Kapulaga : Mengenal Manfaat, Kandungan Nutrisi Penting Untuk Tubuh dan Cara Budidayanya

3 min read

Kapulaga : Mengenal Manfaat, Kandungan Nutrisi Penting Untuk Tubuh dan Cara Budidayanya
0
()

Kapulaga : Mengenal Manfaat, Kandungan Nutrisi Penting Untuk Tubuh dan Cara Budidayanya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Kapulaga.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Kapulaga : Mengenal Manfaat, Kandungan Nutrisi Penting Untuk Tubuh dan Cara Budidayanya


Kapulaga ialah tumbuhan rempah yang tercantum dalam keluarga jahe- jahean( Zingiberaceae). Walaupun masih satu famili dengan jahe, tetapi buah ini bukan rimpang. Buah berupa polong serta berupa bundar kecil.

Merupakan tumbuhan budidaya dengan nilai murah yang besar, dikala ini ia menduduki peringkat ketiga rempah termahal didunia, peringkat kedua serta awal merupakan saffron serta vanilla.

Kapulaga kerap digunakan bagaikan bumbu pada tipe masakan tertentu,juga bahan pembuatan jamu serta obat herbal.

Konon buah ini merupakan tumbuhan asli Indonesia, Pakistan, Bangladesh, India, Nepal serta Bhutan. Di Indonesia sendiri ada 2 genera kapulaga, ialah genera Amomum serta Elettaria.

Genera amomum merupakan kapulaga lokal/ kapulaga jawa( Amomum compactum) serta genera Elettaria diketahui dengan istilah kapulaga sabarang( Elettaria cardomomum).

Dikala ini negeri penghasil terbanyak merupakan Guatemala, diiringi oelh India serta Srilanka.


Kandungan Nutrisi dalam Kapulaga

Rempah ini merupakan rempah yang dihasilkan dari biji sebagian tumbuhan yang berasal dari family Zingiberaceae. Tipe yang sangat banyak ditemui di Indonesia, ialah kapulaga Jawa serta  India.

Kapulaga Jawa berupa bundar serta bercorak merah, sedangkan kapulaga India berupa lonjong serta bercorak hijau. Biasanya kapulaga ada dalam wujud biji- bijian, bubuk, minyak esensial, serta kapsul suplemen herbal.

Baca Juga :  Belut : Morfologi, Karakteristik, Cara Budidaya, Kandungan Gizi dan Manfaat

Memiliki vit, mineral, serta serat yang mencukupi. Rempah ini pula rendah kalori serta lemak. Sebagian nutrisi yang tercantum dalam 1 sdm kapulaga, ialah:

  • 18 kalori
  • 4 gr karbohidrat
  • 0, 4 gr lemak
  • 0, 6 gr protein
  • 1, 6 gr serat
  • 22, 2 gr kalsium
  • 64, 9 miligram kalium
  • 0, 81 miligram zat besi
  • 10, 3 miligram fosfor
  • 13, 3 miligram magnesium.

Di samping itu, kapulaga pula memiliki senyawa natural dengan watak antioksidan yang sangat berguna buat kesehatan. Jadi, tidak terdapat salahnya untuk Kamu buat berupaya rempah yang satu ini.


Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Tidak cuma membuat masakan terus menjadi terasa lezat, rempah ini pula dipercaya bisa menyembuhkan bermacam penyakit sebab nutrisi yang tercantum di dalamnya. Berikut sebagian khasiat kapulaga untuk kesehatan:

  • Menolong merendahkan tekanan darah

Perihal ini ditunjukkan oleh suatu riset di mana 20 orang berusia pengidap hipertensi diberi 3 gr bubuk kapulaga per hari.

Sehabis 12 minggu, tekanan darah para pengidap juga menyusut secara signifikan dalam angka wajar. Penemuan ini dipengaruhi oleh tingginya tingkatan antioksidan dalam kapulaga.

  • Melindungi badan dari penyakit kronis

Mempunyai dampak anti- inflamasi yang melawan peradangan menghindari terbentuknya penyakit kronis, semacam kanker, penimbunan lemak di pembuluh darah( aterosklerosis), diabet melitus, serta hipertensi.

Tidak cuma itu, antioksidan dalam rempah ini pula dipercaya sanggup melindungi sel badan dari kehancuran serta menghentikan terbentuknya peradangan.

  • Menolong menanggulangi permasalahan pencernaan

Sepanjang ribuan tahun, buah ini sudah digunakan buat menolong menanggulangi permasalahan pencernaan.

Kerap dicampur dengan bumbu herbal lain buat melenyapkan ketidaknyamanan pada perut, mual, serta muntah.Dalam riset terhadap tikus, selain itu pula sudah teruji kurangi jumlah serta dimensi tukak lambung.

  • Menyembuhkan infeksi

Mempunyai dampak antibakteri yang bisa menyembuhkan peradangan. Riset menampilkan kalau ekstrak kapulaga serta minyak atsiri memiliki senyawa yang bisa melawan sebagian tipe kuman.

Baca Juga :  Budidaya Sawi Hijau : Tips Tanam Sukses dan Mengenal Morfologinya

Hendak namun, masih diperlukan riset lebih lanjut pada manusia buat membenarkan khasiat kapulaga yang satu ini.

  • Tingkatkan kesehatan jantung

Sebagian riset pada hewan menampilkan kalau kapulaga bisa tingkatkan kesehatan jantung. Ini dipengaruhi oleh kegiatan antioksidannya yang bisa menolong tingkatkan guna jantung.

Dalam riset tersebut, tikus yang menemukan si buah mempunyai kandungan kolesterol serta trigliserida yang lebih rendah. Walaupun demikian, masih diperlukan riset lebih lanjut terhadap manusia.

  • Tingkatkan kesehatan mulut

Suatu riset menciptakan kalau biji buah ini bisa menolong tingkatkan kesehatan mulut sebab watak antiperadangan serta antioksidannya.

Ekstraknya juga bisa mengusik kuman yang menimbulkan penyakit gusi, bau mulut, serta gigi berlubang.

  • Kurangi resiko kanker

Memiliki fitokimia natural yang bisa menolong melawan penyakit kanker. Watak antikanker yang dipunyai bumbu ini dipercaya sanggup kurangi resiko seorang terserang kanker.

Suatu riset pada hewan menciptakan kalau suplemen yang disantap sepanjang 15 hari bisa kurangi dimensi tumor di kulit.


Tahapan Budidaya Kapulaga


  • Persiapan Lahan

Karna tidak memerlukan cahaya matahari penuh, tumbuhan ini memerlukan naungan.,Akan lebih baik bila dibudidayakan dengan sistem tumpang sela/ tumpang sari , misalnya kopi ataupun sengon.

Gemburkan tanah dengan dicangkul ataupun dibajak terlebih dulu dengan kedalaman 30– 40 centimeter. Sehabis itu taburkan dolomit bila pH tanah dibawah 5, 6. Buat lubang tanam dengan jarak 1 x 1, 5 m ataupun 1 x 2 m.

Bagikan pupuk dasar berbentuk kotoran ternak/ pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Sehabis pupuk dasar ditabur pada lubang tanam, setelah itu diaduk sampai menyeluruh.

Dosis pupuk dasar bergantung dari keadaan lahan ataupun tanah, terus menjadi banyak pupuk dasar perkembangan kapulaga hendak terus menjadi baik.

  • Pembibitan

Pembibitan tumbuhan dapat dicoba dengan 3 metode, ialah pembibitan dengan biji, anakan serta pangkal ataupun rhizoma. Berikut ini penjelasannya:

Biji, seleksi buah yang telah lumayan tua. Setelah itu biji disemai terlebih dulu, bibit telah dapat dipindah tanam bila besar bibit telah menggapai 40– 50 centimeter.

Baca Juga :  Ini Dia 20 Manfaat Daun Mint Yang Penting Untuk Kesehatan dan Daftar Kandungan Nutrisinya

Tunas/ anakan, seleksi tunas ataupun anakan yang sehat serta mempunyai perkembangan yang baik mempunyai besar dibawah 50 centimeter.

Pangkal/ rhizoma, memilih pangkal dari tumbuhan yang umurnya tidak sangat muda serta tidak sangat tua.

  • Penanaman

Tanam bibit kapulaga pada lubang tanam yang telah diberi pupuk dasar. Bibit ditanam pada lubang tanam 2 bibit per lubang. Padatkan tanah di dekat bibit supaya kuat serta tidak gampang rebah.

Penanaman hendaknya dicoba pada dini masa hujan, ialah bulan September ataupun Oktober.

  • Perawatan

Pemeliharaan serta perawatan dalam budidaya kapulaga meliputi penyulaman, penyiangan, penggemburan serta pemupukan susulan.Penyulaman dicoba lekas bila ada bibit yang mati ataupun berkembang tidak wajar.

Penyiangan dicoba bila berkembang rumput ataupun gulma di dekat zona tumbuhan. Penyiangan mempunyai kedudukan penting pada pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan.

Penggemburan tanah dicoba di dekat tumbuhan supaya mempunyai pangkal serta buah yang banyak, jalani tiap 3– 4 bulan sekali.

Pemberian pupuk susulan memakai pupuk organik semacam kotoran ternak ataupun kompos. Pupuk ditaburkan menyeluruh pada sekitar tumbuhan.

Pemupukan dapat dicoba tiap 4– 6 bulan sekali bergantung dengan keadaan kesuburan tumbuhan kapulaga.

Kapulaga : Mengenal Manfaat, Kandungan Nutrisi Penting Untuk Tubuh dan Cara Budidayanya

  • Pemanenan

Bila keadaan serta penjaannya menunjang, usia dapat menggapai 10 sampai 15 tahun. Buah baru dapat dipanen pada umur 3 tahun sehabis penanaman.

Buah yang telah siap dipanen merupakan buah yang telah matang serta dicoba secara bertahap tiap 1 minggu– 10 hari sekali, bergantung terdapat tidaknya buah yang matang.

Demikian Uraian kami tentang  Kapulaga Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya.

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5