Klasifikasi Daun Sirih, Morfologi dan Jenisnya Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui

3 min read

Klasifikasi Daun Sirih, Morfologi dan Jenisnya Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui
0
()

Klasifikasi Daun Sirih, Morfologi dan Jenisnya Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Klasifikasi Daun Sirih.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Klasifikasi Daun Sirih, Morfologi dan Jenisnya Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui


Daun sirih ialah tumbuhan asli dari Indonesia yang batangnya sangat menyebar maupun merambat pada tumbuhan yang lain.

Diperkirakan buat tumbuhan ini pula berasal dari kawasan Asia, terdapat pula yang tersebar di bermacam wilayah Afrika, Fuji, hingga ke daerah Asia yang yang lain.

Daun sirih yang dikenal dengan sebutan ilmiah (Piper betle L.) termasuk ke dalam genus piper, famili piperaceae, dan ordo piperales merupakan tanaman yang tumbuh dengan sifat merambat pada batang pohon lain.

Daun sirih ini juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman yang punya banyak khasiat dalam melakukan pengobatan dengan cara tradisional .

Seperti penyakit asam urat, menurunkan kolesterol, diabetes, radang prostat, maag, batu ginjal, kelelahan, keputihan, serta memperhalus kulit pada tubuh kita.

Daun sirih ini terdiri beberapa spesies yang tercantum daun sirih kuning, terdapat pula daun sirih hijau dan daun sirih hitam.

Klasifikasi Tumbuhan Daun Sirih adalah sebagai berikut :

  • Kingdom: Plantae
  • Superkingdom: Trachebionta
  • Luar biasa Divisi: Spermatophyta
  • Divisi: Magnoliopsida
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Sub kelas: Magnoliidae
  • Ordo: Piperales
  • Famili: Piperaceae
  • Genus: Piper
  • Spesies: Piper betle L.
Baca Juga :  9 Khasiat Daun Saga Untuk Kesehatan dari Anti Batuk Hingga Hipertensi Yang Perlu Kamu Ketahui

Morfologi Dari Tumbuhan Daun Sirih


  • Akar

Pangkal dari tumbuhan daun sirih ialah sejenis dari pangkal tunggang dengan wujud yang bundar lonjong serta memiliki corak coklat kekuningan.

Pangkal dari tumbuhan ini nampak berkembang merambat maupun merayap serta memiliki banyak sekali tunas baru yang hendak berkembang di bagian pangkal.

  • Batang

Batang tumbuhan ini berupa bulat memanjang. Batangnya dapat menggapai ketinggian dekat 5- 15 meter. Berkembang dengan sangat menyebar ke bermacam tumbuhan yang lain yang terdapat di wilayah tersebut.

Di batang tumbuhan ini ada ruas- ruas serta sulur dengan jarak sekitat 5- 10 centimeter. Sulur ini nantinya digunakan bagaikan posisi baru buat perkembangan bermacam kecambah baru.

Corak dari batang ini kecoklatan hingga corak kehijauan.

  • Daun

Daun tumbuhan sirih ini berupa oval maupun bundar telur serta memiliki corak hijau muda hingga hijau tua.

Daun tumbuhan ini memiliki lebar dekat 2- 10 centimeter serta panjang dekat 5- 15 centimeter. Pada permukaan tumbuhan ini daun di bagian bawahnya bercorak putih.

Wujud daun tumbuhan ini pada biasanya dapat nampak semacam halnya jantung yang mana penguat daun hendak disematkan.

  • Bunga

Bunga dari tumbuhan daun sirih ini tercantum pula dalam tipe bunga majemuk.

Berbentuk biji- bijian yang mana biji- bijian tersebut berdiri sendiri serta dikenal terletak di ujung cabang serta menghadap ke daun tumbuhan.

Pada bunga jantan tumbuhan ini biji- bijiannya memiliki watak dengan panjang gagang ialah dekat 1, 5- 3 centimeter serta dimensi dari benang sari yang pendek.

Kepala bunga betina memiliki pegangan yang nampak sedikit lebih panjang bila dibanding dengan kepala bunga jantan. Panjangnya ialah dekat 2, 5– 6 centimeter serta buat panjang cap memiliki dimensi dekat 3- 5 centimeter.

  • Buah

Buah daun tumbuhan ini sirih berupa semacam halnya wujud telur yang memiliki dimensi kecil– kecil. Oada bagian ujungnya botak serta terluhat bercorak abu- abu hingga gelap serta pula memiliki corak berbulu.

Baca Juga :  Cara Menanam Lavender : Manfaat dan Peluang Bisnis Menjanjikannya(Panduan Lengkap)

Tidak hanya itu, pada bagian dalam dari buahnya berupa bundar, pipih, serta biji dengan corak gelap. Ada dekat 10 hingga 20 biji dalam 1 buah.


Jenis Jenis Tumbuhan Daun Sirih


  • Tipe Wulung

Tipe Sirih Wulung ini ialah tipe daun sirih yang sangat sangat jarang. Tipe sirih wulung ini pula diucap dengan sirih keraton.

Karakteristik utama tumbuhan ini ialah penampilan bercorak ungu daun kala corak daun tersebut disinari dengan memakai senter dari dasar.

  • Tipe Putih

Tumbuhan daun sirih tipe putih ialah tumbuhan sirih dengan corak daun hijau serta pula bertotol dan bercorak putih.

Daun tumbuhan sirih tipe putih ini memiliki corak putih yang hendak lenyap di umur tua serta hendak ditukar dengan corak hijau. Daun ini umumnya hendak digunakan oleh warga bagaikan ketentuan ritual

  • Tipe Perak

Kala daun sirih biasa hendak digunakan bagaikan suatu tumbuhan obat, buat jenus sirih ini memiliki guna yang berbeda yang terdapat di Indonesia, ialah digunakan bagaikan tumbuhan hias.

  • Tipe Filipina

Tipe daun sirih ini ialah salah satu tipe daun sirih yang sangat jarang, sifatnya sangat mirip dengan sirih merah. Perbedaannya nampak pada bagian dasar daun sirih Filipina ini tidak bercorak merah.

  • Tipe Gading

Tipe tumbuhan daun sirih gading ini kerap pula diucap dengan sirih kuning. Sirih ini mempunyau penampilan yang sangat mirip dengan daun sirih hijau.

Kelainannya nampak pada rupanya yang lebih muda serta lebih menuju ke kuning semacam halnya pupus daun. Sirih gading ini umumnya hendak digunakan buat perihal penyembuhan.

  • Tipe Jalu

Bila daun sirih gading memiliki corak kuning yang ada pada seluruh daunnya,daun sirih jalu ini memiliki corak kuning yang ada di bagian pangkal serta terletak di tengah- tengah daun.

Baca Juga :  Kaya Antioksidan, 28 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Ini Perlu Kamu Tahu

Klasifikasi Daun Sirih, Morfologi dan Jenisnya Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui

  • Tipe Irian

Tipe daun sirih ini diucap pula sirih- lalapan, sebab daun sirih tipe ini umumnya hendak digunakan bagaikan lalapan. Tipe sirih ini memiliki ciri daun yanglebar

  • Tipe Hati

Tidak semacam halnya sirih Irian yang memiliki daun lebar, hingga sirih hati ini ialah sirih yang dapat dikira sirih yang terkecil.

Perihal ini sebab batang serta pula daun sirih ini sangat kecil ialah besarnya cuma sebesar duit koin 100 rupiah.

Demikian Uraian kami tentang Klasifikasi Daun Sirih Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5