Ini Dia Masa Panen Kacang Panjang, Perlakuan Pasca Panen Serta Pengendalian Hama dan Penyakitnya

5 min read

Ini Dia Masa Panen Kacang Panjang, Perlakuan Pasca Panen Serta Pengendalian Hama dan Penyakitnya
0
()

Ini Dia Masa Panen Kacang Panjang, Perlakuan Pasca Panen Serta Pengendalian Hama dan Penyakitnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Masa Panen Kacang Panjang.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Ini Dia Masa Panen Kacang Panjang, Perlakuan Pasca Panen Serta Pengendalian Hama dan Penyakitnya


Kacang Panjang, tumbuhan ini berkembang serta berproduksi dengan baik di dataran rendah serta dataran tinggi ± 1500 mdpl, namun yang sangat baik di dataran rendah.

Penanaman di dataran besar, usia panen relatif lama dari waktu tanam, tingkatan penciptaan ataupun produktivitasnya lebih rendah apabila dibandingkan dengan dataran rendah.

Pendayagunaan kacang panjang sangat bermacam- macam, ialah dihidangkan buat bermacam masakan mulai dari wujud mentah hingga masak.

Prospek ekonomi serta sosial kacang panjang sangat terang, sehingga budidaya kacang panjang lumayan menjanjikan.

Kacang panjang pula dipromosikan sebagai sumber protein serta mineral. Dengan demikian sayur- mayur ini menarik atensi konsumen yang paham makna nilai gizi serta mutu santapan.

Kacang panjang ialah komoditi yang tidak tahan lama, gampang busuk serta kilat menyusut kualitasnya.

Buat melindungi hasil panen dari kehancuran serta mempertahankan mutu produk supaya bisa diterima konsumen dalam kondisi fresh hingga butuh dicoba penindakan panen serta pasca panen.

Penindakan panen serta pascapanen hendaknya dicoba secara teliti serta hati- hati supaya diperoleh hasil yang baik.


Kandungan Gizi dan Morfologi Kacang Panjang

Kandungan gizi kacang panjang merupakan protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, besi, fosfor, potasium, sodium, vit B1, vit B2, vit C, serta niasin.

Senyawa- senyawa di dalam kacang panjang ini berfungsi dalam proses proliferasi, diferensiasi, serta sintesis protein di sel sasaran yang berbeda- beda.

Ketinggian optimum merupakan kurang dari 800 meter dpl.

Bibit kacang panjang yang baik serta bermutu merupakan sebagai berikut: Penampilan bernas/ kumal, energi kecambah besar di atas 85%, tidak rusak/ cacat, tidak memiliki wabah hama serta penyakit.

Keperluan benih buat 1 hektar antara 15- 20 kilogram. Benih tidak harus disemaikan secara spesial, namun benih langsung tanam pada lubang tanam yang telah disiapkan.

Baca Juga :  Pohon Terong : Sejarah, Morfologi, Jenis, Manfaat dan Cara Budidayanya

Tumbuhan kacang panjang ialah tumbuhan semak, menjalar, semusim dengan besar kurang lebih 2, 5 meter. Batang tumbuhan ini tegak, silindris, lunak, bercorak hijau dengan permukaan licin.

Daunnya majemuk, lonjong, berseling, panjang 6- 8 centimeter, lebar 3- 4, 5 centimeter, tepi rata, pangkal membulat, ujung lancip, pertulangan menyirip, tangkai silindris, panjang kurang lebih 4 centimeter, serta bercorak hijau.

Bunga tumbuhan ini ada pada ketiak daun, majemuk, tangkai silindris, panjang kurang lebih 12 centimeter.

bercorak hijau keputih- putihan, mahkota berupa kupu- kupu, bercorak putih keunguan, benang sari bertangkai, panjang kurang lebih 2 centimeter, bercorak putih, kepala sari kuning,.

putik bertangkai, bercorak kuning, panjang kurang lebih 1 centimeter, serta bercorak ungu.

Buah tumbuhan ini berupa polong, bercorak hijau, serta panjang 15- 25 centimeter. Bijinya lonjong, pipih, bercorak coklat muda. Akarnya tunggang bercorak coklat muda.


Metode Panen Kacang Panjang

Panen kacang panjang dibedakan 2 berbagai, ialah panen polong muda serta polong tua ataupun biji- bijinya.


Panen polong muda

Dilakukan pada tipe kacang panjang lanjaran( jenis merambat) serta kacang busitao( jenis tegak). Usia tumbuhan siap panen 3, 5- 4 bulan.

Identitas polong yang siap dipanen merupakan dimensi polong sudah optimal, gampang dipatahkan serta biji- bijinya di dalam polong tidak menonjol Waktu panen yang sangat baik pada pagi/ sore hari.


Panen polong tua

Dicoba pada tipe kacang panjang jenis tegak semacam kacang tunggak serta kacang uci serta busitao.

Identitas kacang tunggak yang siap panen merupakan polong- polongnya sudah lumayan tua, biji- biji menonjol serta kulit luar bercorak hijau kekuningan. Usia panen 3- 3, 5 bulan serta waktu panen pada pagi/ sore hari.

Metode panen pada tumbuhan kacang panjang jenis merambat dengan memotong tangkai buah dengan pisau tajam.

Sebaliknya buat kacang pancang jenis tegak dengan metode mencabut/ memotong pangkal batang tumbuhan setinggi 10- 15 centimeter dari permukaan tanah.

Ditaksir penciptaan kacang panjang merupakan polong muda per satuan luas bisa menggapai minimun 2, 0 ton/ ha, bergantung varietasnya.

Pada varietas KP- I bisa menggapai 6, 2 ton/ ha serta KP- 2 sebesar 2, 1 ton/ ha. Serta penciptaan kacang panjang jenis tegak berkisar antara 2, 0- 5, 0 ton biji kering.


Pasca panen


Pengumpulan

Selepas panen, polong kacang panjang dikumpulkan di tempat penampungan, kemudian dicuci serta ditiriskan.

Buat polong tua sehabis dikumpulkan, kemudian polong dikeringkan dengan metode dijemur hingga kandungan air 12- 14%.

Penyortiran

Memisahkan polong muda yang baik dengan yang rusak. Polong kacang panjang dipilah antara yang baik serta yang cacat. Polong yang cacat berbintik gelap, berlubang, ataupun busuk disisihkan.

Dimensi target ekspor, kriteria ketuaan sangat muda ialah dimensi polong cocok permintaan pasar, tingkatan ketuaan polong terkategori muda, penampilan biji tidak menonjol serta bercorak hijau serta fresh.

Buat target pasar ekspor, kriteria kualitas polong muda ialah dimensi polong minimun 20 centimeter, tingkatan ketuaan polong terkategori muda, penampakan biji tidak menonjol serta corak hijau serta fresh.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Cara Menanam Coklat Dan Perawatannya Agar Selalu Berbuah Lebat

Sebaliknya buat polong tua yang telah kering dipisahkan dari kulit polong, serta biji dikeringkan hingga 12%- 14% kandungan airnya.

Buat pasar tradisional, sortasi kurang dicermati sebab pasar tradisional tidak menuntut keseragaman mutu yang baik sebaliknya pasar swalayan yang menghendaki produk yang seragam serta baik kualitasnya.

Penyimpanan

Buat mempertahankan kesegaran polong, penyimpanan sedangkan saat sebelum dipasarkan hendaknya di tempat teduh.

Pemakaian remukan es/ lemari pendingin, sebaliknya polong tua ditaruh di dalam kaleng serta diletakkan di tempat yang kering serta perputaran hawa baik.

Pengemasan serta Pengangkutan

Polong kacang panjang diikat dengan bobot optimal 1 kilogram. Jalinan dikemas dalam karung goni yang berventilasi/ dikemas dalam kantong plastik polytelyne.

Perlengkapan angkut yang digunakan bisa dengan metode dipikul, memakai jasa kendaraan/ perlengkapan transportasi yang lain.

Buat polong tua dikemas dalam kaleng yang ditutup rapat. Saat sebelum dimasukkan ke dalam wadah hendaknya dicampur dahulu dengan minyak jagung biar bebas dari hama penggerek biji.

Penindakan dalam pengemasan kacang panjang dalam wujud polong tua merupakan bagaikan berikut:

  • Gabungkan biji kacang dengan minyak jagung( 10 cc/ kilogram biji).
  • Biji kacang ditempatkan dalam wadah bersih serta ditutup rapat.
  • Biji kacang ditaruh di ruangan yang kering serta bersih.

Buat pemasaran jarak jauh diusahakan sayur- mayur terlindung dari cahaya matahari serta hujan supaya tidak kilat layu ataupun busuk.

Hendaknya kacang panjang yang berakhir dipanen langsung diangkut supaya diterima konsumen dalam kondisi masih fresh.

Kacang panjang pula memiliki bermacam khasiat yang baik buat kesehatan badan. Pada kacang panjang yang masih muda apabila dimakan terasa renyah serta lezat dilalap mentah.

Kacang panjang kerap kali timbul dalam menu masakan kita satu hari hari. Kacang panjang ialah tumbuhan semusim berupa perdu serta merambat, kacang panjang kalangan ini tidak membutuhkan lanjaran tumbuhnya tidak sangat memanjang.

Kacang panjang kerap kali timbul dalam menu masakan kita tiap hari. Tidak hanya gampang didapat, kacang panjang pula bisa diolah jadi berbagai berbagai masakan.

Tidak hanya gampang dimasak, dapat ditumis ataupun dijadikan bagian dari masakan lain.

Kacang panjang ataupun vigna sinensis, gampang ditemui di ladang, di kebun, pekarangan rumah, di sawah ataupun bagaikan selingan tumbuhan palawija yang lain.

Perawatan yang mudah, menjadikan tanaman yang satu ini gampang ditanam. Pada kacang panjang yang masih muda apabila dimakan terasa renyah serta lezat dilalap mentah.

Khasiatnya: memiliki betakaroten, klorofil, vit B1 serta B2, serat dan pektin. Pula mempunyai watak diuretic( peluruh berkemih) tingkatan sedang.

Sayur- mayur ini bermanfaat buat mengatur kandungan gula darah, menanggulangi hipertensi, memperkecil efek stroke serta serbuan jantung, tingkatkan guna organ pencernaan, merendahkan resiko kanker serta menolong menanggulangi wasir.

Di sebagian negeri, kacang panjang digunakan buat menyembuhkan rematik, arthritis, serta kendala saluran kencing.

Sayur- mayur ini efektif buat melindungi kulit dari kendala jerawat, menolong pemulihan cedera bakar, peluruh air seni, menanggulangi diare, eksim, kendala ginjal, gatal- gatal, serta lain- lain.

Baca Juga :  Inilah Kandungan Gizi Kacang Tanah dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Hama Serta Penyakit Kacang Panjang


Ulat Bunga( Maruca testualis)

Indikasi: Larva melanda bunga yang terbuka serta melanda polong.Pengendalian: Penyemprotan dengan insektisida serta rotasi tumbuhan tipe lain

Lalat Kacang( Ophiomya phaseoli Tryon)

Indikasi: Perkembangan tumbuhan terhambat, daun bercorak kekuningan, ada bercak- bercak putih disekitar tulang daun. Pangkal batang terjalin perakaran skunder serta membengkak.

Pengendalian: Penyemprotan dengan memakai insektisida serta melaksanakan pergiliran tumbuhan tipe lain yang bukan dari famili kacang- kacangan.

Penyakit Antraknosa( Colletotricum Lindemuthianum)

Indikasi serbuan bisa terjalin pada dikala dini perkecambahan, dengan identitas ada corak kecoklatan pada batang muda serta keping biji.

Pada tumbuhan berusia serbuan menyebabkan tumbuhan layu serta mati. Ciri- cirinya merupakan pangkal batang membusuk sampai ke perakaran.

Pengendalian: Penyemprotan dengan fungisida pada tumbuhan serta pemberian fungisida seperlunya pada benih saat sebelum ditanam.

Kutu Daun( Aphis cracivora koch)

Penyerangan terjalin pada pucuk batang muda serta daun muda sehingga daun jadi keriting. Kutu menghirup cairan sel tumbuhan yang menimbulkan perkembangan terhambat.Pengendalian: Penyemprotan dengan insektisida

Penggerek Biji( Callosobruchus maculatus L)

Penggerek biji melanda biji tumbuhan dengan karakteristik biji berlubang serta rusak sehingga biji tidak bisa berkembang.Pengendalian: Pemberian insektisida pada benih saat sebelum ditanam

Ulat Grayak( Spodoptera litura F)

Serbuan terjalin pada segala bagian tumbuhan, batang, daun, bunga serta buah.

Indikasi yang terjalin daun berlubang, bunga rontok, batang muda rusak, buah serta polong berlubang. Serbuan terberat umumnya terjalin pada masa kemarau.Pengendalian: Penyemprotan dengan insektisida

Ini Dia Masa Panen Kacang Panjang, Perlakuan Pasca Panen Serta Pengendalian Hama dan Penyakitnya

Penyakit Sapu( Cowpea Witches- broom Virus/ Cowpea Stunt Virus)

Virus ini ditularkan oleh kutu daun, gejalanya ruas batang sangat pendek, tunas ketiak memendek sehingga tumbuhan kerdil sebab perkembangan terhambat.

Pengendalian: Pengendalian virus ini merupakan dengan metode mengatur vektornya, ialah kutu daun dengan melaksanakan penyemprotan insektisida.

Penyakit Mozaik( cowpea Aphid Borne Virus)

Pada daun muda ada warna semacam mosaik dengan corak gelap ataupun kecoklatan tidak beraturan. Virus ini ditularkan oleh kutu daun.

Penangkalan dengan memilah benih yang tahan terhadap virus serta pengendalian dengan penyemprotan insektisida.

Penyakit Layu Kuman( Pseudomonas solanacearum)

Serbuan penyakit ini terjalin pada tumbuhan muda serta berusia. Gejalanya tumbuhan seketika layu serta mati. Ciri- cirinya merupakan pangkal batang membusuk serta bercorak kecoklatan.

Pengendalian dengan penyemprotan Fungisida serta mencabut dan membuang jauh tumbuhan yang terserang

Demikian Uraian kami tentang Masa Panen Kacang Panjang Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5