11 Manfaat Semangka Merah Untuk Kesehatan Serta Mengenal Kandungan Gizinya

3 min read

11 Manfaat Semangka Merah Untuk Kesehatan Serta Mengenal Kandungan Gizinya
0
()

11 Manfaat Semangka Merah Untuk Kesehatan Serta Mengenal Kandungan Gizinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Manfaat Semangka Merah.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini.


11 Manfaat Semangka Merah Untuk Kesehatan Serta Mengenal Kandungan Gizinya


Semangka ataupun mendikai ( Citrullus lanatus, suku ketimun- ketimunan ataupun Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah separuh gurun di Afrika bagian selatan.

Tumbuhan ini masih sekerabat dengan labu- labuan( Cucurbitaceae), melon( Cucumis melo) serta ketimun( Cucumis sativus).

Semangka biasa dipanen buahnya buat dimakan fresh ataupun terbuat juice. Biji semangka yang dikeringkan serta disangrai pula bisa dimakan isinya( kotiledon) bagaikan kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun- ketimunan yang lain, habitus tumbuhan ini merambat tetapi dia tidak bisa membentuk pangkal adventif serta tidak bisa memanjat. Jangkauan rambatan bisa menggapai belasan m.

Daunnya berlekuk- lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, bercorak kuning, kecil( diameter 3cm).

Semangka merupakan andromonoecious monoklin, ialah mempunyai 2 tipe bunga pada satu tanaman: bunga jantan, yang cuma mempunyai benang sari( stamen), serta bunga banci/ hermafrodit, yang mempunyai benang sari serta putik( pistillum).

Bunga banci bisa dikenali dari terdapatnya bakal buah( ovarium) di bagian pangkal bunga berbentuk pembesaran berupa oval.

Buah semangka mempunyai kulit yang keras, bercorak hijau pekat ataupun hijau muda dengan larik- larik hijau tua. Bergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair bercorak merah ataupun kuning.

Tumbuhan ini lumayan tahan hendak kekeringan paling utama apabila sudah merambah masa pembuatan buah.

Baca Juga :  Bukan Sekedar Hiasan Halloween, Inilah Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan Yang Penting di Ketahui

Buah semangka yang mempunyai nama ilmiah Citrullus lanatus merupakan buah tropis yang telah dibudidayakan semenjak 1000 tahun yang kemudian di Lembah Sungai Nil.

Mesir serta pula Tiongkok yang setelah itu telah menyebar di segala dunia tercantum Indonesia. Tidak cuma bagian daging buah dengan citarasa fresh saja yang dapat disantap, tetapi bagian kulit semangka pula memiliki nutrisi spesialnya serat.

Terdapat banyak isi nutrisi dalam buah semangka tidak hanya besar hendak beta karoten serta likopen.

Sebagian nutrisi lain dalam buah semangka yang sangat diperlukan badan antara lain merupakan sebagian tipe vit semacam A, C serta B6 dan sebagian isi mineral serta senyawa organik semacam potasium, protein, magnesium, serat, kalsium, niacin, thiamin serta masih banyak lagi.


Kandungan Semangka Merah

Komposisi( isi) gizi per 100 gr” semangka, fresh”, dengan BDD= 46%( Berat Bisa Dimakan), semacam berikut ini( urut abjad/ huruf)..

  • Abu( Ash): 0, 3 gram
  • Air( Water): 92, 1 gram
  • Besi( Fe), Ferrum, Iron: 0, 2 miligram
  • β- Karoten( Carotenes): 315 mikrogram
  • Tenaga( Energy): 28 Kalori
  • Fosfor( P), Phosphorus: 12 miligram
  • Kalium( K), Potassium: 93, 8 miligram
  • Kalsium( Ca), Calcium: 7 miligram
  • Karbohidrat( CHO): 6, 9 gram
  • Karoten total( Re): 590 mikrogram
  • Lemak( Fat): 0, 2 gram
  • Natrium( Na), Sodium: 7 miligram
  • Niasin, C6H5NO2, Niacin: 0, 3 miligram
  • Protein: 0, 5 gram
  • Retinol( vit A), C20H30O:-
  • Riboflavin( vit B2): 0, 05 miligram
  • Seng( Zn), Zinc: 0, 1 miligram
  • Serat( Fiber): 0, 4 gram
  • Tembaga( Cu), Copper: 0, 04 miligram
  • Tiamina( vit B1): 0, 05 miligram
  • Vit C: 6 miligram

Khasiat Dan Manfaat Semangka Merah


  • Mengendalikan Tekanan Darah

Khasiat magnesium serta kalsium dalam buah kaya air ini sangat baik buat merendahkan tekanan darah.

Kalium ialah vasodilator sehingga dapat kurangi ketegangan pembuluh darah serta arteri sehingga aliran darah terus menjadi mudah serta kurangi tekanan pikiran dalam sistem kardiovaskular.

Sebaliknya karotenoid dalam semangka merah sanggup menghindari pengerasan bilik arteri serta vena sehingga sebagian permasalahan semacam pembekuan darah, serbuan jantung, stroke serta pula aterosklerosis dapat dicegah.

  • Menghindari Heat Stroke

Khasiat semangka merah efisien buat merendahkan temperatur badan dan tekanan darah sehingga sangat baik disantap buat menghindari heat stroke ataupun serbuan panas yang umumnya terjalin di wilayah tropis semacam Indonesia.

Baca Juga :  Inilah 18 Manfaat Bunga Melati Yang Perlu Kamu Tahu Lebih Dari Sekedar di Buat Teh

Isi air besar dalam buah ini pula hendak memicu cairan dalam wujud keringat sehingga badan dapat lebih dingin sepanjang hawa sangat panas.

  • Menghindari Kanker

Semangka merah pula telah diteliti sebagian tahun terakhir spesialnya pada isi likopen besar dalam buah ini yang ialah senyawa fitronutrient buat pemecahan kanker.

Likopen dalam buah ini teruji jitu buat merendahkan resiko sebagian tipe kanker semacam kanker buah dada, prostat, paru paru, endometrium serta pula usus besar.

Tidak hanya sebab isi likopen, penangkalan terhadap kanker dengan komsumsi buah inii pula didapat dari antioksidan pada vit C yang membuat buah ini jadi penangkal sel kanker hebat serta nikmat.

  • Menanggulangi Kendala Ginjal

Isi potasium yang tidak kalah besar dalam semangka merah bermanfaat buat mensterilkan endapan beracun yang terdapat dalam ginjal.

Dengan ini, hingga konsentrasi asam urat dalam darah dapat diturunkan sekalian kurangi resiko kehancuran ginjal serta pembuatan batu ginjal.

Tidak hanya itu, isi air besar dalam buah ini hendak tingkatkan frekuensi buang air kecil buat mensterilkan ginjal.

  • Mengendalikan Diabetes

Buat kamu pengidap diabet sangat dianjurkan melaksanakan diet rendah gula serta semangka merah yang walaupun mempunyai rasa manis ini memiliki kandungan kalori sedikit dibanding dengan isi serat serta air.

Sedangkan mineral serta vit semacam kalium serta magnesium sangat menolong buat tingkatkan guna insulin dalam badan sehingga kandungan gula darah dapat diturunkan serta pula arginine dalam semangka yang efisien buat tingkatkan kinerja insulin pada gula darah.

  • Menghindari Kerusakan Mata

Beta karoten, lutein, vit C serta zeaxanthin yang tercantum dalam semangka merah sangat jitu buat melindungi kesehatan mata secara merata sehingga dapat menghindari kebutaan serta degenerasi berkaitan dengan umur, menghindari kekeringan mata serta saraf optik dan glaukoma.

  • Melindungi Kesehatan Jantung

Karotenoid serta likopen dalam semangka merah hendak tingkatkan guna jantung. Beta karoten mempunyai watak antioksidan serta anti penuaan yang hendak meremajakan kesehatan jantung.

Baca Juga :  Budidaya Azolla : Teknik Mudah Tanam Azolla di Kolam Tanah dan Terpal

Ditambah dengan vit C, karotenoid serta kalium ini nantinya hendak merendahkan resiko serbuan jantung, kurangi kandungan kolesterol serta melindungi kesehatan jantung secara merata.

  • Menghindari Disfungsi Ereksi

Arginin yang pula terdapat dalam semangka merah sangat bermanfaat buat menghindari serta mengobati disfungsi ereksi sekalian tingkatkan libido, kurangi frigiditas serta pula melindungi kesehatan organ intim spesialnya laki- laki secara merata.

  • Meredakan Perih Otot

Buat kurangi rasa sakit pada otot setelah olahraga, semangka dapat jadi pemecahan nikmat sebab memiliki elektrolit serta citrulline asam amino yang sangat jitu buat meredakan perih pada otot setelah olahraga dan menanggulangi letih.

Citrulline ini pula telah diteliti serta teruji buat melenyapkan asam laktat lebih kilat sehingga dapat kurangi perih otot sekalian menolong badan mendapatkan oksigen lebih banyak.

11 Manfaat Semangka Merah Untuk Kesehatan Serta Mengenal Kandungan Gizinya

  • Menghindari Asma Kambuh

Likopen yang jadi antioksidan utama dalam semangka merah hendak menolong respon badan dalam kurangi kambuhnya serbuan asma spesialnya pada anak anak.

Semangka merah pula hendak menolong pengidap asma supaya dapat bernapas lebih baik serta pula isi likopen dan vit A yang mempunyai dampak terapeutik terhadap penyakit asma.

  • Menurunkankan Berat Badan

Manfatat selanjutnya dari semangka merah merupakan isi air besar tetapi rendah kalori sehingga dapat memesatkan metabolisme sekalian menghasilkan toksin dalam badan berikut lemak sehingga berat tubuh dapat diturunkan.

Demikian Uraian kami tentang Manfaat Semangka Merah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5

Nama-Nama Bunga Beserta Artinya

0 () Nama-Nama Bunga Beserta Artinya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Nama-Nama Bunga Beserta Artinya. Contents 1 Nama-Nama Bunga...
Admin1
2 min read

Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari…

0 () Beberapa Tanaman Hias Buah Yang Tidak Kalah Cantiknya Dari Tanaman Bunga – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman...
Admin1
2 min read

Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk

0 () Jenis-Jenis Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk. Contents...
Admin1
1 min read