10 Manfaat Cocor Bebek Bagi Kesehatan dari Obati Amandel Hingga Asma

3 min read

10 Manfaat Cocor Bebek Bagi Kesehatan dari Obati Amandel Hingga Asma
0
()

10 Manfaat Cocor Bebek Bagi Kesehatan dari Obati Amandel Hingga Asma – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Manfaat Cocor Bebek

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


10 Manfaat Cocor Bebek Bagi Kesehatan dari Obati Amandel Hingga Asma


Cocor bebek, yang mempunyai nama ilmiah Kalanchoe pinnata,dengan  sinonim Bryophyllum calycinum ataupun Bryophyllum pinnatum, merupakan tanaman sukulen( memiliki air) yang berasal dari Madagaskar.

Dari wilayah asalnya, cocor bebek menyebar ke wilayah beriklim tropika semacam Asia, Australia, Selandia Baru, India Barat, Makronesia, Galapagos, Melanesia, Polinesia, Hawaii.

Cocor bebek terkenal digunakan bagaikan tumbuhan hias di rumah namun banyak pula yang berkembang liar di kebun- kebun serta pinggir parit yang tanahnya banyak berbatu.

Cocor bebek mempunyai batang yang lunak serta beruas. Daunnya tebal berdaging serta memiliki banyak air. Corak daun hijau muda( kadangkala kadangkala abu- abu).

Bunga majemuk, buah kotak. Apabila dimakan cocor bebek rasanya agak asam serta dingin.

Khasiat daun cocor bebek sudah melegenda bisa menanggulangi bermacam keluhan penyakit di Indonesia, dia diketahui bagaikan tanaman herbal.

Warga mengenalnya bagaikan cucur bebek, cocor bebek ataupun suru bebek( Kalanchoe pinnata). Daunnya berdaging tebal serta memiliki banyak air( sukulen).


Kandungan dan Morfologi Tumbuhan Cocor Bebek

Tumbuhan ini merupakan asli dari Madagaskar. Cocor bebek jadi tumbuhan yang universal di wilayah yang beriklim tropis semacam Asia, Australia, Selandia Baru, India Barat, Hawai dll.

Baca Juga :  Tanaman Cocor Bebek : Morfologi, Jenis, Kandungan Gizi, Manfaat dan Cara Budidayanya

Berikut ini sebagian identitas tumbuhan cocor bebek mulai dari batang, daun, serta pula bunga.

Tumbuhan cocor bebek mempunyai batang yang tegak serta sedikit lunak, pula mempunyai pangkal kayu berupa segi 4 tumpul ataupun sedikit membulat.

Cocor bebek dapat berkembang dengan ketinggian menggapai 30 centimeter sampai 1 meteran, sehingga tidak sangat besar serta sesuai buat dijadikan tumbuhan hias dalam pot.

Tumbuhan cocor bebek mempunyai daun yang rimbun banyak di dalam satu pohonnya. Daunnya juga tebal, berdaging, serta memiliki banyak air.

Daun cocor bebek ini bercorak hijau muda, tetapi terdapat pula yang bercorak abu- abu.

Daun ini mempunyai wujud yang bundar memanjang( bundar lonjong) ataupun wujudnya semacam bundar telur serta mempunyai ujung tepi yang beringgit.

Dimensi panjang daun tumbuhan cocor bebek berkisar antara 5- 20 centimeter serta lebar daun yang menggapai 2, 5- 15 centimeter.

Uniknya, daun cocor bebek ini dapat dikembangbiakkan langsung ataupun dapat dijadikan bibit tumbuhan cocor bebek yang baru. Tumbuhan baru ini hendak berkembang di dekat pinggir- pinggir daun.

Tumbuhan bercorak hijau kebiruan ini mempunyai batang yang lunak serta beruas.Sesuai namanya, sekilas tumbuhan ini memanglah mirip dengan paruh bebek.

Daun cucur bebek mempunyai watak farmakologi bagaikan anti radang, menghentikan pendarahan, kurangi pembengkakan, serta memesatkan pengobatan pada luka- luka memar.

Riset di Jepang, diperoleh zat yang tercantum di dalam cocor bebek, ialah bagaikan berikut:

Isi zat kimia: Zat asam amino, zat asam apel, asam malat, asam formiat, vit C, zat lendir, damar, quercetin, diarabonoside, magnesium malat, tanin, kaemferol, kalsium oksalatm serta glucoside

Daun cucur bebek memiliki damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, vit C, tannin, asam lemon, asam apel, serta glucoside.

Khasiat cocor bebek memanglah sudah diketahui luas, secara spesial, warga bisa menggunakan cucur bebek bagaikan obat tradisional buat:

Tanaman ini hidup dengan baik sampai ketinggian 1. 500 m di atas permukaan air laut, di tempat yang panas ataupun agak teduh, serta tidak begitu kering.

Baca Juga :  Cara Menanam Lamtoro : Panduan Lengkap Sukses Untuk Pemula

Di banyak wilayah tersebut, semacam di Hawaii, tumbuhan ini dikira bagaikan spesies yang invasif.

Tumbuhan cocor bebek nyatanya memiliki vit C, asam lemon, asam apel, glucoside, tannin, serta bryophyllin A( senyawa yang bertabiat antitumor).


Khasiat dan Manfaat Cocor Bebek

Tidak hanya bagaikan tumbuhan hias yang menciptakan bunga yang indah, cocor bebek pula mempunyai khasiat buat kesehatan. Berikut ini sebagian khasiat tumbuhan cocor bebek yang kerap dimanfaatkan oleh warga:

  • Menurunkan Demam Dengan dikompres

Zat herbal yang tercantum pada daun tumbuhan cocor bebek berguna buat merendahkan demam pada badan.

Triknya, lumatkan daun cocor bebek sampai halus, kemudian oleskan pada dahi. Olesan daut ini dapat dicoba cuma sebanyak deua kali dalam satu hari.

  • Obat bisul serta pula memar

Isi zat herbal pada daun tumbuhan cocor bebek dapat memesatkan penuaan pada penyakit bisul.

Triknya ambil daun cocor bebek sebanyak dekat 30- 60 gr, setelah itu hancurkan serta peraslah airnya. Air perasan ini dapat diminum serta dapat ditambahkan sedikit madu.

Setelah itu daun yang sudah diperas tadi dapat dibalurkan ataupun ditapal pada bisul ataupun memar. Hingga dalam waktu sebagian dikala saja bisul yang meradang hendak lama- lama mengempes.

  • Menyembuhkan indikasi asma

Isi daun pada cocor bebek dapat digunakan bagaikan obat buat menyembuhkan indikasi asma. Metode mengobatinya merupakan dengan metode komsumsi air rebusan daun cocor bebek secara teratur.

Metode memasaknya ialah rebus lah daun cocor bebek setelah itu keringkan sampai airnya tersisa dekat setengahnya, setelah itu airnya itu diminum.

  • Menyembuhkan luka

Triknya, ambil daun cocor bebek seperlunya setelah itu ditumbuk dengan dikasih sedikit air. Sehabis itu, oleskan tumbukan daun tadi ke bagian badan yang terluka setelah itu perkenankan sampai kering.

  • Menolong meredakan perut mulas

Triknya, ambil sebagian helai daun cocor bebek ditambah daun dadap serep, setelah itu tumbuk serta tambahkan sedikit air. Oleskan hasil tumbukan daun ini ke perut Kamu.

  • Menyembuhkan sisa gigitan nyamuk

Perihal ini dapat dicoba memakai lendir hasil perasan daun tumbuhan cocor bebek. Triknya ialah dengan menumbuk 5- 9 helai daun cocor bebek sampai halus, setelah itu peraslah airnya.

Baca Juga :  Budidaya Wader Sukses Hasil Melimpah (Panduan Pemula)

Kemudian pakai air perasan tadi dengan mengoleskannya ke bagian cedera gigitan nyamuk. Lakukanlah metode ini secara teratur, dapat dicoba sebanyak 3 kali satu hari.

  • Menyembuhkan keseleo

Triknya dengan menghaluskan dekat 9 helai daun tumbuhan cocor bebek ataupun seperlunya saja.

Tapalkan ke bagian badan yang keseleo, setelah itu diamkan serta tunggu sampai 30 menit kemudian bilas kembali. Metode ini dapat diulangi dalam 3 kali satu hari hingga sembuh total.

  • Meredakan rasa sakit gigi

Haluskan ataupun dapat digiling sebagian helai daun tumbuhan cocor bebek, setelah itu tempelkan pada bagian pipi yang bengkak akibat sakit gigi. Lakukanlah sesering bisa jadi sampai rasa sakitnya lenyap.

10 Manfaat Cocor Bebek Bagi Kesehatan dari Obati Amandel Hingga Asma

  • Menyembuhkan radang Telinga luar

Sama hanlnya dengan obat bisul, hingga metode menyembuhkan radang kuping ini ialah dengan metode menghancurkan dekat 5- 10 helai daun tumbuhan cocor bebek, setelah itu diperas.

Air hasil perasan ini dapat digunakan buat obat tetes pada kuping, pakai sedikit saja serta jangan sangat banyak.

  • Menyembuhkan Amandel

Metode menyembuhkan amandel memakai daun tumbuhan cocor bebek ini dapat dicoba dengan cara berkumur- kumur memakai air rebusan ataupun air perasan daun cocor bebek.

Kumurlah mulut serta pangkal ternggorokan Kamu, jalani penyembuhan ini secara tertib supaya hasilnya optimal.

Demikian Uraian kami tentang Manfaat Cocor Bebek Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5