Jenis Jenis Sapi Perah Unggul Yang Perlu Di ketahui Oleh Peternak Pemula

4 min read

Jenis Jenis Sapi Perah Unggul Yang Perlu Di ketahui Oleh Peternak Pemula
0
()

Jenis Jenis Sapi Perah Unggul Yang Perlu Di ketahui Oleh Peternak Pemula – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Jenis Sapi Perah.

Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini :


Jenis Jenis Sapi Perah Unggul Yang Perlu Di ketahui Oleh Peternak Pemula


Sapi perah merupakan sapi yang dikembangbiakkan secara spesial sebab kemampuannya dalam menciptakan susu dalam jumlah besar. Sapi perah tercantum dalam spesies Bos taurus

Sapi perah bisa digembalakan oleh petani ataupun dipelihara di dalam kandang secara komersial dalam usaha peternakan susu.

Di Selandia Baru, jumlah kepemilikan sapi perah rata- rata 375 ekor per peternak.Di Australia, jumlah kepemilikan sapi perah rata- rata 220 ekor per peternak.

Di Inggris, ada 2 juta ekor sapi perah dengan rata- rata kepemilikan 100 ekor.Di Amerika Serikat, jumlah kepemilikan sapi bermacam- macam antara selusin sampai 15. 000 ekor.

Sebaliknya di Indonesia, kepemilikan sapi perah rata- rata cuma 4 ekor per peternak.Sapi perah menciptakan beberapa besar susu sejauh hidupnya, dengan kisaran 6. 800 hingga 17. 000 kilogram per masa pengeluaran susu.

Sapi ras tertentu menciptakan lebih banyak susu dibanding ras lain. Rata- rata susu yang dihasilkan di Amerika Serikat merupakan 9. 164, 4 kilogram per ekor per tahun, tidak tercantum susu yang disantap anaknya.

Sebaliknya di Israel menggapai 12. 240 kilogram bersumber pada informasi tahun 2009.Usaha peternakan sapi perah di wilayah tropis mempunyai hambatan lebih.

Paling utama akibat tingginya temperatur serta kelembaban yang tidak disukai oleh sapi perah. Di Cirebon, Jawa Barat, satu ekor sapi cuma menciptakan maksimum dekat 4. 500 liter susu per ekor per masa pengeluaran susu.

Generasi sapi yang dikembangbiakkan di wilayah tropis, walaupun tipe rasnya sama, menciptakan susu lebih sedikit daripada induknya.

Temperatur hawa yang besar dikenal kurangi penyerapan nutrisi pakan oleh sapi[18] sehingga berpotensi kurangi penciptaan susu.

Umur harapan hidup sapi perah sangat terpaut dengan tingkatan penciptaan susu.Sapi dengan tingkatan penciptaan susu yang rendah bisa hidup lebih lama dibanding sapi dengan tingkatan penciptaan susu yang besar.

Baca Juga :  Belut : Morfologi, Karakteristik, Cara Budidaya, Kandungan Gizi dan Manfaat

Namun perihal ini tidak menampilkan seberapa menguntungkan sapi tipe tertentu. Sapi yang tidak lagi memproduksi susu dengan jumlah yang menguntungkan hendak disembelih.

Daging dari sapi perah tersebut umumnya bermutu rendah sehingga cuma dijadikan daging terproses( sosis, serta sebagainya).Tingkatan penciptaan susu biasanya dipengaruhi oleh tingkatan tekanan pikiran sapi.

Periset dari Universitas Leicester Inggris menciptakan kalau musik tertentu disukai oleh sapi perah serta mempengaruhi masa pengeluaran susu serta penciptaan susu.


Jenis Sapi Perah Unggul serta Terbaik

Nyaris seluruh tipe sapi perah merupakan impor dari luar negara. Walaupun demikian, dengan metode yang cocok sapi sapi ini dapat diternak di Indonesia.

  • Red Sindhi

Sama semacam sapi sahiwal, red sindhi juga berasal dari Pakistan. Sapi ini bercorak merah tua semi cokelat muda. Bagian punggungnya ada punuk kecil.

Bobot berusia sapi red sindhi menggapai 500 kilogram. Sedangkan itu, penciptaan susunya dekat 2. 000 liter per tahun dengan kandungan lemak sangat besar 5%.

  • Ongole

Biasanya, peternak menggunakan sapi ongole buat diambil dagingnya alias ternak sapi potong. Tetapi, siapa sangka, sapi ini pula menciptakan susu dengan penciptaan optimal 3. 000 lbs per masa pengeluaran susu.

Walaupun penciptaan susunya terkategori sedikit, sapi ongole sering dipelihara bagaikan sapi perah di India.

  • Frieswal

Sapi frieswal merupakan sapi persilangan dari pernikahan sahiwal serta FH. Sapi jinak yang gampang dijinakan ini mempunyai energi tahan badan yang kokoh terhadap serbuan kutu, parasit, serta cuaca ekstrim.

Penciptaan susu sapi frieswal dekat 1. 000- 1. 500 liter per tahun. Penciptaan ini terkategori banyak dengan isi protein serta lemak yang besar.

  • Girolanda

Sapi girolonda ialah sapi perah yang diternakan di negeri Brazil. Sapi ini berasal dari pernikahan silang antara sapi gir serta FH.

Identitas sapi girolanda, ialah mempunyai bintik putih dengan kulit badan yang bercorak gelap. Produktivitasnya terkategori besar serta bayaran pemeliharaannya murah.

  • Jamaica Hope

Hidup serta tumbuh di Jamaikan dari hasil persilangan sapi jersey, zebu, serta FH. Nama“ Hope” menampilkan asal peternakan tempat sapi jamaica dipelihara.

Sapi ini memiliki ketahanan badan yang besar terhadap serbuan penyakit serta cuaca ekstrim.

Dikala berusia, bobotnya menggapai 800 kilogram. Penciptaan susunya antara 2. 000- 2. 500 liter per tahun. Uniknya, sapi jamaica hope sanggup menciptakan susu dalam jumlah banyak walaupun pakan hijauannya sedikit.

  • Sapi Perah Friesian Holstein

Friesian Holstein ataupun FH ialah sapi perah terpopuler di dunia yang berasal dari Negeri Belanda. Apalagi, di Amerika populasinya menggapai 90%.

Baca Juga :  Manfaat Terong Telunjuk Dan Kandungan Gizinya Yang Penting Bagi Kesehatan

Sedangkan di Indonesia, sapi FH dikawinkan dengan sapi lokal serta menciptakan peranakan FH.

Sapi perah FH mempunyai campuran corak hitam- putih ataupun merah- putih. Performa fisiknya besar serta kuat dengan ekor berbulu rimbun. Sapi ini memiliki kantung susu yang besar serta ambing sempurna.

Penciptaan susu sapi FH di Negeri Belanda menggapai 20 liter per hari. Tetapi, di Indonesia produksinya cuma 10 liter per hari.

Lemak dalam susu sapi FH terkategori rendah dengan rupanya yang kekuningan diiringi butiran kecil.

  • Peranakan Friesian Holstein

Kamu dapat menciptakan sapi peanakan FH di kawasan Jawa Timur. Sapi peranakan FH ialah hasil kawin silang antaran FH serta sapi jawa. Sebagian dikawinkan dengan sapi madura.

Sapi peranakan FH mempunyai badan besar. Sapi ini sanggup menyesuaikan diri di hawa tropis. Penciptaan susunya menggapai 3. 000 liter per pengeluaran susu bila dipelihara secara optimal.

  • Sapi Perah Jersey

Mulanya, sapi jersey dibesarkan di Pulau Jersey Inggris. Di kawasan Jersey ada padang rumput yang berkembang produktif sehingga sesuai buat peternakan sapi perah.

Hasil utama sapi jersey dimanfaatkan buat bahan pembuatan keju di pulau tersebut.

Karakteristik khas sapi jersey, ialah badannya diselimuti kulit cokelat, abu- abu, sampai gelap. Bagian kepala, paha, serta bahu mempunyai warna yang lebih hitam dibanding bagian yang lain.

Sapi jersey sanggup memproduksi susu dekat 8. 319 lbs per tahun( standar DHA) dengan kandungan lemak 5, 2%. Air susunya bercorak kuning sampai cokelat sebab memiliki beta karoten besar.

  • Sapi Ayarshire

Nama ayarshire diambil dari wilayah penghasilnya, ialah Ayr di Skotlandia. Kawasan ini terkategori dingin, lembap, serta sedikit ditumbuhi rumput hijau.

Tetapi, sapi ayarshire dapat bertahan hidup dengan penciptaan susu 4000 liter per tahun.

Sapi ayarshire mempunyai corak badan kecokelatan, putih, serta campuran merah- putih. Wujud badannya besar, berekor panjang, serta punggungnya lurus. Karakternya gampang kaget bila didekati ataupun dijamah.

  • Brown Swiss

Pengembangan sapi brown swiss dicoba di lereng pegunungan Negeri Swiss. Dikala masa semi, peternak menggembalakan sapi- sapi ini di padang rumput dekat gunung.

Sapi brown swiss dapat dimanfaatkan daging serta susunya. Mutu marbling yang sempurna membuat sapi ini digemari para pecinta santapan berbahan daging.

Tidak hanya itu, sapi brown swiss sanggup menciptakan susu fresh sebanyak 1. 860 lbs( setara 500- 600 liter) per tahun dengan lemak susu bercorak putih.

  • Guernsey

Terletak tidak jauh dari Pulau Jersey, sapi guernsey berkembang sempurna di daratan Guernsey. Kawasan ini juga mempunyai padang rumput yang produktif serta luas.

Baca Juga :  Cara Menanam Teratai Dengan Biji dan Umbi Yang Tepat dan Berbunga Lebat

Sapi guernsey biasa digembalakan dikala masa semi sampai masa panas.

Ciri raga yang menonjol dari sapi ini, ialah bercorak cokelat muda dengan bintik putih. Dimensi badannya pendek, berkepala panjang, serta tidak memiliki otot. Bobot berusia sapi guernsey antara 400- 800 kilogram.

  • Gir

Sapi gir berasal dari India bagian barat, tepatnya di semenanjung Kathiawar. Sapi ini mempunyai kekerabatan yang dekat dengan kerbau. Seperti itu sebabnya, ada tanduk berdimensi lagi serta melengkung ke balik.

Kala berusia, sapi betinanya menggapai bobot 400 kilogram serta besar 130 centimeter. Sapi gir memproduksi susu sampai 2. 000 liter per tahun. Kandungan lemak dalam susunya dekat 4, 5- 5%.

  • Sapi Sahiwal

Sapi sahiwal didominasi kulit kemerahan agak kelabu ataupun cokelat. Wujud tubuhnya besar, panjang, serta berdaging padat. Sapi sahiwal berkaki pendek, berkepala besar, serta bertanduk kecil.

Sapi Pakistan ini menciptakan 2. 000- 5. 000 liter susu per tahun. Tetapi, sapi perah tipe sahiwal tidak dapat bertahan hidup di kawasan bercurah hujan rendah.

  • Milking Shorthorn

Sapi perah yang satu ini berasal dari Inggris. Sapi milking shorthorn masih satu garis dengan Bos taurus. Seperti itu sebabnya, ada tanduk pendek serta corak badan merah, gelap, sampai cokelat semacam nenek moyangnya.

Sapi milking shorthorn ialah penghasil susu terbaik. Penciptaan susunya dekat 5. 126 kilogram per tahun. Bila mau produksinya optimal, sapi ini wajib dipelihara di kawasan pegunungan.

Jenis Jenis Sapi Perah Unggul Yang Perlu Di ketahui Oleh Peternak Pemula

  • Red Danish

Sapi danish ataupun red danish menciptakan susu dengan protein serta lemak yang besar. Jumlah produksinya dekat 3. 998 kilogram per tahun. Kandungan lemaknya dekat 4, 3% dengan mutu marbling yang besar.

  • Sapi Hissar

Sapi hissar banyak diternakan di kawasan Sumatera Utara serta Sumbawa. Rata- rata penciptaan susu setiap hari dekat 2, 6- 3 liter/hari. Masa laktasinya 200 hari ataupun setara 7 bulan.

Kesempatan bisnis ini masih sangat bagus. Bagi pemerintah, kebutuhan susu nasional baru dapat dipadati oleh produsen lokal sebesar 20%, sisanya impor.

Demikian Uraian kami tentang Jenis Sapi Perah Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya

Terimakasih kunjungannya

Silahkan klik bintang 5