9 Manfaat Kayu Secang untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Yang Perlu Di Ketahui

2 min read

9 Manfaat Kayu Secang untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Yang Perlu Di Ketahui
0
()

9 Manfaat Kayu Secang untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Yang Perlu Di Ketahui – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Manfaat Kayu Secang.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


9 Manfaat Kayu Secang untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Yang Perlu Di Ketahui


Secang ataupun sepang merupakan saudara dekat kayu brazil ataupun brezel. Sama semacam kerabatnya itu, secang kerap dimanfaatkan buat zat perona santapan, baju, dan benda yang lain.

Kayu secang pula disebut dengan nama seupeung, sepang, cacang ataupun lacang, sopang, ataupun nama asingnya sappanwood. Corak merah yang dihasilkan kayu ini sering untuk perona natural.

Tumbuhan secang memiliki nama Latin Caesalpinia sappan ataupun Biancaea sappan. Tumbuhan secang terkategori perdu berduri anggota suku kacang- kacangan( Fabaceae).

Daunnya kecil, sekilas buah secang mirip dengan petai Tiongkok bercorak kehijauan, tetapi kala tua hendak berganti corak jadi kecokelatan.

Di beberapa negeri orang sebelah di Asia Tenggara tumbuhan ini sudah digunakan bagaikan rempah buat penyembuhan tradisional semenjak abad 17.


Kandungan Penting Kayu Secang

Khasiat kayu secang paling utama dari kandungannya yang efektif buat kesehatan. Antara lain flavonoid, alkaloid, saponin, terpenoid, tanin, fenil propana, kardenolin, brasilein, brazilin, serta antrakinon.

Baca Juga :  Cara Menanam Bayam : Syarat, Budidaya, Pengolahan, Perawatan Dan Tahapan Panen

Kayu secang pula dikenal memiliki minyak atsiri, asam keliru, oscimene, delta- a phellandrene, resorsin, serta resin. Senyawa yang lain merupakan sappanchalcone serta Caesalpin P.


Daftar Manfaat Kayu Secang


  • Tingkatkan Imunitas Tubuh

Khasiat wedang secang yang awal merupakan tingkatkan imunitas badan supaya tidak mudah terkena penyakit.

Air rebusan kayu secang memiliki senyawa fenolik serta flavonoid yang berperan bagaikan anti- oksidan serta dapat mencegah radikal leluasa.

  • Sumber Antibakteri

Untuk memperoleh khasiat kayu secang secara maksimal untuk antibakteri ini, kalian dapat meningkatkan etanol 95% untuk pelarut minyak esensial.

  • Turunkan kandungan gula darah

Ekstrak kayu secang teruji bisa tingkatkan metabolisme glukosa pada tikus percobaan.Khasiat wedang secang dalam merendahkan kandungan gula darah ini sebab isi brazilin di dalamnya.

Tidak hanya itu, sappankalkon, kaesalpin P, serta protosappanin A yang tercantum di dalam secang efektif membatasi enzim aldosa reduktase pemicu komplikasi diabetes.

  • Tangkal kerusakan hati

Khasiat secang selanjutnya merupakan hepatoprotective, ialah melindungi hati. Senyawa brazilin yang bisa kurangi gula darah tadi pula bisa melindungi guna hati supaya senantiasa sehat.

  • Antitumor

Kerap komsumsi wedang secang pula bisa jadi bisa menyelamatkan nyawa kalian. Salah satu penyakit yang bisa timbul di badan kalian merupakan tumor.

Tumor ialah pertumbuhan jaringan sel yang tidak wajar. Tumor terdapat pula yang bertabiat kanker serta jinak. Walaupun tidak seluruh beresiko, senantiasa saja tumor lama kelamaan bakal mengusik guna badan kalian.

Ekstrak air dari kayu secang yang ditambah 50% etanol teruji bisa membatasi pertumbuhan sel tumor pada tikus lab.

  • Menolong dalam menanggulangi permasalahan jerawat

Konon, cuci muka dengan air rebusan kayu secang dapat menolong Kamu buat menanggulangi jerawat. Khasiat kayu secang ini diprediksi timbul berkat isi brazilein.

Baca Juga :  Cara Menanam Rumput Jepang dan Perawatannya agar Indah Tak Cepat Rusak

Brazilein merupakan melamin merah dalam ekstrak kayu secang. Dalam peneltian tertentu, isi ini dikira sanggup melawan propionibacterium yang menimbulkan jerawat.

  • Meremajakan kulit

Salah satu isi yang dipunyai kayu secang ialah zat antioksidan. Antioksidan berperan melindungi kulit dengan metode menghalangi penciptaan radikal leluasa yang berpotensi mengganggu kulit.

Kayu secang memiliki antioksidan tipe polifenol. Supaya bisa mendapatkan manfaat dari kayu secang, Kamu dapat merebus kayu secang ini sebagai minuman, ataupun  air rebusan buat membilas bagian kulit wajah Kamu.

  • Mensterilkan darah kotor

Dengan meminum air rebusan dari kayu secang, hingga perihal tersebut diyakini bisa mensterilkan isi darah kotor. Darah kotor sendiri ialah salah pemicu munculnya penyakit kulit semacam bisul serta jerawat.

  • Antialergi

Untuk Kamu yang mengidap alergi, kayu secang bisa dikonsumsi secara teratur sebagai minuman.Senyawa chalcone yang ada didalam kayu ini mempunyai manfaat buat kurangi indikasi alergi.

9 Manfaat Kayu Secang untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Yang Perlu Di Ketahui

Cara Membuat Wedang Secang

Buat membuat wedang secang, bahan serta prosesnya juga sangat simpel. Kalian dapat menambahkan jahe merah serta juice jeruk biar rasanya kian fresh.

Bahan:

  • 1, 5 l air, buat merebus
  • 150 gram jahe merah, potongpotong, memarkan
  • 10- 15 gram kayu secang
  • 8 batang serai, memarkan
  • 5 butir pekak
  • 600 ml juice jeruk segar
  • 200 ml madu
  • 3 buah jeruk navel, iris tipis

Metode membuat:

  • Rebus jahe, kayu secang, serai, serta pekak di atas api kecil. Tutup, perkenankan sampai mendidih(± 60 menit). Angkat. Bila mau memperoleh corak secang yang muda serta pink saja, masukkan secang sehabis api dimatikan.
  • Sehabis tidak panas, saring. Campur bersama juice jeruk serta madu. Sisihkan.
  • Untuk rata potongan jeruk navel ke 6 gelas saji. Tuangi minuman. Sediakan hangat.
Baca Juga :  Pertanian Organik : Sejarah, Tata Cara, Prinsip, Kelebihan dan Kekurangannya

Buat 6 gelas

Kalori per jatah: 149 kkal

Demikian Uraian kami tentang Manfaat Kayu Secang Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5