Manfaat Pare : Mengenal Kandungan Gizi Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4 min read

Manfaat Pare : Mengenal Kandungan Gizi Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan
0
()

Manfaat Pare : Mengenal Kandungan Gizi Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Manfaat Pare.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Manfaat Pare : Mengenal Kandungan Gizi Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Pare atau Sayur bernama latin Momordica Charantia ini merupakan salah satu jenis tanaman yang merupakan anggota keluarga dari mentimun (Cucurbitaceae).

Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sayuran yang satu ini biasanya diolah sebagai tumis hingga menjadi salah satu item di siomay ala Bandung.

Di sisi lain, pare memiliki beberapa sebutan berbeda-beda di tiap daerah. Di daerah Jawa Barat buah pare disebut paria, sedangkan di daerah Sumatera disebut pepare, dan di Eropa buah ini disebut dengan nama Bitter Mellon.


Kandungan Gizi Penting Pare

Riset National Nutrient Data Base (USDA), pare kaya nutrisi vitamin A dan C, folat, niacin, asam pantotenat, Rhiboflavin, Thiamin, serta pyridoxine. Pare juga merupakan sumber energi, protein, karbohidrat, dan serat.

Tak hanya itu, pare mengandung senyawa lain seperi kalium, kalsium, zat besi, sodium, mangan, karoten, dan Lutein-zeaxanthin. Semua kandungan dalam pare tentu sangat dibutuhkan tubuh.

Kandungan vitamin dan mineral sayang jika terlewatkan hanya karena rasanya pahit. Lagipula rasa pahit sayur hijau itu bisa disamarkan dengan cara pengolahan yang tepat.

Pare pahit (Momordica Charantia) merupakan salah satu jenis tanaman yang merupakan anggota keluarga dari mentimun (Cucurbitaceae). Pare pahit biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Di daerah Jawa Barat buah pare disebut dengan nama Paria, sedangkan di daerah Sumatera disebut pepare, dan di Eropa buah ini disebut dengan nama Bitter Mellon.

Baca Juga :  Inilah Manfaat dan Cara Membuat Arang Sekam Padi Bagi Pemula

Bentuk buah pare juga sangat mudah untuk dikenali. Buah ini memiliki permukaan kulit yang bebiku-biku dan berwana hijau gelap atau terang, tergantung tempat tumbuhnya tanaman tersebut.


Daftar 25 Manfaat Pare bagi Kesehatan

Berdasarkan zat-zat yang terkandung, bukti-bukti ilmiah, dan juga pengalaman penggunaan secara turun-temurun, maka dapat dirumuskan khasiat pare pahit bagi kesehatan tubuh sebagai berikut:

  • Mengobati gangguan pernapasan

Pare pahit yang segar merupakan obat yang sangat baik untuk masalah gangguan pada pernafasan, seperti asma, batuk, pilek, dan sebagainya.

  • Mengobati diabetes

Keutamaan pare pahit adalah mengandung Phytonutrient dan Polipeptida-P yang berfunsi sebagai insulin guna menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, zat-zat tersebut juga membentuk Charantin yang berguna untuk meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen di dalam sel-sel hati, otot, dan jaringan lemak.

Karena itulah, pare pahit dianggap ampuh untuk mengurangi kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes tipe-2.

  • Melindungi kehamilan

Pare pahit memiliki kadar folat yang sangat baik, yaitu 72 mikrogram per 100 gram pare, atau setara dengan 18% kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Kandungan folat sangat terutama bagi ibu hamil, terutama pada waktu awal kehamilan, karena dapat membantu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi.

  • Sebagai antioksidan

Pare pahit memiliki kandungan kalori yang rendah, yaitu hanya 17 kalori per 100 gram. Khasiat pare pahit juga kaya akan kandungan serat, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh.

  • Mengurangi sembelit

Pare pahit juga merangsang gerak peristaltik dan pencernaan makanan melalui usus sampai dikelurkan dari dalam tubuh. Hal tersebut sangat membantu dan mengurangi gangguan pada pencernaan dan sembelit.

  • Mencegah radikal bebas

Selain folat, pare pahit juga mengandung Vitamin C yang sangat banyak dan berguna sebagai antioksidan alami yang mampu untuk mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

  • Mengobati jerawat

Manfaat pare pahit juga membantu Anda dalam mengobati jerawat, noda hitam, dan infeksi kulit.

Selain itu, juga pare pahit berguna untuk mengobati gangguan kulit yang disebabkan oleh darah kotor, seperti bisul, kudis, gatal, dan kurap.Antioksidan mampu berguna sebagai anti penuaan pada kulit wajah.

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh

Daun pare pahit yang direbus dalam air dan dikonsumsi setiap hari, mampu untuk melawan infeksi. Selain itu juga, berguna untuk membantu menjaga kekebalan sistem imun tubuh anda.

  • Menjaga kesehatan ginjal dan kandung kemih

Kandungan nutrisi dalam pare pahit membantu menjaga kesehatan hati dan ginjal. Hal tersebut juga mampu untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal.

  • Penyakit jantung

Hal tersebut dikarenakan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyumbat dinding arteri, sehingga mengurangi kemungkinan serangan jantung.

Baca Juga :  18 Manfaat Melon Golden Bagi Kesehatan dan Mengenal Kandungan Gizinya

Manfaat pare pahit juga mampu menjaga kesehatan jantung, karena mengandung nutrisi yang mampu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

  • Mencegah kanker

Mengonsumsi pare pahit secara rutin mampu mencegah sel kanker berkembang biak dalam tubuh anda.

  • Menurunkan berat badan

Antioksidan dalam jumlah banyak yang terkandung di dalam pare pahit, mampu meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan berat badan Anda.

Beberapa faktor lain yang menunjang penurunan berat badan adalah kontrol kalori dan pengisian air dalam tubuh.

Kontrol kalori disebabkan oleh rendahnya kalori yang terkandung dalam pare pahit, sedangkan komponen pengisian pada buah ini adalah air yang berfungsi sebagai supremasi alami kelaparan

  • Memurnikan darah

Manfaat pare pahit yang di jus mengandung anti mikroba dan antioksidan yang membantu mengatasai masalah kulit.

Kelainan darah, memurnikan darah, mengeluarkan racun dalam darah, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

  • Menambah energi

Mengonsumsi jus pare pahit secara rutin dan teratur mampu meningkatkan stamina dan energi dalam tubuh Anda, serta memperbaiki pola tidur bagi Anda penderita insomnia.

  • Menghilangkan ketombe

Selain untuk dikonsumsi, khasiat pare pahit juga dapat dijadikan olahan penghilang ketombe.

Anda cukup mencampurkan jus pare pahit dengan biji jinten, gunakan secara teratur dan ketombe akan hilang dalam waktu 1 bulan.

  • Mengkilapkan rambut

Manfaat pare pahit lainnya bagi kesehatan rambut adalah membantu membuat rambut mengkilap. Anda cukup mengoleskan ke rambut anda secangkir jus pare pahit yang telah dicampur yougurt.

Diamkan beberapa menit, kemudia dibilas dengan air, maka rambut anda akan terlihat lebih mengkilap.

  • Infeksi kulit

Dengan mengosumsi jus pare pahit secara rutin dapat membantu anda dalam meningktkan psoriasis serta infeksi jamur lainnya, seperti eksim, kurap, dan kaki atlet.

  • Menghambat penuaan

Manfaat pare pahit lainnya untuk kulit kita adalah sebagai anti-aging.

Hal tersebut dikarenakan pare pahit banyak mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan dalam tubuh dan mampu menghilangkan radikal bebas, sehingga mencegah keriput dan memperlambat proses penuaan.

  • Menyembuhkan luka lebih cepat

Khasiat pare pahit juga mampu membantu dalam mengendalikan peredaran darah dan pembekuan. Oleh karena itu, mampu menyembuhkan luka lebih cepat dan mencegah infeksi lebih lanjut.

  • Mengobati kulit kepala kering dan gatal

Untuk mengobati kulit kepala anda yang terasa kering, Anda cukup menggosokkan sepotong pare pahit segar pada kepala, kemudian pijat dengan gerakan memutar secara perlahan.

Baca Juga :  Cabai Gendol : Sejarah, Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya

Ssedangkan untuk mengobati rasa gatal di kepala, Anda bisa mencampur jus pare pahit dengan alpukat atau pisang, kemudian oleskan di atas kepala Anda. Hal ini sebaiknya dilakukan minimal 1 kali seminggu.

  • Mengurangi rambut rontok

Untuk mengurangi rambut rontok secara alami, Anda juga dapat menggunakan jus pare pahit.

Anda cukup mencampurkan jus pare pahit dengan sedikit gula, kemudian oleskan di atas kepala anda agar kandungan nutrisi dalam pare pahit dapat meresap ke akar rambut dan menguragi rambut rontok.

  • Membuat rambut menjadi lebih lembut

Bagi Anda yang memiliki rambut kusam dan kasar, Anda dapat menuangkan jus pare pahit pada rambut kemudian rendam selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas rambut sampai bersih.

Penggunaan secara rutin mampu membuat rambut Anda terasa lebih halus dan mengkilap.

  • Mencegah rambut beruban

Pare pahit juga mampu membantu Anda dalam mencegah rambut beruban. Anda cukup mengolaskan jus pare pahit pada rambut.Manfaat akan terlihat setelah pemakaian rutin selama 10 hari.

Manfaat Pare : Mengenal Kandungan Gizi Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Menghilangkan rambut berminyak

Banyaknya asupan minyak pada makanan Anda membuat menimbulkan kandungan minyak berlebih pada rambut. Hal tersebut dapat diobati dengan pare pahit.

Anda cukup mencampurkan jus pare pahit dengan cuka sari apel kemudian dioles pada kepala. Kandungan minyak pada rambut Anda akan segera berkurang

  • Membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda pada wajah

Manfaat pare pahit yang terakhir yaitu mampu membuat wajah Anda terlihat lebih bersinar dan menghilangkan noda.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan antioksidan dan vitamin C dalam pare pahit yang baik untuk regenerasi kulit wajah.

  • Bantu mengobati HIV/AIDS

Berdasarkan tes laboratorium yang diterbitkan dalam Journal of Naturopathic Medicine, menunjukkan bahwa komposisi fitokimia dalam pare menghambat aktivitas human immunodeficiency virus (HIV).

Pare memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS.

Demikian juga, studi awal menunjukkan bahwa pare, dengan sifat antivirusnya dapat mengobati pasien dengan herpes simpleks virus-1 (HSV-1), dan mencegah penyebaran plak herpetik kepada orang lain.

Demikian Uraian kami tentang Manfaat Pare Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5