, jerigen ataupun ember kecil yang tidak terpakai.

Setelah itu siapkan kembali media tanam yang lebih banyak, ialah dengan kombinasi tanah, pupuk kandang serta pula sekam.

Baca Juga :  Kangkung Darat : Kandungan, Manfaat dan Cara Budidayanya

Seluruhnya dengan perbandingan 3:2:1. Pembuatan media tanam ini dapat kalian siapkan seminggu saat sebelum bibit dipindahkan supaya isi dari 3 kombinasi bahan itu berproses secara kimia.

Hendaknya pemindahan bibit dicoba pada pagi hari dekat jam 07.00 -09. 00 ataupun sore hari sehabis jam 15.30 buat menjauhi tumbuhan tekanan pikiran.

Pindahkan bibit dalam pot, kemudian siram dengan memakai gembor supaya tanah tidak memadat. Setelah itu taruh di tempat terbuka yang terserang cahaya matahari.

Cara perawatan

Siramlah secara teratur tiap harinya supaya tumbuhan cabe dapat berkembang secara cepat serta sempurna. Pastikan tumbuhan cabe yang mulai berkembang tidak kekurangan nutrisi.

Sering – seringlah melihat apakah terdapat tumbuhan lain yang berkembang serta menganggu pertumbuhan cabe. Bila terdapat hama, cabut supaya cabe dapat berkembang dengan baik.

Jangan lupa siram 3 kali seminggu dengan air rendaman pupuk kandang supaya tumbuhan cepat berbuah.

Kala tumbuhan cabe mulai berkembang besar berilah penopang dengan memakai bambu kecil supaya tumbuhan dapat berdiri kuat serta tidak patah. Sehabis berkembang dengan baik serta sempurna, makan proses tumbuhan cabe dapat lebih kilat berbuah.


Pemanenan budidaya cabai

Budidaya cabe merah mulai dapat dipanen sehabis berusia 75 – 85 hari sehabis tanam. Proses pemanenan dicoba dalam sebagian kali, bergantung dengan tipe varietas, metode budidaya serta keadaan lahan.

Pemanenan dapat dicoba tiap 2 – 5 hari sekali, disesuaikan dengan keadaan kematangan buah serta pasar. Buah cabe hendaknya dipetik sekalian dengan tangkainya buat memperpanjang usia simpan. Buah yang dipetik ialah yang bercorak oranye sampai merah. Jalani pemetikan pada pagi hari.

Produktivitas budidaya cabe merah umumnya menggapai 10 – 14 ton perhektar, bergantung dari varietas serta cara budidayanya. Pada budidaya yang maksimal, potensinya dapat menggapai sampai 20 ton perhektar.

Baca Juga :  Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Untuk Pemula

Demikian Uraian kami tentang Cara Menanam Cabai Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraianbi kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5