Kandang Kelinci : Syarat Umum dan Jenisnya

3 min read

Kandang Kelinci : Syarat Umum dan Jenisnya
0
()

Kandang Kelinci : Syarat Umum dan Jenisnya – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Kandang Kelinci.

Dan menerangkan tentang fungsi serta Keunggulannya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Kandang Kelinci : Syarat Umum dan Jenisnya


Tidak hanya digemari sebab jinaknya, nyatanya alibi lain orang mulai beternak kelinci sebab mempunyai banyak keunggulan tertentu dibandingkan beternak hewan yang lain, paling utama ialah kelinci pedaging.

Tidak cuma penikmatnya yang meningkat, kelinci tercantum hewan mamalia yang tingkatan reproduksinya kilat. Apalagi sekali melahirkan, seekor kelinci betina dapat melahirkan 8- 12 anak kelinci.

Daging kelinci jadi sumber protein alternatif disamping unggas, daging sapi, ataupun kambing. Kelinci ialah hewan yang kilat tumbuh biak serta lumayan gampang diternakkan.

Usaha ternak kelinci dapat dicoba secara sambilan ataupun intensif, silahkan amati panduan dasar ternak kelinci. Saat sebelum memutuskan beternak kelinci terdapat baiknya memahami tentang kandang kelinci.

Inilah mengapa beternak kelinci tercantum salah satu opsi yang pas bila kamu mau beternak hewan. Terlebih beternak kelinci dapat diawali dengan modal yang relatif sedikit.


Syarat Umum Kandang Kelinci

Jika Kamu memutuskan mau mengawali ternak kelinci dari skala kecil maupun langsung skala besar, yang wajib terdapat perhatikan di dini merupakan keteresediaan kandang.

Terlebih bila kamu mempunyai lahan ataupun tempat yang terbatas. Serta berikut merupakan sebagian perihal yang butuh kamu perhatikan dikala sediakan kandang untuk kelinci:

  • Jarak Kandang

Bila kamu beternak kelinci di pekarangan rumah, Jarak kandang dari rumah kamu merupakan satu perihal yang sangat berarti buat di perhatikan. Jangan hingga sangat dekat dengan dapur ataupun ruang makan sebab aspek kesehatan.

Baca Juga :  Manfaat Daun Gelang Bagi Kesehatan Serta Morfologi dan Kandungan Gizinya

Sama semacam hewan yang lain, kelinci mempunyai permasalahan kesehatannya sendiri yang dapat jadi penyakit untuk manusia bila jarak antara keduanya sangat dekat.

Tidak hanya itu, aspek sinar matahari pula sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan kelinci.

Jangan hingga jarak yang sangat dekat dengan rumah menjadikan kandang kelinci tidak memperoleh sinar matahari yang lumayan sebab terhalang bangunan rumah.

  • Besar Kandang

Besarnya kandang sangat mempengaruhi untuk pertumbuhan kelinci. Jangan hingga kandang yang kamu siapkan sangat kecil sehingga menjadikan kelinci tidak bebas dikala bergerak.

Besarnya kandang pasti saja disesuaikan dengan banyaknya kelinci serta luasnya lahan. Umumnya, satu kandang kelinci mempunyai lebar 3 kali dimensi kelinci dengan wujud memanjang ke balik.


Jenis Jenis Kandang Kelinci

Terdapat 2 tipe kandang kelinci yang dapat pakai. Ialah tipe kandang dengan sistem terbuka serta tipe kandang dengan sistem tertutup. Biasaya, kandang kelinci dibuat dari kayu maupun bambu.

Tetapi belum lama ini kandang kelinci yang dibuat dari bahan dasar alumunium serta kawat pula terus menjadi gampang ditemui dipasaran.

Secara universal ada 2 sistem perkandangan yang kerap dipakai dalam beternak kelinci, ialah kandang kelinci sistem tertutup serta kandang kelinci sistem terbuka.

Sistem tertutup umumnya digunakan oleh para peternak intensif sebaliknya sistem terbuka banyak diadopsi oleh peternak tradisional. Tiap- tiap sistem perkandangan mempunyai keunggulan serta kelemahannya tertentu.

  • Kandang Kelinci Sistem Terbuka

Kandang kelinci sistem terbuka banyak diadopsi oleh peternak tradisional dimana usaha ternak dicoba bagaikan usaha sampingan.

Kandang kelinci sistem terbuka sangat simpel, kita tinggal membagikan pagar di sekitar areal yang hendak dijadikan kandang.

Pagar lumayan setinggi 0, 5- 1 m, yang berarti kelinci tidak dapat lolos ataupun loncat. Hendaknya, pagar memiliki pondasi yang lumayan dalam buat menghindari kelinci kabur dengan menggali lubang.

Baca Juga :  Budidaya Pisang : Syarat, Metode, Penanaman, Pemupukan, Perawatan Dan Panen

Dalam sistem terbuka kelinci dibiarkan lepas leluasa di areal kandang.

Areal kandang berbentuk tanah terbuka, di dalam areal disediakan kandang tertutup supaya kelinci dapat berteduh serta istirahat.

Dalam areal kandang wajib ada tempat minum serta pakan. Walaupun neralaskan tanah, permukaan lantai kandang wajib mempunyai drainase baik supaya keadaan senantiasa kering. Kelinci tidak menggemari area yang lembab.

Keunggulan sistem ini, kelinci dapat berkeliaran di areal tertentu sehingga agenda pemberian pakan tidak sangat ketat. Sang kelinci dapat mengais- ngais pakan sendiri apabila peternak terlambat membagikan pakan.

Bayaran pembangunan kandang serta penjaannya relatif lebih murah.

Kelemahannya, sistem ini membutuhkan lahan yang luas serta perkembangan daging tidak maksimal sebab kelinci banyak bergerak. Tidak hanya itu, proses reproduksi kurang dapat ditunjukan.

  • Kandang Kelinci Sistem Tertutup

Sistem tertutup biasa dipakai buat usaha ternak yang lebih sungguh- sungguh ataupun intensif.

Kelebihan sistem ini kebutuhan lahannya relatif lebih kecil, pertumbuhan kelinci lebih terkendali, lebih fokus pada perkembangan daging. Kelemahannya bayaran infrastruktur lebih mahal.

Buat mengawali usaha ternak kelinci dengan sistem kandang tertutup paling tidak dibutuhkan 2 tipa kandang, ialah jenis postal serta jenis baterai.

Jenis postal digunakan buat proses perkawinan serta penyapihan anak, sebaliknya jenis baterai digunakan buat pembesaran.

    • Kandang jenis postal

Kandang kelnci jenis postal umumnya digunakan buat proses pernikahan serta membesarkan anak kelinci saat sebelum disapih. Kanak- kanak kelinci umumnya disapih dari induknya sehabis berusia 8 minggu.

Kandang jenis postal kurang maksimal buat pembesaran, sebab kelinci yang terdapat didalamnya hendak lebih banyak bergerak.

Pada proses pembesaran gerakan kelinci sebisa bisa jadi dikurangi supaya terus menjadi banyak pakan yang dikonversi jadi daging.Kandang jenis postal dapat diletakan di luar ataupun di dalam ruangan.

Baca Juga :  Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dari Anti Penuaan Hingga Antikanker

Apabila mau menempatkan kandang di luar ruangan hendaknya pakai bilik kandang dengan bahan tertutup semacam tripleks( jangan bilah bambu), gunanya buat menahan angin serta air hujan.

Kandang Kelinci : Syarat Umum dan Jenisnya

    • Kandang jenis baterai

Kandang kelinci jenis baterai sangat sesuai digunakan buat pembearan. Pada biasanya dimensi kandang sebesar 60x40x40 centimeter, lebih baik lagi disesuaikan dengan tipe kelinci yang diternakan.

Silahkan amati jenis- jenis kelinci budidaya. Terus menjadi besar jenisnya, terus menjadi besar pula kandangnya.

Butuh dicermati, kandang yang sangat luas hendak membuat kelinci banyak bergerak sebaliknya kandang yang sangat kecil hendak membuat tekanan pikiran.

Kandang jenis baterai terbuat bertingkat ataupun bersusun semacam rak. Oleh sebab itu alas kandang wajib mempunyai sekat buat menampung kotoran serta air berkemih kelinci.

Sekat hendaknya dapat dicopot dengan gampang buat mensterilkan kotoran. Bahan yang digunakan buat kandang baterai dapat dari bilah bambu ataupun ram kawat.

Spesial bagian lantai hendaknya tidak memakai ram kawat sebab berpotensi melukai kaki kelinci.Penempatan kandang kelinci jenis baterai dapat di luar ruangan ataupun dalam ruangan.

Buat kandang yang ditempatkan di luar ruangan, atap kadangkala wajib terbuat dari bahan yang tidak tembus air dan sebagian dindingnya hendaknya tertutup.

Supaya angin malam ataupun air hujan tidak rembes ke dalam kandang.

Demikian Uraian kami tentang Kandang Kelinci Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5