10 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan dari Atasi Rematik Hingga Masalah Ginjal

3 min read

0
()

10 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan dari Atasi Rematik Hingga Masalah Ginjal – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Manfaat Daun Kumis Kucing.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


10 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan dari Atasi Rematik Hingga Masalah Ginjal


Kumis kucing( Orthosiphon aristatus) merupakan tumbuhan yang tercantum kalangan famili lamicaeae/ labiatae yang banyak ditemukan di Indonesia.

Tanaman ini umumnya digunakan oleh bunda rumah tangga bagaikan tumbuhan hias. Tumbuhan ini tercantum kedalam tipe family Labiata ataupun Lamiaceae.

Tidak hanya bagaikan tumbuhan hias Kumis kucing pula telah di tahu oleh warga bagaikan tumbuhan obat herbal yang sangat ampuh buat menyembuhkan bermacam berbagai penyakit.

Bila ditinjau dari segi pengetahuan kimia, tanaman herbal ini kaya glikosida orthosiphonin,zat yang bisa melarutkan fosfor dan asam urat yang terdapat dalam badan kita.

Paling utama pada bagian empedu dan kandung kencing, serta pastinya masih banyak lagi khasiat yang bisa kita peroleh dari tumbuhan obat yang satu ini.

Tumbuhan ini  memiliki banyak Nama Ialah remujung, songot koneng, sesalaseyan, giri- giri marah, kidney tea plants, java tea, serta lain sebagainya,tapi lebih akrab dengan nama  Tanaman Kumis Kucing.

Kandungan dan Morfologi Tanaman Kumis Kucing

Kumis kucing termasuk terna tegak, pada bagian dasar berakar di bagian buku- bukunya serta tingginya menggapai 2 m. Batang bersegi 4 agak beralur berbulu pendek ataupun gundul.

Baca Juga :  Ini Dia Manfaat Daun Cermai Yang Jarang Kita Ketahui, Salah Satunya Cegah Kanker

Helai daun berupa bulat ataupun lojong, lanset, bulat telur ataupun belah ketupat yang diawali dari pangkalnya, dimensi daun panjang 1– 10cm serta lebarnya 7. 5mm– 1. 5cm.

urat daun sejauh pinggir berbulu tipis ataupun gundul, dimana kedua permukaan berbintik- bintik sebab terdapatnya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7– 29cm.

Karakteristik khas tumbuhan terdapat pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat serta pangkal berbulu pendek serta tidak sering sebaliknya di bagian yang sangat atas gundul.

Bunga bibir, mahkota yang bertabiat halte ialah berbentuk tandan yang keluar dari ujung cabang dengan panjang 7- 29 centimeter, dengan dimensi panjang 13– 27mm.

Bagian atas ditutupi oleh bulu pendek bercorak ungu serta setelah itu jadi putih, panjang tabung 10– 18mm, panjang bibir 4. 5– 10mm, helai bunga tumpul, bulat.

Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga serta melebihi bibir bunga bagian atas.

Buah geluk bercorak coklat hitam, panjang 1. 75– 2mm. 2. 3. gagang berbulu pendek serta tidak sering, panjang 1 milimeter hingga 6 milimeter.

Kumis kucing antara lain memiliki besar kalium, glikosida, orthosiponon yang bagus buat merendahkan kandungan asam urat, fosfat, serta oksalat dalam badan.

Metode pengolahan kumis kucing terdapat 2 metode. Awal dapat merebus 4- 5 lembar dengan segelas air serta dimasak sampai mendidih. Air rebusan daun kumis kucing dapat diminum 3 kali satu hari.

Metode pengolahan kumis kucing yang kedua merupakan menghaluskan 50 gr kumis kucing dengan 150 ml air serta menyaring airnya. Tuang di gelas serta minumlah bersama dengan kombinasi madu.

Kedua metode ini bisa dicoba buat menyembuhkan asam urat dengan kumis kucing.

Baca Juga :  Manfaat Putri Malu Untuk Kesehatan Dan Mengenal Morfologinya

Khasiat dan Manfaat Kumis Kucing

Tidak cuma asam urat, berikut sebagian khasiat kumis kucing buat kesehatan hingga kecantikan yang dirangkum dari sebagian sumber:

  • Meredakan Batuk

Nyatanya manfaat kumis kucing sangat banyak, salah satunya merupakan bisa meredakan batuk.

Metode mencerna daun kumis kucing buat meredakan batuknya merupakan dengan mempersiapkan 15- 20 gr ditambah dengan 1 gelas air.

Rebus serta airnya diminum 3 kali satu hari, dosisnya merupakan satu gelas.

  • Mengobati Peradangan Saluran Kemih

Kumis kucing berguna buat mensterilkan traktat. Sehingga khasiat kumis kucing sangat efisien dalam melawan peradangan.

Seorang yang terserang penyakit ISK ataupun Peradangan Saluran Kencing umumnya dianjurkan buat komsumsi air rebusan daun kumis kucing.

  • Menyembuhkan Kendala Ginjal

Kumis kucing pula terkenal diucap bagaikan tumbuhan ginjal. Di Pulau Jawa, khasiat kumis kucing sudah diketahui luas, salah satunya merupakan menyembuhkan kendala ginjal.

Kabarnya kumis kucing bisa melenyapkan batu ginjal sampai berdimensi 5 centimeter.

  • Obati Rematik

Rematik ialah penyakit yang memunculkan rasa sakit kala otot ataupun persendian hadapi peradangan ataupun pembengkakan. Metode mencerna daun kumis kucing bagaikan obat lumayan gampang.

Langkah awal, siapkan daun kumis kucing sebanyak 5 lembar serta rebus dengan 3 gelas air. Sehabis itu, tuggu hingga dingin serta siap buat diminum.

Dosis yang diajarkan merupakan minum 3 kali satu hari sebanyak separuh gelas tiap minum.

  • Menyembuhkan Gusi Bengkak

Kala seorang mengidap penyakit gusi berdarah, hingga bisa diatas dengan berkumur. Sehingga jika mau redakan gusi bengkak dapat lebih mempermudah obati gusi bengkak.

Baca pula: Untuk Penderita Diabet, Herba Ini Dapat Bantu Kontrol Kandungan Gula Darah

  • Mengendalikan Kandungan Gula Darah

Seorang dengan diabet dapat memperoleh manfaat kumis kucing. Isi kumis kucing dapat berguna serta teruji bisa mengendalikan gula darah di dalam badan.

  • Menolong Proses Detoksifikasi

Khasiat kumis kucing berikutnya merupakan menolong proses detoksifikasi badan. Kumis kucing bisa menolong mensterilkan toksin dari dalam badan.

Baca Juga :  Tanaman Pare Belut : Klasifikasi, Morfologi, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Minuman herbal ini pula bisa dipadu dengan bahan rempah lain semacam jahe.

  • Anti Jamur

Isi kumis kucing tidak cuma antioksidan, melainkan zat anti jamur yang bisa menghindari parasit serta zat asin yang lain di dalam badan.

Khasiat kumis kucing ini pula dapat didapat oleh pengidap peradangan jamur yang telah hadapi peradangan.

  • Merendahkan Tekanan Darah Tinggi

Isi dalam kumis kucing bisa menolong kurangi tekanan darah besar. Kabarnya, antioksidan yang terdapat serta zat anti peradangan dalam kumis kucing sangat baik buat pengidap darah besar.

Zat kimia yang diucap methylripariochromene bisa kurangi tekanan darah sistolik pada tikus, perihal ini mungkin besar hendak mempengaruhi pula terhadap tekanan darah manusia.

  • Kurangi Gatal Sebab Alergi

Kala badan gatal- gatal sebab alergi, salah satu metode mengatasinya merupakan dengan mengkonsumsi kumis kucing.

Metode mencerna kumis kucing dapat dengan metode merebus separuh genggam kumis kucing bersama dengan meniran serta sambiloto.

Ditambah dengan 4 gelas air serta 2 jari temulawak kemudian rebus hingga mendidih.Saring ampasnya serta jamu herbal ini dapat diminum satu hari 2 kali buat kurangi gatal akibat alergi.

Demikian Uraian kami tentang Manfaat Daun Kumis Kucing Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5