Perlu Tahu, Inilah Manfaat Daun Sirih Merah Yang Penting Bagi Kesehatan

3 min read

Perlu Tahu, Inilah Manfaat Daun Sirih Merah Yang Penting Bagi Kesehatan
0
()

Perlu Tahu, Inilah Manfaat Daun Sirih Merah Yang Penting Bagi Kesehatan – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Manfaat Daun Sirih Merah.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Perlu Tahu, Inilah Manfaat Daun Sirih Merah Yang Penting Bagi Kesehatan


Daun sirih merah( Piper crocatum) merupakan tanaman merambat yang wujudnya mirip tumbuhan lada.

Sama semacam sirih hijau, wujud daunnya mirip dengan hati( love) dengan warna pada bagian atas putih keabu- abuan serta mengkilap, dan pada bagian dasar daun bercorak merah cerah.

Tumbuhan ini masuk dalam keluarga Piperaceae. Di Indonesia, sirih merah tersebar nyaris di segala wilayah dengan sebutannya masing masing berbeda.

misalnya sedah( Jawa), seureuh( Sunda), ranub( Aceh), cambai( Lampung), base( Bali), nahi( Bima), mata( Flores), gapura, donlite, gamjeng, serta perigi( Sulawesi).


Kandungan dan Morfologi Sirih Merah

Salah satu tipe daun sirih yang banyak ditemui serta banyak dimanfaatkan di Indonesia merupakan sirih hijau. Namun terdapat satu tipe daun sirih lagi yang tidak kalah efektif, ialah daun sirih merah.

Daun sirih yang satu ini memiliki sebagian isi yang berguna buat badan. Semacam isi flavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat, serta minyak atsiri.

Era dahulu, daun sirih merah ini kerap digunakan orang lanjut umur buat menyirih. Umumnya perihal ini dicoba bagaikan salah satu metode buat menjaga gigi.

Baca Juga :  Bunga Bangkai : Morfologi, Fase Hidup, Fakta Unik dan Perbedaanya dengan Raflesia

Tidak tidak sering para lanjut usia dengan kerutinan menyirih memiliki lapisan gigi yang masih utuh serta kokoh walaupun telah umur senja.

Di samping itu, daun sirih merah masih menaruh banyak khasiat lain buat badan. Mulai dari bagaikan bahan antiseptik sampai dapat digunakan bagaikan obat penyakit dalam semacam pneumonia.


Khasiat Daun Sirih Merah


  • Sebagai antiseptik

Suatu riset dicoba buat mengenali dampak positif daun sirih merah bagaikan antiseptik spesialnya bagaikan bahan mencuci tangan.

Tanaman ini telah semenjak lama digunakan warga bagaikan antiseptik, antidiabetes, antikanker, dan buat mengobati penyakit peradangan.

Bagi hasil riset, antiseptik dari cairan daun sirih merah ini kualitasnya lebih unggul dibanding sabun non- antiseptik serta sabun antiseptik.

Tetapi, dibutuhkan analisis lagi apakah kuman yang tersisa tersebut bertabiat patogen( menimbulkan penyakit) ataupun tidak. Hasil riset tersebut pula butuh sokongan fakta ilmiah yang lain.

  • Bertabiat antibakteri( kuman tertentu)

Beberapa riset berkata daun sirih merah memanglah teruji lebih efisien bagaikan antibakteri daripada yang bewarna hijau. Perihal ini lantaran isi minyak atsiri yang berperan bagaikan antibakteri.

Tidak hanya itu, riset lain meyakinkan bila ekstrak etanol daun sirih merah sanggup membatasi perkembangan methicillin- resistant Staphylococcus aureus( MRSA).

  • Membatasi karies gigi

Bagi riset, daun sirih merah dapat jadi salah satu opsi buat melenyapkan karies gigi. Perihal ini lantaran tanaman ini mempunyai isi minyak atsiri, alkanoid, flavonoid, serta senyawa fenolik.

Seluruh isi tersebut pada dasarnya bertabiat aktif terhadap kuman mutans, sehingga hasilnya lumayan memuaskan sebab minyak esensial sirih merah berimbas kokoh dalam membatasi perkembangan kuman mutans.

  • Turunkan gula darah pengidap diabet jenis 2

Riset berkata bila minum air rebusan daun sirih, ataupun daun sirih yang dikeringkan setelah itu digerus jadi bubuk dapat menolong merendahkan kandungan gula darah seorang yang terdiagnosis diabet jenis 2.

Perihal ini lantaran isi antioksidannya yang besar sanggup kurangi tekanan pikiran oksidatif pemicu kehancuran sel- sel badan faktor ketidakseimbangan hormon insulin.

  • Merendahkan kolesterol serta tekanan darah

Daun sirih berguna buat merendahkan kandungan tigliserida serta kolesterol LDL, lemak jahat dalam badan.

Baca Juga :  Inilah 14 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak hanya itu, tanaman ini pula sanggup menolong kurangi jumlah lemak total dalam darah.

Daun sirih merah ataupun hijau bekerja buat tingkatkan kolesterol baik dalam darah yang melindungi kesehatan jantung.

Triknya, coba rebus 3- 4 lembar daun sirih merah serta minum air rebusan tersebut 2 kali satu hari buat menolong seorang dengan tekanan darah besar.

  • Penangkal kanker

Daun sirih merah ataupun hijau dapat menolong memerangi radikal leluasa faktor kanker untuk pengidap diabet jenis 2.

Isi antioksidan eugenol yang tercantum dalam rebusan tanaman ini berfungsi aktif dalam menanggulangi kasus kesehatan tersebut.

  • Memesatkan pengobatan cedera bakar

Seorang yang hadapi cedera bakar serta tekanan pikiran oksidatif yang lumayan besar dalam badannya dapat membatasi proses pengobatan cedera.

Daun sirih merah ataupun hijau dapat memesatkan pengobatan cedera spesialnya cedera bakar lantaran mempunyai isi antioksidan.

Tanaman ini ialah antiseptik luar biasa, yang pula sanggup membagikan proteksi ganda dari peradangan bakteri sebab isi polifenolnya yang besar.

  • Melindungi saluran pencernaan

Daun sirih merah ataupun hijau dapat menolong tingkatkan porduksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna.

Sehingga nantinya hendak menghindari cedera pada bilik usus serta lambung yang bisa terjalin sebab bermacam perihal.

Tanaman ini pula sangat efisien dalam kurangi perih lambung, meredakan indikasi GERD, serta melindungi usus dari toksin serta radikal leluasa yang beresiko.

Tidak hanya itu, daun sirih pula menormalkan kembali tingkatan pH lambung buat meredakan maag, asam lambung naik, serta rasa sakit yang mencuat akibat perut kembung.

Mengunyah daun sirih dapat tingkatkan prduksi air liur yang dapat mengikat serta melembutkan santapan, sehingga santapan yang terkirim mengarah saluran cerna lebih mudah, ini mempermudah kerja sistem pencernaan.

  • Menyembuhkan mimisan

Antioksidan tanin yang dikandung daun sirih memesatkan respons badan buat mengobati cedera dengan membekukan darah lebih kilat serta menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

Baca Juga :  Mengenal Pupuk Bokashi, Manfaat dan Cara Membuatnya

Suatu riset pula memberi tahu dalam Phyto Journal, daun sirih pula tingkatkan sistem imunitas badan. Terus menjadi kokoh energi badan, hingga makin kilat pula cedera ataupun peradangan dapat sembuh.

  • Obat radang prostat

Daun sirih merah dapat dijadikan alternatif buat menyembuhkan permasalahan peradangan prostat.

Perihal ini lantaran isi antioksidan tanin serta saponin, semacam zat aktif hydroxychavicol yang menolong membetulkan sel- sel di kelenjar prostat supaya bisa kembali berperan semacam biasa.

Triknya gampang, lumayan merebus 3- 5 lembar daun sirih merah yang masih muda. Setelah itu minum air rebusan tanaman ini sebanyak 3 kali satu hari.

Perlu Tahu, Inilah Manfaat Daun Sirih Merah Yang Penting Bagi Kesehatan

  • Obat batuk

Rebusan daun sirih merah dipercaya dapat meringankan batuk. Perihal ini sebab isi vit B serta C dan alkaloid yang meredakan peradangan di kerongkongan pemicu batuk serta tenggorkan gatal.

Triknya gampang, cuma butuh merebus 5 lembar daun sirih merah dengan 300ml air sepanjang 15- 20 menit. Setelah itu konsumsilah rebusan tersebut paling tidak satu kali dalam satu hari.

  • Merendahkan depresi

Beberapa studi menampilkan daun sirih sanggup menolong orang- orang buat mengatur indikasi tekanan mental.

Salah satu riset berkata, mengunyah daun sirih ataupun meminum rebusannya bisa merangsang otak buat memproduksi hormon senang seotonin yang lebih banyak.

Demikian Uraian kami tentang Manfaat Daun Sirih Merah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5