Inilah Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan, Dari Obat Sakit Gigi Hingga Tingkatkan Stamina

3 min read

Inilah Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan, Dari Obat Sakit Gigi Hingga Tingkatkan Stamina
0
()

Inilah Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan, Dari Obat Sakit Gigi Hingga Tingkatkan Stamina – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Manfaat Buah Pinang.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Inilah Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan, Dari Obat Sakit Gigi Hingga Tingkatkan Stamina


Pinang ataupun maman( Areca catechu)( bahasa Inggris: Betel palm) merupakan salah satu tipe tanaman monokotil yang terkategori palem- paleman.

Tumbuhan pinang masuk ke dalam famili Arecaceae pada ordo Arecales. Tumbuhan ini ialah salah satu tumbuhan dengan nilai ekonomi serta kemampuan yang lumayan besar.

Tumbuhan yang mempunyai batang lurus serta ramping ini mempunyai banyak sekali khasiat serta universal diketahui bagaikan tumbuhan obat.

Pemanfaatan tumbuhan pinang tidak hanya buat ekspor ke Cina serta sebagian negeri Asia Selatan.

Di sebagian wilayah Sumatera serta Kalimantan dimanfaatkan buat kegiatan seremonial semacam racikan sirih pinang buat upacara adat.

Kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi dikala ini sudah mengganti pola pemanfaatan tumbuhan pinang semacam buat keperluan farmasi serta industri.sedangkan India serta Cina pinang jadi permen.

Daunnya terletak di atas pangkal batang mirip dengan tumbuhan kelapa tetapi jadi beda tangkai daunnya lebih pendek dari kelapa serta mempunyai daun yang berbeda dari kelapa pastinya.

Buah pindah tumbuh mirip dengan kelapa buah ini hendak timbul di atas tumbuhan dengan akar- akar mirip dengan buah kelapa tetapi dimensi buah pinang lebih kecil dari buah kelapa.

Baca Juga :  Cara Menanam Pohon Bidara Yang Tepat untuk Pemula(Berhasil)

Pinang mempunyai nama wilayah semacam pineng, pineung( Aceh), pinang( Gayo), batang mayang( Karo), pining( Toba), batang pinang( Minangkabau), serta jambe( Sunda, Jawa)


Morfologi Tumbuhan Pinang

Batang lurus ramping, bisa menggapai ketinggian 25 meter dengan diameter lk 15 centimeter, walaupun terdapat pula yang lebih besar. Tajuk tidak lebat.

Pelepah daun berupa tabung dengan panjang 80 centimeter, tangkai daun pendek; helaian daun panjangnya hingga 80 centimeter, anak daun 85 x 5 centimeter, dengan ujung sobek serta bergerigi.

Tongkol bunga dengan seludang( spatha) yang panjang serta gampang rontok, timbul di dasar daun, panjang lebih kurang 75 centimeter, dengan tangkai pendek bercabang rangkap.

Sumbu ujung hingga panjang 35 centimeter, dengan 1 bunga betina pada pangkal, di atasnya dengan banyak bunga jantan tersusun dalam 2 baris yang tertancap dalam alur.

Bunga jantan panjang 4 milimeter, putih kuning; benang sari 6. Bunga betina panjang lebih kurang 1, 5 centimeter, hijau; bakal buah beruang 1.

Buah buni bundar telur terbalik memanjang, merah oranye, panjang 3, 5– 7 centimeter, dengan bilik buah yang berserabut. Biji 1 berupa telur, serta mempunyai cerminan semacam jala.

Buah pinang tua ialah salah satu buah yang berkembang di wilayah Afrika bagian Timur wilayah Asia serta wilayah Pasifik.


Kandungan Kimia Buah Pinang

Biji buah pinang memiliki alkaloid, semacam arekolin( C8 H13 NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine serta isoguvasine, tanin terkondensasi, tannin terhidrolisis

Juga ada flavan, senyawa fenolik, asam keliru, getah, lignin, minyak menguap serta tidak menguap, dan garam( Wang et angkatan laut(AL)., 1996).

Nonaka( 1989) mengatakan kalau biji buah pinang memiliki proantosianidin, ialah sesuatu tannin terkondensasi yang tercantum dalam kalangan flavonoid.

Proantosianidin memiliki dampak antibakteri, antivirus, antikarsinogenik, anti- inflamasi, anti- alergi, serta vasodilatasi( Fine, 2000).

Buah pinang tua semenjak era dulu telah dipercaya bagaikan buah yang mempunyai banyak sekali khasiat buat melindungi kesehatan badan.

Perihal ini diakibatkan sebab isi yang ada di dalam buah pinang tua sangat baik buat badan kamu. Ada pula bermacam berbagai khasiat buah pinang tua ini merupakan bagaikan berikut

Baca Juga :  Manfaat Daun Gelang Bagi Kesehatan Serta Morfologi dan Kandungan Gizinya

Khasiat dan Manfaat Buah Pinang


  • Mengobati sakit gigi

Hadapi sakit gigi memanglah tidak mengasyikkan, sakit gigi bisa diakibatkan sebab terdapatnya bakteri yang ada di dalam gigi kamu.

Untuk Kamu yang hadapi sakit gigi Jangan takut sebab dengan memakai Pinang tua ini kamu bisa dengan lekas menanggulangi sakit gigi yang kamu Derita.

  • Menyembuhkan cacingan

Kala kamu hadapi sakit cacingan alangkah lebih baiknya bila dengan lekas menyembuhkan sakit tersebut.Pinang tua bisa dimanfaatkan buat menyembuhkan penyakit cacingan yang lagi kamu Derita.

  • Menyembuhkan disentri

Kala kamu hadapi penyakit disentri tentu hendak mengusik kegiatan tiap hari kamu paling utama untuk Kamu yang mempunyai kegiatan berat.

Segeralah mengkonsumsi buah pinang tua ini buat menanggulangi penyakit disentri yang lagi kamu natural.

  • Menyembuhkan penyakit kulit

Mengerti kah kamu kalau nyatanya dengan memakai buah pinang tua ini bisa dijadikan bagaikan salah satu obat buat penyakit kulit yang lagi kamu derita dikala ini.

Sebab buah pinang memiliki khasiat vit C yang baik buat menanggulangi seluruh berbagai tipe penyakit kulit

  • Menjauhi mulut kering

Untuk Kamu yang hadapi bau mulut disebabkan mulut kering jangan takut sebab kamu bisa dengan lekas menanggulangi bau mulut yang kamu derita memakai Pinang tua ini.

  • Mengobati luka

Kandungan yang ada di dalam Pinang  pula menolong buat memesatkan proses pengobatan cedera.

  • Tingkatkan vitalitas laki- laki

Untuk kamu para lelaki yang mempunyai vitalitas kamu kamu bisa komsumsi buah pinang tua ini buat tingkatkan vitalitas kamu.

  • Memantapkan gigi serta gusi

Bermacam berbagai isi khasiat kalsium yang ada di dalam buah pinang tua berguna buat memantapkan gigi serta gusi kamu. Sehingga Kamu hendak bebas dari bermacam berbagai penyakit gigi ataupun gusi.

  • Menyembuhkan rabun mata

Mengerti kah kamu kalau nyatanya komsumsi buah pinang tua ini pula bisa dijadikan bagaikan obat rabun mata.

Bermacam berbagai isi khasiat vit A yang ada di dalam buah pinang tua sangat baik buat menyembuhkan rabun mata ini.

  • Tingkatkan gairah seksual

Untuk kamu pendamping yang baru menikah tetapi pendamping kamu tidak mempunyai gairah, buah pinang tua bisa dijadikan bagaikan salah satu buah yang dimanfaatkan buat tingkatkan gairah intim.

  • Menanggulangi kulit berjerawat

Tidak cuma berguna buat kesehatan saja tetapi pada realitasnya buah pinang tua pula bisa berguna buat kecantikan.

Baca Juga :  Budidaya Bawang Merah : Proses, Penanaman, Pemeliharaan Dan Pemanenan

Salah satunya merupakan digunakan buat menanggulangi kulit berjerawat sebab buah pinang tua mempunyai antioksidan besar, dimana khasiat antioksidan bisa menolong buat kurangi jerawat.

  • Melenyapkan Penuaan dini

Wajah yang cantika merupakan wajah yang cocok dengan usianya, maksudnya tidak lebih tua terlebih dulu. Muka nampak indah umumnya sebab wajah keriput ataupun sebab flek gelap.

  • Tingkatkan stamina

Energi yang kokoh baik buat laki- laki ataupun perempuan sangat butuh dilindungi, dengan energi yang bagus hendak menolong memudahkan dalam menuntaskan seluruh tugas serta tanpa merasa gampang lelah

  • Menanggulangi kendala pencernaan

Pencernaan ialah salah satu bagian organ badan yang kerap kali merasakan sakit.

Buat itu siapkanah beberapa racikan ataupun obat herbal yang butuh kalian tahu apabila sewaktu waktu pencernaan ini tersendat tidak bimbang dalam penyembuhannya.

Inilah Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan, Dari Obat Sakit Gigi Hingga Tingkatkan Stamina

  • Menghaluskan kulit

Kulit yang halus biasnya di idam- idamkan oleh seluruh orang baik perempuan ataupun laki- laki. Buat itu manfatkan buah pinang buat menghaluskan kulit

  • Mengencangkan Miss V

Mempunyai Miss V yang kencang ialah idaman tiap perempuan. Pinang tua salah satu pemecahan termudah dalam menjaga Miss V kamu paling utama mengencangkan Miss V.

Demikian Uraian kami tentang Manfaat Buah Pinang Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5