9 Manfaat Ganyong Untuk Kesehatan dan Mengenal Kandungan Gizi Serta Efek Sampingnya

2 min read

9 Manfaat Ganyong Untuk Kesehatan dan Mengenal Kandungan Gizi Serta Efek Sampingnya
0
()

9 Manfaat Ganyong Untuk Kesehatan dan Mengenal Kandungan Gizi Serta Efek Sampingnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Manfaat Ganyong.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


9 Manfaat Ganyong Untuk Kesehatan dan Mengenal Kandungan Gizi Serta Efek Sampingnya

Ganyong( Canna discolor L. syn. C. Edulis) tercantum keluarga tumbuhan kana( Cannaceae) yang menciptakan umbi. Walaupun berbuah umbi, tetapi tumbuhan ini masih berkerabat dekat dengan tumbuhan kana hias.

Tumbuhan ini terkenal dengan istilah ganyu, banyur ataupun laos mekah. Tetapi keberadaan tumbuhan ini terus menjadi sangat jarang serta susah ditemui sebab tidak sering orang yang komsumsi ataupun menanamnya.

Umbi ganyong dikenal bisa jadi sumber pangan alternatif sebab isi pati( karbohidrat) yang besar. Umbi ini pula kaya dengan protein, kalori, lemak, vit C, vit B1, fosfor, kalsium serta zat besi.

Buah umbi ini pula dikenal memiliki beberapa senyawa berarti semacam flavanoida, saponin serta polifenol. Dengan banyaknya isi nutrisi membuat umbi ini tidak hanya mengenyangkan perut.

Ganyong banyak mempunyai persamaan nama lain di sebagian wilayah di Indonesia, ialah buah tasbih, ubi pikul, ganyal, ganyol, sinetra, serta yang lain.

Baca Juga :  Manfaat Lidah Buaya Dan Kandungan Gizinya Yang Penting Di Ketahui

Sebutan di mancanegara buat menyebut ganyong merupakan dengan istilah Queensland Arrowroot. Ganyong ialah tipe tumbuhan umbi- umbian, ataupun yang banyak dimanfaatkan rimpangnya buat disantap.


Kandungan Gizi Ganyong

Komposisi( isi) gizi per 100 gr” ganyong, dengan BDD= 100%( Berat Bisa Dimakan), semacam berikut ini( urut abjad/ huruf).

  • Abu( Ash): 1, 1 gram
  • Air( Water): 74, 1 gram
  • Besi( Fe), Ferrum, Iron: 0, 9 miligram
  • Tenaga( Energy): 100 Kalori
  • Fosfor( P), Phosphorus: 65 miligram
  • Kalsium( Ca), Calcium: 15 miligram
  • Karbohidrat( CHO): 23, 8 gram
  • Lemak( Fat): 0, 2 gram
  • Protein: 0, 8 gram
  • Serat( Fiber): 0, 9 gram
  • Tiamina( vit B1): 0, 04 miligram
  • Vit C: 6 miligram

Umbi ganyong dikenal bisa jadi sumber pangan alternatif sebab isi pati( karbohidrat) yang besar. Umbi ini pula kaya dengan protein, kalori, lemak, vit C, vit B1, fosfor, kalsium serta zat besi.

Buah umbi ini pula dikenal memiliki beberapa senyawa berarti semacam flavanoida, saponin serta polifenol. Dengan banyaknya isi nutrisi membuat umbi ini tidak hanya mengenyangkan perut.


Khasiat dan Manfaat Umbi Ganyong

Kandungan pati yang besar sesuai buat jadi pengganti nasi. Nah, berikut ini bermacam khasiat umbi ganyong buat kesehatan badan yang perlu Kamu ketahui:

  • Menanggulangi Panas Dalam

Tidak hanya mengenyangkan umbi ganyong pula sangat efektif buat meredakan serta menanggulangi kendala panas dalam. Kamu dapat merebus ganyong serta temulak dengan air sampai mendidih serta minum airnya.

  • Baik buat Pengidap Diabetes

Tidak hanya bagaikan pengganti pangan, isi pati dalam ganyong pula tidak membuat kandungan gula darah naik, sehingga santapan ini baik buat pengganti nasi serta sumber karbohidrat untuk pengidap diabet.

  • Sumber Tenaga yang Baik

Khasiat umbi ganyong pula baik bagaikan sumber tenaga badan sebab isi protein serta karbohidrat ataupun pati yang besar. Makan bubur ganyong dapat menolong berkembang kembang anak ataupun membuat badan lebih fresh.

  • Menurunkan Berat Badan

Isi serat yang lumayan besar dalam umbi sangat baik buat menunjang program diet ataupun merendahkan berat tubuh. Sebab itu masukkan santapan ini dalam menu diet buat memesatkan berat tubuh sempurna Kamu.

  • Menyembuhkan Cedera Lambung

Isi polifenol serta flavanoida dalam ganyong efektif buat mengobati cedera lambung. Triknya tinggal makan saja bubur tepung umbi ganyong dengan air, gula merah serta sedikit garam yang dimasak.

  • Baik Buat Pencernaan serta Usus

Isi pati dalam ganyong nyatanya gampang di cerna oleh badan. Terlebih dengan isi kimianya membuat umbi ini jitu melancarkan pencernaan serta kesehatan usus. Bubur ganyong pula baik buat menanggulangi diare serta kendala perut.

  • Menunjang Perkembangan Balita

Khasiat umbi ganyong pula baik buat menunjang berkembang kembang balita serta bayi. Isi zat besi, fosfor serta kalsium yang besar dalam santapan ini sangat diperlukan buat perkembangan anak.

  • Memantapkan Tulang

Isi kalsium yang besar dalam ganyong efektif membetulkan serta memantapkan tulang. Makan rebusan ataupun bubur ganyong secara berkala sangat baik buat menjauhkan dari kendala tulang.

  • Menanggulangi Radang Saluran Kencing

Khasiat umbi ganyong pula efektif dalam menanggulangi radang saluran berkemih. Masak saja umbi ini dengan kumis kucing, pangkal alang- alang serta air seperlunya sampai mendidh kemudian minum airnya selagi hangat.

Baca Juga :  14 Manfaat Labu Siem dan Kandungan Gizi Pentingnya untuk Tubuh

9 Manfaat Ganyong Untuk Kesehatan dan Mengenal Kandungan Gizi Serta Efek Sampingnya


Efek Samping Umbi Ganyong

Tidak hanya khasiat umbi ganyong yang baik buat kesehatan, santapan ini pula dapat membagikan akibat yang kurang baik buat badan. Perihal ini sebab terdapatnya senyawa tanin serta saponin yang bertabiat antinutrisi.

Tanin yang masuk ke dalam perut akan berhubungan dengan enzim pencernaan. Nyatanya senyawa ini dapat merendahkan keahlian badan dalam mengolah protein yang pastinya bisa merugikan badan.

Tidak hanya itu beberapa enzim pencernaan yang terdapat, semacam lipase, amilase, kimotripsin serta tripsin pula bisa tersendat. Perihal ini dapat menimbulkan penyerapan nutrisi santapan oleh badan kurang maksimal.

Begitu pula isi saponin dalam ganyong bertabiat toxin yang bisa merugikan badan. Perihal ini sebab senyawa ini bisa menghancurkan hemolisis ataupun butir darah dalam badan.

Tetapi senyawa ini dapat disingkirkan dengan pemanasan dikala memasak ataupun mencernanya jadi santapan.

Demikian Uraian kami tentang Manfaat Ganyong Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5